Harian Nusantara

Cara Membuat Daftar Pustaka Internet

Teknologi 39 View

Daftar pustaka memiliki peran penting ketika kita membuat sebuah makalah atau tesis atau skripsi. Tanpa ada nya daftar pustaka, karya makalah yang kita buat tidak mempunyai rujukan ilmiah yang jelas dan tidak dapat di buktikan kebenaran nya. Daftar pustaka pada sebuah karya makalah biasa nya di tempatkan di bagian akhir dari sebuah makalah atau tesis atau skripsi dan lain sebagai nya.

Beberapa hal yang penting yang harus di cantumkan dalam daftar pustaka antara lain adalah nama penulis, judul tulisan, penerbit, identitas penerbit, dan juga tahun terbit. Dan fungsi dari daftar pustaka pada sebuah karya ilmiah apapun itu adalah sebagai bahan rujukan dari karya yang di tulis.

Rujukan tersebut bisa kamu dapatkan melalui buku lain, tulisan lain baik di media koran, majalah atau di internet. Sumber rujukan dari internet biasa nya di pilih karena kepraktisan dan efesiensi waktu.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas tuntas mengenai daftar pustaka.

Cara Membuat Daftar Pustaka Internet

Ada beberapa cara kepenulisan daftar pustaka internet yang bisa kamu terapkan di karya tulis ilmiah mu tersebut. Simak penjelasan artikel di bawah ini.

1. Menulis daftar pustaka dengan cara Council of Science Editors

Cara pertama menulis daftar pustaka internet yang bisa kamu terapkan dalam karya tulis ilmiah mu adalah dengan menggunakan cara CSE atau Council of Science Editors. Tata cara menulis daftar pustaka dengan metode CSE atau Council of Science Editors adalah dengan menyusun sumber rujukan secara runut dan urut mulai dari nama website atau situs, judul artikel di internet, deskripsi pada website, tanggal artikel dibuat atau di upload ke website dan juga link URL lengkap. Sebagai contoh cara penulisan daftar pustaka metode CSA atau Council of Science Editors seperti di bawah ini.

Liputan6.com.5 Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet, Wajib Tahu Agar Tidak Salah [Internet]. Cara Menulis daftar pustaka, 23 Maret 2019, 13 : 45 [di akses 23 Maret 2019]. Tersedia dari https://m.liputan6.com/citizen6/read/3924215/5-cara-menulis-daftar-pustaka-dari-internet-wajib-tahu-agar-tidak-salah.

Nah, itulah cara menulis daftar pustaka dengan metode kepenulisan CSE atau Council of Science Editors.

2. Metode kepenulisan daftar pustaka menggunakan cara E-Mail

Cara kepenulisan daftar pustaka menggunakan metode dari E-Mail adalah dengan susunan Situs Website, judul artikel, E-Mail, tanggal artikel di buat atau di akses di website. Berikut adalah contoh cara kepenulisan artikel menggunakan metode dari email adalah seperti di bawah ini.

Liputan6.com. “Cara menulis daftar pustaka”. [email protected] [diakses pada tanggal 23 Maret 2019].

Nah, itulah metode kepenulisan daftar pustaka menggunakan metode dari sumber e-mail.

3. Menulis daftar pustaka menggunakan metode Modern Language Association

Cara kepenulisan daftar pustaka menggunakan metode MLA atau Modern Language Association memiliki struktur kepenulisan yaitu judul dari artikel, nama situs website, tanggal artikel dibuat atau di rilis di website, waktu akses, alamat situ website atau link

URL lengkap.

Berikut contoh kepenulisan daftar pustaka dengan metode kepenulisan MLA atau Modern Language di bawah ini.

“5 Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet, Wajib Tahu Agar Tidak Salah”. Liputan6.com. 23 Maret 2019. 13 : 45. <https://m.liputan6.com/citizen6/read/3924215/5-cara-menulis-daftar-pustaka-dari-internet-wajib-tahu-agar-tidak-salah>.

