Harian Nusantara

Definisi, Jenis, dan Contoh Laporan Kegiatan

surat 28 View

Laporan adalah suatu ringkasan dan bukti tertulis terhadap kegiatan yang sudah kita lakukan. Dengan adanya laporan ini bisa memperkuat bukti fisik bahwa kita melakukan kegiatan tersebut. Pembuatan laporan sangat penting untuk berbagai kegiatan administratif. Tidak heran setiap kegiatan mengharuskan kita untuk menyertai laporan di bagian akhir suatu acara. Karena peran dan fungsinya sangat penting, kita harus bisa membuat laporan inu. Banyak kegiatan yang mengharuskan kita untuk bisa membuat laporan. Untuk itu disini kami akan memberikan beberapa contoh laporan yang bisa anda gunakan sebagai rekomendasi dalam membuat laporan nantinya. Berikut ulasan ulasannya.

Struktur Laporan

Sama seperti karya sastra yang lainnya, laporan juga memiliki struktur baku nya dan tidak boleh sembarangan dalam penyusunannya. Dengan format ini nantinya akan memudahkan si penerima dalam memahami isi laporan. Berikut struktur dari laporan.

  1. Judul
  2. Kata pengantar
  3. Daftar isi
  4. Isi yang berisi pendahuluan, latar belakang, tujuan diadakannya kegiatan, manfaat diadakannya kegiatan, isi dari laporan,.
  5. Penutup  yang berisi kesimpulan dan saran serta daftar pustaka dan lampiran.

Jenis Jenis Laporan

Sama seperti karya sastra lainnya, laporan juga dibagi menjadi beberapa jenis. Laporan bisa dibagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan fungsinya masing masing. Jenis jenis laporan yaitu :

Laporan Peristiwa

Loading...

Laporan peristiwa juga bisa disebut dengan laporan berita yaitu merupakan laporan yang menjelaskan tentang proses atau keadaan terjadinya suatu peristiwa berlangsung. Ciri ciri dari laporan ini adalah  struktural yang memuat unsur 5w dan 1h karena bentuknya uang merupakan bentuk deskriptif. Contoh dari laporan peristiwa yaitu surat kabar dan majalah.

Laporan diskusi

Laporan diskusi ini ditulis oleh notulen dimana tugasnya adalah menyimak lalu menyajikan kembali informasi suatu diskusi dalam bentuk tulisan.

Laporan Kegiatan

Laporan ini merupakan jenis laporan yang paling umum, fungsinya adalah untuk memberikan suatu laporan terhadap suatu kegiatan yang sudah berlangsung. Seperti kegiatan kemahasiswaan, kegiatan OSIS, kegiatan perlombaan, kegiatan PKL dan lainnya.

Laporan Perjalanan

Laporan perjalanan adalah laporan yang berisi tentang pengalaman perjalanan ke suatu tempat dari penulis yang disusun dengan naratif serta kronologis.

Laporan penelitian

Laporan ini merupakan laporan keilmuan yang dibuat dari hasil penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya.

Dasar dasar pembuatan laporan

Dalam pembuatan laporan kita harus memperhatikan dasar dasar pembuatannya acara laporan menjadi jauh lebih baik.

Pemberi Laporan

Pemberi laporan memiliki peranan penting dalam melakukan penelitian terhadap sebuah objek yang akan dilaporkan biasanya pemberi laporan adalah seseorang ataupun panitia yang diberikan tugas tertentu, contohnya mahasiswa ketika diberikan tugas penelitian.

Penerima Laporan

Setelah dibuat, laporan nantinya akan diserahkan kepada si penerima laporan. Si penerima laporan bisa berupa seseorang yang jabatannya menangani kepentingan ini ataupun badan khusus yang telah ditugaskan sebelumnya.

