Harian Nusantara

Contoh Teks Deskripsi dan Cara Membuat Teks Deskripsi Yang Baik Dan Benar

surat 80 View

 

Dalam ilmu bahasa, jenis teks ada berbagai macam mulai dari teks prosedur, deskripsi, narasi, eksposisi dan lain sebagainya. Pada artikel kali ini kami akan mengulas secara mendalam dan tuntas mengenai teks deskripsi mulai dari pengertian, kaidah penulisan hingga contoh-contoh teks deskripsi tersebut.

Teks deskripsi pada umumnya tersusun di dalam sebuah cerita semisal cerpen atau novel. Dengan adanya teks deskripsi di dalam sebuah cerpen atau novel, maka pembaca akan merasa seperti di bawa ke dunia yang di deskripsikan pada novel atau cerpen tersebut. Untuk lebih mengetahui secara lebih mendalam mengenai teks deskripsi, berikut akan kami jelaskan secara tuntas di bawah ini.

Pengertian Teks Deskripsi

Sebelum terlalu jauh mengulas teks deskripsi, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa pengertian atau definisi dari teks deskripsi. Secara gampannya teks deskripsi bisa di artikan sebagai jenis teks yang menerangkan tentang suatu objek atau kejadian. Teks deskripsi terdiri atas susunan beberapa paragraf yang merangkai sebuah alur cerita mengenai objek atau apapun yang dibahas dalam teks deskripsi tersebut.

Loading...

Teks deskripsi ini terbagi menjadi beberapa jenis lain yang antara lain adalah teks deskripsi spatial, teks deskripsi subjektif dan juga teks deskripsi objektif. Semua jenis teks deskripsi tersebut memiliki kesamaan yaitu sebuah susunan paragraf yang menceritakan sebuah objek pembahasan.

Cara Membuat Teks Deskripsi Yang Baik Dan Benar

Teks deskripsi sangat mudah dibuat bagi orang yang telah mengetahui bagaimana bentuk dari teks deskripsi tersebut. Kami akan menjelaskan bagaimana cara membuat teks deskripsi yang baik dan benar sesuai dengan petunjuk dari ilmu bahasa Indonesia. Berikut ini adalah cara membuat teks deskripsi yang baik dan benar.

  1. Yang pertama harus kamu lakukan ketika ingin membuat teks deskripsi adalah menentukan tema dari teks deskripsi tersebut. Semisal kamu ingin mendeskripsikan tentang hewan dengan jenis kupu-kupu, atau tentang tanaman dan lain sebagainya.
  2. Tips kedua adalah kamu harus menentukan apa tujuan dibuatnya sebuah teks deskripsi. Semisal kamu ingin membuat teks deskripsi tentang kupu-kupu, maka kamu bisa menentukan tujuan teks tersebut adalah menjelaskan tentang tingkah laku dan cara berkembang biak dari hewan kupu-kupu tersebut.
  3. Dalam membuat teks deskripsi, kamu bisa membuat dengan cara mengamati objek atau kejadian secara langsung. Semisal kamu membuat teks deskripsi tentang kupu-kupu, maka kamu bisa mengamati hewan tersebut di alam nyata.
  4. Kamu juga bisa membuat teks deskripsi dari data dan informasi yang telah kamu kumpulkan. Data tersebut bisa kamu dapat dari buku-buku bacaan atau bersumber dari internet.
  5. Setelah semua data tersebut terkumpul, kamu bisa mulai merangkai dari bahan dan sumber data tersebut menjadi sebuah susunan teks deksripsi yang utuh.
  6. Kerangka-kerangka tersebut kamu bisa kembangkan lagi sehingga bisa menjadi teks deskripsi yang jelas dan dapat membuat pemahaman bagi orang yang membaca teks deskripsi tersebut.

Itulah beberapa cara dalam membuat sebuah teks deskripsi yang bisa kamu terapkan dan coba ketika akan merangkai kata menjadi teks deskripsi.

Kaidah Membuat Teks Deskripsi

Setelah kamu mengetahui bagaimana cara dalam membuat teks deskripsi, berikutnya akan kami jelaskan tentang kaidah-kaidah yang harus ada di dalam sebuah teks deskripsi. Kaidah-kaidah yang menyusun sebuah teks deskripsi antara lain adalah sebagai berikut.

