Harian Nusantara

Definisi, Langkah Penulisan, dan Contoh Surat Tugas

surat 31 View

Dalam melakukan sebuah pekerjaan atau aktivitas keseharian yang berhubungan dengan sebuah pekerjaan, baik sekelompok maupun seseorang membutuhkan media pengantar untuk melegalkan aktifitasnya. Hal yang lebih sering kita lihat adalah adanya surat yang berperan sebagai pengantar kedinasan untuk melakukan kewenangan dalam sebuah pekerjaan.

Surat tugas diberikan oleh perusahan, instansi, maupun lembaga atau organisasi yang telah diakui dan dipayungi oleh hukum. Surat tersebut diberikan kepada karyawan, pegawai, maupun anggota kelembagaan untuk melakukan tugas dan wewenang sesuai dengan isi yang tertulis dalam surat. Surat tugas juga selalu disahkan dengan tanda tangan pejabat dan stample dari instansi yang memberikan tugas. Berikut ini merupakan penjelasan dan beberapa contoh surat tugas dan kedinasan.

Definisi Surat Tugas

Surat tugas merupakan naskah tertulis resmi yang dibuat oleh pejabat suatu instansi dan diberikan kepada pengguna kewenangan untuk melaksanakan tugas-tugas dan pekerjaan dalam jangka waktu tertentu. Surat tugas bisa dikatakan sebagai kepanjangan kewenangan yang diberikan kepada pihak-pihak tertentu untuk memperlancar aktifitas suatu pekerjaan.

Loading...

Fungsi Dan Tujuan Surat Tugas

Surat tugas juga berarti sebagi surat perintah atau surat kuasa yang mengikat untuk melakukan suatu pekerjaan, maka dari itu isi yang terkandung didalamnya menjelasakan tugas-tugas spesifik yang harus dilaksanakan. Surat tugas juga digunakan sebagai dokumen pendukung oleh pengguna kewenangan untuk melaksanakan tugas dan pekerjaan yang diberikan. Surat tugas memiliki tujuan yang tersirat, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Pengesahan Formal

Salah satu fungsi dari surat tugas adalah sebagai dokumen pengesah formal dan bersifat mengikat bagi yang melaksanakan. Dengan kata lain sebagai pengguna kewenangan wajib sifatnya untuk menjalankan tugas sesuai dengan yang diamanahkan dalam jangka waktu yang sudah ditentukan, serta melaporkan tugas-tugas yang dikerjakannya kepada pemberi kewenangan.

2. Mempermudah Tugas

Sebagai dokumen pelengkap, surat tugas memiliki fungsi lain aksesibilitas terhadap aktifitas pekerjaan yang diberikan, surat tugas bisa ditunjukkan sebagai dokumen keabsahan pengguna kewenangan untuk melakukan tugas-tugas dan pekerjaannya.  Hal tersebut sebagai upaya penguatan terhadap bukti-bukti kewenangan dalam melakukan sebuah pekerjaan.

3. Bukti Legal

Surat tugas juga merupakan bukti legal bahwa pemegang surat adalah pengemban kewenangan yang sah untuk melaksanakan tugas-tugas dan pekerjaan yang diberikan oleh pejabat pembuat pekerjaan. Surat tugas tidak bisa dilimpahkan kepada pihak lain, terkecuali jika terjadi sesuatu terhadap pengemban tugas, pihak pemberi kewenangan akan memberikan dokumen berupa surat tugas terbaru bagi pelaksana kewenangan yang baru.

Ciri-ciri Surat Tugas

Surat tugas memiliki kriteria dan ciri-ciri khusus yang harus ada di dalam surat sesuai dengan peruntukannya. Untuk instansi pemerintahan, kebanyakan surat tugas yang dibuat mengikuti aturan dan format surat administrasialnya. Hampir sama halnya pada surat tugas untuk kelembagaan atau organisasi semi kepemerintahan.

Sedangkan surat tugas dari perusahaan biasanya menyeseuaikan dengan peruntukan tugasnya dan tidak seformal surat kepemerintahan, yang hampir sama adalah tata bahasa yang digunakanya haruslah baku. Beberapa hal lainnya adalah sebagaimana berikut :

1. Tugas Yang Jelas

Surat tugas yang benar bisa menjelaskan tugas pihak pemegang surat yang didelegasikan oleh pejabat yang berwenang, sehingga dapat meminimalisir tumpang tindihnya informasi dan pekerjaan maupun tugas-tugas yang harus dilaksanakan.

