Harian Nusantara

Panduan Lengkap Penulisan dan Contoh Surat Undangan

surat 31 View

Surat-menyurat sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Fungsi surat yakni memberikan informasi tertulis kepada pihak/instansi lain guna dijadikan pemberitahuan. Namun bagi mereka yang hidup di tahun 80-90an, surat lebih umum berfungsi sebagai sarana berkirim kabar serta lontaran ungkapan cinta. Hehe.

Seiring berkembangnya peradaban, kini surat lebih dikenal sebagai media untuk memberitakan suatu acara atau hal penting lainnya. Surat ini biasa kita sebut dengan surat undangan. Dalam segi pengelompokkannya, surat undangan dapat diurai menjadi 2 jenis yang terdiri dari surat undangan resmi dan tidak resmi. Apakah berbeda surat undangan resmi dengan yang tidak resmi? Tentu saja.

Nah untuk bahan belajar bersama, maka kami sajikan beberapa perbedaan yang signifikan antara surat undangan formal dan non-formal.

Loading...

Perbedaan Antara Surat Undangan Resmi dan Tidak Resmi

Secara umum, seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, fungsi surat undangan adalah sama (baik resmi maupun tak resmi). Akan tetapi, tentu harus ada perbedaan dalam segi format penulisannya.

Mengapa harus berbeda? Agar si penerima mengetahui apa maksud dan tujuan pengirim. Sebab biasanya, surat undangan yang tidak resmi berisi kata-kata yang mengandung nilai-nilai keakraban dengan bahasa yang santai.

Berdasarkan data yang telah dikumpulkan, setidaknya terdapat 6 perbedaan paling signifikan antara surat undangan resmi dan tidak resmi. Untuk lebih jelasnya inilah perbedaan dari surat undangan resmi dan tidak resmi yang dapat kalian ketahui :

1.     Gaya Bahasa Dalam Isi Surat Undangan

Pada surat undangan formal, isi dari undangan dapat dikatakan langsung mengarah pada pokok tujuan. Hal ini difungsikan agar si penerima dapat memahami maksud dan tujuan surat udangan dengan cepat dan tepat. Sehingga dapat ditarik kesimpulan tidak ada basa-basi yang dituliskan di dalamnya.

Sedangkan surat undangan yang tidak resmi umumnya disertai dengan ungkapan yang bermakna kiasan, basa-basi sedikit, dan doa-doa. Maka dari itu kita tahu bahwa surat undangan non-formal dalam penyampaian isinya tidak mengarah langsung pada pokok tujuan.

2.     Struktur Surat Undangan

Apabila kita membaca dengan seksama pada setiap undangan resmi, maka kita akan menemui adanya kop, tanggal surat, nomor surat, alamat tujuan, salam (misalnya : Assalamualaikum Wr. Wb., Salam Sejahtera, Salam Hormat, dan lainnya), kalimat pembuka, isi, serta penutup.

Akan tetapi pada surat undangan yang tidak resmi, tidak ada struktur yang mengikat. Sehingga tidak ada sistematika penulisan yang menjadi dasar pembuatan surat tersebut.

3.     Tata Bahasa Surat Undangan

Selain menggunakan struktur yang telah menjadi kaidah dalam pembuatannya, surat undangan resmi pun memiliki tata bahasa. Tata bahasa pada surat undangan resmi yakni kata-kata baku yang sudah tertera di EYD (Ejaan Yang Disempurnakan). Jadi, tidak ada bahasa daerah maupun bahasa gaul yang diselipkan pada surat undangan resmi.

Sementara pada surat undangan tidak resmi, dapat kita selipkan kata-kata yang biasa kita gunakan dalam pergaulan sehari-hari. Hal inilah yang menyebabkan surat undangan tidak resmi terkesan lebih santai dan akrab.

Namun tidak menutup kemungkinan pula adanya penggunaan tata bahasa resmi dalam undangan non-formal, misalnya dalam undangan pernikahan dan undangan khitanan. Sebab, kurang etis apabila kita menggunakan bahasa kedaerahan maupun bahasa pergaulan dalam undangan acara sakral. Apalagi tamu undangan yang datang biasanya para pejabat maupun orang-orang berpendidikan.

4.     Tujuan Dibuatnya Surat Undangan

Pada surat undangan resmi umumnya kita akan memfungsikan surat tersebut sebagai undangan kepada seseorang maupun instansi terkait guna membahas hal yang berkaitan dengan instansi-instansi tersebut. Misalnya undangan seminar, rapat, dan pertemuan lain.

