Harian Nusantara

Review  Samsung Galaxy A20s, Ponsel Budget dengan Triple Camera

Samsung 128 View

Dengan semakin berkembangnya tren vlogging dan juga influence di social media, ponsel pintar dengan kamera setara kamera profesional kini makin diminati oleh masyarakat. Samsung sebagai salah satu produsen smartphone terbesar kini menghadirkan ponsel smartphone kelas entry level namun dengan fitur kamera yang tidak kalah dengan ponsel pintar lainnya yakni Samsung Galaxy A20s.

Fitur dan spesifikasi Samsung Galaxy A20S

Apa saja yang dibawa oleh penerus Samsung Galaxy A20 ini? Simak review nya berikut ini.

  • Jaringan : GSM / HSPA / LTE
  • Dimensi Bodi : 163.3 x 77.5 x 8 mm
  • Berat : 183 gram
  • Pelindung : –
  • Tipe Layar : IPS LCD
  • Ukuran Layar : 6.5 inch
  • Resolusi Layar : 720 x 1560 pixel dengan rasio 19.5:9
  • OS : Android 9.0 (Pie)
  • OS Antarmuka : –
  • Prosessor : Qualcomm SDM450 Snapdragon 450 (14 nm)
  • GPU : Adreno 506
  • CPU : Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53
  • Memori Internal : 32GB dengan 3GB RAM, dan 64GB dengan 4GB RAM
  • Kamera Utama : 3 Kamera (13 MP, f/1.8, 27mm (wide), PDAF + 8 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide) + 5 MP, f/2.2, depth sensor)
  • Perekaman Video : [email protected]
  • Kamera Selfie : 8 MP, f/2.0
  • Fingerprint : dibagian belakang ponsel
  • Kapasitas Baterai : 4000 mAh + Fast battery charging 15W
  • Warna : Blue, Black, Green dan Red

Ulasan Spesifikasi Samsung Galaxy A20s

Ini dia beberapa fitur yang dibawa oleh Samsung Galaxy A20s

Jaringan Ponsel

Jaringan ponsel Samsung Galaxy A20s mendukung frekuensi GSM dengan frekuensi 850/900/1800/1900 dilengkapi dengan dual SIM yang bisa aktif bersamaan.

Jaringan internet terdiri dari HSDPA dan LTE yang mendukung frekuensi 4G sehingga bisa digunakan untuk berselancar internet dengan kecepatan tinggi.

Desain Ponsel

Samsung Galaxy A20s memiliki desain infinity display dengan rasio layar 81,9 persen dengan lebar 6,5 inci dan teknologi layar IPS lcd.

Berat ponsel ialah 183 gram dengan bodi plastik dan layar depan full kaca. 3 kamera disematkan dibelakang dengan horizontal bersama dengan sensor sidik jari yang ditempatkan di belakang.

Chipset Prosesor dan Pengolahan Grafis

Samsung membekali Galaxy A20s dengan prosesor chipset Qualcomm Snapdragon 450 SDM450 yang bekerja pada kecepatan Octa Core. Bagi penggemar Samsung mungkin akan merasa sedikit kecewa karena Samsung tidak menyematkan prosesor Exynos.

Untuk pengelola grafis, Samsung Galaxy A20s menggunakan GPU Adreno versi 506 yang cukup bagus untuk digunakan pada mode panel infinity display.

Kamera dan Fotografi

Dari sektor kamera, Samsung Galaxy membawa triple camera pada bagian belakang dan selfie camera dengan resolusi piksel yang cukup besar.

Kamera belakang terdiri dari 5 megapiksel dengan sensor kedalaman untuk mode potret boleh, 8 megapiksel kamera dengan lensa ultrawide untuk mode panorama dengan apartur f/2.2. Kamera utama membawa resolusi 13 megapiksel dengan apartur f/1.8.

RAM dan Penyimpanan

Dari segi RAM, kapasitas yang dibawa ponsel ini cukup mumpuni, walau bukan spesial di kelasnya. Dengan RAM sebesar 3 GB untuk memori internal 32 GB dan RAM 4 GB untuk memori penyimpanan internal 64 GB, ponsel ini mampu menjalankan game-game berat seperti PUBG dan Free Fire.

Selain penyimpanan internal, ponsel juga mendukung penyimpanan eksternal yang bisa disisipkan pada ponsel dengan kapasitas hingga 1 TB.

Baterai dan Sensor Ponsel

Dari sisi baterai, Samsung Galaxy A20s membawa kapasitas baterai yang cukup besar untuk kelas Samsung, yaitu baterai 4000 mAh tipe LiPo yang tidak bisa dilepas dari ponsel (non-removable). Baterai ini bisa bertahan untuk pemakaian hingga 3 hari dengan pemakaian ringan.

Hal lain yang terkadang membuat penggemar Samsung was -was adalah sisi sensor. Samsung Galaxy yang satu ini membawa sensor sidik jari di bagian belakang ponsel, sensor akselerometer dan gyroskop untuk orientasi layar, sensor proximity untuk pengaturan hidup/nyala layar, dan sensor kompas untuk membaca arah. Samsung sekali lagi tidak menyematkan sensor ambient light untuk mengatur kecerahan layar.

