Harian Nusantara

Petunjuk Tentang Cara Memeras ASI dengan benar

kesehatan 44 View

Memeras ASI merupakan keterampilan yang harus Ibu menyusui ketahui agar dapat memeras ASI secara efektif, karena ada masalah dengan kondisi bayi atau ibu yang tidak memungkinkan bayi menyusu ASI sendiri.

Keterampilan untuk belajar memeras ASI memerlukan waktu, ibu tidak boleh berkecil hati ketika belajar memeras ASI pertama kali. Pada awalnya bisa ASI yang keluar akan sangat kecil, tetapi seiring waktu, sekitar 1-2 minggu, ibu akan terbiasa, akan lebih mahirmemeras asi dengan lebih banyak.

Prinsip Umum Memeras ASI

Sebenarnya tidak ada cara efektif untuk mengeluarkan ASI dari payudara ibu seperti bayi menyusui langsung. Penyebabnya karena mulut, lidah, rahang atas dan rahang bawah bayi akan menciptakan mekanisme stimulasi untuk ujung puting sampai areola, dan menciptakan mekanisme tombol dan juga tekanan alami yang tidak dapat digunakan oleh tangan atau alat lainnya untuk memeras susu.

Tapi sekarang sudah banyak metode yang dapat merangsang refleks ke payudara untuk merangsang ASI keluar.

Teknik Pijat Untuk Merangsang ASI Keluar

Ibu dapat melihat banyak informasi di internet karena ada banyak cara memijat untuk merangsang ASI dan meningkatkan ASI keluar, ibu harus terus belajar dan melihat cara mana yang cocok dan mudah untuk diterapkan. Anda bisa mencoba cara berikut:

  • Langkah pertama memijat sekitar areola. Tujuan pijatan ini hanya membantu ibu rileks, lalu akan menstimulasi saraf di sekitar areola dan puting.
  • Kedua proses pijatan pada ujung puting membutuhkan waktu sekitar 1-2 menit, atau tergantung kondisi payudara Ibu. Jika setelah 30 detik ASI keluar, ibu dapat memeras atau mengisapnya. Prioritas pijatan diberikan pada waktu di sekitar areola dan kepala putih lebih dari pijat payudara, karena saraf yang merangsang refleks ke dalam susu terletak di sekitar puting susu.
  • Anda cukup menggunakan 2 telapak tangan untuk memijat 2 payudara dengan lembut dengan waktu sekitar 30 detik. Kemudian menggunakan 5 jari untuk mengumpulkan ujung puting, kekuatannya tidak terlalu ringan, dan tidak terlalu kuat, karena dapat menyebabkan rasa sakit. Sampai ASI keluar, hentikan, lalu lakukan cuci tangan.

Kesimpulan

Cara memeras ASI dengan benar ini adalah dengan menggunakan teknik pijat manual, tapi jika cari ini terlalu sulit untuk dilakukan pada situs babyologist.com telah mengajarkan Cara Memerah ASI Menggunakan Pompa Manual dengan lebih mudah dan praktis.

Loading...
Copyright 2016 - 2019