Harian Nusantara

Cara Menggunakan SMS Banking BRI

Teknologi 153 View

Bank BRI atau Bank Rakyat Indonesia merupakan salah satu bank yang dimiliki pemerintah Indonesia yang terbesar. Bank yang berdiri sejak tahun 1895 ini pertama kali didirikan di kota Purwokerto, Jawa Tengah oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja. Sampai sekarang Bank BRI telah berkembang pesat menjadi salah satu Bank Terbesar dan Terbanyak di Indonesia, sehingga ketika kalian tinggal di Kota yang jauh dari Kota besar, pasti terdapat Bank BRI di Kota tempat Kalian tinggal.

Maka tidak salah jika nasabah Bank BRI sangat banyak dan tersebar di seluruh Indonesia, sehingga apapun produk yang dikeluarkan Bank BRI para nasabah ingin mengetahui cara mendaftar dan menggunakannya. Salah satu kebutuhan yang sangat penting saat ini untuk berbagai transaksi perbankan adalah SMS Banking. Karena ini adalah salah satu alat transaksi termudah dan pastinya dimiliki oleh setiap nasabah Bank BRI.

Selain produk Bank BRI untuk kemudahan transaksi nasabah seperti cek saldo, cek mutas, transfer uang dan lainnya juga bisa dilakukan menggunakan Internet Banking. Tapi tidak semua nasabah menggunakan HP yang bisa mengakses internet. Sehingga SMS Banking bisa menjadi pilihan tepat dan terbaik untuk semua nasabah Bank BRI dalam melakukan transaksi tanpa pergi ke Bank atau ATM.

Lalu bagaimana cara menggunakan SMS Banking BRI?

Jika Kalian belum tahu caranya, bisa tanyakan langsung ke Kantor Bank BRI terdekat untuk proses pendaftaran dan aktivasinya. Tapi sebelum kalian pergi ke Kantor BRI untuk mendaftar SMS Banking, kalian harus mengetahui beberapa proses atau langkah yang nantinya harus kalian tempuh agar bisa menggunakan layanan SMS Banking BRI ini.

Cara Daftar dan Aktivasi SMS Banking BRI

Untuk kalian yang ingin mendaftar SMS Banking BRI dan ingin tahu cara aktivasinya dengan mudah, silahkan simak terlebih dahulu langkah-langkah mendaftar dan aktivasi SMS Banking BRI, berikut ini :

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah pergi ke kantor BRI dimana tempat kalian membuat rekening untuk daftar sms banking BRI dan Kalian harus mengantri ke Costumer Service atau juga bisa mendaftar melalui ATM BRI, jika kalian malas mengatri dan juga sibuk. Berikut ini adalah 2 cara daftar SMS Banking BRI.

Daftar SMS Banking BRI Melalui Kantor Bank BRI

Proses pendaftaran SMS Banking BRI bisa dilakukan dengan mengunjungi Unit Kerja BRI, baik itu kantor cabang, KK, KCP atau Unit.

Kalian ketika sampai di kantor BRI silahkan ambil nomor antrian CS, menunggu sampai ada panggilan, setelah itu CS akan memberikan formulir aplikasi untuk pendaftaran SMS Banking BRI dan kalian harus mengisinya sesuai dengan data yang kalian miliki dan sesuai KTP yang masih berlaku.

Selain itu kalian juga diwajibkan membawa KTP yang masih berlaku dan kartu ATM BRI. Karena CS akan memfotocopynya untuk dilampirkan dalam permohonan.

Jika semua formulir telah diisi dengan lengkap, maka Kalian sudah bisa menggunakan layanan SMS Banking BRI.

Daftar SMS Banking BRI Melalui ATM

Pendaftaran ini sangat cocok untuk orang yang malas mengantri dan juga mungkin sibuk dengan pekerjaan, agar dapat menikmati layanan SMS Banking BRI, kalian dapat mendaftarnya kapan saja melalui ATM BRI. Untuk proses pendaftarannya, silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini :

  • Pertama kunjungi ATM BRI terdekat.
  • Masukan kartu ATM BRI ke mesin ATM BRI, lalu masukan PIN.
  • Selanjutnya, akan ada tampilan transaksi pada layar ATM, disini Kalian pilih menu Transaksi Lain.
  • Jika sudah, lanjut dengan memilih menu Registrasi.
  • Kemudian akan muncul menu SMS Banking pada layar, maka pilih menu tersebut.
  • Jika sudah dipilih, kalian diharuskan membuat PIN 6 digit. PIN pada proses pendafaran ini boleh berbeda dengan nomor PIN kartu ATM kalian gunakan.
  • Masukan nomor PIN yang mudah diingat.
  • Jika sudah selesai memasukan PIN dan konfirmasi PIN, mesin ATM akan mengeluarkan struk yang menandakan proses pendaftaran SMS Internet Banking telah berhasil.