Tujuan laporan

Dituliskannya suatu laporan memiliki tujuan khusus antara lain adalah untuk mengatasi sebuah permasalahan, memudahkan dalam pengambilan keputusan, memahami perkembangan masalah dalam rangka perbaikan dan menemukan teknik teknik dalam memecahkannya dan lain lain.

Sifat Laporan

Dalam laporan terdapat ciri ciri khusus seperti harus lengkap dan sempurna, informasi, disajikan dengan jelas dan menarik, ringkas runtut dan asli.

Contoh Laporan Kegiatan Pramuka di Sekolah SMA

BAB I

  1. Latar Belakang

Organisasi kepramukaan adalah suatu wadah yang sangat berguna dalam bentuk pengembangan diri para siswa. Dengan organisasi ini akan melatih soft skill para siswa agar bisa tumbuh dan berkembang sesuai dengan pengamatan dasa Dharma pramuka. Pramuka juga menumbuhkan semangat positif yang sangat berguna untuk perkembangan menjadi pribadi yang tangguh dan kuat. Dengan adanya acara ini kami sangat mengharapkan agar bisa menjadi suatu ajang menunjukkan sisi positif para siswa dalam pramuka. Acara ini sangatlah penting dan berguna dalam membantu mewujudkan cita cita gugus depan dalam mengembangkan siswa nya.

  1. Sasaran kegiatan

Target kegiatan latihan mingguan adalah anggota pramuka SMAN Sumpiuh  Terikat untuk semua anggota baik kelas 10 kelas 11 maupun kelas 12 .

  1. Manfaat kegiatan
  1. Memupuk jiwa positif pramuka
  2. Meningkatkan kekuatan karakter berdasarkan dasa Dharma
  3. Meningkatkan keakraban dan solidaritas antar siswa
  4. Mempersiapkan lomba kepramukaan yang akan datang.
  1. Pembiayaan pelaksanaan kegiatan

Dalam rangka pembiayaan kegiatan ini mengambil dari alokasi dana bantuan operasional sekolah atau bos tahun 2020.

BAB II

  • Waktu

Dalam melaksanakan kegiatan ini kami akan adakan selama satu semester tepatnya pada Pukul 4 sore setiap jumat, sabtu, dan minggu setelah pelajaran sekolah di hari jumat. Adapun apabila jadwal berubah akan kami beritahukan.

  • Tempat

Pelaksanaan acara ini adalah di halaman dan lingkungan SMAN Sumpiuh yang meliputi ruangan kelas, lapangan utama, lapangan basket, maupun taman. Tempat menyesuaikan materi dan keadaan.

  • Isi kegiatan

Dalam pelaksanaan kegiatan latihan rutin ini akan diisi dengan berbagai kegiatan kepramukaan yang diadopsi dari buku saku kepramukaan. Pastinya kegiatan ini merupakan kegiatan yang mendidik serta menghibur untuk para siswa sekalian. Beberapa kegiatan tersebut antara lain. (diskusi bersama, materi kepramukaan, game, outbond, tes pramuka dan lainnya)

  • Hasil yang dicapai

Berdasar pada kegiatan yang telah dilakukan. Hasil yang didapatkan sangatlah memuaskan, terbukti dari para anggota hang mengikuti kegiatan ini terdapat 75% anggota yang bener benar memahami dan mendapatkan pengajaran dengan baik. Hal ini didasari pada hasil tes kepramukaan yang kami lakukan.

Kami sangat menekankan dari kegiatan ini adalah bentuk pengaplikasiannya dalam kehidupan sehati bari baik di lingkungan rumah, lingkungan masyarakat, maupun lingkungan sekolahnya sendiri.

Sementara itu pada kelompok siswa yang belum memahami materi kepramukaan dengan baik jumlahnya ada 25%. Dari jumlah tersebut kami dapat menyimpulkan bahwa terdapat keterbatasan dari segi prasarana yang kami berikan ataupun faktor individu masing masing siswa.

Hal ini juga tidak menutup kemungkinan dijumpainya hambatan hambatan yang ada di kegiatan ini. Beberapa kegiatan yang bisa menghambat proses jalannya kegiatan ini adalah.

