Harian Nusantara

Aplikasi Antivirus Terbaik Untuk PC

Teknologi 24 View

Aplikasi antivirus pc merupakan ssebuah aplikasi yang berguna untuk melindungi pc dari virus yang biasanya di sebabkan saat kalian menggunakan jaringan internet yang tidak aman dan mudah disusupi oleh berbagai virus seperti trojan, malware, adware dan masih banyak lagi virus yang dapat menyerang pc kalian. Virus-virus ini biasanya dibuat oleh orang yang bertanggung jawab guna mengacaukan beberapa file yang ada didalam pc kalian.

Pada umumnya perangkat yang paling sering menjadi sasaran bagi para orang yang tak bertanggung jawab merupakan perangkat Windows. Hal ini dipengaruhi oleh banyaknya penggunaa Windows di dunia pada saat ini ketimbang penggunaan MacOS ataupun Linux. Sehingga Windows mudah sekali disusupi virus yang merugikan penggunanya. Sebenarnya unuk mencegah hal tersebut, Windows telah membuat layanan antivirus bawaan yaitu aplikasi Windows Deffender. Aplikasi ini berguna untuk melindungi pc kalian dari serangan malware dan sejenesinya.

Selain menggunakan Windows Deffender sebagai aplikasi antivirus yang dapat kalian gunakan. Sekarang telah banyak bermunculan aplikasi-aplikasi antivirus untuk pc yang menawarkan jaminan bebas virus saat kalian menggunakan aplikasi tersebut. Dari versi yang gratis sampai versi berbayar semuanya memiliki fitur-fitur yang dapat diandalkan untuk mengatasi virus yang ada di pc kalian. Untuk kalian yang masih bingung memilih aplikasi antivirus terbaik untuk pc kalian, maka dibawah ini telah saya siapkan aplikasi antivirus terbaik untuk pc.

Aplikasi Antivirus Terbaik Untuk PC

1. Smadav

Tak lengkap rasanya apabila membahas aplikasi antivirus terbaik tidak menyertakan aplikasi Smadav. Smadav merupakan aplikasi antivirus ciptaan anak bangsa yang cukup populer digunakan oleh pengguna windows baik itu windows 8 ataupun windows 10. secara keseluruhan memang aplikasi ini tidak cukup bagus untuk melindungi pc kalian dari berbagai serangan virus. Tetapi salah satu keunggulan smadav yaitu memiliki ribuan database virus lokal. Sehingga untuk menangani virus lokal smadav bisa diandalkan untuk kalian gunakan. Smadav ini sendiri dapat kalian unduh secara gratis, dan apabila kalian ingin memiliki fitur yang lebih lengkap maka kalian bisa meng upgradenya menjadi versi pro.

 

2. Panda Free Antivirus

Yang selanjutnya adalah panda free antivirus. Aplikasi yang dikembangkan oleh avast software ini merupakan aplikasi yang dirilis perdana pada tahun 1990, jadi cukup berpengalaman untuk menghadirkan perlindungan pada pc kalian. Panda free antivirus ini memiliki beberapa kelebihan yang dapat kalian andalkan di dalamnya, salah satu kelebihanya yaitu dapat mendeteksi virus dan malware yang langsung ditangani dengan cepat, dan juga dapat membuat rescue disks. Namun dibalik kelebihanya tersebut, panda free antivirus akan memberikan beban yang lebih pada saat aplikasi ini dijalankan, sehingga dapat mempengaruhi performa pc kalian. Secara keseluruhan aplikasi ini merupakan aplikasi yang cukup bagus, baik dari proses penanganan virusnya sampai pembaruan aplikasinya.

 

3. Comodo Antivirus

Comodo lebih dikenal sebagai perusahaan yang menyediakan SSL, namun jarang diketahui juga bahwa comodo group juga mengembangkan salah satu aplikasi antivirus mereka yaitu comodo antivirus. Comodo antivirus sama seperti kebanyakan aplikasi antivirus lainya  yang menawrkan pc kalian akan terlindungi dari virus virus yang menyerang. Ada beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh comodo antivirus ini, diantaranya adalah fitur pengaturan DNS yang dimana fitur ini akan membuat kegiatan internet kalian akan lebih aman dan terlindungi, selain itu comodo antivirus juga memiliki tampilan yang rapi dengan tombol-tombol yang mudah digunakan, kalian juga dapat mengubah tema tampilan comodo antivirus kalian sesuai keinginan. Namun sayangnya dibalik itu semua terdapat beberapa kekurangan aplikasi ini di antaranya adalah pendeteksian virus yang berjalan lambat dan terkadang salah saat melakukan scan virus.

