Harian Nusantara

8 Saran Printer 3D Tercanggih dan Terbaik Untuk Dibeli

Elektronik 107 View

Printer 3D adalah serangkaian kombinasi berbagai tahap percetakan untuk menciptakan objek tiga dimensi. Dalam pencetakan 3D, lapisan material saling bertumpuk dan diformat di bawah kendali komputer untuk membuat sebuah objek. Objek-objek ini bisa dalam bentuk apa pun, dan dibuat dari model 3D atau sumber data elektronik lainnya. Printer 3D sebenarnya adalah robot industri. Printer 3D memiliki banyak teknologi yang berbeda, seperti stereografi mikroskopik (STL) atau pemodelan endapan lebur(FDM). Oleh karena itu, tidak seperti proses penghilangan material konvensional, pencetakan 3D secara bertahap menghasilkan objek tiga dimensi dari model desain berbantuan komputer (CAD) atau file AMF, biasanya dengan menambahkan bahan berlapis-lapis.

Istilah printer 3D memiliki arti dalam proses akumulasi bahan perekat berurutan di atas meja cetak dengan kepala inkjet. Baru-baru ini, makna istilah ini telah diperluas untuk mencakup teknik yang lebih beragam seperti proses berdasarkan operasi penyemprotan dan sintering. Standar teknis sering menggunakan batas produksi bertahap untuk makna yang lebih luas ini.

Jadi ketika sekarang trend printer 3D semakin banyak dibutuhkan untuk berbagai kepentingan umum dan bisnis, produksen printer 3D semakin banyak dan beragam jenisnya. Jika Anda adalah salah satu orang yang sedang mencari Printer 3D yang canggih dan terbaik saat ini, kami memiliki beberapa saran printer 3 yang layak untuk Anda beli di bawah ini.

8 Printer 3D Tercanggih dan Terbaik

1. Creality Ender 3 Pro V-Slot 3D Printer Prusa i3 Size Besar

Saran pertama dari kami, Anda harus membeli Creality Ender 3 Pro V-Slot 3D Printer Prusa i3 Size Besar yang bisa dibeli di toko online dengan harga sekitar Rp 4.590.000. Printer 3D ini memiliki berat sekitar 12 Kg, dengan varsi pro ini Anda akan mendapatkan fitur Magnetic Bed berfungsi untuk melepaskan hasil print dengan lebih murah dan gampang, menggunakan Power Supply Merek MeanWell, dan terbuat dari kerangka besi yang lebih kokoh dari versi standard.

Kualitas print yang bagus dan ukuran printer ini yang besar dengan harga sangat terjangkau dan murah ini membuat banyak orang membeli printer ini. Tingkat ketelitian dari print ini sampai 0.05 mm lebih baik dibanding printer lainnya yang hanya 0,1 mm. Terdapat juga fitu Auto-Resume Print yang ketika listrik mati bisa melanjutkan lagi secara otomatis. Ukuran printer ini 235x235x250 mm, memiliki Heat bed bisa sampai 100 derajat dan juga Hotend bisa sampai 300 derajat.

2. 3D Printer Anycubic Kossel Delta Linear Guide Plus Version

Saran yang kedua dengan harga yang murah dan terjangkau dengan harga Rp 3.800.000, Anda sudah bisa mendapatkan 3D Printer Anycubic Kossel Delta Linear Guide Plus Version. Printing Technology menggunakan FDM (Fused Deposition Modeling) dengan Layer Resolution adalah 0.1-0.4 mm dan memiliki Positioning Accuracy yaitu X/Y/Z 0.01mm. Printer ini Supported Print Materials seperti PLA, ABS, HIPS, Wood dengan kecepatan Print 20~80mm/s dan Travel Speed sebesar 150mm/s dengan Nozzle Diameter 0.4 mm dan Extruder Quantity Single. Untuk Build Size sampai 230270 mm for Linear Plus.

Software Input menggunakan format .STL, .OBJ, .DAE, .AMF, Slicer Software menggunakan Cura dan Cura Output Formats adalah GCode. Untuk Connectivity printer ini bisa menggunakan SD Card, USB Port (expert users only) dan memiliki Input Rating : 100-240V AC, 50/60Hz, 1.5A dengan ukuran Printer 380mmx680mm for Linear Plus.

3. Anet A8 3D Printer Prusa i3 Autoleveling FREE FILAMENT DAN SD CARD

Lanjut dengan produk yang ketiga ada Anet A8 3D Printer Prusa i3 Autoleveling FREE FILAMENT DAN SD CARD dengan harga sekitar Rp 3.350.000. Mesin Anet A8 3D Printer Prusa i3 Autoleveling FREE FILAMENT DAN SD CARD lebih cepat dan lebih tidak berisik saat melakukan proses printing dan sudah AUTO LEVELING tanpa harus coding. Kualitas hasil cetakan mesin ini melebihi Prusa i3 biasa dengan extruder high quality.

Print memiliki ukuran dimensi 220 x 220 x 240mm, dengan the Layer Thickness adalah 0.1 mm-0.4mm. Memiliki Layer Resolution 100 microns, Filament Diameter adalah 1.75mm. Untuk Nozzle Diameter sebesar 0.4 mm (customized 0.3mm/0.5mm). Kecepatan dari Printer ini ketika mencetak adalah 40 – 100 mm/s. Desain printer ini terbuat dari bahan heated bed ( Aluminium Platform). Untuk konektivitasnya menggunakan printer ini USB, LCD display and SD card reader. Power supply input sebesar 220 V / 2A dan Outputnya DC 12V/20 A. Untuk Control Software menggunakan Repetier-Hos dengan File format yang mendukung STL, G-code. Bisa digunakan pada komputer dengan Operating System seperti Windows/ Linux/ Mac.