Sedangkan pada surat undangan tidak resmi, tujuan dibuatnya surat tersebut yaitu sebagai sarana undangan seseorang untuk hadir dalam acara atau hajatan yang sifatnya personal.

5.     Adanya Marker Wajib Pada Surat Undangan

Jika dalam pembuatan undangan resmi, kita wajib membubuhkan logo instansi maupun lambang organisasi. Namun, ada atribut lain yang sangat disarankan untuk kita cantumkan. Misalnya cap/stempel berwarna yang berfungsi sebagai penanda resmi atau tidaknya surat tersebut. Namun biasanya stempel berwarna dipegang oleh pembuat/panitia. Sedangkan untuk diserahkan kepada tamu undangan atau hadirin, stempel berwarna hitam (hasil penggandaan/fotokopi).

Sedangkan untuk surat undangan tidak resmi akan bebeda. Sebab pada surat undangan tidak resmi, jarang sekali kita temui atribut tertentu yang wajib dibubuhkan. Hanya saja terdapat hal yang lebih baik dilengkapi, antara lain denah lokasi tempat berlangsungnya acara.

6.     Warna dan Bentuk Surat Undangan

Jika kita memerhatikan setiap surat undangan yang bersifat resmi, maka kita akan mendapati warna surat undangan yang umumnya berwarna putih dengan huruf tegak.

Namun ketika kita menjumpai surat undangan tidak resmi, maka hal yang paling menonjol adalah desain dan warna undangan yang beraneka ragam. Jika undangan ulang tahun tentu desain yang ditampilkan di dalam surat undangan tersebut di dominasi oleh balon, kue, dan terompet. Sedangkan dalam surat undangan pernikahan biasanya warna undangan cerah dan huruf dapat di tulis dengan model huruf latin/bersambung.

Setelah kita mengetahui bersama beberapa perbedaan surat undangan resmi dan tidak resmi, maka untuk melengkapi pengetahuan kita mengenai surat undangan, kami sajikan pula contoh-contohnya yang biasa kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh Surat Undangan Resmi

Dalam pembahasan sebelumnya, sistematika serta struktur umum pada surat undangan resmi yaitu, kop surat berikut logo instansi/perusahaan, alamat, tanggal surat, nomor surat, adanya sapaan salam, serta pembuka, isi, dan penutup surat.

Namun, setiap kata maupun bahasa yang digunakan seyogyanya kita buat sebijak dan sesederhana mungkin. Sehingga apa yang ingin kita sampaikan dapat ditangkap dengan mudah oleh pembaca. Apalagi latar belakang pendidikan calon pembaca surat undangan tersebut bermacam-macam.

1.   Contoh Surat Undangan Resmi Rapat Orang Tua Wali Murid SMP

 

PEMERINTAH KABUPATEN CILACAP

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

SMP NEGERI 1 KAWUNGANTEN

Jln Raya Laskar Pelangi, Dusun Cahaya, Desa Mantul, Kecamatan Kawunganten, Kab. Cilacap, Provinsi Jawa Tengah Telp: (028)-5611725 Kode Pos : 53253 Website : http://www.smpnegeri1kawunganten.sch.id/

 

Nomor             : 01.01/SMPN1KWT/I/2020

Lampiran         : –

Perihal             : Undangan Pembentukan Panitia Perpisahan Siswa Siswi Kelas IX

 

Kepada

Yth. Orang tua/ Wali Murid Kelas IX SMP N 1 Kawunganten

Di –

Tempat

 

Dengan hormat,

Guna mempersiapkan berbagai keperluan terkait ujian nasional yang akan dihadapi putra-putri kita, maka kami selaku pihak SMP Negeri 1 Kawunganten berencana mengundang Bapak/Ibu Wali Murid untuk membahas agenda perpisahan Kelas IX. Berkaitan dengan hal tersebut maka kami pihak sekolah mengharapkan bapak/ibu sebagai sekalu orangtua/wali murid untuk bisa hadir pada :

Hari                 : Sabtu, 17 Juli 2020

Waktu             : 08.00 s/d 11.00 WIB

Tempat           : Aula SMP Negeri 1 Kawunganten

Demikian surat undangan untuk orangtua/wali murid kelas IX SMP N 1 Kawunganten kami buat. Kami ucapkan terima kasih atas perhatian dan kebersediaan kehadiran Bapak/Ibu pada tanggal yang ditetapkan diatas.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Kawunganten,  29 Februari 2020

Kepala Sekolah

 

Sarwadi, S.pd.

