Harian Nusantara

5 Rekomendasi Printer Multifungsi Terbaik Untuk Kebutuhan Pribadi

Elektronik 106 View

Industri printer telah berkembang sejak lama dalam proses sejarah, mulai dari bidang jurnalisme, kantor, pendidikan hingga menangani kebutuhan kehidupan sehari-hari memerlukan produk percetakan.

Printer sekarang ini sudah jauh lebih banyak dan lebih modern dan beragam fitur, tergantung pada kebutuhan tujuan pengguna.

Apa itu printer?

Printer merupakan perangkat teknik elektronik yang mencetak dan menampilkan teks atau gambar. Printer dari segala jenis dikembangkan dengan berbagai teknologi untuk menghasilkan kualitas gambar, hasil cetakan berkualitas lebih baik dengan banyak pilihan warna. Peralatan printer sekarang banyak digunakan di kantor, bisnis percetakan, mesin fotokopi atau penggunaan rumah tangga.

Jenis printer apa yang paling populer saat ini?

Printer kertas melayani aktivitas kehidupan sehari-hari dengan kebutuhan penggunaan yang berbeda. Printer sekarang lebih beragam untuk memenuhi permintaan pasar. Di bawah ini adalah klasifikasi printer yang dapat membantu orang memilih printer dengan tujuan yang berbeda :

Printer inkjet

Printer inkjet merupkan jenis printer yang cukup populer, dan merupakan printer dengan harga terjangkau lebih disukai oleh pengguna. Karakteristik printer inkjet terlihat dari desain Resistor yang terletak di lubang tinta injeksi, ketika mesin beroperasi Resistor akan dibuat. Panas membuat tinta dalam tabung disemprotkan dengan kecepatan tinggi sesuai dengan desain sampel yang akan dicetak.

Keuntungannya dari jenis printer ini adalah mampu mencetak pada banyak permukaan kertas yang berbeda, tanpa meningkatkan suhu untuk membengkokkan kertas setelah dicetak, tetapi kualitas setelah pencetakan akan tergantung pada kualitas kertas yang digunakan, kualitas akan menjadi terbatas jika pengguna mencetak terlalu banyak dokumen dan waktu pencetakannya cukup lama ketika menggunakan printer ini.

Harga printer inkjet lebih murah daripada model lainnya tetapi biaya pencetakan cukup tinggi ketika mengganti tinta, model printer ini cocok untuk mencetak gambar.

Printer laser

Printer laser warna memiliki prinsip kerja laser diproyeksikan ke permukaan drum magnetik kosong dari rotasi melalui tabung tinta dan tinta tersedot ke dalam drum, sementara kertas bergerak melalui tabung drum, tinta akan menempel di kertas dan kemudian dikeringkan.

Karakteristik printer laser memiliki kecepatan pencetakan lebih cepat, lebih banyak menghemat tinta, dan bisa mengurangi biaya cetak, tetapi mesin printer jenis ini tidak dapat mencetak pada banyak bahan, hanya untuk bahan tahan suhu tinggi, dan mesin berkualitas cetak stabil.

Printer Dot Matrix

Seri printer ini tidak lagi populer di pasaran tetapi masih merupakan generasi printer yang disukai banyak pengguna, mesin pada printer ini ini dirancang dengan sistem jarum untuk mengontrol dan membuat deretan tinta yang membentuk titik pada kertas.

Tetapi karakteristik pencetakan memiliki kualitas kurang baik, kecepatan pencetakan lambat, mesin menciptakan suara keras dibanding printer Laser dan inkjet dan printer ini sudah jarang sekali diproduksi dan dijual dipasaran saat ini.

5 Rekomendasi Printer Multifungsi Terbaik Untuk Kebutuhan Pribadi

1. Canon Laser Printer LBP 2900

Canon 2900 merupakan salah satu printer laser dengan fungsi tunggal yang melayani kebutuhan pencetakan hitam putih standar untuk kantoran dan rumah tangga dengan kebutuhan pencetakan dasar.

Kecepatan cetak 12 halaman A4 / menit. Printer ini memiliki kecepatan pencetakan yang cepat, sehingga dapat menghemat waktu kerja, berkat teknologi kompresi CAPT 2.1 yang canggih. Dengan teknologi CAPT yang canggih printer ini dapat mengkompresi dan mengtransmisi data berkecepatan tinggi.

