Harian Nusantara

7 Rekomendasi Mesin Absensi Terbaik Untuk Kantor dan Perusahaan

Elektronik 54 View

Untuk memastikan absensi karyawan, perusahaan perlu mengambil tindakan untuk mengontrol jam kerja karyawan. Karena ketepatan waktu yang dicatat secara manual sering terdapat banyak kesalahan. Sehingga mesin absensi dengan teknologi canggih dan modern saat ini sangat dibutuhkan.

Mesin Absensi adalah salah satu peralatan teknologi yang memberi perusahaan solusi ketepatan waktu karyawan saat berangkat ke kantor.

Mesin Absensi yang modern dan canggih ini sudah banyaj dijual di pasaran, tetapi memilih produk yang tepat bukanlah hal yang mudah. Berikut adalah kriteria evaluasi yang efektif untuk membantu Anda memilih Mesin Absensi Karyawan terbaik .

Apa itu Mesin Absensi?

Mesin Absensi adalah perangkat elektronik yang membantu merekam waktu masuk dan keluar kantor, dengan menggunakan sidik jari atau kartu karyawan. Solusi profesional dan canggih ini akan membantu manajer mengontrol waktu kerja karyawan untuk bekerja secara efektif.

Mesin Absensi akan menyimpan informasi karyawan dengan bentuk kartu atau sidik jari. Ketika pengguna memasukan kartu atau sidik jari pada perangkat, pemindai akan mencatat informasi dan waktu dari pengguna atau karyawan yang melakukan absensi.

Secara bertahap Mesin Absensi ini telah mengganti metode absensi manual, dengan akurasi yang lebih tinggi, menghemat waktu untuk manajer, dan dapat meningkatkan profesionalisme bagi perusahaan.

Jenis Mesin Absensi apa yang populer?

Perusahaan, bisnis, dan pabrik semakin banyak yang sudah menggunakan Mesin Absensi. Sehingga produk Mesin Absensi sekarang ini telah ditingkatkan pada berbagai fitur untuk memenuhi kebutuhan unit dalam sistem pencatatan waktu yang berbeda. Klasifikasi Mesin Absensi di bawah ini akan membantu pengguna lebih mudah mengidentifikasi jenis Mesin Absensi yang ada dipasaran saat ini:

Mesin Absensi kartu kertas – merupakan produk awal perangkat Mesin Absensi. Namun, produk yang murah ini menyebabkan banyak celah bagi karyawan untuk melakukan absensi palsu saat datang ke kantor.

Mesin Absensi kartu magnetik – Setiap karyawan akan diberikan kartu magnetic dengan nomor berbeda, pencatat waktu akan dilakukan berasarkan nomor kartu yang karyawan miliki, mesin ini memiliki daya tahan yang lebih tinggi, tetapi tidak dapat mengatasi kecurangan karyawan dalam melakukan absensi.

Mesin Absensi Sidik Jari – Mesin akan menyimpan informasi sidik jari dari setiap karyawan. Pemindai absensi ini akan mengenali sidik jari karyawan dan mencatat informasi dengan akurasi tinggi, untuk mengatasi status absensi karyawan. Kekurangan dari mesin ini ketika sidik jari basah atau terdapat cacat, mesin akan sulit mengidentifikasi.

Mesin Absensi pengenalan wajah – Produk paling canggih ini dapat mengidentifikasi data wajah karyawan dengan alat pemindai yang memiliki akurasi tinggi dan keamanan tinggi. Namun, kelemahanya ada pada harganya cukup mahal sehingga jarang digunakan oleh perusahaan kecil.

Itulah tadi sedikit gambaran tentang Mesin Absensi, jika Anda pada kesempatan ini tertarik untuk membeli Mesin Absensi untuk perusahaan atau kantor. Berikut ini ada beberapa rekomendasi dari kami tentang Mesin Absensi terbaik yang wajib perusahaan miliki.

7 Rekomendasi Mesin Absensi Terbaik Untuk Kantor dan Perusahaan

1. Mesin Absensi Sidik Jari Finger Print  SPC

Mesin yang pertama kami rekomendasikan adalah Mesin Absensi Sidik Jari Finger Print dengan merk SPC yang dijual dengan harga sekitar Rp 435.000. Mesin Absensi sidik jari ini menggunakan layar berwarna berukuran 2,4 inch yang bisa merekam data sebanyak 1000 sidik jari, untuk konektivitas mengambil data menggunakan USB falshdisk. Tombol fungsi pada mesin ini otomatis clock ini dan clock out, terdapat fitur input nama langsung dari mesin dan output yang dihasilkan dalam bentuk MS Excel.

