Harian Nusantara

Review Samsung Galaxy A10s: Smartphone Murah di Bawah 2 Juta

Samsung 92 View

Jika mengingat seri entry level Samsung maka kita akan ingat dengan seri J dengan fitur yang sangat terbatas. Meskipun merupakan merk besar dengan kredibilitas dan after sale yang bagus, nampaknya tingkat toleransi pengguna setia Samsung dengan kecenderungan Samsung memangkas banyak fitur pada ponsel murah mulai menurun.

Untuk menaikkan kembali animo masyarakat pada ponsel ini, Samsung meluncurkan ponsel kelas entry level yang fiturnya setara dengan merk lain dengan harga dibawah 2 juta yaitu Samsung Galaxy A10s. Apa saja yang dibawa oleh ponsel yang satu ini? Simak ulasannya berikut ini.

Fitur dan Spesifikasi Samsung Galaxy A10s

Berikut spesifikasi versi upgrade dari Samsung A10 :

Prosesor Mediatek Helio P22 MT6762 kecepatan Octa Core Cortez 2.0 GHz
Sistem Operasi (OS) Android Pie versi 9.0
RAM & ROM RAM 2 GB dengan penyimpanan internal 32GB dan penyimpanan eksternal hingga 512 GB
GPU (pengolahan grafis) PowerVR GE8320
Layar 6.2 inci rasio 80,7 % layar IPS LCD
SIM Dual SIM aktif non hybrid
Baterai Lithium Polimer 4000mAh non-removable
Jaringan GSM, HSDPA, LTE
Sensor Akselerometer, Proximity, Sidik Jari (bagian belakang ponsel)
Kamera Dual Kamera Belakang:

13 MP apartur f/1.8

2 MP sensor depth untuk mode bokeh

Konektivitas Bluetooth versi 5.0 A2DP, Wi-Fi, hotspot tethering, GPS A versi GLONASS Galileo

Ulasan Spesifikasi dan Performa

Setelah mengetahui spesifikasi dari Samsung Galaxy A10s, lalu bagaimana performa ponsel merakyat yang satu ini? Ini dia ulasannya.

Perfoma Sistem Prosesor dan Sistem Operasi

Samsung Galaxy A10 hadir dengan sistem operasi Android yang terbaru, ponsel ini mendukung fitur fitur terbaru pada Android dan memiliki mode malam serta tampilan status bar yang baru. Didukung dengan prosesor Mediatek Helio P220 kecepatan Octa Core, performa ponsel ini cukup bagus di kelasnya.

Namun dengan spesifikasi biasa seperti ini, Samsung Galaxy A10s tidak bisa dibilang spesial mengingat ponsel ini hanya disematkan RAM 2 GB. Selain itu, demi memangkas budget, Samsung tidak menyematkan prosesor buatan mereka sendiri yaitu Exynos. Jadi pengguna tidak bisa berharap performa A10s akan semaksimal versi s lainnya.

Performa Kamera

Kamera yang dibawa oleh Samsut Galaxy A10s adalah kamera dengan lensa dual dibagian belakang yaitu lensa 13 MP dan 2 MP untuk sensor kedalaman. Sedangkan kamera depan atau kamera selfie ponsel ini sebesar 8 MP.

Secara performa, kameranya menghasilkan potret dengan kualitas standar, berbeda dengan kakaknya versi A20s dan A30s yang sudah mengusung triple camera, A10s dengan harga lebih murah memiliki performa fotografi sesuai dengan kelasnya. Kamu masih bisa memotret foto mode Bokeh berkat sensor kedalaman dari kamera sekunder, namun jangan berharap mendapatkan gambar yang jernih pada tempat dengan cahaya yang minim.

Percobaan pada cahaya siang hari di luaran ruangan menghasilkan foto yang cukup jernih dengan warna yang cukup hidup, namun setelah dibawa ke dalam ruangan dengan cahaya medium hingga rendah, kualitas gambar akan lebih memiliki banyak noise.

Performa Gaming

Meskipun membawa prosesor standar di kelasnya, performa gaming Samsung Galaxy A10s masih cukup bagus. Bermain game berat pada mode high akan mengalami sedikit penurunan frame rate dan lag, tapi dengan baterai yang cukup besar, pengguna bisa betah bermain game berjam-jam.

Sayangnya karena banyak sensor yang di pangkas, kamu tidak bisa menikmati game dengan konsep VR dan fitur lainnya. Untuk memainkan game medium, ponsel ini masih sangat nyaman. Layar Infinity Display menjadikan pengalaman bermain game makin nyaman dan aktraktif.