  1. Rendahnya semangat dan motivasi dari beberapa anggota pramuka yang mengikuti kegiatan ini
  2. Masalah jarak tempuh rumah beberapa siswa yang memang letak rumahnya berada di jarak yang jauh dari sekolahan sehingga mereka akan sering mengalami kendala
  3. Minimnya kesadaran dari para anggota pramuka yang memahami arti pentingnya kegiatan ini.
  4. Anggapan bahwa pramuka adalah suatu kegiatan luar yang banyak menimbulkan bahaya jadi banyak orang tua yang tidak mendukung kegiatan ini.

Saran yang diberikan untuk pelaksanaan kegiatan pramuka selanjutnya yaitu :

Dengan meminta dukungan dari para orang tua dan wali agar mendukung kegiatan kepramukaan di sekolah kami dan merubah mindset bahwa kepramukaan justru merupakan kegiatan yang menyenangkan.

Kepada para anggota kepramukaan sebaiknya menjalankan seluruh aktivitas ini dengan sebaik baiknya.

BAB III

Penutup

Dari kegiatan ini kami dapat menarik simpulkan yaitu.

  1. Diperlukannya pembentukan sebuah pengurusan gugus depan SMAN Sumpiuh sehingga dapat menjalankan organisasi kepramukaan dengan lebih terorganisir.
  2. Kami.menyadari masih kekurangan berbagai sarana untuk mendukung segala kegiatan dalam pelatihan kepramukaan di SMAN Sumpiuh.
  3. Tidak sedikit siswa yang enggan mengikuti pelatihan ini dengan baik baik karena belum tertanamnya sebuah kesadaran akan arti penting dari latihan ini.

 

Contoh Laporan Kegiatan Pelatihan

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Dalam meningkatkan kemampuan maupun keterampilan sikap setiap petani maka bisa dilakukan dengan cara penyuluhan. Selain itu dengan penyuluhan ini akan memberikan informasi mengenai pertanian. Agar lebih modern dan berkembang.

Kegiatan ini dilakukan agar petani dapat diberikan pelatihan dan penyuluhan dalam teknis  bertani. Tujuannya adalah dengan menekankan pada penggunaan seluruh panca indera dalam melakukan proses pengolahan pertanian. Dalam bidang pertanian, para petani jadi mau memanfaatkan teknologi terbarukan sesuai perkembangan zaman yang semakin maju

Tujuan Dibuatnya Laporan Kegiatan

Pemenuhan ujian akhir semester 6 IPB yang berbentuk pertanggungjawaban dari kegiatan yang sudah dilakukan.

METODE PELAKSANAAN

Waktu Dan Tempat

Kegiatan pelatihan ketrampilan petani Bogor dilaksanakan pada Hari Minggu , Tanggal 20 Januari 2020 pukul 14.00-16.00 WIB. Bertempat di kelompok tani Gunung Mujil, Desa Pringgo , Kecamatan Mojodadi, Kabupaten Banyumas , Jawa Tengah.

Peserta pelatihan

Peserta keikutsertaan dalam acara penyuluhan adalah: Gapoktan Mujil (Gabungan Kelompok Tani Gunung Mujil), tokoh masyarakat, tokoh penyuluh.. Daftar rincian peserta yang ikut dalam acara penyuluhan pertanian: Gapoktan (30 orang), tokoh masyarakat setempat (15 orang), tokoh penyuluh pertanian (5 orang)

Materi Pelatihan

Materi pelatihan dari penyuluhan ini yaitu “Era digitalisasi dalam proses pertanian modern dan robotisasi tani modern”

HASIL DAN PEMBAHASAN

Pelaksanaan kegiatan pelatihan ini  seharusnya dilakukan pada jam 14.00 sayangnya harus telat menjadi pukul 14.55. Alasan ketidakhadiran para petani adalah banyak yang masih berada di area persawahan. Selain itu beberapa petani ditemukan memiliki kepentingan lainnya.

