Harian Nusantara

Ketahui Arti Tekstur dan Warna Feses Pada Bayi

kesehatan 239 View

Pada hari-hari pertama setelah bayi dilahirkan, tinja atau feses bayi akan mencerminkan kondisi kesehatannya. Karena itu moms harus mengetahui Tekstur dan Warna Feses untuk memantau kondisi kesehatan sang buah hati.

Kebanyakan orang tua pertama kali akan sangat terkejut ketika mengamati tinja bayi yang baru lahir. Setidaknya ada 6 warna dan tekstur yang berbeda sehingga membuat moms terkadang menjadi kahwatir dengan kondisi sang buah hati.

Tekstur dan Warna Feses bayi akan tergantung pada faktor-faktor seperti:

  • Usia
  • Bayi mendapat ASI atau susu formula
  • Masa menyusui anak

Feses bayi akan bervariasi atau berbeda dari lahir hingga 1 tahun dan dari hari ke hari. Karena itu, moms harus memantau apakah tekstur dan warna feses bayi normal dan tidak.

Arti Tekstur dan Warna Feses Pada Bayi

Ini adalah 6 warna populer untuk diketahui ibu pertama kali memiliki bayi tentang arti warna feses pada bayi :

Hijau Tua

Ini adalah warna dari meconium atau kotoran bayi pertama setelah dilahirkan. Segera setelah dilahirkan, bayi akan BAB dan feses akan berwarna hijau tua. Kondisi ini sangat normal dan tidak ada yang perlu moms khawatirkan. Kolostrum dalam ASI akan bertindak sebagai pencahar dan membantu bayi BAB dengan lebih mudah dan normal.

Coklat kehijauan

Jika feses bayi berwarna coklat kehijauan, ini  adalahpertanda baik bahwa bayi Anda sudah mulai mencerna ASI atau susu formula.

Kuning

Jika bayi Anda hanya disusui, maka bayi Anda akan memiliki feses berwarna kuning atau seperti biji yang terlihat kasar sekitar lima hari setelah kelahiran.

Coklat muda

Bayi yang diberi susu formula, pada warna fesesnya sering menjadi pucat dan berbentuk seperti selai kacang, bau lebih tajam dari pada bayi yang disusui dengan ASI.

Coklat tua

Begitu bayi Anda makan dengan makanan padat, feses bayi akan cenderung berwarna cokelat tua dan lebih bau.

Warna lain

Kadang-kadang, feses bayi Anda akan dicampur dengan warna-warna dari pigmen yang bayi makan dalam makanan. Jadi, jika bayi makan wortel, feses bayi mungkin akan berwarna oranye kekuningan.

Kesimpulan

Jadi dapat disimpulkan status Tekstur dan Warna Feses Pada Bayi baru lahir akan normal jika bayi Anda buang air besar tanpa disertai ketidaknyamanan dan banyak menangis atau merasakan sakit. Namun, jika bayi Anda rewel, merasa tidak nyaman, dan tegang ketika akan buang air besar, moms harus membawa bayi untuk segera di periksa ke dokter karena ini mungkin merupakan tanda bahwa bayi Anda memiliki masalah pada bagian dubur.

Similar Posts:

Loading...
Copyright 2016 - 2019