Harian Nusantara

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A20

Samsung 176 View

Jika dihitung dengan jari, tentu banyak sekali produk keluaran bermerk Samsung yang menguasai pasaran. Mulai dari generasi pertama ke generasi berikutnya, urutan nama Samsung entah itu di ponsel, televisi, komputer, laptop, printer, kulkas, dan produk-produk lainnya tidaklah asing didengar. Justru nama Samsunglah yang kerap akrab di telinga masyarakat.

Sebab kata “Samsung” bisa dikataka sebagai Raja. Rajanya pangsa pasar digital yang mendunia.

Seiring berjalannya waktu, sadar tidak sadar, mengikuti maupun tidak mengikuti, pangsa pasar teknologi digital juga merambah sangat cepat. Seperti yang sering anda dengar bahwa Samsung sering sekali menambah keluaran baru, misal Samsung Galaxy A20. Tentu perkiraan kita, para masyarakat awam adalah keluaran terbaru selalu lebih baik dari generasi-generasi sebelumnya.

Kini Samsung kembali meluncurkan produk terbarunya yang di atas seri A10. Meski posisinya masih erada di bawah Samsung Galaxh A30 dan Samsung Galaxy A50, keluaran seri Galaxy A20 dari generasi A ini diharapkan dapat merambah cepat di dunia pasar era digital.

Tahukah anda? Bahwa Samsung Galaxy A20 ini telah masuk ke dalam kategori ponsel kekinian. Dilihat dari tampilan fisiknya saja sudah jelas. Seperti layarnya saja sudah ketahuan, bukan?

Fitur dan Spesifikasi

NETWORK     Technology

GSM / HSPA / LTE

LAUNCH        Announced      2019, March

Status   Available. Released 2019, April

BODY Dimensions      158.4 x 74.7 x 7.8 mm (6.24 x 2.94 x 0.31 in)

Weight 169 g (5.96 oz)

Build    Front glass, plastic body

SIM      Single SIM (Nano-SIM) or Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

DISPLAY        Type    Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors

Size      6.4 inches, 100.5 cm2 (~85.0% screen-to-body ratio)

Resolution       720 x 1560 pixels, 19.5:9 ratio (~268 ppi density)

PLATFORM    OS       Android 9.0 (Pie); One UI

Chipset Exynos 7884 (14 nm)

CPU     Octa-core (2×1.6 GHz Cortex-A73 & 6×1.35 GHz Cortex-A53)

GPU     Mali-G71 MP2

MEMORY       Card slot          microSD, up to 1 TB (dedicated slot)

Internal 32GB 3GB RAM

MAIN CAMERA         Dual     13 MP, f/1.9, 28mm (wide), AF

5 MP, f/2.2, 12mm (ultrawide)

Features           LED flash, panorama, HDR

Video   [email protected]

SELFIE CAMERA       Single   8 MP, f/2.0

Video

SOUND   Loudspeaker Yes

3.5mm jack Yes

Active noise cancellation with dedicated mic

COMMS          WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot

Bluetooth         5.0, A2DP, LE

GPS     Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS

NFC     Yes (market/region dependent)

Radio   FM radio

USB     2.0, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go

FEATURES     Sensors Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass

BATTERY                  Non-removable Li-Po 4000 mAh battery

Charging          Fast battery charging 15W

MISC   Colors  Black, Deep Blue, Red, Coral Orange, Gold

Review Desain dan Layar

Yups! Layar Samsung Galaxy A20 yang berdesain Infinity-V atau takik mungil dan menjorok ke atas display ini sebenarnya merupakan bagian yang berfungsi untuk tumpuan kamera depan. Unik sekali.

Tampilan ini serupa dengan tampilan ponsel lainnya yang berseri A baru dari Samsung. Layar berpanel AMOLED ini memiliki ukuran selebar 6,4 inci, rasio aspeknya sudah mencapai 19,5:9 dan mampu mendukung resolusi gambar mencapai 720 x 1.560 piksel.

Sementara pada tampilan belakang Samsung Galaxy A20 tampak glamour dengan balutan 3D Glass. Glass yang ditimbulkan kini memberikan nuansa plastic-feel atau biasa diistilahkan sebagai “Glasstic” sehingga mampu menampilkan benda-benda yang ada di depannya.

Review Kamera

Beralih ke kamera. Apakah kamu sering memerhatikan hasil gambar dari kamera ponsel kamu sendiri? Pernahkah kamu memerhatikan hasil potret dari kamera ponsel Samsung? Di sisi mampu membuatmu senyum-senyum, tentu ada rasa kebahagiaan tersendiri yang muncul di benak, bukan? Bagaimana? Halus dan jernih pastinya.

Kamera asli milik Samsung ini tidak perlu dibantu oleh installan aplikasi kamera cantik  apapun sebab sudah mampu memanipulasi jerawat yang timbul pada wajah. Sehingga memunculkan rasa percaya diri dalam benak kamu, Gengs.

Kenapa dikata memunculkan rasa percaya diri? Kamera Samsung ini hampir sama seperti bedak. Yakni memiliki kemampuan memanipulasi jerawat pada wajah sehingga tampak halus di kamera.