NIP. 19621129 198403 1 009

 

2.   Contoh Surat Undangan Resmi Organisasi Intra Sekolah (OSIS) SMK

 

ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS)

SMK NEGERI 1 KAWUNGANTEN

Jalan Pramuka, Gunungjaya, Desa Bojong, Kec. Kawunganten, Kab. Cilacap, Prov Jawa Tengah 53253 Telp : (0282) 555 0393 Website : http://www.smk1kawunganten.sch.id/

 

Nomor             : 09.05/SMKN1KWT/V/2020

Lampiran         : –

Perihal             : Undangan SAKA Cup 2020

 

Kepada

Yth. Ketua Kelas X dan XI SMK N 1 Kawunganten

Di –

Tempat

Dengan hormat,

Dalam surat ini kami memberitahukan bahwa untuk menyambut kenaikan kelas sesuai dengan program OSIS Tahunan ingin mengadakan class metting di SMK N 1 Kawunganten. Karena itu, kami mengajak seluruh siswa/siswi SMK N 1 Kawunganten untuk ikut serta dalam perlombaan futsal antar kelas. Sehubungan dengan hal tersebut kami mengharap tiap-tiap ketua kelas X dan XI atau yang mewakilinya dapat hadir pada;

Pertemuan Teknis

Hari                                       : Jumat, 15 Mei 2020

Waktu                                   : 14.00 WIB s/d selesai

Tempat                                 : Aula SMK Negeri 1 Kawunganten

Jadwal Class Meeting

Hari                                        : Senin-Selasa, 18-19 Mei  2020

Waktu                                    : 07.00 – 11.00 WIB

Tempat                                  : Lapangan Basket SMK Negeri 1 Kawunganten

Kami sangat mengharapkan kehadiran teman-teman untuk dapat berpartisipasi dan menyumbangkan tenaga dalam acara tersebut. Kami ucapkan terima kasih atas perhatian dan partisipasinya,.

 

Ketua Panitia                                                                                 Sekretaris

 

 

Adit Pambudi                                                                        Rahma Putri Destiani

NIS: 1780                                                                                       NIS: 1966

 

Kawunganten, 11 Mei 2020

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

Maryanto, S.Pd. M.Sc.

NIP. 19700617 199512 1 002

 

3.   Contoh Surat Undangan Resmi Instansi Pemerintahan Kabupaten

PEMERINTAH KABUPATEN CILACAP

DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA

Jalan Jenderal Ahmad Yani Nomor 08, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah Telp : (0263)-545463 Kabupaten Cilacap 54645 Email : dikabbupa_clp@yahoo.com

 

Nomor                 :  07.005/KPCLP/II/2020

Lampiran             : –

Perihal                  : Undangan Partisipasi Festival Pulau Nusakambangan

Kepada

Yth. SMK N 1 Kawunganten

Di –

Tempat

Dengan hormat,

Dalam rangka menyukseskan Kabupaten Cilacap sebagai kota wisata, Dinas Pariwisata Kabupaten Cilacap akan menggelar Festival Pulau Nusakambangan, sebagai sarana promosi pariwisata yang ada di Kabupaten Cilacap. Maka dari itu, kami bermaksud mengundang siswa/i se-Kabupaten Cilacap untuk turut serta berpartisipasi sebagai peserta dalam Festival Pulau Nusakambangan. Sehubungan dengan hal tersebut calon peserta festival diharapkan dapat hadir pada;

Hari                 : Senin, 6 April 2020

Waktu             : 07.00 WIB s/d selesai

Tempat           : Pesisir Pantai Teluk Penyu

Kami harap siswa/i dapat hadir dan menjadi peserta dalam pranata acara yang akan kami selenggarakan. Kami ucapkan terima kasih Atas perhatian serta partisipasi siswa/siswi.

 

Cilacap, 3 April 2020

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Cilacap

 

Murniyah, S.Pd. M.Pd.

NIP. 19621020 198508 2 001

4.   Contoh Surat Undangan Acara Pengajian

 

 

PANITIA PENGAJIAN

DALAM RANGKA PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW

MASJID AMANATUL KHOIR KARANGSARI – KAWUNGANTEN

Sekretariat: Masjid Amanatul Khoir Karangsari RT. 01/02 Desa Kawunganten

Kec. Kawunganten Kode Pos. 53253 HP. 0852-27812207 CILACAP

 

Nomor     : 003/PHBI/AMKH/X/2019                                                      Kawunganten, 31 Oktober 2019

Lamp        : –

H a l          : Undangan                                                                                Kepada Yth.

