Harian Nusantara

1001 Ucapan Penuh Makna untuk Pernikahan

ucapan 225 View

Pernikahan adalah sebuah ritual yang sakral karena di acara tersebut seorang laki-laki akan mengikat janji setia untuk menjalani hidup dengan seorang perempuan yang telah ia pinang. Pernikahan bukan hanya antara mempelai pria dan mempelai wanita saja. Namun, pernikahan sejatinya adalah menyatukan dua anggota keluarga dengan latar belakang yang berbeda dan dilakukan hanya satu kali dalam seumur hidup.

Oleh karena pernikahan merupakan suatu hal yang sakral dan mungkin hanya sekali seumur hidup, maka tamu undangan akan berbondong-bondong mengucapkan selamat kepada kedua mempelai tersebut. Ucapan pernikahan bukan hanya sekedar ucapan atau kado bingkisan semata. Ucapan tersebut akan memberi dampak yang sangat menggembirakan kepada pengantin.

Sebenarnya, secar hak mutlak yang dimiliki oleh setiap orang, mengucapkan selamat atas pernikahan bukan menjadi hal yang wajib dan harus. Namun, ada saatnya hak-hak untuk tidak mengucapkan tersebut kita kesampingkan agar dapat menerapkan skill sosial. Terlebih jika yang menikah adalah kelurga, teman kita, saudara, atau mantan? Alangkah baiknya jika pernikahan tersebut adalah dari orang yang kita kenal maka apa sih susahnya mengucapkan selamat kepada mempelai pengantin.

Meskipun yang menikah semisal mantan kamu, yang kamu masih belum move on dari dirinya, jika kamu masih bisa kuat dan tegar ya tunjukan saja bahwa kau kuat merelakan dia bahagia dengan orang lain dengan cara mengucapkan selamat kepada dirinya dan juga suami dari mantan kekasih mu.

Loading...

Namun, jika kamu merasa bahwa kau tak setegar di dalam ucapan. Hati mu rapuh bagai kertas yang teremdam air hingga menjadi ambyar, ya kamu jangan memakasakan datang ke pernikahan mantan tersebut. Dari pada nanti disana kamu ngamuk dan mengacaukan acara sakral orang lain. Tapi walau kamu tidak menghadiri dan memberi ucapan selamat kepada mantan pacar mu, kamu harus tetap kondangan. Sisihkan sedikitlah uang mu untuk hari bahagia wanita yang kamu coba relakan dengan setengah tidak rela.

Ucapan Pernikahan

Memberikan ucapan selamat kepada pengantin merupakan hal yang terpuji karena selain dapat menyenangkan mereka para pengantin, juga secara tidak langsung kita menaburkan doa-doa yang baik untuk keberlangsungan rumah tangga mereka yang semoga bisa bertahan lama sampai gigi hanya tinggal dua. Tak ada sulitnya mengucapkan selamat menikah. Maka dari itu sempatkan sedikit waktu mu untuk mengucapkan selamat kepada pengantin.

Mengucapkan selamat kepada pengantin juga akan membuat mereka menjadi tambah bahagia di hari bahagianya. Karena ucapan selamat tersebut akan langsung menyentuh di hati kedua mempelai tersebut. Tapi perlu kamu ingat, yang harus kamu ucapkan adalah ucapan selamat. Bukan ucapan yang lain semisal, “Bro, hutang mu kapan di bayar?”.

Kalimat tersebut jangan kamu ucapkan ketika kawan mu sedang melangsungkan acara pernikahan. Karena kawan mu akan menjadi kepikiran dan pusing di hari bahagianya. Iya. Memang hutang harus di bayar. Tapi ya jangan kamu tagih saat dia sedang melangsungkan hari bahagia yang mungkin hanya sekali dalam seumur hidup! Sabar. Tagihlah hutang kawan mu tersebut pasca pernikahan. Karena pasti setelah menikah dia dapat amplop banyak, kan?

Ucapan Pernikahan Islami

Ada banyak sekali ucapan pernikahan dalam bahasa arab yang bisa kamu gunakan ketika yang menikah adalah orang beragama islam. Ucapan-ucapan pernikahan islami ini juga sekaligus menjadi doa untuk kedua mempelai pengantin. Beberapa ucapan pernikahan secara islami yang bisa kamu gunakan untuk acara pernikahan keluarga, saudara atau teman yang sama-sama menganut agama islam.