. Jumlah orang yang hadir saat itu 19 orang, tetapi jumlah tersebut belum termasuk dari penyuluh pertanian desa Kedungpring yang juga datang terlambat.

Partisipasi dan minat dari para petani dalam kegiatan pelatihan di desa Kedungpring ini dirasa masih sangat kurang hal ini dikarenakan masih banyak banyak petani yang merasa sudah lebih berpengalaman dalam pengolahan hasil pertanian dengan teknologi konvensional daripada teknologi robotisasi modern. Oleh karena itu petani malas mengembangkan pemikirannya dalam penggunaan mesin mesin modern dan robotisasi mesin pertanian.

Penutupan

Kegiatan pelatihan ini ditutup dengan upacara penutupan yang disertai dengan pemberian hina berupa robot pemotongan padi berjumlah satu unit dan diserahkan kepada kepala desa setempat

Kesimpulan dan Saran

Kesimpulan

Kami dapat menyimpulkan bahwa kegiatan pelatihan ini sudah berjalan dengan lancar dan sukses secara umum, dari mulai tahapan perencanaan kegiatan yang kami susun hingga mencapai tahap evaluasi akhir pada setiap petani. Walaupun Jumlah anggaran yang terbatas namun untungnya dapat dipergunakan dengan baik sehingga kegiatan pelatihan tetap berlangsung dengan baik.

Saran

Seharusnya kami bisa menilai para anggota tani dan karakternya sehingga bisa menghadapi kendala di lapangan dan cepat dalam hal penyelesaiannya.

Contoh Laporan Kegiatan Perkemahan Sekolah

Laporan Kegiatan Perkemahan Sabtu-minggu (Persami)

Dalam Rangka Menyambut Siswa Baru SMAN Sumpiuh

Tahun Ajaran 2019/2020

Latar Belakang

Kegiatan Perkemahan Sabtu-minggu merupakan kegiatan tahunan yang selalu diselenggarakan dalam rangka menyambut murid baru SMAN Sumpiuh. Kegiatan ini memiliki banyak manfaat dan misi khusus yang diberikan pada murid murid baru SMAN Sumpiuh. Secara khusus acara ini merupakan salah satu bentuk persyaratan para murid murid baru dalam masuk ke pramuka gugus depan penegak. Namun misi khusus lainnya yang kami berikan adalah guna meningkatkan solidaritas, keakraban dan keinginan baik antara sesama murid baru, kepada guru dan kakak kakak pembimbing. Selain itu dengan acara ini kami mengharapkan untuk menjadi ajang pengenalan para siswa baru kepada lingkup sekolahan. Sehingga acara ini sangatlah penting dan memiliki banyak manfaat.

Tujuan Kegiatan

  1. Mengenal lingkungan SMA Negeri Sumpiuh dan sekitarnya
  2. Meningkatkan solidaritas dan keakraban antar elemen sekolahan
  3. Meningkatkan jiwa nasionalisme, pendidikan karakter dan peduli terhadap sesama
  4. Sebagai bentuk persyaratan pelantikan anggota penegak SMAN Sumpiuh
  5. Dalam rangka mempersiapkan jiwa jiwa murid SMAN Sumpiuh yang berkarakter

Anggaran Dana

  1. Dana dari murid SMAN Sumpiuh
  2. Sumbangan Wali Kelas baru
  3. Sumbangan para guru kelas
  4. Dana bantuan operasional sekolah (BOS)

Jadwal Kegiatan

Kegiatan Persami SMAN Sumpiuh penerimaan siswa baru dilaksanakan pada:

  1. Hari : Sabtu sampai Minggu
  2. Tanggal: 11 sampai 12 Juli 2020
  3. Tempat: SMA Negeri 1 Sumpiuh dan sekitarnya
  4. Jumlah peserta: 300 siswa dari 9 kelas

Hasil Kegiatan

Kegiatan Persami yang kami adakan telah terselenggara dengan baik dan lancar. Kegiatan ini dimulai dengan acara apel pembukaan yang dilakukan pada hari sabtu tanggal 11 Juli 2020 pada pukul 17.00 serta berhasil diakhiri dengan apel penutup yang dilaksanakan pada hari Minggu, 12 Juli pada pukul 13.00.