4. Metode kepenulisan daftar pustaka menggunakan cara Modern Humanities Research Association

Cara kepenulisan daftar pustaka selanjutnya adalah dengan menggunakan metode MHRA atau juga Modern Humanities Research Association. Susunan menulis daftar pustaka dengan metode ini adalah runut mulai dari nama situs website, “judul dari artikel”, deskripsi di situs website, tanggal rilis aau upload artikel, <alamat website atau link URL > [waktu diakses].

Contoh Cara kepenulisan daftar pustaka menggunakan metode MHRA atau Modern Humanities Research Association adalah seperti di bawah ini.

Liputan6.com, “5 Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet, Wajib Tahu Agar Tidak Salah”, Cara Menulis daftar pustaka, 23 Maret 2019, <https://m.liputan6.com/citizen6/read/3924215/5-cara-menulis-daftar-pustaka-dari-internet-wajib-tahu-agar-tidak-salah> [diakses pada 23 Maret 2019].

5. Metode kepenulisan daftar pustaka menggunakan cara American Psychological Association

Gaya tulisan dari kepenulisan daftat pustaka dengan metode APA atau American Psychological Association adalah memiliki susunan rujukan yang runut mulai dari nama situs website, tanggal artikel di rilis, judul dari artikel, waktu mengakses dan alamat atau link url website. Berikut adalah contoh menulis daftar pustaka internet menggunakan metode APA atau American Psychological Association di bawah ini.

Liputan6.com. (2019, 23 Maret). 5 Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet, Wajib Tahu Agar Tidak Salah. Diakses pada 24 Maret 2019, dari https://m.liputan6.com/citizen6/read/3924215/5-cara-menulis-daftar-pustaka-dari-internet-wajib-tahu-agar-tidak-salah.

Itu lah beberapa metode kepenulisan daftar pustaka internet yang harus kamu ketahui.

Hal Yang Perlu ada Dalam Daftar Pusataka

Selain tata cara atau metode kepenulisan, kamu juga harus mengetahui elemen penting yang harus tertera di dalam sebuah daftar pustaka. Berikut adalah emelen penting daftar pustaka yang wajib kamu tulis.

1. Nama pengarang atau penulis.

Cara menulis nama pengarang atau penulis di daftar pustaka internet adalah dengan menulis nama depan dari penulis atau pengarang di bagian belakang. Pun begitu sebaliknya, nama belakang dari pengarang atau penulis artikel di tulis di bagian depan.

2. Tanggal artikel rilis

Cara menulis tanggal rilis artikel adalah di tulis dalam tanda kurung buka dan tutup. Yang di tulis pertama adalah tahun, kemudian tanggal setelah itu bulan. Sebagai contoh, semisal (2019, 23 Maret).

3. Judul artikel

Cara menulis judul artikel pada sebuah daftar pustaka adalah dengan menggunakan font italic atau tulisan miring.

4. Tanggal akses artikel

Kamu tulis juga kapan kamu mengakses artikel tersebut di website. Semisal kamu mengakses artikel itu pada tanggal 20 Maret 2019, maka kamu tulis pada daftar pustaka adalah  [diakses pada tanggal 20 Maret 2019].

5. Nama website

Kamu tulis juga domain website secara lengkap. Semisal kamu mengambil di situs liputan6.com.

6. Link

Tulis juga link url dari website tersebut. Sebagai contoh kamu mengambil referensi di liputan6.com, maka kamu tulis secara lengkap seperti https://m.liputan6.com/citizen6/read/3924215/5-cara-menulis-daftar-pustaka-dari-internet-wajib-tahu-agar-tidak-salah.

 

Nah, itulah cara menulis daftar pustaka di internet dan hal-hal yang wajib kamu ketahui tentang daftar, agar karya ilmiah mu memiliki rujukan yang jelas.

Similar Posts:

Loading...
Copyright 2016 - 2019