Harian Nusantara

Xiaomi Redmi 5: Ponsel Ekonomis untuk Budget Terbatas

xiaomi 369 View

Jika mengikuti tren ponsel Android, maka tidak akan ada habisnya. Apalagi jika kamu memiliki budget terbatas. Meskipun memiliki budget terbatas, kamu masih bisa membeli ponsel dengan harga ekonomis yang sesuai kebutuhan. Selain itu, ada juga yang mencari ponsel murah untuk dijadikan ponsel kedua atau diberikan ke si kecil.

Xiaomi Redmi 5 bisa menjadi pilihannya, sebelum menilik lebih lanjut mengapa Redmi 5 pilihan yang cocok, simak spesifikasinya berikut ini.

Fitur dan Spesifikasi Xiaomi Redmi 5

Ulasan Lengkp Spesifikasi Redmi 5

Xiaomi Redmi 5 adalah ponsel keluaran tahun 2017, jadi kamu harus siap untuk melihat spesifikasinya yang pada masanya sangatlah gahar, namun di tahun 2019 sudah ketinggalan jaman.

Prosesor Redmi 5

Xiaomi membekali Redmi 5 dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 450 yang merupakan keluaran terbaru Qualcomm pada masanya. Prosesor tipe SDM450 berjalan pada kecepatan 18. GHz Octa Core.

Sistem Operasi Redmi 5

Redmi 5 menggunakan sistem operasi Android Nougat versi 7.1.2 dengan user interface MIUI 9.1

Sistem operasi ini sudah tertinggal 2 tahun dibandingkan dengan sistem operasi terbaru Android yaitu OS Android Oreo versi 9. Untuk user interface MIUI nya juga merupakan versi lama. Tidak ada keterangan apakah OS tersebut bisa diperbaharui.

Dimensi Layar dan Bodi

Redmi 5 memiliki layar 5,7 inci dengan kerapatan piksel 282 ppi. Layar digunakan menggunakan LCD IPS 16M colors. Perlindungan layar menggunakan Corning Gorilla Glass. Rasio layar dengan bodi sekitar 75,9 persen. Bodi ponsel terbuat dari bezel plastik, layar kaca, dan bagian belakang aluminium.

Adapun untuk pilihan warna, Redmi 5 hadir dengan pilihan warna hitam, gold, rose gold, dan biru muda.

RAM dan Penyimpanan Internal

Redmi 5 memiliki beberapa varian RAM dan penyimpanan internal yang kesemuanya mendukung tambahan memori eksternal hingga 128 GB.

Ada RAM 2GB untuk penyimpanan internal 16 GB, RAM 3GB untuk penyimpanan internal 32 GB, dan RAM 4GB untuk penyimpanan internal 32GB dan 64GB.

Baterai dan Daya Tahan Baterai

Xiaomi Redmi 5 dibekali dengan baterai lithium polimer berkapasitas 3000 mAh. Baterai ini mampu bertahan untuk penggunaan ringan maksimal 2 hari dan mampu digunakan untuk aktifitas medium dan berat seharian tanpa perlu mengisi ulang daya lagi.

Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya baterai ini sekitar 2-3 jam karena tidak mendukung fast charging.

Konektivitas dan Sensor

Xiaomi menyematkan beberapa teknologi dasar untuk segi konektivitas seperti bluetooth versi 4.2 A2DP, jaringan GSM frekuensi 850/ 900/ 1800/1900, CDMA, 3G HSPA, dan 4G LTE.

Untuk sensor Redmi 5 dibekali dengan sensor sidik jari yang ditempatkan di bodi bagian belakang ponsel, sensor akselerometer untuk mengatur orientasi layar, sensor proximity untuk mengatur nyala layar, dan sensor gyroscope.

Kamera dan Fotografi

Kamera pada Redmi 5 hanya berupa single kamera dengan lensa 12 MP pada bukaan apartur f/2.2 yang mampu merekam video hingga kualitas 1080p dengan 30 frame rate per detik. Untuk kamera depannya, Redmi 5 hadir dengan kamera beresolusi 5 megapiksel.

Meskipun memiliki fitur yang sudah tidak lagi mengikuti perkembangan jaman, ponsel ini masih cocok untuk diberikan kepada anak atau dijadikan hadiah ke teman dengan alasan berikut.