2. Singkat, Padat, Jelas Serta Menggunakan Tata Bahasa Baku dan Resmi

Ciri lain untuk surat tugas adalah selalu menggunakan tata bahasa yang baik dan baku dalam penulisannya. Selain itu dalam penyusunan naskahnya harus bisa memberikan kejelasan isi surat meskipun dengan bahasa kalimat yang singkat dan padat.

3. Memiliki Kriteria dan Kelengkapan Surat Tugas

Hal yang tidak dapat dipisahkan dalam surat tugas adalah kelengkapan di dalamnya, kelengkapan tersebut berupa kop surat, nomor kop surat, judul surat dan lampirannya jika ada. Selain itu juga menjelaskan isi dan maksud dari surat, adanya tanggal surat, serta jabatan dan nama pejabat pembuat tugas.

Surat tugas yang sah juga selalu dibubuhi tanda tangan dan stempel basah dari pejabat pembuat kewenangan dan instansinya, hal tersebut membuktikan bahwa yang bersangkutan adalah benar-benar pengemban tugas dan sudah surat tugasnya sudah tercatat dalam buku administrasi sebuah instansi.

4. Mengandung Isi Yang Jelas

Surat tugas juga harus mengandung isi yang jelas agar tidak menimbulkan salah penafsiran bagi penerima maupun pembacanya. Beberapa hal yang harus ada adalah, identitas dan nama pejabat pemberi tugas, identitas pegawai, karyawan, atau anggota kelembagaan yang di tugaskan. Selain itu maksud, tujuan, fungsi dan tanggung jawab yang ditugaskan juga harus ditungkan dalam surat, serta jangka waktu tugas diselesaikan.

Bagian-bagian Penting Surat Dari Tugas

Surat tugas yang baik tentunya akan memudahkan penerima dan pembacanya, dalam menyusun surat tugas beberapa hal berikut ini menjadi sangat perlu untuk diperhatikan, baik dalam tata letak, urutan hingga penyusunannya.

Logo dan Kop Surat

Kop atau biasa disebut sebagai kepala surat terletak pada bagian paling atas sebuah surat dan berada tepat di posisi tengah untuk instansi kepemerintahan  atau pojok kiri untuk perusahaan. Dalam kepala surat juga terdapat nama instansi, alamat, nomor telephone atau fax, serta kode pos, dan juga logo sebuah instansi yang terletak pada pojok kirinya.

Judul dan Nomor Surat

Bagian kedua di bawah kop surat adalah judul surat, kop surat terletak pada bagian tengah dan di tulis dengan huruf kapital. Selain penggunaan huruf kapital surat tugas biasanya juga bergaris bawah, diikuti dibawahnya dengan nomor surat. Nomor surat berisi kode register sebuah instansi dan peruntukan surat, nomor urut dikeluarkannya surat, kode atau nomor instansi, bulan yang ditulis dengan angka romawi serta tahun dikeluarkannya.

Tanggal, Lampiran, Perihal dan Tujuan Surat

Tanggal surat merupakan merupakan tanggal dibuatnya surat oleh pejabat yang berwenang. Ada dua pilihan yang biasanya sering kita jumpai, yang pertama terletak pada pojok kanan atas di bawah kop, yang kedua berada pada bagian bawah di atas pejabat pemberi kewenangan, tergantung pada peruntukan dan redaksionalnya.

Lampiran surat menunjukkan banyaknya lembar pada surat tersebut, biasanya menjelaskan tetntang beberapa hal yang tidak dapat dimuat langsung pada tubuh inti surat, seperti nama-nama yang diberi tugas jika bukan hanya satu orang saja atau sekelompok orang yang akan mengikuti sebuah kegiatan.

Perihal surat menunjukkan maksud dan tujuan dari surat, berisikan penjelasan singkat tentang maksud dan tujuan surat. Sedangkan tujuan surat merupakan alamat peruntukan yang dituju, kepada siapa surat tersebut akan diberikan sesuai dengan nama, jabatan atau panitia yang berwenang beserta dengan alamat yang ditujunya.

Isi dan Maksud Surat

Isi dan maksud surat menerangakan tujuan dilayangkannya surat kepada penerima, berisi juga identitas pemberi kewenangan dan penerima tugas atau pekerjan yang akan dilaksanakan. Jika yang didelegasikan untuk melaksanakan tugas tidak hanya satu oraang, maka nama-nama tersebut bisa dituliskan pada halaman lampiran surat. Pada lampiran juga harus menyebutkan identitas, nama maupun jabatan yang diembannya.

