Harian Nusantara

Cara Memasukan Subtitle Indonesia ke Film atau Video

Teknologi 80 View

Menonton film di komputer atau di laptop sekarang ini sudah menjadi hal yang sering kita lakukan, karena sekarang ini Kita dapat dengan mudah mendownload film di internet dan menontonya kapan saja dan dimana saja.

Tapi untuk kalian yang suka dengan film yang berasal dari luar negeri baik itu film holywood, film drama korea, film anime jepang, film Thailand atau film dari Negara lain pastinya akan membutuhkan bantuan subtitle. Karena itu, tidak semua film yang kalian download di dalam videonya sudah ada subtitlenya.

Apakah kalian sedang ingin menonton film, tapi masih bingung memasukan subtitle Indonesia ke Film atau Video? Pada kesempatan kali ini, kami akan mengajak kalian untuk menemukan cara termudah untuk melakukanya. Silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Memasukan Subtitle Indonesia ke Film atau Video

Berikut ini akan kami jelaskan tentang 2 cara memasukan subtitle Indonesia ke film atau video dengan mudah. Pertama ada dengan menggunakan aplikasi pemutar video VLC Player dan yang kedua adalah dengan menggunakan aplikasi format factory. Untuk lebih detailnya silahkan simak tutorialnya berikut ini.

Cara memasukkan subtitle ke film / video di VLC

Mungkin Kalian sedang ingin menonton film dan video dari luar negeri dengan menambahkan subtitle Indonesia. Artikel ini akan membantu Kalian memasukkan subtitle pada media player VLC.

1. Gunakan menu Settings (versi VLC baru)

  • Buka aplikasi pemutar video VLC versi terbaru. Klik kanan pada video> Open With > Buka dengan VLC Media Player.
  • Pilih Subtitle dari menu di bagian atas dan pilih Add Subtitle File untuk menambahkan file subtitle.
  • Kalian juga dapat mengklik kanan pada video. Kemudian pilih Subtitle, kemudian pilih Add Subtitle File.
  • Pilih file subtitle. Jelajahi file subtitle (.srt) dari video tertentu dan kemudian klik tombol “Open”.
  • Maka kalian sudah dapat menikmati video dengan subtitle Indonesia.

Metode Gunakan menu Pengaturan (versi VLC lama)

  • Periksa apakah Kalian memiliki trek subtitle untuk film / video di komputer Anda. Jika tidak, unduh secara online.
  • Putar film / video dengan pemutar media VLC.
  • Klik tombol video di bilah menu.
  • Pilih Subtitles Track, setelah itu klik tombol Open File. Kotak dialog jendela baru akan muncul.
  • Pilih file subtitle film / video yang telah diunduh.
  • Klik tombol Open.
  • Kalian sudah bisa menikmati menonton film / video dengan subtitle Indonesia!

3. Metode Ganti nama file (pada versi apa pun)

  • Simpan trek subtitle dalam folder yang sama dengan film. Ganti nama file subtitlenya sama persis dengan nama file videonya.
  • Putar videonya. Setelah diganti nama, subtitle akan muncul secara otomatis ketika Kalian mulai memutar video.

Catatan :

  • Pertama, Kalian perlu memastikan Kalian memiliki file subtitle.

Itulah cara termudah yang bisa kalian lakukan ketika sudah download film dan file subtitlenya. Untuk cara lain ketika kalian ingin memburning film tersebut ke CD atau DVD maka kalian harus membaca tutorial memasukan subtitle Indonesia ke film atau video dengan langkah berikut ini.

Cara Memasukan Subtitle Indonesia ke Film atau Video Menggunakan Format Factory

Bagi Kalian yang sering mengedit video, Kalian pasti tidak asing lagi nama aplikasi Formar Factory. Ini adalah alat serbaguna yang dapat mendukung convert format video, memotong video, mengurangi ukuran video dan menjaga kualitas, atau menggunakannya untuk memasukan subtitle pada film/video atau video musik.