1. Kata Benda

Di dalam sebuah teks deskripsi secara umum biasanya menjelaskan tentang kata benda. Contohnya seperti kuburan, rumah, pintu, bunga mawar, bunga melati, kodok, singa, belalang dan lain sebagainya.

2. Frase

Dalam sebuah teks deskripsi biasanya pula memiliki frase yang menjelaskan tentang kata benda. Frase tersebut biasanya mendeskripsikan orang atau apapun itu dengan penyempatan kata benda. Sebagai contoh adalah kata seperti orang tua itu memiliki mata yang tajam bagai parang.

3. Kata sifat

Teks deskripsi biasanya pula mengandung kata sifat yang memiliki fungsi untuk menggambarkan suatu hal. Sebagai contoh adalah kalimat seperti buah salak rasanya sangat pahit ketika masih mentah.

4. kata kerja transitif

Dalan sebuah teks deskripsi mengandung kata kerja transitif untuk memberikan gambaran atau informasi tentang hal yang di jelaskan pada teks deksripsi tersebut. Sebagai contoh adalah kalimat seperti rumah ini sederhana dengan bilik bambu sebagai temboknya.

5. kalimat ungkapan

Dalam sebuah teks deskripsi biasanya pula terdapat kalimat ungkapan entah itu berupa opini atau pendapat dan bisa juga berupa luapan perasaan dari penulis teks ketika menggambarkan objek di dalam teks deksripsi yang ia buat. Sebagai contoh adalah kalimat saya sangat mencintai hewan kucing karena kucing sangat lucu dan menggemaskan.

6. Kata keterangan

Di dalam teks deskripsi terkadang di tambah dengan kata keterangan sebagai pelengkap dari informasi yang di jelaskan oleh penulis teks deskripsi. Semisal teks deskripsi tentang hewan kucing, penulis bisa menambahkan kata keterangan berupa kalimat seperti hewan kucing sangat senang memakan ikan asin.

7. Metafora

Di dalam sebuah teks deskripsi biasanya juga mengandung kata atau kalimat metafora menganai apa yang di jelaskan oleh penulis teks. Sebagai contoh adalah kalimat seperti burung-burung gagak berteriak mengabarkan berita kehilangan yang terjadi di gereja kota Surabaya.

Itulah beberapa kaidah dalam penulisan teks deskripsi yang harus kamu ketahui dan di terapkan ketika membuat sebuah teks deskripsi.

Contoh Teks Deskripsi Dari Beberapa Objek

Setelah kamu mengetahui hal-hal dasar tentang teks deskripsi, selanjutnya untuk lebih memahami sebuah teks deskripsi akan kami berikan beberapa contoh teks deskripsi dengan berbagai macam objek pembahasan. Berikut ini adalah contoh teks deskripsi dengan berbagai macam objek pembahasan. Simak contoh-contoh yang ada di bawah ini.

1. Contoh Teks Deskripsi Alam

Gunung

Gunung merupakan salah satu elemen yang ada di alam semesta. Gunung memiliki bentuk menyerupai sebuah bangun segitiga ketika di lihat dari jarak yang cukup jauh. Ketinggian dari gunung ini bermacam-macam. Umumnya penyebutan ketinggian dari gunung ini menggunakan istilah Mdpl atau meter diatas permukaan laut.

Salah satu gunung yang ada di Indonesia adalah gunung Slamet. Gunung Slamet tergolong sebagai gunung aktif yang membawahi beberapa kabupaten di Jawa Tengah seperti Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal, Kabupaten Pemalang dan juga Baturaden. Meskipun tergolong sebagai gunung aktif, gunung Slamet memiliki daya tarik tersendiri bagi pendaki untuk dapat menaklukan terjal jalan dan sampai di puncak tertinggi.

Gunung Slamet pernah di rencanakan untuk di eksploitasi sumber energi panas bumi oleh sebuah perusahaan yang di tentang dan di tolak habis-habisan oleh warga di sekitar gunung slamet. Karena eksploitasi tersebut bisa berakibat fatal dan merugikan masyarakat sekitar. Masyarakat Banyumas, Baturaden, Pemalang, Kebumen, Brebes dan Tegal tidak akan tinggal diam ketika ada orang-orang yang rakus yang akan merusak ekosistem dari gunung Slamet.