Penutup Surat

Penutup merupakan bagian akhir surat yang berisi kegunaan surat tugas hingga selesainya tugas-tugas dilaksankan atau hingga ada perubahan penugasan. Pada bagian penutup juga diikuti dengan nama pemberi kewenangan beserta tanda tangan dan stample instansinya,  biasanya di ikuti dengan tanggal dibuatnya surat pada bagian atasnya.

Alur Pembuatan Surat Tugas

Surat tugas bisa diartikan sebagai dokumen kewenangan untuk melakukan sebuah tugas dan pekerjaan substansial. Dokumen ini sengaja dibuat untuk menunjang segala aktifitas yang bersifat kedinasan atau tugas lapangan di luar kantor, beberapa kemudahan akses juga bisa di dapatkan dengan dipegangnya surat tugas oleh pihak yang membutuhkannya.

Surat tugas dapat dibuat oleh pejabat yang memiliki kewenangan atau pejabat lain setingkatannya, baik dalam instansi atau lembaga kepemerintahan maupun sebuah perusahaan. Pemberi surat tugas juga wajib untuk membubuhi tanda tangan pada surat tersebut, sebagai bukti legal keabsahannya surat tugas juga ditandai dengan adanya stample dari instansi maupun perusahaannya.

Peran sekretaris pada sebuah instansi, kelembagaan, maupun perusahaan adalah dalam hal pembuatan isi surat. Surat yang sudah dibuat kemudian diberikan kepada pejabat diatasnya untuk dibubuhi tanda tangan, kemudian kembali diterima sekretaris untuk pencatatan secara administrasial. Setelah proses pencatatan selesai surat tugas dapat diberikan kepada pengemban tugas atau kewenangan.

Surat tugas memiliki banyak kegunaan bagi pemegangnya, beberapa diantaranya adalah sebagai pengantar peserta, pelaksana sebuah pekerjaan hingga kewenangan lain yang masih berhubungan dengan kepentingan sebuah instansi pembuatnya. Dalam ranah pemerintahan surat tugas juga merupakan surat dinas, kegiatan kedinasan tersebut bisa dilakukan oleh pegawai dibawah instansi yang menaunginya.

Dalam ranah sebuah perusahaan surat tugas juga berhubungan dengan surat perintah kerja (SPK), artinya segala sesuatu yang berhubungan dengan segala jenis biaya operasionalnya dibebankan kepada anggaran biaya sebuah pekerjaan. Sedangkan dalam instansi kepemerintahan maupun lembaga organisasi kemasyarakatan pembebanan biaya bergantung pada anggaran biaya kegiatan maupun dibebankan kepada biaya perjalanan dinas bagi pelaksananya.

Meskipun dalam redaksional dan pembebanan alur biayanya berbeda, surat tugas dari instansi maupun perusahaan tetap memiliki beberapa kesamaan. Salah satunya terletak pada jangka waktu pelaksanaan tugas yang bersifat temporary atau hanya bersifat sementara. Setelah jangka waktu yang tertulis pada surat berakhir maka keberadaan surat tugas tersebut menjadi tidak berlaku, atau hingga ada perubahan dan penambahan jangka waktu pelaksanaan tugas.

Perubahan surat tugas dapat terjadi karena habisnya masa berlaku surat berdasarkan isi dari surat tugas atau perubahan pelaksana kewenangan. Perubahan tersebut selalu diikuti dengan adanya surat tugas baru yang diberikan kepada pelaksana tugas, baik pihak lama maupun pihak yang baru. tujuannya adalah untuk menguatakan sisi pertanggung jawaban terhadap beban pekerjaan yang dilaksanakan.

Jenis-jenis Surat Tugas

Kita sering menjupai berbagai jenis surat tugas yang sesuai dengan peruntukkannya masing-masing. Baik surat tugas yang berasal dari instansi dan lembaga pemerintahan maupun surat tugas yang diturunkan oleh pihak perusahaan kepada karyawan yang mewakilinya. Dokumen ini juga dapat berlaku sama sebagai kuasa kewenangan maupun kebijakan, perbedannya lebih besar kepada objek tugas atau pekerjaannya.

Surat tugas bisa diberikan oleh instansi atau lembaga dan perusahaan baik kepada individu maupun kelompok yang mewakili, tergantung pada beban tugas, jenis kegiatan dan pekerjaan yang akan dilaksanakan. Secara redaksi beberapa surat tugas tersebut juga juga memiliki kesamaan yang bersifat mengikat. Beberapa perbedaannya terdapat pada tata letak kop surat, isi surat, jumlah halaman, serta maksud dan tujuan dari diberikannya surat tugas.

