Harian Nusantara

Ketahui Tanda-tanda Kehamilan Sebelum Telat Menstruasi

kesehatan 29 View

Suami dan istri pastinya akan menanti kebahagiaan dengan memiliki buah hati. Anda mungkin sekarang sedang berusaha untuk hamil dan selalu bertanya-tanya apakah Anda sudah hamil. Karena sulit untuk membedakan tanda-tanda kehamilan dan tidak ada gejala kehamilan saat tubuh normal berubah sebelum menstruasi. Tetapi Anda bisa mengamati tanda-tanda berikut, agar Anda bisa tahu apakah Anda hamil atau tidak sebelum telat menstruasi!

Tanda-tanda Kehamilan Sebelum Telat Menstruasi

1. Nyeri dada

Nyedi dada dan gejala awal kehamilan yang paling mudah dikenali adalah perubahan di dada. Jika Anda hamil, Anda mungkin akan memperhatikan bahwa payudara Anda sedikit membengkak, lebih sensitif, lebih kencang, terutama ketika disentuh. Seringkali gejala nyeri dada selama kehamilan juga disertai dengan payudara yang lebih berat dan lebih penuh. Gejala ini biasanya muncul pada 1-2 minggu setelah pembuahan dan dapat berlangsung selama beberapa minggu.

2. Mual

Mual merupakan kondisi yang sering disebut sebagai morning sickness, yang merupakan tanda paling awal, jelas dan khas dari kehamilan. Mual mulai dari 3 minggu setelah pembuahan. Tergantung pada setiap orang, mual bisa juga disertai dengan muntah atau tidak. Mual dapat terjadi kapan saja, terlepas dari siang atau malam hari. Namun, beberapa wanita akan sering memiliki sedikit atau tidak ada gejala mual di pagi hari selama kehamilan.

3. Peningkatan lendir serviks

Peningkatan lendir serviks yang tidak normal atau tidak biasa dianggap sebagai tanda kehamilan yang tidak boleh Anda abaikan. Saat hamil gejala ini mungkin muncul sebelum Anda menstruasi dan mencoba menggunakan test pack untuk mengetahui hasil positif. Karena ketika Anda hamil, jumlah hormon estrogen tinggi, sehingga membuat serviks memilih lendir lebih banyak dari biasanya.

4. Sembelit dan perut kembung

Jika gejala sembelit muncul sebelum siklus menstruasi, disertai dengan adanya gangguan pencernaan, bersendawa, dll, sangat mungkin bahwa ibu sedang hamil. Terjadinya hormon progesteron selama kehamilan dalam jumlah besar dapat memengaruhi sistem pencernaan, sehingga menyebabkan perut kembung, gangguan pencernaan, diare, sehingga pada minggu-minggu pertama dan sepanjang kehamilan akan mengalami sembelit dan perut kembung.

Itu adalah sedikit Tanda-tanda Kehamilan Sebelum Telat Menstruasi yang dapat kami sampaikan kepada Anda, untuk lebih lengkap tentang tanda-tanda kehamilan bisa simak di artikel Tanda-Tanda Kehamilan Sebelum Telat Menstruasi yang ada di situs babyologist.com.

Loading...
Copyright 2016 - 2019