Karena Gunung Slamet memiliki mata air yang mengalirkan air untuk masyarakat yang berada di lereng gunung, ketika ada pengerukan dan eksploitasi yang berlebih ke gunung Slamet maka akan berimbas langsung pada keruhnya air sungai. Maka dari itu eksploitasi berlebih yang tidak bersahabat dengan alam akan terus kita lawan dan tidak akan kita biarkan Gunung Slamet menangis. Gunung Slamet harus tetap selamat dan terus lestari.

2. Contoh Teks Deskripsi Hewan

Kupu-Kupu

Siklus kehidupan hewan kupu-kupu adalah di mulai dari seekor ulat. Ketika kupu-kupu masih berupa ulat, dia tidak memiliki paras cantik dan mempesona. Bahkan, ulat-ulat tersebut kerap kali di jauhi karena bentuknya yang menjijikan dan juga dari bulu-bulu nya bisa menyebabkan kulit orang yang tak sengaja menyentuh ulat akab menjadi gatal-gatal.

Ulat tersebut hidup dengan memakan daun-daunan. Tak jarang pula ulat tersebut menjadi hama yang di berangus oleh manusia ketika dalam jumlah yang banyak dan merugikan pertanian. Ulat-ulat tersebut akan bertelur sebelum dirinya mengalami fase menjadi kepompong. Setelah menjadi seekor ulat yang menjijihkan, maka mereka akan membeku dengan menjadi kepompong.

Kepompong tersebut akan melakukan ritual dengan tidak makan selama beberapa waktu. Ia akan terus berdiam diri di dedaunan yang menjadi tempat berlindung dari terik matahari dan air hujan. Setelah sampai beberapa masa, secara perlahan-lahan kepompong ulat tersebut akan mengalami moksa yaitu berubah bentuk menjadi seekor kupu-kupu yang indah dengan warna-warni yang memukau dan memanjakan mata siapa saja yang melihatnya

Kehidupan kupu-kupu berubah drastis dari yang sebelumnya masih berupa ulat yang menjijihkan dan di jauhi manusia, setelah menjadi kupu-kupu ia akan di puja-puja keindahannya dan di eksploitasi dengan cara di obat keras. Kupu-kupu yang cantik itu akan menyadari satu hal bahwa ketika ia menjadi cantik, mau tidak mau ia harus mengalami luka. Bahwa cantik itu luka.

Siklus kehidupan kupu-kupu ini sangat menarik dan agaknya bisa di aplikasikan di kehidupan manusia. Kupu-kupu bisa di gambarkan sebagai seseorang yang dahulu di remehkan, di acuhkan, di pandang dengan sebelah mata. Namun, ketika orang tersebut menggapai kesuksesan, semua orang memujanya. Semua orang berlomba-lomba mengakui bahwa orang yang sukses itu adalah teman nya.

Kisah kehidupan dari seekor kupu-kupu ini bisa kita petik hikmah yang terkandung di dalamnya. Kita bisa mengambil hikmah dari hal apapun, termasuk dari siklus kehidupan kupu-kupu.

3. Contoh Teks Deskripsi Sekolah

SMK Ma’arif NU 1 Bajarsari

SMK Ma’arif NU 1 Bajarsari adalah sebuah sekolah menengah kejuruan yang berlokasi di Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. SMK Ma’arif NU 1 Bajarsari memiliki empat jurusan yang antara lain adalah Teknik Bisnis Sepeda Motor atau TBSM, Akutansi atau AK, Multimedia atau MM dan juga Adminitrasi Perkantoran atau AP.

Meskipun sekolah swasta, kualitas pendidikan di SMK Ma’arif NU 1 Bajarsari ini tidak bisa dianggap remeh. Banyak prestasi yang di dapat dari sekolah ini dengan berbagai macam jenis prestasi mulai dari akademik hingga non akademik. SMK Ma’arif NU 1 Bajarsari juga sering menjuarai ajang LKS yang di helat dan di ikuti oleh seluruh sekolah SMK di kabupaten Banyumas.