Berikut ini merupakan beberapa jenis dan contoh surat tugas dari berbagai instansi pemerintahan, lembaga pendidikan, perusahaan, hingga organisasi sosial kemasyarakatan.

A. Contoh Surat Tugas Perusahaan

Logo Perusahaan/ Instansi
  1. KAKI BETON JAYA MAKMUR

                    “Beyond Building Material”

Jl. Bunga Kertas No. 41 Tlp (0341)- 464989

Sumberwuni, Lawang, Kab. Malang – Jawa Timur 65211

 

 

SURAT TUGAS
Nomor : 301/15-ST/KBJM/I/2020

 

Sehubungan dengan dimulainya proyek pekerjaan perkerasan jalan kampung yang berada di Jalan Manukmiber Dusun Kalianget Desa Kalisari Kabupaten Malang  Jawa Timur,  dengan ini menugaskan kepada :

Nama                   : Adi Sunyoto

Jabatan                : Petugas Lapangan

Alamat                 : Jl. Patimura No. 129 RT 003/012

Blimbing Kec Lowokwaru Kota Malang

No. Telephone   : 0812 3456 7890

Untuk melakukan pengawasan terhadap proyek pekerjaan perkerasan jalan kampung, terhitung mulai tanggal 23 Januari 2020 s/d 24 Januari 2020

Semua biaya yang dikeluarkan dari pelaksanaan tugas ini dibebankan kepada biaya proyek pekerjaan.

Demikian surat tugas ini dibuat dengan benar adanya agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

 

   Malang, 21 Januari 2020

Site Manager,

 

 

 

Rudi Joyo Kusumo, ST

 

B. Contoh Surat Tugas Karyawan

  1. GREEN LAND PROPERTINDO

“The Future of Great Living”

Jl. Candi No. 123 Tlp (0341)- 461461, Mojorejo Junrejo Kota Batu Jawa Timur 65321

 

 

SURAT TUGAS
Nomor : 123/12-ST/GLP/I/2020

 

Yang bertanda tangan dibawah ini selaku General Manager dari  PT. GREEN LAND PROPERTINDO :

Nama                   : Budi Hartono
Jenis Kelamin      : Laki-laki
Jabatan                : General Manager
Alamat                 : Perum Cozy Living Blok F No. 15
Giripurno Kecamatan  Bumiaji Kota Batu
No. Telephone  : 0812 3456 7890

Dengan ini memberikan tugas kepada karyawan PT. GREEN LAND PROPERTINDO :

Nama                   : Hermanto Sanan
Jenis Kelamin      : Laki-laki
Jabatan                : Project Manager
Alamat                 : Jl. Kemangi No.17 RT 09/06
Sumbersekar Kecamatan Dau Kabupaten Malang
No. Telephone  : 0891 2345 5432

Untuk menyelesaikan proyek pembangunan fasilitas umum pada perumahan yang berada di di Banyuwangi dengan laporan pekerjaan secara berkala setiap minggu terhitung sejak surat tugas ini di berikan.

Demikian surat tugas ini dibuat dengan sebenar-benarnya agar dapat digunakan untuk kewenangan dan kepentingan sebagaimana semestinya.

 

Batu, 21 Januari 2020

Mengetahui,
General Manager,

 

Budi Hartono

C. Contoh Surat Tugas Guru

PEMERINTAH KABUPATEN MALANG

DINAS PENDIDIKAN

SMP NEGERI 23 KEPANJEN

Jl. Gajahmada  No. 36 Tlp (0341)- 456654, Kepanjen Kabupaten Malang

 

 

SURAT TUGAS
Nomor : 090/423.06/I/SMP-23/2020

 

Yang bertanda tangan dibawah ini, Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Kepanjen Kabupaten Malang memberikan tugas kepada :

Nama                                  : Slamet Rahardjo
NIP                                       : 12367890150001
Tempat/Tgl Lahir              : Malang, 23 Agustus 1980
Pangkat/Golongan           : Penata Muda/IIIB
Jabatan                               : Guru
Unit Kerja                           : SMP Negeri 23 Kepanjen

Untuk mengikuti kegiatan Peningkatan Kapasitas Guru Dan Penata Muda Se-Kecamtan Kepanjen yang akan dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Malang di Pendopo Kabupaten Malang mulai tanggal 20 s/d 22 agustus 2019.