Ketika membeli printer ini sudah termasuk FREE software 3D Printing seperti Cura, Slic3r, dan Repetier Host. Printer ini juga support Semua Material seperti ABS, PLA, PA, WOOD, PVA, Nylon,HIPS, TPE, dan PETG.

4. Creality Ender 3 Versi Terbaru 3D Printer Prusa i3 Size Besar V-Slot

Lanjut dengan produk yang keempat Creality Ender 3 Versi Terbaru 3D Printer Prusa i3 Size Besar V-Slot yang dijual dengan harga Rp 3.990.000. Printer 3D ini merupakan versi terbaru dengan adanya Bed yang dapat dilepas agar gampang melepaskan hasil print dan juga Extruder akan lebih presisi. Ketelitian Print ini sampai 0.05 mm jika dibanding printer lain hanya 0.1 mm.

Ada fitur Auto-Resume Print, jika saat melakukan print mati listrik maka bisa lanjut print kembali, desain kerangka Full besi jadi sangat kokoh dengan memiliki ukuran print 235x235x250 mm, untuk Heat bed bisa sampai 100 derajat dan Hotend bisa sampai 300 derajat.

5. 3D Printer Anet E-12

Lanjut dengan rekomenasi dari kami yang ke 5, Anda bisa memiliki 3D Printer Anet E-12 dengan harga yang lebih mahal dari 4 produk sebelumnya dengan harga kisaran Rp 5.890.000. Printer 3D ini sudah memiliki bed menggunakan metal lebih bagus untuk ABS. Untuk ukuran printer ini 300x300x400, memiliki kerangka besi tanpa akrilik sama sekali, sudah menggunakan 5 motor, jika dibandingkan dengan printer lain biasa yang hanya 4 motor. Untuk kecepatan Print ini dengan kecepatan regular 60-80mm/s, dan kecepatan maximal 150-200mm/s.

3D Printer Anet E-12 sudah support semua material seperti ABS, PLA, PA, WOOD, PVA, Nylon,HIPS, TPE, dan juga PETG. Bisa digunakan Online atau Offline dengan mengunakan memory card + LCD. Printer ini juga sudah menggunakan patent Teknologi Terbaru yang memiliki Dual bearing Delrin solid V wheels with unique V-slot rails sehingga print saat mencetak akan lebih halus dan tidak berisik dibanding printer 3D lainnya. Untuk mainboard sudah kelas industri, karena bisa mencetak atau melakukan print 200+ jam skali print tanpa berhenti. Sudah mendapat FREE software 3D Printing seperti software Cura, Slic3r, dan Repetier Host.

6. Creality CR-X Dual Extruder Versi Terbaru 3D Printer Ukuran Besar

Untuk yang menginginkan printer 3D untuk industri atau bisnis bisa memiliki Creality CR-X Dual Extruder Versi Terbaru 3D Printer Ukuran Besar yang dijual dengan harga Rp 13.490.000.

Creality CR-X Dual Extruder memiliki kemampuan ketelitian hasil print sampai 0.05 mm dibanding printer 3D lain hanya 0.1 mm. Untuk ukuran Print 300x300x400m, terdapat dual Extruder sehingga dapat mengeprint dua warna atau dua bahan sekaligus.

Selain itu terdapat dual Z-Axis, pada motornya dua setiap sudut, sehingga membuat hasil print jadi lebih halus dan mulus, terdapat juga fitur Auto Resume Print, yang dapat melanjutkan print jika listrik tiba-tiba mati.

7. Creality Ender 5 Versi Terbaru 3D Printer V-Slot Dual Screw CoreXY

Pilihan ketujuh ada Creality Ender 5 Versi Terbaru 3D Printer V-Slot Dual Screw CoreXY yang dijual dengan harga Rp 5.790.000.  Produk ini adalah versi Baru dengan menggunakan Bed yang bisa Dilepas sehingga nantinya akan gampang melepaskan hasil print dan Extrudernya akan lebih presisi.

Kelebihan dibanding Ender 3 adalah memiliki Size print lebih besar 235x235x300 mm, lalu terdapat fitur Auto-Resume Print yang jika mati listrik bisa lanjut print kembali, ada juga Magnetic Bed agar gampang melepaskan hasil print, lalu terdapat Power Supply Merek MeanWell yang merupakan power supply yang lebih bagus untuk print 3d model lama dan printer 3D ini sudah lebih cepat mencetak dan stabil dengan dual y axis dan z axis.

8. 3D Printer Anycubic Mega i3 Upgraded Large Size All Metal Ultrabase

Pilihan selanjutnya ada 3D Printer Anycubic Mega i3 Upgraded Large Size All Metal Ultrabase yang dijual dengan harga Rp 5.890.000. Printer ini memiliki kelebihan Upgraded extuder sehingga print 3D ini akan lebih presisi dan bisa print bahan flexible. Kemudian ada filament sensor yang bermanfaat untuk mendetect filament kalau habis, lalu ada fitur yang dapat melanjutkan proses print ketika mati listrik, ada rak Filament disamping untuk menaruh filament.

Untuk ukuran Ultra Big Print dengan dimensi ukurannya 210x210x205 mm dan memiliki Struktur Full Metal, dan Updated Touch Screen Interface. Printer 3D ini sudah Support Print Semua Material seperti material ABS, PLA, PA, WOOD, PVA, Nylon, HIPS, TPE, dan PETG. Kemudian sudah menggunakan Industrial Grade Mainboard, sehingga bisa print berjam-jam tanpa berhenti.

Similar Posts:

Loading...
Copyright 2016 - 2019