Imam Masjid/Musholla

…………………………………………………

Di Tempat

 

 

Assalaamu’alaikum Wr. Wb.

Salam silaturrahmi kami sampaikan, semoga kita semua selalu dalam lindungan dan rahmat Alloh SWT. Amiin.

Selanjutnya, dengan ini kami mengharap kehadiran Bapak/Ibu/Sdr/i pada acara pengajian dalam rangka Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, yang akan dilaksanakan dengan ketentuan sebagai beriku t:

Hari/tanggal       : Ahad, 17 November 2019 M ( 20 Rabiul Akhir 1441 H )

Waktu                  : Jam 20.00 WIB s.d. Selesai

Tempat                : Halaman Masjid Amanatul Khoir Karangsari-Kawunganten

Pembicara          : Almukarrom Bapak KH. Muslihun Ashari, S.Pd.I

Imam Masjid Agung Darussalam Cilacap

 

Demikian undangan ini kami sampaikan. Atas perhatian, partisipasi dan kesediaannya, kami ucapkan terima kasih.

 

Wallohu waffaqona ilaa aqwamit thoriiq

Wassalaamu’alaikum Wr. Wb.

 

Panitia PHBI Masjid Amanatul Khoir

Karangsari – Kawunganten

 

Ketua,                                                                                                                           Sekretaris,

 

 

  1. Muhammad Syamsudin                                                                                Ginanjar Suhud F

 

Mengetahui

Pengurus Masjid Amanatul Khoir

 

 

 

 

  1. Ahmad Syafrudin

Nb :  mohon diumumkan kepada jama’ahnya

5.    Contoh Surat Undangan Resmi Rapat RT Desa

 

PEMERINTAH KABUPATEN CILACAP

KECAMATAN KAWUNGANTEN DESA KAWUNGANTEN DUSUN KARANG SARI

RT 03 RW 04

Jalan Pedesaan, Dusun Bumi Bulat, Kawunganten, Kec Kawunganten, Kab Cilacap, Jawa Tengah

 

Nomor                 : 04.011/RT03-02/XI/2019

Lampiran             : –

Perihal                  : Undangan Kerja Bakti

 

Kepada

Yth. Bpk. Sururi

Di –

Tempat

Dengan hormat,

Sebagai pemberitahuan bahwa sudah memasuki musim hujan, ada titik irigasi desa yang terindikasi memiliki sampah menumpuk yang dapat menyebabkan banjir. Oleh sebab itu, sebagai masyarakat Karang Sari yang masih menjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan, kami bermaksud mengadakan kegiatan kerja bakti dengan agenda membersihkan irigasi serta selokan di sekitar rumah penduduk. Sehubungan dengan hal tersebut, di harapkan untuk hadir dalam kegiatan kerja bakti pada :

Hari                       : Minggu, 17 November 2019

Waktu                  : 07.30 WIB s/d selesai

Tempat                : POS Kamling RT 03

Kami sangat mengharapkan kehadiran serta partisipasi warga RT 03. Kami ucapkan terimakasih atas partisipasi dan kehadirannya dalam kegiatan ini.

 

Kawunganten, 16 November 2019

Ketua RT 03

 

 

Semugati, S.Pd

 

6.    Contoh Surat Undangan Resmi Kegiatan Karang Taruna Desa

PENGURUS KARANG TARUNA

PEMUDA GALER KAWUNGANTEN

DUSUN KARANG SARI DESA KAWUNGANTEN KEC. KAWUNGANTEN KAB. CILACAP

Jalan Pedesaan, Dusun Bumi Bulat, Kawunganten, Kec Kawunganten, Kab Cilacap, Jawa Tengah

Nomor              : 03.015/PGK/VII/2020

Lampiran         : –

Perihal             : Undangan Rapat Pembentukan Pengurus Baru Karang Taruna Pemuda Galer Kawunganten

 

Kepada

Yth. Sdr. M. Kholid Rijaludin

Di –

Tempat

Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam Pemuda Galer!