Demikian surat tugas ini dibuat dengan sebenar-benarnya agar dapat digunakan sebagaimana mestinya. Dimohoan agar peserta pelatihan memberikan laporan tertulisnya setelah kegiatan selesai.

 

Malang, 18 Agustus 2019

Mengetahui,

   Kepala SMP Negeri 23 Kepanjen,

 

 

 

Joko Sampurno M. Pd

D. Contoh Surat Tugas Dinas

PEMERINTAH KOTA BATU

KECAMATAN JUNREJO

DESA JUNREJO

Jl. Raya Junrejo No. 01 Tlp (0341)- 460460 Junrejo 65321

Email: pemdesjunrejo@yahoo.co.id       Website: junrejo-desa.id

 

 

SURAT TUGAS DINAS
Nomor : 410/028/422.320.5/2020

 

Yang bertanda tangan dibawah ini Kepala Desa Junrejo menerangkan bahwa:

Nama                                  : Dedi Sunarso
Tempat/Tgl Lahir              : Malang, 17 Agustus 1980
Alamat                                : Jl. Dr Soetomo No. 56 RT 002 RW 004
Junwatu – Junrejo – Kota Batu
Jabatan                               : Kepala Urusan Ekonomi Pembangunan

Untuk mengikuti seminar Industri Kreatif Berbasis Potensi Desa yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur di ASTON Hotel Surabaya, mulai tanggal 12 Februari 2019 s/d 14 Februari 2019.

Demikian surat tugas ini dibuat dengan sebenar-benarnya agar dapat digunakan sebagaimana mestinya, serta dilaksankan dengan penuh tanggungjawab.

Batu, 11 Februari 2019

Kepala Desa Junrejo

 

 

 

Putri Kenanga Raharjo

 

E. Contoh Surat Tugas Dari Perusahaan

  1. AURUM AGRITECHNO CULTURE

 “Easy way for better farm”

 Jl. Semeru Blok F No. 128 – 132 Tlp (031)- 575818, Sidoarjo – Jawa Timur

 

 

SURAT TUGAS
Nomor : 08/EXP-01/AAC/IX/2019

 

Saya yang bertanda tangan dibawah ini bertindak atas nama PT. AURUM AGRITECHNO CULTURE :

Nama                   : Eka Candra Purnomo
Jenis Kelamin      : Laki-laki
Jabatan                : Wakil Direktur
Alamat                 : Jl. Raya Ngagel No 6
Jemursari – Genteng – Surabaya
No. Telephone  : 0812 6543 1234

Dengan ini memberikan tugas kepada karyawan PT. AURUM AGRITECHNO CULTURE :

Nama                   : Guritno Wulandari
Jenis Kelamin      : Laki-laki
Jabatan                : Kepala Divisi Pemasaran
Alamat                 : Jl. Bengawan Solo No.161 RT 06/03
Diwek – Ceweng – Kabupaten Jombang
No. Telephone  : 0822 2211 9898

Untuk melakukan Evaluasi Kerja Bersama Sales Representative Area Se-wilayah II Jateng di kantor cabang Magelang mulai tanggal 5 September 2019 s/d 7 September 2019.

Demikian surat tugas ini dibuat dengan sebenar-benarnya agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Sidoarjo, 3 September 2019

          Pemberi Tugas,
Wakil Direktur

 

 

 

    Eka Candra Purnomo

 

F. Contoh Surat Tugas Pengawasan

  1. GREEN LAND PROPERTINDO

“The Future of Great Living”

Jl. Candi No. 123 Tlp (0341)- 461461, Mojorejo Junrejo Kota Batu Jawa Timur 65321

 

 

SURAT TUGAS
Nomor : 205/12-ST/GLP/III/2019

 

Sehubungan dengan akan dilaksankannaya Proyek Pembangunan Perumahan Guru Tahap II Kabupaten Malang pada awal maret 2019, maka dengan ini PT. GREEN LAND PROPERTINDO menugaskan kepada :

Nama                   : Toni Suprapto
Jenis Kelamin      : Laki-laki
Jabatan                : Kepala Quality Control
Alamat                 : Jl. Yos Sudarso No.07 RT 10 RW 12
Talangagung Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang
No. Telephone  : 0812 2345 2345

Untuk melakukan pengawasan terhadap pekerjaan tersebut, terhitung mulai tanggal 3 Maret 2019 sampai dengan September 2019.  Adapun segala biaya yang diakibatkan dari pelaksaan tugas ini dibebankan kepada anggaran biaya proyek sesuai dengan aturan yang berlaku.