Harga Redmi 5

Harga Xiaomi Redmi 5 sudah turun dan berbeda dengan saat pertama kali di rilis. Harga Redmi 5 pada tahun 2019 berkisar dari 1 juta hingga 1,5 juta saja. Harga tergantung dengan varian RAM yang ada di pasaran.

Dengan harga yang terjangkau, kamu bisa mendapatkan ponsel dengan fitur yang cukup untuk sekedar beraktifitas ringan.

Warna Pilihan Menarik

Warna hitam dan emas sangat cocok untuk pengguna pria, sedangkan warna rose gold dan biru muda cocok untuk pengguna wanita. Dengan pilihan warna yang trendi, ponsel ini bisa dijadikan hadiah cantik untuk orang tersayang.

Varian RAM

Redmi 5 hadir dengan varian RAM bervariasi dan tentunya dengan harga yang berbeda-beda juga. Varian RAM 2GB merupakan varian termurah. Namun jika menginginkan RAM yang lebih lega agar bisa lebih mudah menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan.

Bagi yang ingin menginstal aplikasi untuk pendidikan sang buah hati, bisa memilih RAM 3GB dan 4GB agar bisa lancar saat menjalankan aplikasi.

Meskipun ponsel yang murah ini cukup cocok kalau hanya dijadikan hadiah atau untuk anak-anak, bagi kamu mungkin ponsel ini kurang cocok untuk dijadikan daily driver atau ponsel utama. Apa alasannya?

Kesimpulan Review Redmi 5

Berdasarkan ulasan diatas, dapat disimpulkan bahwa Redmi 5 merupakan ponsel kelas entry level yang memiliki spesifikasi tahun 2017 dan masih bisa digunakan di tahun 2019, tapi kurang cocok jika dijadikan ponsel utama untuk kegiatan sehari-hari. Spesifikasi yang jadul menjadikan Redmi 5 akan kesulitan beradaptasi dengan tren Android yang terus berganti-ganti.

Redmi 5 masih bisa didapatkan di market place online untuk versi barunya. Selain versi baru, versi second atau bekasnya juga banyak beredar di pasar online mengingat tahun rilis ponsel ini sudah cukup lama.

Kelebihan

  • Harga Murah
  • Pilihan Warna yang Menarik
  • Baterai Awet dan Tahan Lama
  • Konektivitas dan Sensor Lengkap

Kekurangan

Ada beberapa alasan yang menjadikan ponsel ini kurang cocok jika diandalkan menjadi ponsel utama.

Prosesor yang Sudah Tertinggal

Prosesor yang digunakan pada ponsel Redmi 5 merupakan prosesor generasi lama dari Qualcomm. Beberapa aplikasi terbaru dan juga fitur pada Android bisa kurang maksimal saat dijalankan pada ponsel ini mengingat usia prosesor nya yang sudah tidak up-to-date lagi.

Aplikasi banyak yang melakukan pembaharuan dan jika kamu hanya mengandalkan sebuah prosesor versi lama, kegiatan sehari-hari kamu bisa jadi terganggu.

Kamera yang Biasa Saja

Redmi 5 hanya memiliki 1 kamera utama sehingga kamu tidak bisa mengambil potret mode Bokeh dan juga ultrawide. Selain itu, resolusi kamera yang kecil juga menghasilkan jepretan yang biasa saja. Pengambilan gambar pada ruang gelap atau malam hari akan terlihat banyak noise dan kurang pencahayaan.

Kamera depan dengan resolusi 5 MP hanya cukup unruk selfie di tempat cukup cahaya dan untuk video call. Jadi jika kamu salah satu pengguna Android yang menomorsatukan kamera, Redmi 5 sudah tidak cocok dipakai di tahun 2019.

Tidak Ada Fast Charging

Bagi kamu yang harus selalu bergerak dengan aktifitas yang padat, waktu mengisi daya baterai sangat krusial agar kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu menunggu ponsel terisi dengan penuh.

Redmi 5 kurang cocok digunakan karena kabel USB untuk mengisi daya masih menggunakan versi 2.0 dan tidak mendukung fast charging. Dengan kapasitas baterai 3000mAh, meskipun kapasitas tersebut tidak terlalu besar, menggunakan charger dengan daya 5 Watt saja akan memakan waktu.

Itulah review dari Redmi 5, semoga bermanfaat.

Similar Posts:

Loading...
Copyright 2016 - 2019