Kualitas cetak akan dioptimalkan dengan resolusi hingga 2400 × 600 dpi sehingga akan memberikan kualitas gambar yang jelas dan jernih, desain baki printer ini dapat menampung 150-lembar A4.

Canon Laser Printer LBP 2900 bisa dengan mudah terkoneksi pada PC yang fleksibel dengan port koneksi Windows 7, 8, XP, dan USB 2.0 untuk konversi data yang efisien.

Printer serba guna memiliki desain yang kompak, menggunakan bahan pada casing plastik keras berkualitas tinggi dengan kekuatan mekanik yang tinggi, desain kecil ini akan sesuai dengan meja kerja, karena tidak menempati terlalu banyak ruang, atau meja kerja . Harga printer sekitar Rp 1.875.000.

2. Printer Laser Brother HL-L2321D

Printer Laser Brother HL-L2321D memberi pengguna pilihan pencetakan berkualitas, jenis printer laser ini memiliki kecepatan cetak sangat cepat 30 halaman / menit dengan kapasitas baki 250 lembar.

Cetakan berkualitas tinggi akan dihasilkan printer ini dengan resolusi hingga 2400 × 600 dpi, terintegrasi dengan kecepatan pencetakan 2-sisi yang nyaman, 5 halaman / menit, tinta yang digunakan di sini menggunakan TN-2385 dengan durasi penggunaan Memori printer besar hingga 8gb untuk penyimpanan dokumen yang efisien.

Printer ini memiliki desain yang kuat, bahan berkualitas tinggi untuk pengoperasian yang stabil Printer Laser Brother HL-L2321D sudah dapat dikoneksikan dengan perangkat PC dan laptop dengan kabel daya dan port USB 2.0. Harga printer sekitar Rp 1.610.000.

3. Printer inkjet warna Canon ip2770

Canon PIXMA ip2770 merupakan produk khusus untuk kebutuhan untuk mencetak gambar berkualitas tinggi dan jernih bagi pengguna rumahan. Resolusi gambar yang dihasilkan hingga 4800 × 1200 dpi untuk mencetak gambar yang tajam dan warna yang sebenarnya.

Canon ip2770 menggunakan teknologi pencetakan milik Canon – FINE ™. Sehingga memiliki kecepatan cetak hitam dan putih 7 lembar / menit, dan pencetakan warna 4,8 lembar / menit.

Canon ip2770 dapat terkoneksi dengan mudah melalui port USB 2.0 untuk konversi data yang cepat dan printer ini memiliki kelebihan hasil cetakan yang akurat, desain yang ringkas, pengoperasian dan penggunaan yang mudah serta memiliki daya tahan sangat baik dengan merek Canon. Harga printer sekitar Rp 693.000.

4. Printer HP laserJet Pro M12W

HP laserJet Pro M12W fungsi tunggal, melayani kebutuhan pencetakan hitam putih standar merek HP. Aplikasi produk teknologi pencetakan cepat, Fastres 600 dan Fastres 1200 untuk kecepatan pencetakan cepat 19 halaman / menit.

Resolusi mesin sekitar 600 × 600 dpi, sedikit lebih rendah dari produk sejenis. Fitur utilitas pencetakan 2-sisi untuk pencetakan kecepatan tinggi, menghemat waktu bagi pengguna.

Kualitas cetak yang stabil, mesin dengan mudah terhubung ke sistem operasi populer saat ini untuk mengkonversi data dan informasi dengan cepat, memori dalam 8GB untuk kapasitas penyimpanan yang besar.

Desain printer cukup ringkas, memiliki wadah besar dengan kapasitas sekitar 150 lembar. Harga printer sekitar Rp 1.554.000.

5. Printer Laser Canon LBP 6030

Canon LBP6030 merupakan produk produk kelas menengah, printer ini memiliki kecepatan cetak cepat 18 halaman per menit, dan sudah menggunakan teknologi cetak UFR II LT canggih untuk kecepatan dan kecepatan pemrosesan cetak yang cepat.

Resolusi cetakan pada printer ini 600 × 600 dpi dengan sangat stabil, hasil print jelas tetapi tidak terlalu unggul dalam kualitas. Printer ini juga sudah menggunakan teknologi pengeringan sesuai kebutuhan untuk kemampuan menghemat energi listrik secara optimal.

Desain Printer Laser Canon LBP 6030 ringkas, ringan, mudah digunakan untuk kebutuhan kantor dan rumahan. Harga printer sekitar Rp 1.397.000.

Loading...
Copyright 2016 - 2019