Ucapan Pernikahan #1

Kamu bisa mengucapkan lafadz ‘Barakallahu lakum wa baraka alaikum’ kepada kedua mempelai pengantin sebagai ucapan selamat yang kamu khusukan kepada mereka berdua. Arti dari lafadz atau kalimat ‘Barakallahu lakum wa baraka alaikum’ adalah semoga Allah SWT memberikan keberkahan dan melimpahkan keberkahan atas kamu sekalian.

Ucapan tersebut di anjurkan langsung oleh Rasulullah SAW. Dalam hadist yang di riwayatkan oleh Darimi, Ahmad,  Ibnu Abi Syaibah, Ibnu Majah, Nasa’i, dan lain-lain. Dengan mengucapkan kalimat diatas maka doa-doa dalam lafadz tersebut akan terpanjatkan dan sampai kepada Allah SWT dan berharap bisa membuat pengantin tersebut langgeng dan awet serta hidup maghligai rumah tangga mereka berdua selalu berlimpah keberkahan.

Ucapan Pernikahan #2

Ucapan pernikahan islami berikutnya yang bisa kamu ucapkan kepada mempelai pengantin adalah lafad ‘Baarakallahu laka wa baarakaa alaika wa jamaa bainakumaa fii khoir’. Lafadz Baarakallahu laka wa baarakaa alaika wa jamaa bainakumaa fii khoir adalah sebuah doa yang di panjatkan oleh Rasulullah SAW ketika pernikahan antara Ali Bin Abi Thalib dengan putri beliau tercinta yaitu Fatimah Az Zahra.

Sumber dari doa tersebut adalah sebuah hadist shahih yang di riwayatkan oleh Abu Hurairah. Kamu bisa mengucapkan lafadz ‘Baarakallahu laka wa baarakaa alaika wa jamaa bainakumaa fii khoir’ agar selain memberi ucapan kepapda pengantin, kamu juga mengamalkan sunnah nabi SAW.

Ucapan Pernikahan #3

Ucapan pernikahan islami berikutnya yang bisa kamu gunakan untuk memberi ucapan selamat kepada mempelai atau pengantin adalah dengan menggunakan lafadz Baarakallahu laka. Baarakallahu laka memiliki arti semoga keberkahan melimpah atas kamu sekalian. Meskipun kalimat ini pendek, namun makna dan harapan yang terkandung dalam doa tersebut sangatlah besar dan impact kepada mempelai atau pengantin juga tidak bisa di sepelekan.

Ucapan pernikahan islami tersebut di ucapkan oleh Rasulullah SAW kepada Abdurrahman bin Auf. Kamu bisa mengucapkan kalimat singkat tersebut kepada teman mu atau siapapun yang menikah. Bisa juga kamu tambahkan nama dari pengantin tersebut di akhir dari lafadz tersebut agar menjadi lebih spesifik.

Ucapan Pernikahan #4

Ucapan pernikahan lain yang pernah Rasulullah SAW ucapkan kepada Ali Bin Abi Thalib dan Fatimah Az Zahra adalah doa dengan terjemahan bahasa Indonesia seperti berikut ini,

“Semoga Allah Swt, menghimpun yang terserak berasal dari kedua pasangan pengantin, memberkati mereka berdua, kiranya Allah meningkatkan kualitas keturunan mereka. Menjadikan sebagai sumber ilmu, pembuka pintu rahmat, pemberi manfaat bagi umat dan sumber hikmah.”

Kamu bisa mengucapak kalimat diatas kepada kawan mu yang menikah atau siapapun yang menikah agar ucapan yang terucap bukan sekedar ucapan belaka namun sekaligus menjadi doa-doa yang berterbangan di langit-langit.

Ucapan Pernikahan untuk Sahabat

Ketika sahabat mu melangsungkan acara pernikahan, maka kamu yang berstatus sebagai sahabat ya harus memberi ucapan selamat. Karena bukan seorang sahabat jika kamu tidak ikut bahagia ketika sahabat mu sedang bahagia. Sahabat yang baik akan memeluk erat sahabatnya ketika ia sedang melangsungkan hari bahagia sehari menjadi ratu dan raja. Kamu dekap erat sahabat mu dan ucapkan kata selamat yang akan membuat sahabat mu tersebut semakin bahagia di hari bahagianya.