Dan jika kamu perhatikan, di zaman yang penuh dengan spot foto unik ini ternyata membuat para pengguna ponsel selalu berburu ponsel serta mencari sisi kelebihan dari hasil gambar kamera ponsel mereka. Untuk menunjang hasil dari kualitas selfie, Samsung  Galaxy A20 telah dibekali dengan kualitas kamera depan yang beresolusi 8 MP dan berbukaan lensa f/2.0.

Sementara di bagian belakang ponselnya sudah dilengkapi modul kamera ganda yakni, kamera utama yang memiliki resolusi sebesar 13 MP dan bukaan lensanya sudah mencapai f/1.9. Wah! Sudah seperti kamera Digital, yah!

Ini pun belum termasuk dengan kamera sekundernya, Sob! Nah! Kalau untuk kamera sekundernya sendiri, Samsung Galaxy A20 ini beresolusi 5 MP berbukaan lensa f/2.2, yang memiliki tugas sebagai sensor ultra wide dan berguna menangkap gambar hingga jangkauan 123 derajat.

Selain fasilitas Dual Camera pada bagian belakang ponsel, di belakang juga terpasang sebuah panel pemindai sidik jari yang membulat di bagian tengah ponsel.

Ulasan Spesifikasi dan Performa

Sementara Samsung Galaxy A20 dibekali dengan chipset Exynos 7884 besutan Samsung dengan clock speed 1,6 GHz. Samsung Galaxy  A20 juga dilengkapi oleh kapasitas RAM 3 GB dan memori internalnya sudah mencapai 32 GB dan sudah bisa diekspansi hingga 512 GB loh, Gengs! Wow! Semakin mencengangkan saja kecanggihan ponsel masa kini, ya.

Review Baterai dan Fitur Lainnya

Oya, Gengs! Untuk kapasitas baterai sendiri sudah termasuk dalam kategori sangat besar yakni, 4.000 mAh. Jadi Samsung Galaxy A20 sangat cocok nih, Gengs buat kamu-kamu yang hobi gaming tanpa perlu takut cepat kehabisan baterai atau repit-repot cari power bank.

Di sisi lain, salah satu fitur yang menarik dari ponsel ini yang terus diburu oleh para pemburu ponsel adalah USB type C yang disematkan di bawah ponsel. Nah! Apa lagi, tuh? Sebenarnya konektor ini cukup jarang disematkan di ponsel sekelasnya, Gengs. Bahkan ponsel kelas menengah pun masih ada yang belum didukung oleh USB-C. Inilah keistimewaan tersendiri pada Samsung Galaxy A29.

Selain itu, pada ponsel keluaran terbaru ini juga terdapat fitur fast chargingnya. Seperti namanya, fungsinya adalah untuk mempercepat pengisian daya baterai. Jadi buat kamu nggak perlu nunggu lama-lama lagi kalau misalkan mau pergi jauh dan ingin cepat-cepat penuh baterai ponselnya. Untuk sistem operasi pada Samsung Galaxy A20 sudah dijalankan dengan sistem operasi Android 9 yaitu, Pie yang dilapisi antarmuka One UI.

Harga

Sayangnya untuk warna, Samsung Galaxy A20 ini hanya menyediakan dua varian warna yaitu,  warna biru dan hitam. Buat kamu-kamu yang tengah mencari tipe ponsel dan rasanya sudah cocok dengan Galaxy A20 ini, cukup menyediakan uang senilai Rp 2.299.000 saja sudah tentu Samsung A20 ini langsung jatuh di genggamanmu.

Buat yang ingin membeli ponsel ini dan tidak mau repot berpanas-panasan keluar rumah atau jauh-jauh ke konter hape juga bisa mendapatkan ponsel ini di beberapa e-commerce ponselmu, loh. Seperti Lazada, Blibli, JD.id, Erafone, dan Telesindoshop mulai 5 April 2019 lalu.

Kesimpulan

Jadi bagaimana, Gengs? Apakah kamu sudah siap untuk berburu ponsel-ponsel keluaran terbaru di tahun ini? Pastikan ponsel yang kamu pilih menunjang segala kebutuhanmu, ya. Seperti media penyimpanan yang besar, atau baterai ponsel yang awet, Gengs.

Barang kali kamu adalah seorang pekerja kantoran dan enggan ribet bawa-bawa laptop, kamu juga bisa memilih ponsel berkapasitas ruang penyimpanan besar untuk menyimpan segala aplikasi kebutuhanmu. Lalu dengan begitu, kamu bisa cukup hanya dengan membawa ponsel di saku, selesai sudah segala urusanmu.

Atau bisa juga suatu ketika jika kamu malas bepergian naik kendaraan umum, ponselmu yang canggih mampu menyimpan aplikasi ojek online. Sehingga ketika kamu akan bepergian dan malas naik angkutan umum, cukup hanya dengan sekali klik pada aplikasi ponsel, sampailah sudah ke tempat tujuan.

Toh dengan begitu segala tatanan yang berhubungan dengan kehidupanmu jadi terasa lebih tertata dan menyenangkan, bukan?

Yup! Kiranya begitulah fungsi ponsel untuk menunjang berbagai aktivitas sehari-harimu. Lumayan membantu, kan? So, tunggu apa lagi! Ayo berburu ponsel canggih ini. Selain harganya yang terjangkau, ponsel-ponsel seperti inimudah kamu dapatkan di toko-toko online, loh!

Similar Posts:

Loading...
Copyright 2016 - 2019