Cara Menggunakan SMS Banking BRI

Jika semua proses pendaftaran dan aktivasi SMS Banking BRI telah dilakukan dengan benar, maka kalian sudah bisa dilakukan. Berikut akan kami berikan format SMS untuk melakukan transaksi melalui SMS Banking. Semua format ini dikirim ke nomor 3300. Berikut ini adalah format yang wajib kalian ingat :

  • Transfer ke Sesama Rekening BRI, Format SMS sebagai berikut : TRANSFER BRI[NOMER REKENING TUJUAN] NOMINAL PIN, contoh sms yang dilakukan : TRANSFER BRI1234654321 50000 654123
  • Transfer ke Bank Lain, Format SMS sebagai berikut : TRANSFER KODE Bank Tujuan + Nomor Rekening NOMINAL PIN, untuk contoh SMSnya sebagai berikut : TRANSFER 009987456654789 750000 TRANSFER 008987654321 5000000 123456
  • Cara Cek Saldo SMS Banking BRI, format SMS sebagai berikut : SALDO PIN, contoh SMS yang dikirim : SALDO 654123
  • Cara Beli Pulsa Token PLN SMS Banking BRI, format SMS untuk transaksi ini : BELI PLNPRE ID PLN NOMINAL PIN, untuk contoh SMS dikirimkan seperti ini : BELI PLNPRE 0258963741 150000 654123
  • Cara SMS Banking BRI untuk Isi Pulsa, format SMSnya sebagai berikut : PULSA NOHP NOMINAL PIN, contoh sms yang dikirim : PULSA 081987654321 50 654123, untuk isi pulsa 50 ribu.

Itulah beberapa format sms banking BRI yang sering digunakan, sebenarnya masih banyak format SMS yang dapat dilakukan dengan keperluan yang berbeda.

Kelebihan SMS Banking BRI

Beberapa kelebihan SMS Banking BRI yang dapat kalian nimkati sebagi berikut :

  • Pertama kalian dapat cek saldo rekening BRI hanya melalui SMS.
  • Dapat melakukan berbagai pembayaran tagihan, seperti tagihan Listrik PLN, PAM Air, Tagihan kartu kredit, tagihan pembayaran pascabayar seluler, pembayaran zakat, dan pembayaran lainnya.
  • Dapat melakukan transfer ke sesama rekening BRI dan transfer ke Bank lain atau transfer antar bank hanya melalui SMS.
  • Dapat melakukan isi ulang pulsa prabayar semua operator dengan cepat.

Jadi itulah beberapa kelebihan yang patut dipertimbangkan mengapa kalian harus mendaftar sms banking BRI. Jadi kalian dalam melakukan beberapa transaksi diatas, tidak perlu ke ATM ataupun menggunakan koneksi internet. Cukup saldo pulsa yang kalian mencukupi untuk melakukan berbagai transaksi setiap smsnya. Tapi, jika kalian ingin mengunakan interet banking, sms banking dan fitur perbankan lainnya dari BRI, kalian dapat menggunakan BRI Mobile. Untuk pendaftarannya kalian dapat langsung daftar ke kantor BRI untuk menanyakan cara pendaftaran dan aktivasi layanan ini. Sehingga semua layanan perbankan dari BRI bisa kalian miliki dan semua transaksi menjadi lebih mudah dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Bagaimana? Mudah bukan proses pendaftara, aktivasi dan cara menggunakan SMS Banking BRI. Jadi jika kalian merupakan nasabah dari Bank BRI dan ingin melakukan berbagai transaksi dengan kemudahan hanya menggunakan SMS. Maka segeralah lakukan pendaftaran di kantor BRI terdekat ataupun melalui ATM terdekat.

Similar Posts:

Loading...
Copyright 2016 - 2019