Review Spesifikasi dan Harga Oppo Neo 5

Oppo Neo 5 merupakan smartphone jadul yang diluncurkan Oppo pada tahun 2015 silam, yang merupakan penerus dari serie Oppo Neo 3 yang rilis setahun sebelumnya. Untuk segi pasar, Oppo Neo 5 menargetkan smarphone kelas menengah kebawah.

Walaupun untuk tahun ini spesifikasi Oppo Neo 5 dianggap tidak ada apa – apanya , namun ditahun 2015 Oppo Neo 5 ini menjadi salah satu smartphone primadona dikelas menengah kebawah.

Berkat spesifikasi chipset Mediatek MT6582 yang memiliki CPU Quad Core 1.3 Ghz Cortex A7, 1 Gb RAM serta internal memori sebesar 8 Gb.

Fitur dan Spesifikasi Oppo Neo 5

Rilis Agustus 2015
Warna Blue and White
Harga Rp.400.000 – Rp.500.000 Harga second
Platform
OS Android Kitkat 4.4.2 dengan usert interface ColorOS 1.4
RAM 1 Gb
GPU Mali 400 MP2
CPU Quad Core 1.3 Ghz Cortex A7
Chipset Mediatek MT6582
Storage
Internal 8 Gb
Card slot MicroSD sampai 32 Gb
Display
Layar 4.5 Inch dengan rasio hingga 64.2 %
Resolusi 480 x 854 Piksel, dengan kerapatan hingga 218 ppi
Tipe IPS LCD  yang memiliki 16 juta warna
Kamera
Depan 2 Mp
Belakang 5 Mp

Loading...

Fitur : LED Flash, HDR, Panorama

Video : 720p pada 30 Fps

Konektivitas
SIM Dual sim ( dual standby ) berjenis nano SIM
Jaringan GSM/HSPA
USB microUSB 2.0, USB On The Go
Fitur
Sensor Sensor accelerometer, sensor proximity
Audio Jack 3.5 mm
Baterai Non Removeable Li Ion 2.000 mAh

 

Ulasan Lengkap Spesifikasi

Untuk mengetahui review lengkap tentang spesifikasi yang dimiliki smartphone Oppo Neo 5, silahkan simak penjelasan dari kami di bawah ini.

Desain Oppo Neo 5

Yang menjadi daya tarik utama Oppo Neo 5 adalah dari segi desain, yang mana penggunaan rangka berbahan metal untuk smartphone pada tahun segitu sangat jarang, bahkan Oppo Neo 5 merupakan produk smartphone Oppo pertama yang menggunakan rangka berbahan metal.

Selain itu penggunaan bahan fiber glass grade militer pada back cover yang diperkeras dan dilapisi sehingga menjadikannya tahan terhadap goresan, walaupun sangat keras dan tahan terhadap goresan namun tetap fleksibel.

Oppo Neo 5 menggunakan desain Candybar yang memiliki dimensi 131.9 x 65.5 x 8 mm, yang menjadikannya nyaman dan juga mantep ketika digenggam, untuk dimasukan kedalam sakupun Oppo Neo 5 sangat cocok dan juga simpel.

Pasalnya Oppo Neo 5 hanya memiliki bobot keseluruhan 135 gram, yang mana sangat ringan untuk smarphone berbahan dasar metal.

Oppo Neo 5 hadir dengan dua varian warna, yakni Blue dan White. Serta back cover berbahan dasar fiberglass dengan finishing glosy seakan – akan menggunakan kaca, yang membuat desain Oppo Neo 5 menjadi sangat mewah dan elegan.

Layar 4.5 Inch

Untuk bagian layar Oppo Neo 5 menggunakan panel IPS dengan resolusi 480 x 854 piksel dengan kerapatan layar hingga 218 ppi yang mana disematkan pada layar 4.5 Inch.

Walaupun layar 4.5 Inch ini tergolong kecil, namun cukup nyaman digunakan bermain game maupun menonton film. Selain itu panel IPS pada Oppo Neo 5 mampu menghasilkan 16 juta warna, yang mana hasil kualitas layar Oppo Neo 5 semakin jernih.

Mediatek MT6582 Quad Core 1.3 Ghz Cortex A7

Oppo Neo 5 dipersenjatai dengan Chipset Mediatek MT6582 yang mana memiliki spesifikasi Quad Core dengan kecepatan hingga 1.3 Ghz Cortex A7 yang sangat tangguh pada jamannya.

