Harian Nusantara

Spesifikasi Lengkap dan Harga Samsung Galaxy A30

Samsung 25 View

Tahukah kamu jika dilihat dari tampilan luarnya hp Samsung Galaxy A30 sebenarnya sangat mirip dengan Samsung Galaxy M20? Mungkin bedanya terletak hanya pada nama dan dengan berbagai macam peningkatannya, bukan? Yups! Semakin bertambah serinya, semakin bertambah angkanya, semakin kekinian ponselnya, tidak menutup kemungkinan semakin canggih pula fitur-fiturnya. Ya, kan?

Sekilas jika kita lihat fisiknya, untuk tampilan luar Samsung Galaxy A30 tentu sudah berbeda dengan seri lainnya. Mungkin hanya bentuknya yang sama sebab kembar dengan ponsel pada umunya, yakni persegi panjang. Namun untuk satu dua perbedaan sendiri pasti ada, Gengs.

Fitur dan spesifikasi

  • Jaringan : GSM / HSPA / LTE
  • Dimensi bodi : 158.5 x 74.7 x 7.7 mm
  • Berat : 165 gram
  • Pelindung : bagian depan kaca Corning Gorilla Glass 3 dengan bodi berbahan plastik
  • Tipe layar : Super AMOLED
  • Ukuran layar : 6.4 inch
  • Resolusi : 1080 x 2340 pixel dengan rasio 19.5:9
  • OS : Android 9.0 (Pie)
  • Prosessor Chipset : Exynos 7904 (14 nm)
  • GPU : Mali-G71 MP2
  • CPU : Octa-core (2×1.8 GHz Cortex-A73 & 6×1.6 GHz Cortex-A53)
  • Memori Internal 32GB dengan 3GB RAM dan 64GB dengan 4GB RAM
  • Kemara Utama : Dual kamera 16 MP, f/1.7, PDAF + 5 MP, f/2.2, 12mm, (ultrawide)
  • Kualitas Perekaman Video : [email protected]
  • Kamera Selfie : 16 MP, f/2.0
  • Tipe USB : USB 0, Type-C
  • Sensor : Fingerprint dibagaian belakang, proximity, accelerometer, dan compass
  • Kapasitas Baterai : 4000 mAh + Fast battery charging 15W
  • Varian Warna : Blue, Red dan Black

Review Desain

Berbeda dengan 2 seri di bawahnya, Samsung Galaxy A30 bukan lagi ponsel yang dibekali dengan layar yang memiliki desain Infinity V Display, melainkan sudah memakai layar dengan sistem desain Infinity U Display.

Untuk nocth atau poni smartphone ini memiliki bentuk yang kecil dan Samsung menamainya dengan layar infinity-V. Jika dilihat secara sekilas, Samsung Galaxy A30 ini sangat mirip dengan poni dewdrop hp Realme.

Mengapa demikian? Sebab tampilan tubuhnya yang terlihat lebih eleganlah sehingga mampu menghasilkan tampilan finishing yang sangat mengkilat. Sama seperti seri Galaxy A20, di bagian belakang ponsel Samsung Galaxy A30 ini juga terdapat dua buah kamera yang dilengkapi oleh satu buah sensor sidik jari yang berguna untuk menunjang keamanan.

Review Layar

Di sisi lain, kualitas layarnya juga bisa dibicarakan, Gengs!

Untuk Samsung Galaxy A30 sudah dibekali oleh layar yang lebih besar dari Samsung Galaxy S10 edge. Untuk layarnya sendiri kini sudah seluas 6.4 inci. Kualitas gambar yang dihasilkan tidak boleh diragukan lagi, karena Samsung membekali Galaxy A30 ini dengan layar Super AMOLED.

Layar Super AMOLED ini bisa dikatakan punya konsumsi daya listrik yang hemat jika dibandingkan dengan ponsel yang memakai fasilitas layar LCD.

Sementara untuk resolusi layar Samsung Galaxy A30 sendiri sudah Full HD+ sehingga membuat mata para pengguna ponsel ini nyaman walaupun digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Galaxy A30 mengunakan antarmuka OS One UI dengan kombinasi OS Android 9.0 Pie, sehingga pengguaan dan pengoperasiannya menjadi lebih mudah, halus dan nyaman.

Review Kamera

Lalu apa kabar dengan kamera bagian depan dan belakangnya?

Untuk kamera sendiri, jika kamu sudah sengaja mencari-cari lalu melihat tampilan ponsel ini sekali pun di internet juga pasti tahu, Gengs!

Samsung Galaxy A30 memiliki 1 kamera depan yang beresolusi tinggi dan 2 kamera belakang yang resolusinya juga tak kalah bagus. Untuk kamera depannya sudah dilengkapi dengan resolusi mencapai 16 MP. Buat kamu yang suka melakukan swafoto, ponsel Galaxy A30 ini sangat recomended dijadikan opsi pertama sebab mampu menghiburmu setelah melakukan selfie.

Tidak hanya itu, Samsung juga membekali kamera selfienya dengan fitur menarik seperti AR emoji, AR, dan beberapa filter yang dapat membuat foto selfie lebih unik dan lucu. Selain itu, bagi kamu yang sedang mencari ponsel namun mengutamakan kualitas kamera, kamera depan ponsel ini juga terhubung langsung dengan fitur Flaw Detection.