Fasilitas di SMK Ma’arif NU 1 Bajarsari ini terbilang cukup lengkap mulai dari ruang kelas yang bersih dan nyaman serta setiap ruang kelas di lengkapi dengan LCD Proyektor. SMK Ma’arif NU 1 Bajarsari memiliki 4 ruangan Lab. Komputer untuk jurusan Multimedia, Akutansi dan juga Adminitrasi Perkantoran. Untuk jurusan Teknik Sepeda Motor sendiri, sekolah ini memiliki bengkel yang cukup luas.

Saat ini SMK Ma’arif NU 1 Bajarsari sedang melakukan berbagai pembenahan dengan membangun beberapa ruangan kelas baru sehingga akan mempercantik wajah dari sekolah ini. Dengan bersekolah di SMK Ma’arif NU 1 Bajarsari kamu tak perlu khawatir ketika lulus sekolah nanti kerja dimana. Karena di SMK Ma’arif NU 1 Bajarsari ini ada Bursa Kerja Khusus yang mewadahi lulusan untuk mendaftar dan di distribusikan ke instansi dan industri baik dari dalam maupun luar negeri. Beberapa lulusan SMK Ma’arif NU 1 Bajarsari ada yang bekerja di Malaysia dan juga Brunei Darussalam.

Begitu juga dengan perusahaan di dalam negeri, banyak dari lulusan SMK Ma’arif NU 1 Bajarsari yang bekerja di perusahaan-perusahaan bergengsi. Maka dari itu tak perlu lagi mengkhawatirkan tentang kedepan setelah lulus akan bekerja dimana. SMK Ma’arif NU 1 Bajarsari bisa di akses dengan mudah karena berlokasi di dekat dengan jalan raya Cilongok.

4. Contoh Teks Deskripsi Buah

Jeruk

Jeruk merupakan buah yang memiliki bentuk oval atau bulat dengan di lapisi kulit yang tidak terlalu tebal dan berwarna kuning, orange atau hijau. Buah jeruk memiliki berbagai macam jenis mulai dari jeruk Pontianak, Jeruk Mandarin, Jeruk Medan dan lain sebagainya. Buah jeruk ketika sudah matang memiliki warna yang berbeda-beda tergantung dengan jenisnya. Ada yang berwarna kuning atau orange dan ada juga yang berwarna hijau.

Buah jeruk yang bagus dan berkualitas biasanya memilili rasa yang manis ketika sudah matang. Di dalam satu buah jeruk terbagi menjadi beberapa bagian yang masing-masing bagian tersebut memiliki biji. Dari biji tersebut bisa di semai dan di tanam hingga menjadi pohon jeruk yang bisa menghasilkan buah jeruk setelah beberapa tahun.

Buah jeruk memiliki kandungan vitamin berupa vitamin C yang bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit seperti sariawan dan lain sebagainya. Buah jeruk juga bisa digunakan untuk berbagai hal mulai dari di konsumsi langsung, di blender dan dibuat menjadi jus dan lain sebagainya.

Kamu bisa dengan mudah mendapatkan buah jeruk ini di pasar terdekat yang ada di kota mu. Mengkonsumsi buah jeruk sangat baik untuk kesehatan dan juga kecantikan. Namun, kamu harus mengkonsumsi buah tersebut dengan kadar yang pas dan tidak berlebihan. Karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Bukan manfaat yang di dapat, malah justru kemudharatan. Maka dari itu untuk semua jenis buah-buahan, konsumsilah dengan secukupnya agar bisa mengambil manfaat dari buah tersebut.

5. Contoh Teks Deskripsi Sayur-sayuran

Kangkung

Jenis sayuran ada banyak sekali, salah satunya adalah sayur kangkung. Sayur kangkung terbagi lagi menjadi dua jenis. Ada yang hidup di perairan dan juga ada yang di daratan. Biasanya sayur kangkung tumbuh dengan cara di taman dari bibit atau biji. Sayur kangkung banyak di manfaatkan sebagai hidangan yang lezat dengan cara di tumis atau di pecak.