Para peserta kegiatan ini mengikuti setiap instruksi dan tata tertib yang diberikan sesuai dengan arahan para panitia. Para peserta Persami juga disiplin terhadap jadwal yang telah diberikan. Namun sangat disayangkan beberapa peserta Persami masih kedapatan tidak membawa beberapa perlengkapan karena berbagai alasan. Alasan yang paling umum adalah kelupaan. Akan tetapi tidak sempat menyurutkan semangat para siswa melakukan kegiatan ini.

Kesimpulan

Kegiatan Perkemahan sabtu minggu yang diadakan oleh SMAN Sumpiuh telah diselenggarakan dengan baik dan lancar walaupun terbentur dengan anggaran serta kondisi sarana prasarana yang kurang memadai. Kami sangat mengharapkan kepada anggota Persami yaitu para murid baru SMAN Sumpiuh mendapatkan berbagai manfaat positif atas kegiatan ini terutama dalam pengembangan karakter kedisiplinan, kekompakan, solidaritas, patriotisme, serta peduli terhadap lingkungan.

Demikianlah laporan kegiatan perkemahan di SMA Negeri Sumpiuh kami buat dan kami mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang sudah berkenaan ikut mendukung acara ini. Atas kekurangan dari acara ini kami mengucapkan permohonan maaf dan harap maklum. Terimakasih

Contoh Laporan Kegiatan Pentas seni

Pendahuluan

Puja dan puji syukur kepada Tuhan Yang selalu memberikan karuniaNya kepada negara kita yang kaya. Kaya akan budaya san kesenian yang tak ternilai harganya. Segala puji dan puji syukur kami panjatkan kepada tuhan yang maha esa atas segala karunia rizkinya yang selalu diberikan tanpa batasan. Indonesia merupakan negara yang kaya terhadap budaya dan seni yang memiliki nilai yang unik serta indah. Sudah sepatutnya kita sebagai warga indonesia harus bisa menghargai mengapresiasi dan melestarikan kebudayaan serta kesenian tersebut.

Agar setiap kesenian dan kebudayaan tersebut selalu eksis dan berkembang meski ditimpa dengan derasnya perkembangan budaya asing yang semakin menggerakkan nilai nilai kebudayaan tradisional. Atas dasar itulah kami Osis SMAN SUMPIUH mengadakan suatu kegiatan yang memiliki Tujuan mulia dalam hal oelestarian kebudayaan Indonesia. Dengan adanya pentas seni ini kami mengharapkan kepada para siswa SMAN Sumpiuh untuk selalu bisa mengapresiasi dan terjun langsung dalam mempelajari kebudayaan Indonesia dalam rangka bentuk pelestarian kebudayaan tersebut. Tidak hanya itu dengan adanya acara ini kami bermaksud untuk memberikan suatu hiburan dalam rangka menuju Ujian Akhir Semester yang akan dilaksanakan beberapa hari setelah acara ini.

Latar Belakang

Kegiatan pentas seni ini kami adakan semata mata untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia. Namun terdapat beberapa hal juga yang melatar belakang acara ini seperti kami bertujuan untuk memupuk jiwa jiwa seni para siswa SMAN Sumpiuh yang kini mulai luntur. Dengan adanya acara peringatan 17 Agustus berupa pentas seni kami memiliki misi untuk selalu melestarikan kebudayaan Indonesia yang sudah ada sejak jaman kemerdekaan.