Berikut ini kami akan memberikan beberapa contoh ucapan selamat pernikahan yang di ucapkan oleh seorang sahabat ketika menghadiri acara pernikahan sahabatnya.

“Tidak pernah saya sangka, sekarang kamu mendahului langkah saya dalam membina rumah tangga. Saya kira dulu kamu adalah sahabat yang akan terakhir menikah diantara kita semua. Eh, ternyata malah kamu melangkahi kami semua. Bro, untuk hari bahagia mu, saya ucapkan selamat. Semoga menjadi pasangan suami istri yang selalu romantis di muka umum meski di rumah tak luput mempermasalahkan hal-hal kecil. Tenang, cekcok antara suami istri itu wajar. Yang tidak wajar adalah kamu cekcok dengan suami atau istri orang. Akhir kata, semoga kamu dan pasangan mu selalu bahagia”.

“Saya yang pacaran sama dia bertahun-tahun tapi malah gagal ke pelaminan, bung. Dan kamu, baru juga kenalan dan menjalin hubungan dengan pasangan mu ini malah langsung menikah. Jodoh itu misteri ya, bung. Semoga ini pernikahan mu yang pertama dan terakhir ya, bung. Jaga istri mu dengan baik. Sayangi dia sepenuhnya dan jangan pernah sekalipun kamu berfikir untuk menduakan nya. Karena, jika kamu berani berfikir untuk menduakan pasangan mu, saya sendiri yang akan maju untuk menemai pasangan mu. Hehehe, becanda saja loh bung. Selamat ya”

“Jalan hidup telah mengantarkan mu bertemu dengan orang yang paling tepat untuk bersanding sehidup semati. Kamu dan pasangan mu sangat serasi. Semoga bisa cocok dan tidak sering cekcok. Aku doakan semoga kamu dan pasangan mu menjadi keluarga yang sakinah, mawadah dan warahmah. Jangan lupa satu hal, sekarang hidup mu bukan hanya tentang diri mu saja. Tapi sekarang hidup mu harus bisa harmoni dengan istri mu. Janganlah kamu memutuskan hal-hal kecil tanpa meminta pertimbangan istri mu. Karena hal-hal kecil yang tidak kamu ceritkan kepada istri mu bisa menjadi boomerang yang membuat kehancuran. Terakhir, selamat menikah dan berbahagia, kawan mu. Barokah allways”

“Pernikahan bukan hanya tentang kamu dan istri mu saja, kawan. Kamu harus ingat ada mertua mu. Saran saya tak begitu banyak. Saya hanya memberi kamu saran ketika kamu ada masalah dengan pasangan mu janganlah kamu atau istri mu menceritakan kepada mertua. Karena banyak kasus perceraian yang terjadi lantaran campur tangan dari mertua. Ini memang hari bahagia mu, tapi saya rasa perlu menyampaikan nasehat ini sebagai pedoman hidup berumah tangga. Saya sudah lebih dulu berpengalaman menikah. Jadi, ingat-ingat nasehat ku tersebut, kawan. Selamat menikah”.

“Kalian berdua sampai juga di tahap pernikahan. Saya sangat salut dengan perjalanan cinta kalian yang tidak bisa dikatakan mudah. Kalian telah melewati banyak jalan terjal selama pacaran hingga sekarang kamu resmi mengikat komitmen untuk menikah. Saya sungguh sangat terharu dengan perjalanan citan kalian. Tak banyak yang bisa saya ucapkan lagi, selamat menikah dan bahagia kawan ku. I love you so much”.

“Cinta kalian telah terikat oleh cincin yang terpasang di jari manis. Jangan pernah melepaskan ikatan tersebut. Cinta yang baik adalah saling menjaga, saling merawat dan memberi kasih sayang dengan sepenuh ketulusan hati. Semoga kalian mampu bertahan kalau suatu saat nanti datang ombak yang berencana meruntuhkan bahtera rumah tangga mu, kawan. Kalian adalah pasangan yang serasi. Untuk kamu, Jonny. Jangan nakal lagi. Sekarang kamu hanya milik istri mu seorang. Ingat, jangan nakal seperti masih bujang ya. Bertaubatlah!”