Harga Samsung Galaxy A10s Terbaru

Untuk tertarik membeli Samsung Galaxy A10s, maka Kalin harus menebusnya dengan harga resmi dari Samsung Indonesia adalah sekitar Rp 1.899.000.

Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa ini adalah smartphone gebrakan dari Samsung untuk mengincar konsumen menengah ke bawah dan ingin mendapat smartphone dengan kualitas terbaik dari Merk Samsung. Dengan berbagai fitur dan spesifikasi yang ditanamkan pada Samsung Galaxy A10s, dengan harga Rp 1.899.000 bisa dikatakan smartphone ini masih sangat layak dimiliki.

Selain melihat spesifikasi dan performa Samsung Galaxy A10s, lalu apa kelebihan dan kekurangan membeli Samsung Galaxy A10s? Ini dia alasannya.

Kelebihan

Jika kamu memutuskan membeli Samsung A10s, ini dia kelebihannya:

-Harga murah dan terjangkau

Untuk ponsel sekelas Samsung, Galaxy A10s dibanderol dengan harga 1,7 jutaan saja, tidak berbeda jauh dengan versi sebelumnya yaitu Galaxy A10 yang dibanderol dengan harga 1,5 juta. Dengan harga segitu, kamu bisa mendapatkan ponsel sekelas Samsung dengan layar Infinity Display.

– Desain Kekinian

Kali ini Samsung bersedia berkompromi untuk menggunakan desain yang sudah menjadi tren pada merk ponsel lain yaitu layar berponi. Meskipun versi A10s dan budget lainnya masih terdapat bezel tipis di sekeliling layar, Samsung akhirnya mau membuang desain biasanya dengan tombol fisik di depan. Alhasil, kamu bisa tampil gaya dengan ponsel sekelas Samsung.

– Fitur Tidak Berbeda Jauh dengan Ponsel Harga Sama

Biasanya Samsung tidak begitu murah hati memberikan fitur yang banyak pada ponsel entry level. Sebagai contoh, jika pada harga tersebut sudah bisa mendapatkan dual kamera, Samsung versi sebelumnya masih menggunakan single camera. Namun berkat strategi memotong budget, kamu masih bisa menikmati fitur standar yang ada pada ponsel di kelas yang sama.

Fitur itu mencakup dual kamera, baterai besar, dan pilihan RAM 3GB serta layar penuh dengan rasio yang tipis.

Kekurangan

Meskipun memiliki beberapa keuntungan, ada beberapa kekurangan yang harus pengguna siap hadapi.

– Bodi Plastik

Dengan harga tersebut, kamu tidak bisa berharap lebih pada material yang digunakan ada bodi Samsung Galaxy A10s. Bahan plastik memberikan kesan yang lebih murah dibandingkan dengan bahan aluminium. Meskipun begitu, kamu masih bisa menutupinya dengan menggunakan hardcase atau softcase aksesoris.

– Minim Sensor

Banyak sekali sensor mendasar yang sangat mudah ditemukan di ponsel lain, namun sangat langka di ponsel Samsung. Salah satu kekurangan terbesar pada A10s dan semua ponsel Samsung entry level adalah absennya sensor cahaya atau ambient light. Kamu akan direpotkan mengatur kecerahan layar ponsel secara manual. Selain itu, sensor gyroskop juga ditiadakan.

– Performa Kamera yang Biasa Saja

Dengan tren kamera lebih dari 1, Samsung Galaxy A10s sebenarnya sudah memenuhi kriteria, akan tetapi dengan harga kisaran 1,7 hingga 2 jutaan, pengguna masih bisa menemukan ponsel lain dengan resolusi kamera yang lebih besar. Kamera utama 13 MP bisa dikatakan sudah ketinggalan jaman.

Dengan performa Samsung, setidaknya kamu masih bisa menangkap gambar yang layak dibandingkan dengan ponsel yang lain dengan resolusi yang sama.

– Prosesor yang Biasa Saja

Selain kamera, hal lain yang dilakukan Samsung agar bisa memangkas budget ialah dengan menggunakan prosesor Mediatek Helio P220. Meskipun prosesor ini sendiri sudah bagus di kelasnya, banyak ponsel lain dengan harga lebih rendah juga menggunakan prosesor yang sudah cukup lama ini.

Dibandingkan dengan Exynos, performa prosesornya menjadi biasa saja. Bahkan, sangat terlihat bahwa Samsung tidak ingin memberikan harga yang terlalu mahal sehingga memilih untuk menyematkan Mediatek dibanding prosesor buatannya sendiri.

Itulah review Galaxy A10s dengan spesifikasi, performa serta pertimbangan saat akan membeli. Semoga bermanfaat.

Similar Posts:

Loading...
Copyright 2016 - 2019