Harian Nusantara

Bolehkan Madu Dikonsumsi Ibu Menyusui?

kesehatan 30 View

Ada banyak pertanyaan selama menyusui, salah satunya adalah pertanyaan Bolehkan Madu Dikonsumsi Ibu Menyusui?

Selama menyusui, makanan yang moms makan harus sangat hati-hati karena apa yang moms makan pada tahap menyusui dapat masuk ke dalam ASI dan bayi Anda juga akan memakannya melalui kandungan di dalam ASI. Di antara makanan sering dikonsumsi untuk kesehatan, madu merupakan makanan yang banyak ibu menyusui tanyakan apakah boleh dikonsumsi. Karena madu tidak aman untuk anak di bawah 12 bulan karena kandungan dalam madu dapat menyebabkan keracunan botulisme, racun yang berasal dari bakteri Clostridium botulinum. Karena itu untuk menjawab pertanyaan Bolehkan Madu Dikonsumsi Ibu Menyusui? Silahkan simak penjelasan kami di bawah ini.

Bolehkan Madu Dikonsumsi Ibu Menyusui?

Menelan spora Clostridium botulinum yang berada di dalam madu murni hampir tidak mempengaruhi sistem pencernaan Anda, karena sudah cukup matang untuk menetralisirnya. Karena itu, spora ini tidak akan membahayakan kesehatan bayi Anda, karena ketika memasuki sistem pencernaan Anda, spora ini tidak dapat menembus ke dalam ASI. Selain itu, ukuran Dari spora ini relatif besar, sehingga tidak dapat masuk melalui ASI.

Tidak seperti orang dewasa, sistem pencernaan pada bayi tidak memiliki bakteri yang cukup untuk membunuh spora Clostridium botulinum dan mencegah perkembangan serta produksi toksin dari spora ini. Jadi, jika Anda memberi makan madu langsung pada bayi, spora Clostridium botulinum bisa menembus ke dalam tubuh bayi, dan menetap di usus besar, lalu tumbuh menjadi bakteri dan dapat menghasilkan racun.

Idealnya, jika moms sedang menyusui, moms harus makan madu yang sudah dipasteurisasi, jangan makan madu murni karena madu murni ini sering mengandung spora Clostridium botulinum.

Manfaat madu untuk ibu menyusui

Madu merupakan salah satu pemanis alami dan memiliki banyak manfaat kesehatan:

  • Madu didalamnya mengandung zat besi dan kalsium, folat, vitamin C dan B.
  • Madu dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.
  • Madu dapat membantu mengobati luka, gejala diabetes, dan juga gangguan pencernaan lainnya.
  • Pengobatan kolitis, serta gejala pilek dan sakit tenggorokan.
  • Mencegah kanker dan juga penyakit jantung.

Untuk lebih jelas tentang manfaat madu untuk ibu menyusui yang lengkap bisa Anda baca pada situs babyologist.com pada artikel 9 Manfaat Madu Untuk Ibu Menyusui.

Loading...
Copyright 2016 - 2019