“Saya teringat sebuah kutipan kata mutiara dari mbah sujiwo tedjo yang mengatakan bahwa banyak sekali orang yang pacaran dan banyak juga orang yang menikah, namun sedikit orang yang merasakan cinta. Semoga pernikahan kalian berdua berdasarkan jalinan cinta. Dan semoga juga kalian mampu mempertahankan cinta sampai tua. Sehingga ketika kalian sudah tua dan tidak memiliki nafsu seksual kalian tetap bisa saling mencintai dengan cara saling bercerita bersama-sama di beranda rumah ketika sore hari tiba”.

“Cinta kalian sedalam lautan, seluas jagad raya dan tidak akan mati meskipun sejuta orang hendak menusuk dan membakar cinta yang telah kalian ikat di hari sakral pernikahan kalian”.

“Semoga pernikahan kalian bisa seperti pernikahan dari Eyang Habibie dan Ainun yang tetap terjaga dan harmonis walau sudah sama-sama tua. Dan ketika salah seorang dari kalian berpulang ke hadapan tuhan, masih akan tetap ada ikatan cinta yang tidak pernah mati meskipun jasad telah berbaur dengan tanah”.

“Ketika kamu telah memutuskan untuk mengikat komitmen danga pasangan mu, jangan sekali-kali kamu menengok ke masa lalu atau menoleh ke kanan dan ke kiri melihat mulus dan suburnya rumput tetangga. Kamu harus terfokus pada satu titik pusat, yaitu istri atau suami mu. Tolong, ingat pesan ku”.

Ucapan Pernikahan Happy Wedding Bahasa Inggris

Ucapan pernikahan berikutnya yang bisa kamu gunakan adalah dengan menggunaka bahasa Inggris. Dengan menggunakan bahasa Inggris tentu saja akan membuat kamu terlihat keren ketika mengucapkan nya. Berikut ini adalah beberapa ucapan pernikahan dengan menggunakan bahasa Inggris. Simak beberapa contoh ucapan pernikahan Bahasa inggris Di bawah ini.

“The two of you arrived at the wedding stage. I really salute the journey of your love which cannot be said easily. You have passed many steep paths during courtship until now you officially bind your commitment to get married. I am truly deeply moved by your citan trip. Not much I can say again, happy marriage and happy my friend. I love you so much “.

“Your love has been bound by a ring attached to the ring finger. Never let go of that bond. Good love is caring for one another, caring for one another and giving love with all sincerity. Hopefully you will be able to survive if someday the waves come that plan to tear down your household ark, friend. You are a matching pair. For you, Jonny. Don’t be naughty anymore. Now you only belong to your wife alone. Remember, don’t be naughty like you’re single. Repent! ”

“Your love is as deep as the ocean, as wide as the universe and will not die even though a million people want to stab and burn the love that you have bound on the sacred day of your marriage”.

“Hopefully your marriage can be like the marriage of Grandmother Habibie and Ainun who remain awake and in harmony even though they are both old. And when one of you dies before God, there will still be a bond of love that never dies even though the body has mingled with soil”.

“When you have decided to commit to your partner, never look back or look right and left looking at the smooth and fertile grass of your neighbor. You must focus on one central point, your wife or husband. Please , remember my message”.

“I never thought, now you are ahead of my steps in building a household. I thought you were the best friend to be married last of all of us. Uh, it turns out you even step over us all. Bro, for your happy day, I congratulate you. Hopefully being a husband and wife who are always romantic in public even though at home do not escape the small things. Relax, bicker between husband and wife is natural. Unatural is that you bicker with someone’s husband or wife. Finally, I hope you and your partner you are always happy “.

“I was the one who dated him for years but instead failed to the altar, man. And you, just also an acquaintance and having a relationship with your spouse, got married right away. Dating is a mystery, man. Hopefully this is your first and last marriage huh Take care of your wife well, care for her fully and never even think of her double-minded, because if you dare to think of your double partner, I will go forward to meet your partner, hehehe, just kidding. Congratulations”

“The way of life has led you to meet the most appropriate person to live together in one life. You and your partner are very harmonious. Hopefully you can match and not often bicker. I pray that you and your partner become a family that is sure, mawadah and warahmah. Don’t forget one thing, now your life is not only about yourself, but now your life must be in harmony with your wife, you should not decide on small things without asking your wife’s consideration, because small things that you don’t tell your wife can be a boomerang that makes destruction. Finally, happy and married, your friend. Bless allways ”

“Marriage is not just about you and your wife, friend. You must remember that there are your in-laws. My advice is not so much. I only give you advice when you have a problem with your spouse, don’t you or your wife tell your in-laws. Because there are many cases divorce happened because of interference from in-laws. This is indeed your happy day, but I feel the need to convey this advice as a guide to married life. I have already experienced marriage. So, remember my advice, friend. Happy marriage”.

