Harian Nusantara

Cara Membuat Video Power Point Step By Step Yang Mudah

Teknologi 42 View

Presentasi merupakan hal yang penting untuk menjelaskan sebuah topik atau gagasan kita kepada banyak orang. Terlebih jika kamu seorang pengusaha atau pebisnis, presentasi merupakan hal yang wajib kamu lakukan untuk meyakinkan klien yang berencana untuk bekerja sama dengan kamu.

Presentasi jauh akan lebih menarik jika di dukung dengan sebuah software yang di desain untuk bikin file presentasi. Software tersebut adalah Microsoft Powerpoint. Microsoft Powerpoint merupakan sebuah software yang di desain untuk bikin file presentasi semisal untuk kantor, bisnis, sekolah, kuliah dan lain sebagainya. Software Microsoft Powerpoint di ciptakan dan dikembangakan untuk pertama kali pada 1987 oleh Bob Gaskins dan juga Dennis Austin. Software Microsoft Powerpoint ini memiliki beberapa kelebihan antara lain adalah bisa di ekspor ke berbagai macam format file, banyak efek transisi yang akan semakin membuat menarik sebuah presentasi dan juga software Microsoft Powerpoint ini sangat mudah digunakan. Software Microsoft Powerpoint juga bisa digunakan untuk membuat video.

Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas bagaimana cara membuat sebuah video sederhana menggunakaj software Microsoft Powerpoint. Namun, sebelum masuk ke pembahasan membuat video menggunakan Microsoft Powerpoint, ada baik nya kamu harus tau terlebih dahulu cara mendownload dan instal software Microsoft Powerpoint di laptop atau pc.

Cara Download dan Install Microsoft Porwepoint

Berikut akan kami jelaskan cara mendownload dan instal software Microsoft Powerpoint di laptop atau pc. Simak pejelasan dari artikel di bawah ini :

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk ke situs web resmi dari software Microsoft Powerpoint.
  2. Kemudian kamu klik tombol download file Microsoft Powerpoint tersebut.
  3. Tunggu beberapa saat sampai proses download dari software Microsoft Powerpoint ini berhasil di lakukan.
  4. Jika proses download software Microsoft Powerpoint telah selesai, maka langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan tentu saja adalah menginstal software Microsoft Powerpoint tersebut.
  5. Kemudian kamu masuk pada windows eksplorer dan cari file dengan format file setup.exe.
  6. Kamu klik pada file tersebut dan ikuti langkah yang tertera di kotak dialog yang di munculkan setelah kamu klik file setup.exe
  7. Jika step by step telah kamu lakukan maka selanjutnya kamu klik instal. Tunggu beberapa saat sampai proses instalasi berhasil kamu lakukan.
  8. Setelah terinstal, pada kota dialog tersebut kamu klik close. Dan Microsoft Powerpoint telah siap untuk kamu gunakan membuat sebuah file presentasi atau membuat sebuah video yang sederhana.

Nah, sekarang kamu telah mempunyai sebuah software Microsoft Powerpoint. Kemudian akan kami jelaskan cara menggunakan software Microsoft Powerpoint untuk membuat sebuah video sederhana. Bagimana cara membuat video menggunakan Microsoft Powerpoint?

Cara Membuat Video Power Point

Berikut akan kami jelaskan cara membuat video menggunakan software Microsoft Powerpoint. Simak penjelasan dari artikel di bawah ini :

