Harian Nusantara

Posisi Tidur Terbaik Saat Hamil 6 Bulan

kesehatan 53 View

Saat usia kehamilan memasuki bulan ke 6 atau hamil 6 bulan, perut akan semakin membesar ukurannya kira-kira seukuran bola kaki dan janin sudah dapat bergerak di dalam Rahim dan bisa dirasakan dengan jelas. Selama bulan ini gejala kehamilan seperti sembelit, kram, cepat lelah dan sesak mulai di rasakan, karena Rahim telah berisi janin yang berada tepat di bawah tulang rusuk.

Selain itu posisi tidur di saat hamil 6 bulan juga akan mempengaruhi gajala yang di rasakan selama kehamilan. Karena itu, ketika tidur moms harus memperhatikan posisi tidur dan menerapkan posisi tidur yang tepat dan benar agar bisa nyaman selama hamil 6 bulan.

Posisi Tidur yang Dianjurkan di Usia Kehamilan 6 Bulan

Posisi miring

Salah satu posisi tidur yang terbaik untuk ibu hamil di semua usia kehamilan adalah posisi miring ke salah satu sisi. Karena dengan tidur pada posisi ini Rahim tidak akan menekan pembutuh darah dan tidak akan menghalangi paru-paru serta tidak menegangkan otot punggung.

Jadi dengan menerapkan posisi tidur ini, moms akan bisa mengurangi resiko pegal-pegal, nyeri punggung, kaki bengkak dan pusing. Selain dapat mengurangi gejala yang terjadi selama kehamilan, posisi tidur miring dapat juga membuat tidur lebih berkualitas dan nyaman.

Cara untuk tidur dengan posisi miring yang benar adalah meletakan bantal di bawah kepala, lalu bagian punggung juga ditopang mengggunakan bantal. Bantal ini bermanfaat untu menghindari tubuh terlentang secara tiba-tiba saa tidur. Dengan meletakan bantal di depan perut juga dapat membuat posisi kandungan tidak menggantung, sehingga juga dapat menjaga tubuh moms tidak tengkurap saat tidur. Sedangkan pada posisi tungkai, Anda bisa menekuk atau lurus.

Posisi setengah duduk

Kemudian untuk yang kedua adalah posisi setengah duduk yang merupakan posisi tidur yang cocok saat usia kehamilan 6 bulan. Jika Anda ingin posisi tidur lain bisa menggunakan posisi setengah duduk. Caranya Anda tidur dengan terlentang dengan posisi setengah duduk. Posisi ini juga akan mengurangi resiko naiknya asam lambung.

Tapi ketika tidur dengan posisi ini harus selalu memperhatikan bagian punggung dan leher agar tidak dalam posisi menekuk. Cara posisi tidur ini yang benar adalah dengan menyusun bantal dan membentuknya miring sempurna tanda adanya cekungan yang tajam.

Posisi ini juga dapat membuat idur menjadi berkualitas dan memastikan agar ibu saat hamil tidak tidur dalam posisi terlengtang atau tengkurap.

Kesimpulan

Itulah tadi Posisi Tidur Terbaik Saat Hamil 6 Bulan yang baik dan benar, sehingga dapat membuat tidur lebih berkualitas dan tidak membahayakan janin dalam kandungan.

Loading...
Copyright 2016 - 2019