Harian Nusantara

Bayi Minum ASI Secara eksklusif, mengapa tidak BAB?

Kecantikan 36 View

Sembelit pada bayi baru lahir adalah proses buang air besar yang lambat, setiap 3-5 hari sekali atau lebih, disertai dengan bayi rewel, menangis dan sering kentut. Namun, jumlah hari buang air besar hanya satu kriteria untuk mengenali bayi dengan konstipasi atau sembelit.

Bayi Minum ASI Secara eksklusif, mengapa tidak BAB?

Jika bayi Setiap 3 hari sekali baru BAB, tetapi fesesnya lunak, BAB dengan lancar, maka tidak disebut sembelit. Tapi jika 1 hingga 2 hari sekali BAB dan feses tidak lunak, bayi harus mendorong keras saat BAB, itu bisa dikatakan bayi mengalami sembelit. Inilah saatnya para ibu perlu belajar bagaimana mengobati sembelit untuk bayi. Lihat lebih banyak Tanda sembelit pada bayi.

Bayi yang disusui ASI jarang menderita sembelit karena sistem pencernaannya akan sangat baik. Serat prebiotik alami yang larut dalam ASI akan membantu bayi tidak mudah mengalami sembelit.

Jika Anda mengkonsumsi zat besi atau kalsium berlebih, Anda juga harus memperhatikan makanan yang Anda makan karena jika ini terjadi juga dapat membuat bayi Anda mengalami gangguan pencernaan, menyebabkan panas dan mudah menyebabkan sembelit.

Apa yang harus dilakukan para ibu untuk memudahkan bayi BAB dengan lancar dan mencegah sembelit

  • Menyusui ASI Ekslusif jauh lebih penting: jangan hanya memberi bayi Anda susu formula, berikan susu ASI karena di dalam ASI mengandung banyak air dan antibodi, mineral, nutrisi, dan komponen serat larut, yang sangat baik untuk kesehatan usus bayi. Selain itu, ASI mengandung Motilin yang meningkatkan motilitas usus bayi, sehingga feses bayi lebih mudah keluar.
  • Ibu harus makan banyak sayuran hijau, dan buah-buahan matang: Meskipun serat tidak lengkap melalui ASI, sejumlah kecil serat larut alami prebiotik dalam ASI bertindak sebagai substrat untuk pengembangan mikroorganisme, dan dapat membantu menyeimbangkan mikroflora usus. Secara khusus, di perut akan membantu mengembangkan bakteri menguntungkan, baik untuk pencernaan, dan di usus besar, mereka membantu memperbanyak bakteri di sekitar mukosa yang memainkan peran penting dalam menciptakan lendir, perlindungan lendir usus besar pada bayi. Serat larut alami juga berperan dalam menyerap air, menciptakan kotoran, memperbesar kotoran, membantu melembutkan, bergerak lebih mudah.
  • Pijat: Pijat perut pada bayi dapat membantu merangsang peristaltik, membawa isi usus kecil untuk bergerak sepanjang usus. Anda dapat meletakkan jari telunjuk dan tengah di dekat pusar bayi, tekan dan putar dengan lembut di tempat, lalu putar searah jarum jam di sekitar pusar, perlahan-lahan kembangkan lingkaran sampai jari Anda dekat dengan pinggul bayi.

Kesimpulan

Jadi dapat disimpulkan bawa Mengapa Bayi ASI Eksklusif Tidak BAB selama beberapa hari atau beberapa minggu bisa dikarenakan dari apa yang Anda makan, karena makanan yang Anda makan kandungan di dalam makanan tersebut juga akan di serap bayi melalui ASI. Sehingga walaupun Bayi Minum ASI Secara eksklusif tapi bisa juga terkena sembelit atau susah BAB.

Loading...
Copyright 2016 - 2019