Harian Nusantara

Ketahui Tentang Milia, Bintik Putih Kecil Pada Bayi

kesehatan 74 View

Apakah Anda memiliki bayi dengan memiliki bintik putih di sekitar wajah? Biasanya bintik putih ini terdapat di area hidung, pipi dan mata. Mungkin masalah bintik putih ini membuat Anda khawatir apakah kondisi ini berbahaya untuk bayi Anda atau tidak? Untuk mengetahui informasi tentang masalah ini silahkan simak penjelasan di bawah ini.

Apakah bayi Anda memiliki bintik putih di sekitar wajah?

Jika Anda memiliki bayi dengan bintik putih di sekitar wajah, kemungkinan ini adalah Milia. Ini adalah kondisi dimana kulit di sekitar wajah seperti daerah pipi, dagu, hidung dan area wajah lainnya terdapat bintik putih kecil. Hal ini sangat umum terjadi pada bayi yang baru lahir, ini bisa terjadi sekitar 40 sampai 50 persen saat bayi lahir. Jadi, moms tidak perlu khawatir jika bayi Anda terdapat bintik putih karena masalah ini akan hilang sendiri dalam beberapa minggu.

Milia ini terjadi dikarenakan ada sel kulit mati yang terblokir di kantong kecil yang ada di permukaan kulit. Ketika permukaan bintik hilang, maka kulit mati akan mengelupas dan bintik putih ini akan sepenuhnya hilang. Waktu sekitar 1 bulan biasanya bintik putih kecil ini akan memudar dan tidak akan menyisakan bekas apapun pada kulit.

Cara Perawatan Bintik Putih Kecil Pada Bayi

Moms juga tidak perlu melakukan perawatan apapun ketika bayi Anda mengalami masalah ini, karena akan hilang dengan sendirinya tanpa adanya pengobatan khusus, masalah ini bisa hilang dalam beberapa minggu atau beberapa bulan setelah bayi lahir. Dan yang terpenting menurut saran dokter, bayi yang baru lahir sangat sensitif dan tidak diperbolehkan untuk menggunakan salep atau krim pada bayi untuk mengatasi masalah ini. Atau jika ada masalah lain seperti benjolan mirip jerawat pada kulit bayi, moms juga tidak diperbolehkan memencetnya karena dapat menyebabkan luka dan bekas luka.

Selain itu, ketika bayi Anda mengalami masalah kulit dengan bintik putih kecil ini, moms juga tidak diperkanankan untuk membersihkan dengan cara menggosok secara berlebihan karena hal ini tidak baik, karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit bayi baru lahir yang sangat sensitif. Moms cukup membersihkan dan memandikan bayi dengan biasa saja, karena dalam beberapa minggu atau beberapa bulan kedepan kulit bayi Anda akan menjadi normal dan bersih tanpa bintik putih kecil tersebut.

Kesimpulan

Ketika bayi Anda yang baru lahir memiliki bintik putih kecil atau Milia, yang terbaik Anda lakukan adalah membiarkannya tanpa penanganan atau perawatan berlebihan, karena kasus ini akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa bulan. Informasi ini di ambil dari referensi babyologist.com pada artikel Milia atau Bintik Putih pada Wajah Bayi.

Similar Posts:

Loading...
Copyright 2016 - 2019