Terkadang pula sayur kangkung di masak bersama dengan sayur-sayur lain di dalam makanan yang bernama pecel. Sayur kangkung kaya akan khasiat dan manfaat yang berguna untuk kesehatan tubuh umat manusia. Maka dari itu sayur kangkung ini menjadi salah satu yang di ajurkan untuk di konsumsi manusia agar kebutuhan tubuh dapat tercukupi.

6. Contoh Teks Deskripsi Tempat Wisata

Alun-Alun Purwokerto

Purwokerto adalah sebuah kota yang menjadi ibukota dari kabupaten Banyumas. Ada banyak tempat menarik yang bisa kamu kunjungi ketika sedang berada di kota Purwokerto, salah satu tempat yang wajib kamu datangi adalah alun-alun Purwokerto.

Alun-alun Purwokerto terletak di wilayah yang cukup strategis karena berada di tengah-tengah kota. Tak jauh dari alun-alun purwokerto, kamu bisa melakukan shoping di pusat perbelanjaan terbesar di Purwokerto yaitu Rita Supermall. Alun-alun purwokerto juga dekat dengan kantor bupati Banyumas.

Yang menjadi daya tarik dari alun-alun Purwokerto adalah terdapat air mancur yang di nobatkan menjadi salah satu air mancur yang paling Indah di Indonesia. Kamu bisa befoto dengan latar belakang air mancur di alun-alun Purwokerto tersebut.

Kamu tak perlu membayar untuk dapat singgah di alun-alun Purwokerto. Hanya dengan membayar parkir yang murah kamu bisa duduk dan menikmati suasana kota Purwokerto ketika malam hari di alun-alun ini. Suasana setiap malam di Alun-alun Purwokerto selalu ramai dengan banyak orang-orang. Ada juga berbagai macam jajanan yang bisa kamu pesan. Salah satunya adalah mendoan. Makanan khas Purwokerto yang paling populer dan tak boleh kamu lewatkan ketika sedang mampir di Purwokerto.

Kamu bisa datang ke alun-alun Purwokerto bersama dengan teman-teman agar suasana yang tercipta penuh canda tawa atau bisa juga bersama dengan pasangan mu agar tercipta suasana yang mesra dan romantis.

7. Contoh Teks Deskripsi Orang

Jason Ranti

Jason Ranti adalah seorang Musisi yang memiliki pribadi cukup sederhana dan santai di setiap penampilan panggungnya. Genre yang di usung oleh musisi asal Pamulang ini adalah Folk dengan balutan ornamen blues yang lumayan kental. Genre Folk belakangan ini sedang populer dengan memunculkan trend kopi dan senja serta musik-musik yang mellow namun puitis.

Lain hal dengan seorang Jason Ranti. Ia datang dengan membawakan lirik-lirik sarkastik di setiap lagu yang ia ciptakan. Salah satu lagu yang cukup populer dari Jeje, panggilan akrab Jason Ranti adalah lagu berjudul “Bahaya Komunis”. Lagu tersebut menceritakan tentang keparnoan orang-orang, dalam hal ini pejabat yang takut akan kebangkitan organisasi terlarang yang sudah di brantas habis-habisan di masa orde baru.

Jeje menyentil itu dengan balutan sarkas dan satire yang cukup konyol. Sehingga ketika kita mendengarkan senandung lagu berjudul “bahaya komunis” tersebut kita bakal tertawa terpingkal-pingkal namun juga akan memikirkan apa makna sebenarnya lagu tersebut. Lagu lain dari Jason Ranti yang cukup keren adalah berjudul “sekilas info”. Ada salah satu penggalan lirik dari lagu tersebut yang cukup mengena yaitu pada bait “bicara tentang ayat lalu ku teringat dengan mayat yang hak-haknya di rampas karena perbedaan pendapat”.

Lagu-lagu dari Jason Ranti kebanyakan bercerita tentang kehidupan yang pernah ia alami. Dengan mendengarkan lagu dari Jeje Boys ini kita akan menjadi seorang yang lebih berfikir karena lagu yang ia ciptakan mau tidak mau akan memaksa kita untuk mencoba berfikir. Paling tidak berfikir tentang makna dari lagu-lagunya.