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka software Microsoft Powerpoint yang telah kamu download dan instal tersebut. Bisa dengan cara klik dua kali ikon Microsoft Powerpoint di desktop atau mencari dengan cara klik start- klik microsoft Office- klik Microsoft Powerpoint.
  2. Pada halaman depan dari software Microsoft Powerpoint kamu pilih tamplate yang ingin kamu gunakan sebagai lembar kerja dari file presentasi tersebut. Template tersebut mencakup beberapa unsur seperti font, skema warna dan desain tampilan. Atau jika memang kamu tidak ingin menggunakan template tersebut, maka kamu klik saja Blank yang terletak di pojok atas sebelah kiri.
  3. Kemudian kamu bisa memilih dan menentukan tema dan warna yang ingin kamu gunakan dalam file presentasi yang sedang kamu buat tersebut. Ada banyak sekali pilihan tema yang di sediakan oleh software Microsoft Powerpoint. Jika kamu tidak ingin menggunakan tema, maka kamu lewati saja pada halaman ini.
  4. Jika semua aspek mulai dari template dan tema telah kamu pilih, langkah berikutnya adalah kamu klik create dan mulai membuat file presentasi mu.
  5. Langkah berikutnya adalah kamu memilih tampilan untuk halaman judul. Setelah terpilih, kemudian kamu bisa tulis sesuka mu judul apa yang ingin kamu gunakan untuk file presentasi tersebut. Jika font default yang digunakan pada software Microsoft Powerpoint bagi kamu kurang keren, maka kamu bisa cari dan pilih sendiri font yang ingin kamu gunakan untuk file presentasi tersebut agar keren maksimal. Dan jika di perlukan juga, kamu bisa tambah sub judul dari file presentasi tersebut.
  6. Kemudian kamu klik lembar kerja baru dan kamu bisa merangkai sendiri kalimat serta bentuk dari file presentasi tersebut. Buatlah sekreativ mungkin.
  7. Setelah kamu selesai membuat file presentasi tersebut, maka langkah selanjutnya adalah kamu jadikan file presntasi tersebut menjadi sebuah video.
  8. Untuk masing-masing halaman dari file presentasi tersebut kamu tambahkan efek transisi agar tidak kaku dan bisa bergerak secara dinamis dan enak di lihat. Tambah juga efek animasi yang bisa kamu pilih pada menu animasi. Ada banyak sekali efek animasi yang di sediakan oleh software Microsoft Powerpoint.
  9. Jika semua langakh tersebut sudah kamu lakukan dan hasil akhir dari file presntasi yang kamu buat tersebut dirasa telah maksimal dan bagus, kemudian kamu bisa jadikan file tersebut menjadi video.
  10. Langkah berikutnya adalah kamu simpan file tersebut dengan cara klik save as dan kamu beri nama file tersebut sesuai dengan keinginan mu dan juga ubah type file pada software Microsoft Powerpoint menjadi Windows Movie Video. Jika sudah, kamu pilih dan klik save. Maka file tersebut sudah kamu simpan dan menjadi sebuah video.

Jika kamu tidak percaya, kamu bisa langsung coba cari file tersebut dan play. Bagaimana, bung dan nona? Cukup mudah kan membuat video sederhana menggunakan software Microsoft Powerpoint. Untuk awalan minimal kamu buat yang sederhana saja dulu. Semisal bikin slide per slide yang ditambah dengan efek transisi juga efek animasi.

Tidak usah tergesa-gesa ingin buat video yang keren semisal animasi. Karena untuk dapat membuat animasi yang paling sederhana melalui software Microsoft Powerpoint, kamu harus rajin terus belajar, belajar dan belajar serta selalu praktek ketika mendapat ilmu baru tentang Microsoft Powerpoint.

Belajar dari hal paling fundamental aja dulu. Nanti juga lama-lama kamu akan paham dan terbiasa sehingga kamu bisa membuat video yang keren seperti animasi melalui software Microsoft Powerpoint. Memang, software Microsoft Powerpoint ini bisa di bilang gampang-gampang susah. Susah bagi orang yang tidak mau belajar, tapi bakal gampang bagi orang yang mau belajar dan berproses terus menerus sampai dengan bisa menjadi ahli di bidan nya.

 

Itulah cara membuat video menggunakan software Microsoft Powerpoint. Sekian, semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Similar Posts:

Loading...
Copyright 2016 - 2019