Harian Nusantara

Cara Memutihkan Baju Dengan Pemutih Baju Yang Aman

Lifestyle 75 View

Ketika baju putih terkena kotoran, pasti kita akan merasa kesal. Untuk membersihkan noda membandel di baju putih atau baju putih yang kusam, anda harus menggunakan pemutih pakaian. Ada banyak merk pemutih pakaian di pasaran. Namun tidak semuanya memberikan hasil yang baik. Ada beberapa merk yang tidak bagus digunakan di jenis kain tertentu. Lalu bagaimana cara memutihkan baju putih dengan pemutih baju yang tepat?

Jenis Pemutih Baju

Ada dua jenis pemutih pakaian yang paling banyak digunakan di pasaran yaitu pemutih oksigen dan pemutih klorin. Keduanya memiliki karakteristik yang berbeda. Berikut ini sedikit penjelasannya:

  • Pemutih oksigen

Pemutih oksigen dikenal juga dengan nama pemutih sodium perkarbonat, pemutih ini terbuat dari campuran hidrogen peroksida dan baking powder, bahan ini aman digunakan untuk berbagai warna baju. Tidak hanya warna baju putih saja. Tidak akan membuat baju berwarna anda menjadi luntur atau kusam. Pemutih oksigen akan bereaksi dengan air, kemudian menghasilkan gelembung dan menghilangkan noda serta kotoran menempel di baju.

Loading...
  • Pemutih Klorin

Pemutih klorin termasuk jenis cairan pemutih yang paling mudah ditemukan di pasaran. Terbuat dari campuran air dan sodium hipokrlorit. Jenis pemutih bisa menghilangkan berbagai noda yang membandel. Namun sayangnya kurang aman digunakan di baju yang berwarna. Hanya bisa digunakan di baju putih saja. Karena bisa menghasilkan oksigen sata tercampur dengan air dan bisa memudarkan baju berwarna anda.

Cara Menggunakan Pemutih Baju

Lalu bagaimana cara menggunakan pemutih baju yang benar. Selama ini mungkin anda masih salah menggunakannya, sehingga baju cepat rusak dan pudar. Berikut ini cara menggunakan pemutih pakaian yang benar.

  • Sebelum memakai pemutih pakaian, cek label yang terdapat di pakaian anda. Kalau ada tulisan do not bleach atau jangan menggunakan pemutih, berarti baju tersebut tidak boleh dicuci dengan pemutih.
  • Untuk pakaian berwarna, gunakan pemutih oksigen yang lebih aman. Untuk pakaian bercorak berbahan line, katun atau sintetik pun tetap aman. Untuk bahan yang terbuat dari wol atau sutra, lebih baik gunakan penghilang noda khusus bahan yang lembut.
  • Untuk jenis pemutih klorin, bisa digunakan diberbagai jenis bahan. Seperti bahan polyester, katun, rayon dan bahan lainnya. Namun jangan gunakan pada pakaian yang bercorak, berwarna atau yang terbuat dari bahan wol atau sutra. Pemutih ini bisa membuat baju putih kusam anda lebih bersih cemerlang
  • Jangan gunakan pemutih langsung ke bahan. Namun campurkan pemutih klorin dengan satu liter air terlebih dahulu. Jika menggunakan mesin cuci, campurkan pemutih setelah 5 menit siklus mencuci yang pertama. Ini akan membuat baju tetap awet.
  • Untuk pemutih oksigen bisa ditambahkan ke mesin cuci sesuai dengan beratnya. Jangan memasukan terlalu banyak pemutih dijumlah pakaian yang sedikit.
  • Jika terdapat noda yang membandel, pemutih oksigen bisa digunakan untuk merendam terlebih dahulu. Kemudian dikucek dan dibersihkan lebih bersih. Gunakan air hangat untuk mencampurkan pemutih klorin, sehingga hasilnya lebih maksimal.

Anda juga harus memperhatikan efek samping yang dihasilkan oleh pemutih pakaian. Pemutih klorin bisa membunuh bakteri tapi kandungan kimianya sangat kuat. Sehingga anda harus memperhatikan kesehatan dan keamanannya. Jauhkan dari gangguan anak kecil. Selain itu jangan gunakan pemutih klorin berlebihan, karena bisa merusak pakaian anda. Itulah cara memutihkan pakaian dengan pemutih baju yang benar.

Copyright 2016 - 2019