2. Mesin absensi sidik jari fingerprint SOLUTION P207

Produk yang kami rekomendasikan kedua ada Mesin absensi sidik jari fingerprint SOLUTION P207 yang dijual dengan harga Rp 535.000. Untuk mesin absensi yang kedua ini bisa merekam sebanyak 50 ribu data, layar menggunakan Layar TFT LCD 5 full colours. Untuk pengambilan data menggunakan USB atau flashdisk, mesin ini bisa digunakan untuk perusahaan yang memiliki karyawan di bawah 100 orang.

3. Mesin Absensi Solution X100C

Untuk produk yang ketiga ada Mesin Absensi Solution X100C yang dijual dengan harga lebih mahal dari kedua produk yang pertama, harga produk ini sekitar Rp 1.495.000. Pada produk ketiga memiliki kapasitas 10 ribu sidik jari, dengan kapasitas transaksi log sebanyak 200 ribu transaksi, untuk konektivitas mengguanakan TCP/IP (RJ45), RS232/RS485, USB Cable, dan USB Disk. Mesin ini memiliki waktu respon penggunaan cepat kurang dari 1 detik, untuk layar memiliki layar TFT LCD Full Color 3 Inch, untuk menampilkan PhotoID karyawan. Mesin ini juga sudah memiliki software X100-C Software + Payroll sehingga mudah mengambil data absensi ke komputer.

4. Mesin absensi Fingerprint MAGIC SSR800

Untuk yang keempat ada produk Mesin absensi Fingerprint MAGIC SSR800 yang dijual dengan harga Rp 512.000. Produk ini akan sangat membantu perusahaan untuk mengontrol absensi karyawannya. Mesin ini memiliki kapasitas 1500 sidik jari dengan kapasitas log transaksi sebanyak 50 ribu transaksi, untuk konektivitas ke komputer bisa menggunakan USB Cable dan USB Disk. Untuk layar menggunakan TFT LCD 3 Full Color yang dapat menampilkan photo karyawan saat melakukan absensi, ditambah dengan konektivitas seperi USB Flash Disk dan T9 Input. Selain digunakan untuk laporan absensi karyawan, mesin ini juga dapat digunakan untuk perhitungan laporan gaji karyawan perusahaan.

5. Mesin Absensi Solution X105

Mesin Absensi Solution X105 merupakan sebuah mesin absensi modern yang dapat mengenali sidik jari karyawan Anda saat masuk kantor dan pulang kantor dengan mudah dan praktis. Untuk mendapatkan Mesin Absensi Solution X105 harga dipasaran saat ini sekitar Rp 997.000. Spesifikasi utama dari mesin ini memiliki 1500 kapasitas sidik jari penggun, dengan kapasitas log transaksi sampai 80 ribu transaksi, untuk konektivitas pc menggunakan TCP/IP (RJ45) dan USB Disk. Pada mesin ini sudah banyak fitur yang dapat dimanfaatkan seperti pengaturan jam kerja karyawan, memanjemen waktu shift kerja karyawan, perhitungan keterlambatan, pulang cepat, lembur dan jumlah jam kerja setiap karyawannya. Untuk laporan bisa dihitung dalam harian, mingguan, dan bulanan untuk rekapitulasi absensi karyawan.

6. Mesin Absensi Fingerprint Magic MP340

Selanjutnya ada Mesin Absensi Fingerprint Magic MP340 yang memiliki harga jual Rp 960.000. Dengan mesin absensi yang memiliki harga hampir 1 juta ini, mesin ini memiliki fitur seperti layar TFT LCD Full colour berukuran 2,8 inch, dapat mengenali dan menyimpan 1500 data sidik jari dengan kapasitas 80.000 Log transaksi.  Untuk interface yang digunakan adalah TCP/IP dan USB Host. Kelebihan lainnya, Mesin Absensi MP340 ini sudah bisa digunakan untuk Access Door.

7. ZKTeco MB460 Mesin Absensi Sidik Jari & Wajah

Untuk rekomendasi yang terakhir ada ZKTeco MB460 Mesin Absensi Sidik Jari & Wajah dengan harga Rp 1.800.000. Mesin ini tidak hanya dapat mengenali sidik jari tapi juga wajah saat karyawan melakukan absensi. Jadi dapat lebih mengamankan kecurangan yang bisa dilakukan oleh karyawan saat melakukan absensi. Untuk kapasitas Face Capacity mesin ini sebanyak 1500, untuk Fingerprint Capacity adalah 2000 dan Card Capacity sebanyak 2000 dengan Record Capacity sampai 100,000 transaksi. Interface dari mesin ini menggunakan TCP/IP dan USB-host.

Loading...
Copyright 2016 - 2019