“Friend Always remember that life does not always go smoothly. There is a time when you and your wife will experience bitter and bitter life. In times like that, I really hope you and the wife still hold each other and not let go of each other. Remember, the storm must pass. Happy marriage and happy friends”.

“I hope that your bond of love is as strong as steel which will not blister if you bump into each other. It will also be as good as fresh water. It will also be as peaceful as a gust of wind when you are on the beach. It will also be as beautiful as a roman poetry verse that touches the heartstrings. You guys can last a long time in one bond of love”.

“You and your wife are two individuals who must be able to harmonize all the differences that exist. With you guys married, all the debates that you have must uphold and respect each other. Remember, the steep road to maintaining your love has just begun. Grasping each other and continuing to spread love and affection”.

Itulah beberapa ucapan pernikahan dalam bahasa inggris yang bisa kamu gunakan.

Ucapan Selamat Pernikahan Singkat dan Penuh Makna

Ucapan pernikaha berikutnya hang bisa kamu ucapakan adalah kata-kata yang singkat namun penuh makan. Berikut ini akan kami berikan beberapa contoh kalimat singkat ucapan pernikahan yang mengena dan penuh makna. Simak beberapa contoh ucapan pernikahan singkay dan penuh makna dibawah ini.

  • Selamat ya.

Percayalah, ketika kamu mengucapkan kalimat singkat diatas kepada sahabat mu yang sedang melangsungkan acara pernikahan maka respon dari sahabat mu tersebut akan sangat senang dan gembira. Terlebih jika kamu dan sahabat mu tersebut sangat dekat maka sahabat mu akan senang sekali mendapat ucapan seperti itu.

  • Kamu telah membuktikan menjadi seorang lelaki sejati, bung!

Kalimat singkat diatas ketika kamu ucapkan kepada kawan mu yang menikah maka mereka akan sangat gembira menerima ucapan mu yang penuh makna. Ucapan yang singkat tersebut memiliki makna yang luas. Karena ketika seorang laki-laki telah menikah, ia mempunyai tanggungan hidup yang lain yang bukan hanya dirinya sendiri yaitu sang istri. Dengan menanggung segala hal baik finansial maupun batin dari sang istri, maka seseorang lelaki telah benar-benar menjadi lelaki sejati. Karena banyak orang yang membual tentang cinta namun tak berani meminang wanitanya menjadi istri yang sah secara agama dan negara.

  • Sekarang, iman mu telah sempurna.

Kalimat diatas juga memiliki makna yang sangat luas. Karena ketika seseorang menikah maka sempurna sudahlah iman mereka. Manusia memang tidak sempurna, namun ketika mereka menjalin cinta yang sah dalam ikatan pernikahan mereka berdua akan saling menyempurnakan satu sama lain dan bisa bersama-sama bahu membahu saling mengingatkan untuk menjalankan kewajiban kepada tuhan.

  • Kawan, cintailah cinta mu untuk selamanya.

Kalimat singkat diatas sangat menyentuh hati dan jiwa ketika kamu mengucapkan kepada kawan atau siapapun  orang yang menikah. Cintailah cinta adalah penggalan kalimat sederhana namun jika kita mau mengulas dan membedah maka akan dapat menemukan makna yang begitu luas.

Kesimpulan

Mengucapkan pernikahan ketika seseorang sedang bahagia di hari spesial dan sakral mereka tentu saja akan menambah kebahagian untuk mereka. Alangkah mulianya ketika kamu berkenan untuk menyempurnakan kebahagiaan mereka dengan memberikan sepatah dua patah kata ucapan selamat pernikahan. Ketika kamu mengucapkan selamat kepada kawan-kawan mu, maka ketika kamu menikah nanti kawan-kawan mu tersebut juga akan membalas dengan memberi ucapan selamat menikah seperti ketika kamu mengucapkan nya. Nah, itulah ulasan panjang mengenai ucapan pernikahan. Sekian, semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019