Sebelumnya kalian dapat melihat subtitle di dalam film atau video, kalian perlu mengunduh file subtitle, kemudian jalankan videonya di folder yang sama. Cukup memakan waktu. Tetapi dengan Format Factory, semua langkahnya menjadi sangat sederhana, Kalian hanya perlu menggabungkan file subtitle langsung ke video untuk dapat menonton video dengan subtitle. Jadi untuk bisa menggabungkan subtitle langsung di dalam video menggunakan Format Factory,bagimana caranya? Jika Kalian masih bertanya-tanya bagaimana cara melakukannya, ikuti artikel tutorial di bawah ini.

Langkah-langkah memasukan subtitle film menggunakan Format Factory

Pertama, unduh perangkat lunak Format Factory .

Langkah 1:

Kalian memerlukan file subtitle untuk video yang ingin Kalian masukkan subtitlenya. Nama file video dan subtitle video harus sama.

Langkah 2:

Kemudian buka program Format Factory. Antarmuka program dijalankan dalam bahasa Inggris, Kalian dapat mengubah ke bahasa Indonesia untuk kemudahan penggunaannya.

Di antarmuka utama, klik pada item Languange , lalu klik pada Select more languages.

Langkah 3:

Selanjutnya, Kalian seret bilah horizontal ke bawah dan temukan bahasa Indonesia, lalu klik OK .

Segera, antarmuka Format Factory akan berganti ke bahasa Indonesia .

Langkah 4:

Juga di antarmuka utama aplikasi ini, Kalian dapat memilih format untuk video yang ingin Kalian masukkan subtitle . Di sini, video bisa dalam format .mp4.

Langkah 5:

Langkah selanjutnya akan muncul panel pengaturan khusus untuk video. Kalian mengklik pada item Add File (Add File). Tak lama kemudian muncul folder di komputer. Arahkan ke folder yang berisi video yang ingin Kalian tambahkan subtitle dan klik Open .

Langkah 6:

Berikutnya, dalam antarmuka kustom untuk pengaturan video, Kalian dapat mengubah folder output video (Output Folder) saat menekan panah bawah. Setelah itu, kita klik pada menu Setting di atas.

Langkah 7:

Antarmuka window muncul Setting Video (Pengaturan Video). Di sini, pull down di bawah (Addtitional Subtitle). Di bawah ini, klik subtitle terintegrasi (srtl; ass; ssa; idx) . Klik pada simbol 3-titik di ujung baris.

Kami menemukan folder yang berisi file subtitle yang ingin Kalian masukkan, dan kemudian klik Open untuk membuka file. Terakhir klik OK untuk melanjutkan memasukkan subtitle video.

Langkah 8:

Kalian tekan OK lagi untuk melakukan lebih lanjut. Kembali ke antarmuka utama Format Factory, pengguna akan melihat nama video muncul. Kami klik tombol Start (Mulai) di atas untuk melanjutkan dengan subtitle untuk video.

Kalian menunggu sampai waktu pemprosesan selesai memasukkan subtitle hingga 100%. Aplikasi akan menampilkan jendela kecil yang mengumumkan penyelesaian dengan audio di sebelah kanan antarmuka komputer. Waktu yang diperlukan untuk menambahkan subtitle langsung ke video tergantung pada ukuran dan waktu video.

Sekarang kalian hanya perlu pergi ke folder output untuk memutar video yang sudah ada subtitlenya. Langkah-langkahnya cukup sederhana bukan? Kalian hanya perlu memiliki file video dan subtitle untuk digabungkan menggunakan aplikasi Format Factory. Selain itu, jika kalian ingin mengubah fontĀ  pada subtitle, Kalian dapat menggunakan perangkat lunak Aegisub.

 

Itulah yang dapat kami sampaikan kepada kalian semua tentang 2 cara mudah menambahkan subtitle bahasa Indonesia ke dalam sebuah film atau video yang telah di download. Semoga kalian dapat terbantu menonton film dari luar negeri yang kalian sendiri tidak mengerti artinya.

Similar Posts:

Loading...
Copyright 2016 - 2019