Harian Nusantara

Cara Mengatasi Tombol IDM Tidak Muncul Otomatis Saat Download

Teknologi 34 View

Software IDM atau Internet Download Manager merupakan perangkat lunak yang di ciptakan dan dikembangkan oleh developer Tonec Inc di New York, Amerika Serikat. Software IDM atau Internet Download Manager di khususkan untuk pengguna windows. Software IDM atau Internet Download Manager ini memiliki fungsi untuk mempercepat suatu proses download file dengan berbagai macam metode yang digunakan oleh Software IDM atau Internet Download Manager.

Software IDM atau Internet Download Manager ini memiliki desain dan tampilan interface yang sederhana dan mudah di pahami. Karena hal tersebut maka banyak orang yang menggunakan Software IDM atau Internet Download Manager ini di perangkat pc atau laptop windows milik mereka.

Penyebab Tombol IDM Tidak Muncul Otomatis Saat Download

Namun terkadang tombol dari Software IDM atau Internet Download Manager ini kerapkali tidak muncul ketika kita ingin mendownload sebuah file semisal video di platfoam youtube. Beberapa penyebab kenapa tombol dari Software IDM atau Internet Download Manager tidak muncul ketika kita ingin mendownload video di youtube antara lain adalah :

  • Yang pertama mungkin karena ekstensi dari Software IDM atau Internet Download Manager tidak terpasang dengan benar dan itu menyebabkan tombol Software IDM atau Internet Download Manager tidak muncul ketika kita ingin menggunakan nya untuk mendownload video melalui platfoam youtube dan sebagai nya.
  • Yang kedua adalah mungkin karena Software IDM atau Internet Download Manager yang kamu pasang atau instal di pc atau laptop masih menggunakan Software IDM atau Internet Download Manager versi lama dan kamu belum memperbaharui ke versi yang terbaru dari Software IDM atau Internet Download Manager. Karena hal tersebut mungkin tombol Software IDM atau Internet Download Manager tidak muncul ketika kamu akan mendownload video di youtube dan sebagainya.
  • Penyebab ketiga yang mungkin terjadi adalah karena kamu belum mengaktivasi Software IDM atau Internet Download Manager di pc atau laptop mu setelah kamu selesai menginstal Software IDM atau Internet Download Manager tersebut.

Itu adalah beberapa penyebab yang mungkin terjadi jika tombol dari Software IDM atau Internet Download Manager tidak muncul ketika kamu ingin mendownload sesuatu semisal video di platfoam youtube dan semacam nya.

Cara Mengatasi Tombol IDM Tidak Muncul Otomatis Saat Download

Berikut akan kami jelaskan cara mengatasi tombol Software IDM atau Internet Download Manager yang tidak muncul ketika ingin mendownload file video di youtube. Simak penjelasan dari artikel di bawah ini :

1. Instal ulang IDM atau Internet Download Manager Extension melalui web browser yang kamu gunakan

Cara pertama yang bisa kamu gunakan ketika tombol dari Software IDM atau Internet Download Manager tidak muncul ketika ingin mendownload video di youtube adalah dengan menginstal ulang IDM Extension atau Internet Download Manager Extension melalui web browser semisal google chrome, mozilla firefox dan lain sebagainya. Berikut adalah cara menginstal ulang IDM Extension melalui web browser.

Simak penjelasan artikel di bawah ini :

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka web browser yang ingin kamu gunakan semisal mozilla firefox, opera mini, google chrome dan lain sebagai nya.
  • Pada halaman depan dari web browser tersebut, kamu masuk pada pengaturan extension. Yaitu dengan cara klik pada menu tiga titik hitam, kemudian kamu pilih more tools dan terakhir klik extension.
  • Langkah berikutnya kamu masuk pada menu IDM Integration Module. Pada menu tersebut kamu pilih dan klik Remove. Pada layar web browser tersebut akan muncul sebuah kotak dialog yang harus kamu konfirmasi. Langkah selanjutnya adalah kamu klik sekali lagi menu Remove tersebut.
  • Kemudian kamu pergi ke menu windows eksplorer. Kamu masuk ke folder berupa This Computer, kemudian pada folder Local Disk (C:), terus masuk ke folder Program Files (x86) dan terakhir pada folder Internet Download Manager.
  • Pada folder IDM di windows eksplorer tersebut kamu cari file dengan nama IDMGCExt.crx
  • File tersebut kemudian kamu drag atau tarik ke menu extension yang ada di web browser yang kamu buka tadi
  • Langkah selanjutnya adalah kamu pilih dan klik Add Extension
  • Kemudian kamu akan di bawa ke halaman selanjutnya yang berisi perintah untuk penginstalan software IDM tersebut.
  • Tunggu beberapa saat sampai Software IDM atau Internet Download Manager tersebut berhasil di instal.
  • Dan jika Software IDM atau Internet Download Manager tersebut telah selesai kamu instal, maka kamu bisa langsung mencoba untuk mendownload video di youtube apakah tombol dari Software IDM atau Internet Download Manager tersebut sudah bisa muncul atau belum. Jika sudah berarti kamu bisa memakai Software IDM atau Internet Download Manager untuk aktivitas download mu. Tapi jika belum? Kamu bisa lakukan cara kedua.

2. Instal ulang Software IDM atau Internet Download Manager

Cara pertama tadi hanya dilakukan instal Extension nya saja. Nah pada cara kedua ini, kamu harus melakukan instal ulang Software IDM atau Internet Download Manager. Berikut adalah cara instal ulang Software IDM atau Internet Download Manager. Simak penjelasan dari artikel di bawah ini :

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka web browser yang ingin kamu gunakan untuk melakukan instal ulang dari Software IDM atau Internet Download Manager.
  • Kemudian kamu masuk pada situs website resmi Software IDM atau Internet Download Manager dan lakukan mendownload file dari Software IDM atau Internet Download Manager tersebut yang memiliki ukuran file sebesar 10 Mb saja.
  • Tunggu beberapa saat sampai proses download dari Software IDM atau Internet Download Manager inu selesai dilakukan.
  • Jika sudah terdownload, maka langkah selanjutnya adalah kamu instal Software IDM atau Internet Download Manager
  • Cara menginstal Software IDM atau Internet Download Manager adalah kamu cari file yang telah  kamu download tadi. File tersebut memiliki format .exe.
  • Jika file exe tersebut ketemu, kamu klik dua kali pada file tersebut.
  • Akan muncul sebuah jendela Internet Download Manager Wizard, berikutnya adalah kamu klik next
  • Kemudian kamu beri tanda centang pada kolom yang bertuliskan accept the terms in the license agreement. Jika sudah maka kamu klik Next.
  • Kamu bisa memilih opsi untuk file yang ingin kamu instal atau kamu pilih saja yang default, supaya tidak ribet. Jika sudah kemudian klik next.
  • Kembali lagi kamu pilih dan klik next untuk melanjutkan proses instalasi software IDM
  • Tunggu beberapa saat sampai software IDM tersebut berhasil terinstal di pc atau laptop mu.
  • Jika sudah selesai, kamu klik finish
  • Maka software IDM tersebut sudah bisa kamu gunakan untuk mendownload file video di youtube dan sudah bisa memunculkan tombol IDM tersebut.

Nah, itulah cara mengatasi tombol dari software IDM yang tidak muncul secara otomatis ketika ingin mendownload file.

Similar Posts:

Loading...
Copyright 2016 - 2019