Tujuan Acara Pentas Seni di SMAN SUMPIUH antara lain :

  1. Melestarikan kebudayaan yang beragam di Negara kita tercinta Indonesia
  2. Dalam rangka pelestarian seni tradisional masyarakat Indonesia
  3. Peringatan kemerdekaan Indonesia
  4. Belajar mengapresiasi seni dan budaya
  5. Unjuk bakat kreatifitas dari potensi siswa
  6. Acara hiburan
  7. Acara komersial

Waktu dan Tempat

  1. Hari/Tanggal : Senin, 17 Agustus 2020
  2. Waktu : Pukul 13.00 – selesai

Kegiatan

  1. Traditional Dance (wakil 5 orang masing masing kelas)
  2. Musik kreasi tradisional
  3. Vokal grup lagu kebangsaan
  4. Teater tema perjuangan dari ekstrakurikuler teater
  5. Standar Up Komedi Raditya Dika

Penutup

Spesial hasil laporan kegiatan pentas seni yang kami selenggarakan. Kami sangat bersyukur bahwa acara tersebut telah berjalan sukses. Kepada para pihak yang ikut mendukung berjalannya kegiatan ini kami ucapkan banyak terimakasih. Apabila terdapat kekurangan dan kesalahan dari acara acara yang kami tampilkan kami meminta maaf. Untuk apresiasi, kami persilakan untuk memberi kritik dan saran kepada kami. Sekian kiranya dan terimakasih.

Contoh Laporan Kegiatan Seminar

SMA SOKARAJA

SEMINAR NASIONAL BEDAH KURIKULUM  2013 DAN PENGEMBANGAN TEKNOLOGI

Alamat: Jalan Gethukgoreng Nomor 223, Sokaraja Banyumas

Telp. 08876998764 Banyumaa

Laporan Kegiatan

Nama Kegiatan

Tema “Seminar Nasional Bedah Kurikulum 2013 dan Teknologi ” dalam rangka peningkatan pengetahuan tentang kurikulum terbaru di lingkungan SMA SOKARAJA 2020

Waktu Pelaksanaan

9 Februari 2020

Tempat

Gedung Ballroom Grand Paragon Purwokerto

Jalan Nasional No. 16 Purwokerto

Tujuan

Setelah mengikuti seminar nasional bedah Kurikulum 2013 dan teknologi dengan tema: “Peningkatan teknologi informasi dalam pelaksanaan kurikulum 2013 yang kompeten dan berdaya saing”, kami mengharapkan untuk semua peserta seminar mampu:

  1. Mampu memahami tentang Kurikulum 2013
  2. Mampu melakukan evaluasi dan inovasi  terhadap perkembangan Kurikulum 2013
  3. Mampu memahami perancangan strategi yang tepat dalam rangka pembelajaran serta pengimplementasian Kurikulum 2013
  4. Mampu memahami penggunaan teknologi terbaru dalam kurikulum 2013
  5. Mampu memahami terhadap cara pengembangan materi pendidikan yang ada pada Kurikulum 2013
  6. Mampu menerapkan Kurikulum 2013 pada semua lini pendidikan.

Materi Seminar

Seminar Kurikulum Tahun 2013 disampaikan oleh Prof. Dr. Anggoro Nur Setiawan , M.Hum. Materi yang akan dibahas seperti :

  1. Perkembangan dari hasil bnsp
  2. Penyeberangan materi pembelajaran siswa
  3. Mempersiapkan arah perubahan kurikulum
  4. Dasar dasar kurikulum 2013
  5. Kompetensi inti yang harus dimiliki
  6. Kompetensi dasar yang harus dimiliki
  7. Beban belajar siswa disekolah
  8. Struktural kurikulum sekolah
  9. Alokasi waktu mata pelajaran
  10. Tabel kompetensi dasar dan tabel kompetensi inti
  11. Penambahan mapelArah peminatanStandar
  12. Sistem pembelajaran tematik yang integratif

Tindak Lanjut

Setelah diselenggarakannya workshop, kegiatan dan in House Trainee ini dalam rangka pengembangan dan perancangan sebuah strategi pembelajaran yang berdasarkan kurikulum terbaru dan teknologi. Selain itu juga mampu menerapkan ajaran yang ada di kurikulum tahun 2013 dengan lebih baik.