Jeje Boys tak hanya menciptakan lagu dengan kritik sosial. Beberapa lagu yang ia ciptakan juga ada yang bertema romansa. Lagu dengan tema cinta miliki Jason Ranti yang juga menjadi hits adalah berjudul “variasi pink”. Lagu ini menceritakan tetang keresahan lelaki yang terlalu menunggu lama wanitanya berdandan dengan balutan lipstik pink.

Beberapa bulan yang lalu, Jeje juga di daulat menjadi aktor dan pemeran utama dalam film biografi yang menceritakan tentang perjalanan hidup Pidi Baiq dengan band yang dahulu pernah menjadi negara di kampus ITB Bandung yaitu The Panas Dalam. Film tersebut berjudul Koboy Kampus. Pada film koboy kampus, Jason Ranti berperan sebagai imam besar the panas dalam yaitu Ayah Pidi Baiq. Akting yang natural dari Jeje membuat film tersebut sangat menarik untuk di tonton.

8. Contoh Teks Deskripsi Benda

Jam Dinding

Jam adalah benda yang berfungsi untuk menunjukan waktu. Salah satu jenis jam yang sudah pasti ada di setiap rumah, instansi, kantor, perusahaan, sekolah dan lain sebagainya adalah jam dinding. Jam dinding memiliki berbagai macam bentuk. Yang paling umum adalah berbentuk kotak atau lingkaran.

Jam dinding memiliki 12 angka yang menunjukan waktu secara keseluruhan di sepanjang hari. Angka jam di mulai dari angka 1 sampai dengan angka 12. Pada jam terdapat tiga buah jarum. Jarum terkecil berfungsi untuk menunjukan detik, jarum besar panjang berfungsi untuk menunjukan menit dan jarum besar pendek berfungsi untuk menunjukan jam.

9. Contoh Teks Deskripsi Perjalanan

Naik Bus

Ketika kita ingin mengunjungi suatu tempat, kita memiliki opsi untuk berjalan kaki atau mengendarai kendaraan. Jika jarak perjalanan tersebut cukup jauh, maka kamu bisa menggunakan kendaraan untuk dapat mencapainya.

Salah satu kendaraan yang bisa kamu pakai ketika melakukan perjalanan adalah dengan mengendarai bus. Bus merupakan transportasi umum yang memiliki banyuk kursi. Biasanya hawa yang akan kamu rasakan ketika naik bus adalah pengap, panas dan bau bercampur keringat. Namun kamu tidak akan merasakan hal itu ketika yang kamu naiki adalah bus yang ber AC.

Mengendarai Bus lebih murah di banding dengan naik kereta atau pesawat. Namun, tentu perjalanan yang kamu lakukan dengan naik bus tidak akan bisa secepat menggunakan pesawat terbang atau dengan menggunakan kereta api.

10. Contoh Teks Deskripsi Kejadian Atau Peristiwa

Putus Cinta

Jatuh cinta memiliki berbagai macam variabel rasanya. Ketika seseorang sedang jatuh cinta maka ia akan lebih mendominasi untuk menggunakan perasaan atau hati ketimbang menggunakan akal dan pikiran. Karena itulah seseorang yang sedang jatuh cinta tidak akan dapat menjawab pertanyaan tentang alasan dirinya mencintai seseorang.

Namun, jatuh cinta tak selalu berunjung dengan bahagia. Ada satu konsekuensi yang harus di ambil ketika telah memutuskan untuk mencintai, yaitu patah hati. Ketika dua insan sudah menjalin hubungan cinta, tidak menjamin pula akan bisa bersama untuk selamanya. Ada satu ancaman di suatu masa yang tidak bisa di prediksi. Akankah cinta tersebut bisa langgeng sampai mati atau akan berhenti karena tak lagi satu frekuensi.

Ketika jawabanya adalah yang kedua, yaitu putus cinta. Maka yang akan di rasakan adalah kesedihan, kepahitan serta patah hati yang memungkinkan untuk orang tersebut melakukan hal-hal konyol. Putus cinta akan membawa serta kesedihan ketika mengingat kembali masa-masa indah bersama pasangan tercinta.

 

Copyright 2016 - 2019