Harian Nusantara

Bolehkah Menjaga Sistem Pencernaan Bayi dengan Minum Yakult?

kesehatan 21 View

Pada tahun pertama setelah kelahiran, ketika sistem kekebalan bayi tidak sekuat orang dewasa, resistensi akan terkonsentrasi terutama di bagian saluran usus. Studi ilmiah telah menunjukkan bahwa 70% sel-sel kekebalan tubuh terletak di saluran usus. Antibodi akan hilang dari bayi ketika sudah tidak lagi di rahim dan akan di ditambah melalui ASI. Tetapi ASI saja tidak cukup untuk membantu perkembangan sistem pencernaan bayi.

Pencernaan yang sehat merupakan dasar bagi bayi untuk sepenuhnya dapat menyerap nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan fisik dan mental. Neurotransmitter diproduksi ketika sistem pencernaan yang sehat. Neurotransmitter akan meningkatkan koneksi neurologis di otak, melengkapi sistem saraf pusat, sehingga membantu anak-anak mengembangkan kemampuan untuk menerima dan memproses informasi dengan cara yang paling efektif.

Sistem pencernaan yang tidak dirawat dengan baik pada bayi akan merusak kekebalan tubuh, membuat anak-anak lebih rentan terhadap serangan dan penyakit pernapasan. Sehingga dapat memperlambat kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi, yang mengarah pada risiko kekurangan gizi dan mempengaruhi perkembangan sistem saraf.

Cara Merawat Perkembangan Sistem Pencernaan Bayi Baru Lahir

Pada tahap ini, melindungi sistem pencernaan pada bayi yang belum matang sangatlah penting. Orang tua harus memperhatikan tips berikut:

  • Menyusui ASI eksklusif untuk 6 bulan pertama kehidupan bayi. Jangan biarkan bayi Anda makan terlalu dini, waktu yang tepat untuk makan mil bayi adalah setelah 5,5 – 6 bulan.
  • Disusui dan diberi makan antara 2-4 jam.
  • Pilih makanan bergizi tetapi harus yang mudah dicerna dan cocok untuk usia bayi.
  • Memproses makanan harus sesuai umur bayi. Pada prinsipnya dari makanan yang encer menjadi padat. Anak-anak usia di bawah 6 bulan hanya boleh minum susu, usia dari 6-12 bulan makan boleh makan mil, usia dari 12-24 bulan anak boleh makan bubur dan setelah 24 bulan, anak-anak sudah bisa makan nasi.
  • Dalam beberapa kasus, ketika bayi menderita gangguan pencernaan yang berkepanjangan, anoreksia, pertumbuhan lambat, disarankan untuk membawa bayi untuk diperiksa ke dokter atau ahli medis tepat waktu. Juga Anda dapat melengkapi makanan bayi Anda dengan makanan probiotik seperti yogurt, susu fermentasi, dll. Untuk membantu memperbaiki gangguan usus dan juga membantu mencerna makanan, meningkatkan penyerapan dan metabolisme nutrisi untuk memberi makan tubuh.

Bolehkah Menjaga Sistem Pencernaan Bayi dengan Minum Yakult?

Untuk membantu sistem pencernaan pada bayi bolehkan diberi minum yakult? Ini mungkin menjadi pertanyaan dari banyak orang termasuk Anda saat ini. Berdasarkan sumber babyologist.com dari artikel Bolehkah Bayi Minum Yakult? menurut DSA Calvin, seorang bayi boleh saja minum yakult, asalkan diminumkan untuk anak di usia di atas 1 tahun dan yakult juga tidak digunakan untuk mengganti fungsi dari ASI atau MPASI. Karena Yakult merupakan salah satu minuman probiotik yang bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan pada bayi dan anak-anak dengan baik.

 

Loading...
Copyright 2016 - 2019