Untuk urusan pengolah grafik sendiri Oppo Neo 5 mengandalkan GPU Mali 400 MP2. Chipset Quad Core 1.3 Ghz dipadukan dengan RAM 1 Gb, menghasilkan perfoma yang sangat mumpuni, baik untuk bermain game maupun sekedar menonton film.

Kitkat 4.4.2 dengan User Interface ColorOs 1.4

Sistem operasi Oppo Neo 5 sendiri menggunakan Android 4.4.2 yang memiliki naman lain Kitkat, serta racikan user interface khas oppo yakni ColorOs 1.4.

Untuk user interface colorOS sendiri memiliki beberapa ubahan ketimbang user interface bawaan android kitkat, yang mana tampilan serta aplikasi bawaannya banyak mengalami perubahaan, walaupun begitu fitur – fitur serta aplikasi bawaan android kitkat masih dipertahankan.

Kamera Oppo Neo 5

Smartphone Oppo Neo 5 memiliki lensa beresolusi 8 Mp, 3264 x 2448 piksel yang mana untuk tahun segitu resolusi kamera 8 Mp sangat lah besar.

Selain itu kamera utama Oppo Neo 5 juga dibekali fitur yang sangat lengkap, seperti auto fokus, geo tagging, touch fokus face detection, LED flash, HDR, ISO setting, self timer, exposure compensation, scene mode panorama, dan masih banyak lagi. Dengan kamera beresolusi 8 Mp dan dilengkapi fitur terbaik Oppo Neo 5 mampu mengambil gambar dengan resolusi serta kualitas yang tinggi pada masanya.

Untuk sektor kamera depan Oppo Neo 5 dibekali lensa beresolusi 2 Mp, yang mampu merekam video 640 x 480 pada 30 Fps sehingga cukup memuaskan untuk digunakan sehari – hari dalam mengambil foto selfie.

Konektivitas

Untuk jaringan Oppo Neo 5 sendiri masih belum mendukung kecepatan 4G, namun sebagai ganti nya yakni jaringan 3G yang cukup lengkap HSDPA 850 / 900 / 2100 yang mampu membawa pengguna untuk menjelajahi dunia internet dengan kecepatan yang cukup tinggi.

Untuk kegiatan berkomunikasi baik itu telepon maupun via SMS Oppo Neo 5 debekali dengan tekhnologi jaringan 2G GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 dengan fitur dual sim.

Baterai Oppo Neo 5

Oppo Neo 5 dibekali baterai dengan kapasitas 2.000 mAh dengan jenis Li Ion Non Removeable, dengan kapasitas segitu mampu untuk menyuplai daya guna pemakaian sehari – hari.

Baterai Oppo Neo 5 dengan kapasitas 2.000 mAh mampu bertahan dalam keadaan siaga hingga 120 jam pada kondisi jaringan 2G atau 100 jam pada kondisi jaringan 3G. Kondisi konsumsi daya segitu cukup awet untuk perfoma yang ditawarkan pada tahun 2015 silam.

Kesimpulan

Oppo Neo 5 untuk tahun 2015 merupakan salah satu smartphone kelas menengah yang memiliki desain terbaik, berkat penggunaan kerangka berbahan dasar logam, serta back cover fiber glass yang memiliki finishing glosy.

Serta penggunaan prosesor Quad Core dengan kecepatan 1.3 Ghz, RAM 1 Gb yang membuat perfomanya sangat baik untuk pemakaian gaming maupun hanya sekedar untuk menonton film.

Walaupun demikian, Oppo Neo 5 untuk tahun 2019 ini baik dari segi perfoma maupun desain sangat ketinggalan. Namun Oppo Neo 5 masih cocok digunakan sekedar alat komunikasi baik itu sms maupun telepon, atau juga sebagai koleksi.

Kelebihan

  • Desain khas yang sangat elegan
  • Prosesor Quad Core yang masih jarang pada masa itu
  • Slot microSD hingga 32 Gb
  • Cocok sebagai barang koleksi
  • Alat komunikasi
  • Harga murah

Kekurangan

  • Yang pasti sudah sangat ketinggalan jaman dari segi manapun
  • Belum memiliki perlindungan layar