Fitur Lainnya

Selain fitur dasar yang sudah disebutkan sebelumnya, Samsung Galaxy A20s juga dilengkapi dengan fitur GPS class A GLONASS dan teknologi Galileo dan BDS.

Konektor ponsel menggunakan konektor USB tipe C yang mendukung pengisian daya cepat dengan daya 15 Watt.

Untuk koneksi tanpa kartu SIM, ponsel dilengkapi dengan konektivitas Wi-Fi dan juga hotspot tethering.

Harga Samsung Galaxy A20s

Untuk mendapatkan Samsung Galaxy A20s maka kalian harus mempersiapkan keuangan sekitar Rp 2.799.000. Harga ini adalah harga resmi yang dikeluarkan Samsung untuk pasar Indonesia.

Kesimpulan

Samsung Galaxy A20s bisa dikatakan merupakan pembaharuan dari Samsung Galaxy A20, namun, apakah ponsel ini benar-benar layak untuk jadi ponsel utama kalian? Simak kelebihan dan kekurangan dari Galaxu A20s berikut ini.

Untuk lebih meyakinkan Kalian lagi, silahkan simak perbandingan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki smartphone ini di bawah ini.

Kelebihan Samsung Galaxy A20s Rilis 2019

Beberapa kelebihan yang bisa kamu pertimbangkan untuk membeli ponsel yang satu ini.

– Layar Infinity Display yang elegan. Ucapkan selamat tinggal pada bezel yang tebal karena Samsut akhirnya mengikuti trend layar penuh berponi yang sudah terlebih dahulu diadaptasi oleh merk ponsel lain. Layar ini membuat pengalaman menonton dan bermain game semakin menarik dan nyaman.

– Kamera Triple. Untuk ponsel budget Samsung, penempatan 3 kamera sekaligus menjadikannya penawaran yang sangat menarik. Kini pengguna Samsung bisa mengabadikan foto potret, foto panorama dengan angle yang lebar, dan pemorsesan hasil fotografi yang lebih mumpuni. Kamera depan dari Samsung Galaxy A20s ini juga cukup berkualitas untuk ber-selfie dan video call.

– Harga yang terjangkau. Beberapa tahun sebelumnya, akan sulit menemukan ponsel entry level murah Samsung yang kaya fitur, namun kini Samsung bersedia memenuhi keinginan pelanggan setianya untuk menghadirkan ponsel entry level dengan harga yang kompetitif di kelasnya. Tentu ini menjadi daya tarik sendiri mengingat merek ini memiliki after sale yang lebih bagus.

Meskipun memiliki kelebihan, ada juga beberapa kekurangan ponsel sebagai berikut.

Kekurangan Samsung Galaxy A20s

Beberapa poin yang disayangkan oleh penggemar setia Samsung yang menanti versi upgrade dari A20 adalah sebagai berikut.

– Spesifikasi Prosesor yang tidak sesuai ekspektasi. Banyak yang mengharapkan Samsung menyematkan prosesor buatannya sendiri yaitu Exynos pada versi ini, namun ternyata Samsung Galaxy A20s datang dengan prosesor Qualcomm. Meskipun Qualcomm sendiri merupakan salah satu prosesor terbaik yang banyak digunakan merk ponsel lain untuk menarik minat pelanggan, Samsung yang tidak menyematkan Exynos demi memangkas budget bisa dibilang menurunkan performa dari ponsel itu sendiri.

– Kamera belakang utama dengan resolusi pas-pasan. Ponsel ini boleh saja memiliki 3 kamera sekaligus, namun 2 kamera yaitu kamera sensor ultrawide dan sensor depth hanya mendukung saja, yang menentukan kualitas kerapatan piksel gambar adalah kamera utamanya. Sayangnya, Samsung Galaxy A20s hanya dibekali dengan lensa 13 megapiksel yang memungkinkan penangkapan gambar di daerah dengan cahaya rendah akan menghasilkan noise yang lebih banyak.

– Tidak ada fitur spesial. Untuk seri As, seri ini tidak bisa dibilang spesial karena ada varian lain yang dikeluarkan Samsung yang memiliki fitur yang serupa, namun punya keunggulan yang lebih. Hal ini tidak bisa dipungkiri karena Samsung sepertinya berusaha memangkas fitur agar harga ponsel ini tetap merakyat dan setara dengan merk ponsel lainnya.

– Tidak ada sensor ambient light. Keluhan mengenai mengapa Samsung hampir tidak pernah lagi menyematkan sensor cahaya ternyata berbuah keputusan permanen untuk tidak menyertakan sensor ini. Mengingat fitur ini bukanlah fitur yang harus dibayar dengan harga mahal pada merk ponsel internasional lain sekalipun, hal ini sangat disayangkan.

Itulah ulasan mengenai Samsung Galaxy A20s yang sudah rilis di Indonesia. Kini penggemar Samsung bisa menikmati fitur yang kaya dengan budget menengah ke bawah.

Meskipun memiliki beberapa kekurangan, fitur dan juga perfoma setara dengan harga yang dibanderol untuk ponsel sekelas Samsung.

 

 

Similar Posts:

Loading...
Copyright 2016 - 2019