Harian Nusantara

Gambar Bunga Raflesia

Gambar 335 View

Bunga Raflesia merupakan salah satu bunga yang berasal dari genus tanaman bunga parasit. Bunga ini memiliki 28 spesies yang berbeda tetapi semuanya ditemukan du Asia tenggara dan paling banyak ditemukan di Indonesia, Malaysia, Thailand dan Filipina.

Bunga Raflesia pertamakali ditemukan di jawa pada tahun 1971 sampai 1974 oleh Louis Deschamps, catatan ini disita oleh inggris pada tahun 1803 dan disimpan sampai tahun 1861. Kemudian Bunga Raflesia kembali ditemukan di hutan hujan di bengkulu, sumatra oleh Joseph Arnold pada tahun 1818, yang kemudian bunga ini dinamai setelah Sir Stamford Raffles.

Bunga satu ini tidak memiliki batang daun dan akar, bunga ini termasuk holoparasit dari tanaman yang merambat dalam genus Tetrastigma (Vitaceae). Sehingga satu satunya bagian dari tanaman ini yang terlihat dari luar adalah bagian bunganya.

Pada beberapa spesies dari Bunga Raflesia memiliki bunga yang beriameter lebih dari 100 cm dan beratnya bisa mencapai 10 KG dan untuk spesies yang terkecil dari Bunga Raflesia memiliki diameter bunga berukuran 12 cm.

Dan yang paling khas dari bunga ini juga memiliki bau busuk, tidak seperti kebanyakan bunga yang memiliki bau yang harum. Dengan ciri khas bau busuk ini, kita juga sering mengenal Bunga Raflesia sebagai bunga bangkai.Dengan bau busuk ini maka serangga seperti lalat akan membantu proses pengangkutan serbuk sari jantan ke betina.

Selain itu Bunga Raflesia juga merupakan bunga nasional dan dilindungi oleh negara, selain dikenal dengan bunga bangkai, bunga ini juga dikenal dengan nama bunga padma yang berarti bunga raksasa.

Untuk Anda yang ingin melihat lihat bagaimana penampakan dari Bunga Raflesia, kami telah memberikan beberapa koleksi gambar yang telah kami kumpulkan di bawah ini. Sehingga Anda bisa lebih mengetahui karakteristik dari bunga bangkai atau Bunga Raflesia Arnoldi.

Koleksi Gambar Bunga Raflesia

Itulah yang dapat kami sampaikan tentang beberapa informasi mengenai Bunga Raflesia dan koleksi gambarnya. Semoga dengan adanya informasi ini, Anda bisa lebih mengenal tanaman langka dan bunga terbesar di dunia yang memiliki habitat di Indonesia.

Similar Posts:

Loading...
Copyright 2016 - 2019