Harian Nusantara

Review Fitur, Spesifikasi dan Harga Realme XT Terbaru

Realme 150 View

Setelah Xiaomi, Realme menjadi perusahaan salah satu smartphone berikutnya yang secara resmi memiliki smartphone yang dilengkapi dengan kamera utama dengan resolusi 64 megapiksel.

Merek smartphone Realme baru saja secara resmi mengumumkan produk terbarunya yaitu Realme XT . Hal ini menjadikan perusahaan OEM kedua yang memiliki smartphone yang dilengkapi dengan kamera utama dengan resolusi 64 megapiksel. Ini adalah langkah Realme untuk bersaing dengan Redmi Note 8 Xiaomi yang juga baru diluncurkan. Jadi, bagaimana dengan Realme XT, selain sensor kamera 64 megapiksel apakah masih ada fitur menarik lainnya?

Smartphone Realme XT memiliki layar dewdrop notch tidak menggunakan pop-up selfie. Bagian belakang ponsel ditutupi dengan kaca lengkung 3D yang indah dan dilengkapi dengan sistem kamera belakang dengan 4 lensa yang tersusun secara vertikal dan terletak di sudut kiri atas. Selain itu, desain Realme XT terdapat pilihan warna Putih Salju dan Biru (efek gradien).

Fitur dan Spesifikasi Realme XT

  • Jaringan : GSM / HSPA / LTE
  • Dimensi Bodi : 7 x 75.2 x 8.6 mm
  • Berat : 183 gram
  • Bahan : Bagian depan dan belakang kaca dengan perlindungan Gorilla Glass 5 dikombinasikan dengan bingkai plastik
  • Tipe Layar : Super AMOLED
  • Ukuran Layar : 4 inch, dengan resolusi 1080 x 2340 pixel dan rasio 19.5:9
  • OS : Android 9.0 (Pie) dan bisa diupgrade ke Android 10.0
  • Antarmuka OS : ColorOS 6
  • Prosessor Chipset : Qualcomm SDM712 Snapdragon 712 (10 nm)
  • GPU : Adreno 616
  • CPU : Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 360 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 360 Silver)
  • Memori Internal : 64GB dengan 4GB RAM, 64GB dengan 6GB RAM, dan 128GB dengan 8GB RAM
  • Kamera Utama : 4 Kamera 64 MP, f/1.8, (wide) + 8 MP, f/2.3, 13mm (ultrawide) + 2 MP, f/2.4, (dedicated macro camera) + 2 MP, f/2.4, depth sensor
  • Kualitas Perekaman Video : [email protected] dilengkapi dengan fitur gyro-EIS
  • Kamera Selfie : 16 MP, f/2.0
  • Tipe USB : USB 0 Type-C 1.0
  • Fitur Sensors : Fingerprint optical under display, gyro, accelerometer, compass dan proximity
  • Kapasitas Baterai : 4000 mAh + Fast battery charging 20W (VOOC Flash Charge 3.0)
  • Varian Warna : Pearl Blue dan Pearl White

 

Ulasan Lengkap Spesifikasi Realme XT

Kamera

Yang pertama dan mungkin yang paling menonjol dari Realme XT adalah sensor kamera utamanya dengan resolusi 64 megapiksel. Smartphone ini memiliki konfigurasi 4 kamera di bagian belakang ditambah dengan satu sensor kamera di bagian depan sebagai kamera selfie. Konfigurasi kamera belakang juga memiliki sensor sudut ultra lebar 8 megapiksel, lensa makro 2 megapiksel, dan sensor kedalaman 2 megapiksel.

Untuk Kamera depan atau kamera selfie, pengguna  akan mendapatkan kamera dengan resolusi 16 megapiksel untuk menghasilkan foto selfie yang cantik dan memukau. Realme juga mengungkapkan bahwa perusahaan ini telah menggunakan sensor kamera dari Samsung ISOCELL Bright GW1 untuk kamera 64 megapiksel. Sedangkan pada Kamera depan menggunakan sensor kamera Sony IMX 471 untuk mengambil foto selfie.

Desain

Ketika ditempatkan bersebelahan dengan Realme X, ada beberapa perbedaan yang jelas dalam hal desain. Selama acara pengumuman Realme XT, perusahaan mengkonfirmasi bahwa smartphone terbaru ini bukan penerus dari Realme X. Tapi banyak orang juga melihat ini hanya sebagai produk yang berfokus pada segmen kamera dengan konfigurasi yang lebih canggih.