Dampak

Secara umum dampak diadakannya kegiatan seminar ini adalah guna peningkatan kompetensi peserta yang meliputi :

Peningkatan dasar kompetensi tenaga kependidikan maupun pendidikan khususnya dalam bidang kompetensi pedagogik maupun kompetensi profesional.

Dapat memberi peningkatan pemahaman kepada seluruh peserta seminar tentang apa yang ada di kurikulum tahun 2013. Kemudian para peserta bisa menerapkan pemahaman setelah selesai seminar ke tenaga pendidik lainnya yang ada dalam sekolah yang mereka ajar.

Penutup

Demikianlah laporan dari hasil seminar ini kami tuliskan. Dengan Dituliskannya seminar merupakan sebagai bentuk pertanggungjawaban terhadap tugas yang telah diberikan. Mohon maaf sebesar-besarnya terhadap setiap kesalahan dan kekurangannya. Semoga laporan kegiatan seminar ini dapat memberikan manfaat untuk kedepannya. Atas dukungan dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

Contoh Laporan Kegiatan Lomba

SMAN SUMPIUH

Laporan Lomba Tangkas Pramuka

Dasar Pemikiran

Kegiatan pramuka merupakan kegiatan yang memiliki berbagai dampak positif bagi perkembangan individu masing masing murid. Pramuka merupakan agen perubahan yang bisa dijadikan salah satu cara melakukan pengembangan karakter murid. Melalui pramuka, para siswa juga jadi memiliki rasa nasionalis dan patriotisme serta memiliki dorongan untuk selalu bersikap layaknya dasa Dharma. Untuk meningkatkan nilai nilai pramuka tersebut diadakannya sebuah lomba tangkas pramuka. Lomba ini menjadi ajang dalam peningkatan kreatifitas siswa serta pengembangan karakter. Dengan lomba ini kami memiliki banyak harapan. Pada intinya lomba ini hanyalah sebuah ajang keakraban antar elemen SMAN Sumpiuh

Tujuan Kegiatan Lomba

  1. Untuk meningkatkan rasa persaudaraan dan solidaritas antar siswa SMAN Sumpiuh
  2. Menjadikan lomba ini sebagai wadah untuk membentuk generasi muda yang berkarakter kuat serta berjiwa nasional
  3. Meningkatkan jiwa kompetitif yang sehat dan kreatif.
  4. Ajang hiburan
  5. Mencetak generasi pramuka yang mampu mengamalkan dasa Dharma.

Nama dan Tema

  1. Nama kegiatan : Lomba Pesta Pramuka golongan penggalang siswa SMAN Sumpiuh
  2. Tema kegiatan : Mewujudkan pengamalan Dasa Dharma lewat kegiatan kepramukaan yang asik

Waktu dan Kegiatan

  1. Hari : Jum’at
  2. Tanggal : 15 Oktober 2019
  3. Waktu : Jam 6.00-18.00
  4. Tempat : Lapangan Desa Kedungpring

Penutup

Demikian laporan kegiatan ini kami buat sebagai suatu bentuk pertanggungjawaban terhadap penyelenggaraan lomba tangkas pramuka, selain itu laporan ini ditulis untuk melaporkan hasil kegiatan lomba yang telah kami laksanakan. Laporan telah dibuat sebagaimana maklumnya, apabila asa suatu kesalahan akan segera diperbaiki. Terimakasih atas setiap orang yang sudah bersedia dengan senang hati membantu kegiatan ini menjadi sukses. Kami mohon maaf yang setulus tulusnya apabila terdapat kekurangan. Mohon dimaklumi. Sekian laporan ini terimakasih.

Copyright 2016 - 2019