Harian Nusantara

5 Alternatif Tempat Wisata Religi Saat Ramadhan

Wisata & Kuliner 254 View

5-Alternatif-Tempat-Wisata-Religi-Saat-Ramadhan

Masjid Tiban Turen

Hariannusantara.comBulan Ramadhan tak menjadi penghambat bagi para traveller untuk melakukan perjalanan wisata. Sembari menunggu waktu berbuka, tak ada salahnya untuk mengunjungi lokasi wisata religi yang tersebar di beberapa daerah di Jawa. Selain untuk mengisi waktu akhir pekan saat Ramadahn, wisata religi juga bisa menambah pengetahuan dan diharapkan bisa meningkatkan keimanan.

Jika masih bingung ingin berwisata religi kemana, berikut beberapa lokasi wisata religi yang bisa menjadi pilihan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Kawasan Sunan Ampel Surabaya

Kawasan wisata religi Sunan Ampel Surabaya cukup tersohor di kalangan peziarah Wali Songo. Selain berziarah, peziarah yang mengunjungi makam Sunan Ampel juga bisa menikmati wisata belanja yang juga ada di kawasan tersebut. Berbagai jenis barang terdapat di tempat tersebut, seperti baju muslim, buku keagamaan serta alat ibadah lainnya. Kawasan ini akan semakin ramai dikunjungi oleh para peziarah saat bulan Ramadhan tiba.

  1. Masjid Tiban di Turen, Malang

Masjid Tiban terletak di Jalan KH Wahid Hasyim, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Masjid yang juga dijuluki sebagai ‘Masjid Ajaib’ oleh para wisatawan ini merupakan salah satu lokasi wisata religi terkenal yang ada di Jawa Timur. Masjid ini dulunya merupakan bangunan Pondok Pesantren Syalafiah Bihaaru Bahri’Asali Fadlaairil Rahmah yang didirikan oleh KH Ahmad Bahru Mafdlaluddin Sholeh Al Mahbub Rahman Alam atau yang dikenal sebagai Romo Kiai Ahmad. Wisatawan bisa menemukan berbagai jenis kerajinan dan juga aneka buah khas Malang di sepanjang jalan depan pintu gerbang masuk Masjid Ajaib ini. Wisatawan yang datang bisa membelinya sebagai oleh-oleh.

  1. Masjid Kuba di Baubau

Lokasi wisata religi selanjutnya ada di Baubau, Sulawesi Tenggara. Masjid unik ini memiliki desain seperti rumah biasa jika dilihat dari luar. Menurut sejarah, Masjid Kuba di bangun oleh Sultan Buton yang mengunsi ke Baadia karena pada saat itu keraton mengalami kebakaran hebat. Selain masjid tersebut, Sultan juga mendirikan kampung baru yang terletak di Kelurahan Baadia, Kecamatan Murhum. Mencontoh Masjid Kuba yang ada di Madinah, Masjid Kuba Baubau juga tak dilengkapi dengan bedug. Di sekeliling masjid, wisatawan juga akan menemukan banyak makam, salah satunya merupakan makan dari Sultan Buton XXIX.

  1. Masjid Namira, Lamongan

Masjid Namira terletak di Desa Jotosanur, Kecamatan Tikung, Lamongan, Jawa Timur. Masjid yang pertama kali digunakan pada tanggal 1 Juni 2013 ini menempati lahan seluas 0,9 hektar dengan luas bangunan mencapai 1.100 meter persegi. Dengan luas tersebut, masjid ini mampu menampung sekitar 500 jemaah. Namun masjid Namira kini sudah direnovasi dan memiliki lahan selaus 2,7 hektar dengan luas bangunan mencapai 2.750 meter persegi. Dengan luas bangunan tersebut, masjid Namira kini sudah bisa menampung 2.500 jemaah. Wisatawan yang berkunjung ke masjid ini selain untuk beribadah, biasanya mereka juga antusias untuk melihat Kiswah Ka’bah. Kiswah merupakan kain penutup Ka’bah asli yang lansung didatangkan dari Masjidil Haram Arab Saudi. Kain ini terpasang di dinding mihrab imam.

  1. Wisata Jabal, Kendal, Jawa Tengah

Wisata Jabal terletak di Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Tempat wisata religi ini berisi beberapa makam para penyebar agama islam di Kaliwungu dan sekitarnya. Tempat yang berdekatan dengan Pondok Pesantren Al Fadlu Wal Fadhilah milik KH Dimyati Rois ini merupakan salah satu tempat yang digalakkan oleh pemerintah setempat.

Itulah 5 lokasi wisata religi yang bisa Anda kunjungi saat mengisi waktu akhir pekan Ramadhan Anda. Sudah mencoba?

Loading...
Copyright 2016 - 2018