Perubahan yang paling jelas di sini pada Realme XT ini tidak memiliki kamera self-pop-up dan menggunakan notch. Ponsel ini memiliki layar dengan tipe layar Super AMOLED dengan ukuran layar 6,4 inci dan sensor sidik jari dibawah layar.

Dengan perlundungan depan dan belakang menggunakan Gorilla Glass 5 telah sangat meningkatkan build quality pada Realme XT. Smartphone ini terasa jauh lebih premium daripada versi Realme X, terutama untuk varian warna Pearl White yang terlihat sangat menarik. Tanpa logo Realme, banyak orang mungkin akan mengira smartphone ini sebagai Huawei P30 Pro. Selain itu, ponsel ini juga memiliki versi warna Pearl Blue yang tidak kalah memiliki desain yang indah.

Desain keseluruhan REalme XT cukup baik, sudut-sudut membulat dan melengkung membuatnya mudah bagi pengguna untuk dipegang. Sedangkan untuk lokasi konektor, smartphone ini masih dilengkapi dengan soket headphone 3,5mm dan sudah menggunakan port USB Type-C.

Kinerja dan Performa

Dalam hal kekuatan pemrosesan dan kinerjanya, Realme XT sedikit diupgrade dibandingkan dengan Realme X. Smartphone ini menggunakan chip Snapdragon 712 yang dikombinasikan dengan RAM sampai 8GB, sehingga performa dan kinerjanya cukup baik untuk menangani semua kebutuhan pengguna smartphone saat ini.  Selain itu, smartphone ini juga memiliki dua varian lain: 4GB + 64GB dan 6GB + 64GB.

Sementara itu, Realme XT masih menjalankan ColorOS 6 yang berjalan di Android Pie. Sistem operasi terkoneksi dengan baik dengan perangkat keras, sehingga akan memberikan salah satu pengalaman penggunaan yang lancar di segmen smartphone kelas menengah.

Baterai

Realme XT ditenagai oleh kapasitas baterai 4.000 mAh dan mendukung teknologi pengisian cepat VOOC 3.0. Sehingga bisa dikatakan bahwa smartphone ini dapat memenuhi kebutuhan dasar pengguna dengan cukup nyaman dalam satu hari dan penggunaan jangka panjang. Perusahaan juga sudah memberikan charger fast charging 20W di dalam kotak ketika Kalin membelinya.

Harga

Harga Realme XT dibanderol mulai dari Rs. 15.999 atau ketika dirupiahkan sekitarRp 3,1 juta untuk varian RAM 4GB + Memori Internal 64GB. Sedangkan untuk Varian RAM 6GB + 64GB dan RAM 8GB + 128GB dari ponsel ini akan dijual seharga Rs. 16.999 dan Rs. 18.999 atau masing-masing sekitar Rp. 3,3 juta dan 3,7 juta.

Kesimpulan

Dalam hal konfigurasi, Realme XT memiliki sensor sidik jari yang tertanam di bawah layar dengan tipe Super AMOLED, ukuran layar 6,4 inci dengan resolusi Full-HD +. Di dalam mesinya memiliki kekuatan pemrosesan dari chip Snapdragon 712, dikombinasikan dengan 8GB RAM LPDDR4X dan 128GB penyimpanan UFS 2.1.

Terdapat 4 kamera di bagian belakang Realme XT termasuk sensor utama Samsung GW1 64MP, lensa sudut ultra lebar 8MP, kamera makro 2MP, dan sensor 2MP untuk pengukuran kedalaman saat mengambil foto dalam mode potret. Berbeda dengan smartphone Realme X dengan kamera self-up pop-up, kamera selfie 16MP pada Realme XT ditempatkan di dalam notch berbentuk tetesan air.

Realme XT memiliki kapasitas baterai 4.000 mAh dengan dukungan pengisian cepat VOOC 3.0, menjalankan Android 9 (Pie) dengan antarmuka ColorOS 6.0 dan mendukung teknologi akselerasi perangkat lunak HyperBoost 2.0.

Kelebihan

  • Memiliki 4 kamera dengan fungsi fotografi yang sempurna
  • Memiliki kapasitas baterai tahan lama baterai 4.000 mAh dengan dukungan pengisian cepat VOOC 3.0
  • Terdapat terknologi HyperBoost 2.0 untuk meningkatkan kinerja gaming
  • Harga murah
  • Tipe Layar sudah Super AMOLED

Kekurangan

  • Tidak menggunakan teknologi pop-up selfie
  • Desain mirip Huawei P30 Pro

Similar Posts:

Loading...
Copyright 2016 - 2019