Demikian surat ini dibuat dan diberikan agar dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

 

Batu, 2 Maret 2019

          General e Manager,

 

 

            Budi Hartono

 

G. Contoh Surat Tugas Organisasi Mengikuti Whorkshop

KARANG TARUNA

TRI TUNGGAL BHASWARA

DESA JUNREJO

Jl. Raya Junrejo No. 01 Tlp (0341)- 460460 Junrejo 65321

 

 

No          : 18/KT/TTB-JUN/IV/2020
Sifat       : Penting
Lamp     : 1 Lembar
Hal         : Surat Tugas Peserta Whorkshop

Kepada Yth. Bapak/Ibu/Sdr/i
Kepala Balai Pelatihan UPT Wonojati
Singosari Kabupaten Malang

Dengan hormat, menindak lanjuti surat balasan dari UPT Wonojati tertanggal 22 Maret 2019 mengenai pelatihan bagi pemuda, maka dengan ini kami sampaikan nama-nama peserta pelatihan yang akan hadir dalam kegiatan tersebut. Adapun nama peserta pelatihan adalah sebagai berikut :

*terlampir

Semoga pelatihan yang akan dilaksanakan ini dapat menambah ilmu maupun kemampuan kami dalam bidang industry kreatif berbasis kemasyarakatan. Serta dapat memberikan manfaat bagi masyarakat pada umunya.

Demikian pengantar surat tugas ini atas kerja sama baiknya kami sampaikan terima kasih.

Batu, 2 April 2019

Karang Taruna
Desa Junrejo
Ketua

 

 

 

Mustafa Ibrahim

 

 

Lampiran1

SURAT TUGAS
Nomor : 18/KT/TTB-JUN/IV/2020

 

Nama Peserta Pelatihan

No.         Nama                                  Alamat                                               Jabatan
1             Shinta Hapsari                   Desa Junrejo RT 05/01                   Ketua Bidang Ekonomi Produktif
2             Kenan Handoko                Desa Junrejo RT 01/02                   Anggota
3             Toni Setyawan                  Desa Junrejo RT 01/03                   Anggota
4             Buchori Muslim                Desa Junrejo RT 03/04                   Anggota
5             Hilda Yuniarti                    Desa Junrejo RT 01/05                   Anggota
6             Rahmad Hidayat               Desa Junrejo RT 03/06                   Ketua Bidang Pengembangan SDM
7             Laila Diana                         Desa Junrejo RT 03/07                   Anggota
8             Winda Anisa                      Desa Junrejo RT 06/08                   Anggota
9             Sumarsono                         Desa Junrejo RT 02/09                   Anggota
10           Amalia Zubaidah               Desa Junrejo RT 01/10                   Anggota

Demikian nama-nama surat tugas ini dibuat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya serta dilaksankan dengan penuh tanggungjawab.

 

H. Contoh Surat Tugas Guru Kepada Siswa

PEMERINTAH KABUPATEN MALANG

DINAS PENDIDIKAN

SMA NEGERI 2 KEPANJEN

Jl. Majapahit No. 4 Tlp (0341)- 455455, Kepanjen Kabupaten Malang

 

 

SURAT TUGAS
Nomor : 04/423.9/XI/SMA-2/2019

Menindak lanjuti surat undangan dari Universitas Kanjuruhan Malang tertanggal 14 Oktober 2019,  tentang Perlombaan Karya Ilmiah Remaja untuk menjaring siswa-siswi berprestasi Se-Kabupaten Malang. Yang bertanda tangan dibawah ini Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kepanjen Kabupaten Malang memberikan tugas kepada :

Nama                                  Kelas
Kinanti Rahayu                  XII IPA I
Sugeng Pramono              XII IPA I
Ahmad Baihaqi                 XII IPA

Untuk mengikuti perlombaan tersebut yang akan dilaksankan pada :

Hari/Tanggal                     : Rabu 3 November s/d Kamis 4 November 2019
Pukul                                   : 08.00 WIB – Selesai
Tempat                               : Gedung Baruna Universitas Kanjuruhan

Demikian surat ini dibuat agar digunakan sebagaimana mestinya.

Malang, 2 November 2019

Kepala SMA Negeri 2 Kepanjen,

 

Joko Sampurno M. Pd

Copyright 2016 - 2019