Tahukah kamu apa itu fitur Flaw Detrction? Fitur Flaw Detection adalah fitur yang berfungsi untuk mendeteksi suatu subjek jika bola mata subjek tersebut berkedip ketika difoto dan menganalisa jika hasil foto terlihat blur. Waaahh! Keren sekali ya, Gengs.

Sementara kita beralih ke bagian kamera belakangnya, spesifikasi kamera belakang milik Samsung Galaxy A30 ini sudah masuk ke dalam kategori ponsel yang cukup istimewa lho untuk masuk ke jajaran kelas menengah. Pada kamera utamanya Samsung telah menambahkan kamera dengan resolusi 16 MP dan 5 MP, sehingga dual kamera ini dapat membuat fotografi smartphone lebih mengesankan.

Kamera 16 MP tersebut difasilitasi oleh bukaan lensa lebar agar hasil foto di kondisi pencahayaan redup pun mampu menampilkan hasil yang lebih terang. Untuk sensor kamera kedua dengan fungsi sebagai kamera Ultra Wide, dapat memanjakan pengguna untuk menghasilkan foto dengan sudut pandang lebar sampai 123 derajat. Sehingga ketika ingin memotret banyak orang atau pemandangan bisa lebih luas cakupan objek fotonya.

Ulasan Spesifikasi dan Performa

Bagaimana dengan performa, kapasitas baterai, dan memori penyimpanannya?

Ketika berbicara performa Galaxy A30, kita tidak boleh ragu lagi. Karena dengan tenaga  dari smartphone ini. Dari hasil yang didapatkan melalui Aplikasi AnTuTu, smartphone ini memiliki kinerja prosessor yang lebih baik dibanding Snapdragon 632. Sehingga untuk bermain game yang populer saat ini masih cukup lancar. Hanya saja kelebihan kapasitas memori hp ini sudah lebih baik, yaitu Samsung Galaxy A30 telah mencadangkan kapasitas RAM hingga 4GB dengan memori internal yang mencapai 64 GB.

Kalau untuk kapasitas baterai Samsung Galaxy A30 sendiri sudah masuk angka cukup besar meski masih lebih kecil dari Samsung Galaxy M20. Hp ini telah memiliki kapasitas baterai sebesar 4000 mAh.

Karena smartphone ini menggunakan prosessor terbaru, dikombinasikan dengan layar Super AMOLED membuat daya tahan baterai bisa lebih awet dan tahan cukup lama. Perusahaan Samsung juga membekali Galaxy A30 dengan kemampuan Fast Chargingnya yang memiliki kekuatan 15W, sehingga buat kamu yang selalu terburu-buru ingein baterai ponselnya cepat penuh  tidak perlu menunggu lama untuk isi ulang baterai.

Harga

Untuk harga sendiri, Hp ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Yakni hanya berkisar Rp 3.399.000. Karena harganya yang mencapai angka 3 jutaan, sepertinya ponsel ini akan memiliki daya saing yang berat. Jadi ketika kalian membandingkan smartphone ini dengan Asus ZenFone Max Pro M2, Galaxy A30 bisa dikatakan bisa menjadi alternatif untuk dibeli, karena memiliki kualitas tampilan layar yang lebih baik dengan menggunakan teknologi layar Super AMOLED.

Kesimpulan

Dengan membeli smartphone Android harga 3 jutaan, kamu sudah akan mendapatkan smartphone terbaik dari Samsung dengan teknologi layar super AMOLED yang tidak dimiliki pesaing merk lainnya di kelas yang sama.

layar sudah memiliki resolusi FUll HD dan memiliki daya tahan baterai yang awet dan tahan lama. Untuk kualitas kamera tidak diragukan lagi dengan dual kamera 16 MP+5MP. Jadi, ini adalah pilihan yang terbaik untuk kamu yang punya budget 3 juta dan ingin membeli smartphone dari merk Samsung.

Kelebihan dan Kekurangannya apa sih?

Seperti produk pada umumnya, suatu ponsel pun pasti memiliki kelebihan di sisi kekurangan yang ada.

Kelebihan

  • Jika berbicara kelebihan dari Galaxy A30, pertama smartphone ini sudah menggunakan os terbaru yaitu Android 9.0 Pie, dikombinasikan dengan OS Antarmuka Samsung One UI membuat pengoperasian menjadi lebih mudah.
  • Kedua dengan teknologi layar Super AMOLED dan resolusi yang sudah Full HD+ membuat pengguna lebih betah menonton video dan bermain game.
  • Daya tahan baterai smartphone ini juga sudah cukup baik untuk digunakan seharian.
  • Untuk konektivitas sudah menggunakan USB seri terbaru yaitu USB Type C
  • Kualitas Kemera juga tidak diragukan lagi dengan resolusi 16 MP

Kekurangan

  • Kinerja ponsel tidak terlalu ngebut
  • Kamera ultra wide belum didukung autofokus
  • Tampilan fisik pada ponsel masih terasa kesan plastiknya meskipun dibuat mengkilat

Bagaimana? Apakah kamu sudah mulai tertarik dengan keluaran Samsung yang satu ini?

Similar Posts:

Loading...
Copyright 2016 - 2019