Gambar bunga raflesia arnoldi

Apakah Anda tahu bunga terbesar dan terberat yang ada di dunia? Ternyata bunga tersebut berasal dari Negara kita Indonesia loh. Yaitu Bunga Rafflesia arnoldi, untuk penjelasan lebih lengkap tentang bunga langka dan terbesar ini, silahkan simak penjelasan di bawah ini, selain itu kami juga menyajikan koleksi gambar Bunga Rafflesia arnoldi yang bisa Anda download dan save sebagai koleksi.

Hal yang Perlu diketahui tentang Bunga Rafflesia arnoldi

Rafflesia arnoldi, juga dikenal sebagai bunga bangkai, merupakan bunga terbesar, terberat, paling langka, dan paling bau di dunia.

Nama bunga Rafflesia arnoldi ini dinamai dari dua pendiri kolonial Inggris di Singapura, Stamford Raffles dan James Arnold. Keduanya pernah menjelajahi hutan Indonesia pada tahun 1818. Bunga terbesar di dunia memiliki berat sekitar 10 kg dan mencapai diameter 1 meter ketika bunganya mekar.

Dua bunga terbesar yang pernah ditemukan ada di Cagar Alam Taba Penanjung, Provinsi Bengkulu, Indonesia. Dua bunga tersebut hampir sepuluh meter terpisah jaraknya dan mekar secara bersamaan.

Loading...

Bunga Rafflesia arnoldi adalah bunga parasit. Pohon ini tidak memiliki daun dan batang tetapi akar berakar pada tanaman inang. Hanya ketika tunas muncul pada tanaman inang, tanaman dapat dilihat dengan mata telanjang. Dibutuhkan 9-12 bulan untuk tunas tumbuh seukuran kubis besar dan kemudian menjadi bunga. Perkembangan ini berlangsung di tengah malam selama musim hujan.

Bunga-bunga berbau sangat busuk tetapi anehnya, menarik banyak lebah, kupu-kupu, dan serangga. Namun, hanya 20-30% tunas yang tumbuh menjadi bunga. Sangat jarang bunga betina dan jantan mekar pada saat bersamaan. Bunga Rafflesia arnoldi ini juga sering ditemukan di hutan tropis di Malaysia, Thailand selatan, dan Filipina selatan.

Itulah sedikit gambaran yang dapat kami sampaikan tentang Bunga Rafflesia arnoldi, semoga informasi tersebut dapat menambah wawasan Anda tentang bunga langka dan terbesar di dunia. Untuk Anda yang penasaran seperti apa penampakan bunganya, silahkan lihat koleksi Bunga Rafflesia arnoldi di bawah ini.

Koleksi Bunga Rafflesia arnoldi