 

4. Avast

Bagi kalian yang sudah lama menggunakan aplikasi antivirus, maka sudah tak asing lagi dengan aplikasi antivirus avast. Avast merupakan aplikasi antivirus yang cukup populer digunkan oleh pengguna windows didunia pada saat ini. Aplikasi yang dikembangkan oleh avast free antivirus ini memang hadir sudah cukup lama yaitu pada tahun 1988. dengan pengalamnya tersebut membuat aplikasi ini sangat populer dan memiliki beberapa kelebihan dibanding dengan aplikasi antivirus lainya yaitu aplikasi ini sangat ringan digunakan sehingga tidak memberatkan sistem komputer kalian. Avast juga diklaim memiliki perlindungan virus yang sangat baik, sehingga tak mengherankan apabila avast ini merupakan aplikasi antivirus terbaik pada saat ini. Namun dibalik kelebihannya tersebut aplikasi ini memiliki pengaturan yang terlalu banyak sehingga membuat ribet para penggunanya.

 

5. Bitdefender

Bitdefender memang tidak seterkenal dengan avast ataupun avira, namun aplikasi yang satu ini memiliki kemampuan pendeteksi virus yang sangat baik ketimbang dengan avast. Hal ini sudah di uji pada labolatorium dan menunjukan bahwa aplikasi antivirus yang satu ini memiliki perlindungan yang terbaik pada saat ini. Bitdefender memiliki du jenis golongan aplikasi, yaitu aplikasi berbayar dan aplikasi gratis. Tentu saja jika kalian menggunakan versi berbayarnnya maka kalian akan mendapatkan fitur-fitur yang lebih lenkap. Namun jika kalian menggunakan versi gratisnya, kalian hanya memperoleh beberapa fitur saja tetapi untuk urusan perlindunganya, aplikasi gratisnya pun memiliki perlindungan yang cukup baik untuk bisa kalian andalkan.

 

6. Kaspersky

Kaspersky merupakan aplikasi antivirus yang menduduki peringkat tiga aplikasi antivirus terbaik pada saat ini bersam dengan bitdefender dan norton. Pada awalnya aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar, sehingga kalian perlu mengeluarkan uang untuk membayar lisensi tiap tahunnya. Namun setelah pada akhir juli 2017, kaspersky memutuskan untuk mengeluarkan aplikasi versi gratsinnya. Memang versi gratisnya tidak memiliki fitur-fitur yang lengkap ketimbang dengan versi berbayarnya, namun kaspersky memiliki program antivirus yang dapat kalian gunakan untuk melakukan pemindaian dari berbagai ancaman virus yang menyerang. Kelebihan jika kalian menggunakan aplikasi ini adalah memiliki scan virus yang akurat, sehingga sangat bisa kalian andalkan untuk masalah perlindungan dari malware dan sejenisnya. Namun jika kalian menggunakan versi gratisnya maka tidak akan didukung dengan berbagai fitur andalan yang ada di aplikasi versi berbayarnya.

 

7. Sophos Home

Sphos home merupakan aplikasi antivirus buatan inggris yang dikembangkan oleh sophos pada tahun 1985. jadi tak mengerankan apabila sophos home sudah sangat berpengalaman dalam bidang keamanan komputer, dan sekarang sophos home telah memiliki beberapa vitur yang cukup canggih didalamnya. Sophos home dapat melakukan scan secara menyeluruh dan juga dapat memblokir situs internet yang berbahaya. Salah satu  kekurangnya yaitu aplikasi ini tidak mendukung opsi scheduled scan sehingga harus dilakukan secara manual dan berkala.

 

8. Avira

Dan aplikasi antivirus terbaik yang terakhir adalah avira. Avira ini pertama kali dirilis pada tahun 2008 dan kini sudah digunakan sebanyak 500 juta pengguna, menjadikan avira sebagai aplikasi antivirus populer yang ada pada saat ini. Avira dapat melindungi komputer kalian dari serangan ransomware, malware, spyware dan pishing. Dengan antarmuka yang cukup baik membuat avira memiliki tampilan yang enak dipandang dan memiliki beberapa tombol yang mudah untuk digunakan.

Similar Posts:

Loading...
Copyright 2016 - 2019