Dengan hormat,

Dalam rangka pergantian kepengurusan Karang Taruna di desa Kawunganteng tahun 2020/2021. Kami berencana menggelar rapat bersama dalam rangka pembentukan pengurus baru untuk masa bakti tahun berikutnya. Karena itu, kami berharap saudara dapat menghadiri rapat untuk membentu pengurus karangtaruna yang baru. Sehubungan dengan hal ini kami mengundang Saudara untuk dapat hadir pada :

Hari                          : Sabtu, 4 Juli 2020

Waktu                     : 19.30  WIB s/d selesai

Tempat                   : Aula Karang Taruna Pemuda Galer Kawunganten

Kami mengharapkan kehadiran dan partisipasi Saudara dalam acara tersebut. Atas perhatian serta partisipasi Saudara, kami ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Kawunganten, 3 Juli 2020

Ketua Karang Taruna Pemuda Galer Kawunganten

 

 

Rizki Wahyudien

 

Contoh Surat Undangan Tidak Resmi

Seperti pembahasan sebelumnya, surat undangan tidak resmi dapat menggunakan bahasa resmi/formal maupun sebaliknya, tergantung digunakan sebagai apa. Tadi sudah kami sajikan beberapa contoh surat undangan resmi. Tak adil rasanya jika kami tidak membuat contoh-contoh penulisan surat undangan tidak resmi.

Karena tidak ada kaidah baku yang mengatur penulisan surat undangan non-formal, maka pembaca dapat mengkreasikan kata-kata yang terlintas dibenak pembaca. Yang terpenting, tutur kata yang digunakan tetap menunjukkan kesantunan serta kerendahan hati dan gunakan pula bahasa yang simpel/sederhana.

Baiklah langsung saja. Berikut contoh-contoh penulisan undangan tidak resmi, antara lain :

1.    Contoh Surat Undangan Acara Ulang Tahun ( Undangan Tidak Resmi )

Cilacap, 28 Januari 2020

Hi Sobat!

Pada kesempatan ini saya akan mengundang sobat semua untuk menghadiri acara tasyukuran ulang tahunku yang ke-18. Acara tasyakuran ini akan diadakan pada;

Hari, Tanggal  : Rabu, 29 Januarai 2020

Jam                  : 16.30 WIB s.d Selesai

Tempat           : COR Hotel Purwokerto

Dresscode      : Biru glossy

Aku harap kalian semua bisa datang ke acara ulang tahunku yang paling menggembirakan ini. Tiada kesan tanpa kehadiranmu, teman.

Sahabatmu tercinta,

 

Keven Hafizh

2.    Contoh Surat Undangan Syukuran (Tidak Resmi )

Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah kami ucapkan kerena berkat rahmat dan kehadirat Allah SWT karena telah memberikan rezeki yang baik untuk kita sehingga dapat menyelesaikan pembangunan rumah dengan lancar.

Tak lupa pula shalawat serta salam kita haturkan pula kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW.

Maka dari itu, kami ingin mencurahkan rasa syukur kami melalui acara tasyakuran. Kami melalui surat ini berniat untuk mengundang Bapak/Ibu untuk berkenan hadir dalam tasyakuran yang diadakan pada tanggal, hari dan tempat :

Hari/Tanggal          : Kamis, 22 Maret 2020

Jam                          : 18.30 WIB (Bada Maghrib)

Tempat                   : Jalan Kenangan No 21 Desa Sida Jodo Kecamatan Cilacap Barat

Merupakan suatu kebahagiaan tak ternilai bagi kami, apabila Bapak/ Saudara berkenan menyempatkan diri untuk menghadiri undangan dari kami. Kami ucapkan terimakasih atas perhatian dan kehadirannya nanti pada acara tasyukuran yang kami adakan.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

 

Kahfi Al-Fikri bin Muzammil dan Keluarga

3.    Surat Undangan Resepsi Pernikahan ( Undangan Tidak Resmi )

Cilacap, 20 Maret 2020

Assalamualaikum Wr. Wb.

Tidak Allah ciptakan Adam di surga tanpa adanya Hawa bila tidak untuk saling mencintai. Ketika dua insan manusia dalam satu ikatan suci pernikahan disatukan.

Ridho Ilahi semoga selalu menuntun tiap langkah kita dalam untaian jalan kehidupan. Semoga jalan lurus yang tetap kita lalui, meskipun banyak jalan berliku yang mengarah pada kebatilan.

Apa artinya suatu hubungan cinta dan kasih, tanpa disertai ridho dari Sang Ilahi. Dan apa artinya pula memadu kasih, tanpa ikatan yang resmi. Maka itu, kami akan mengadakan acara tasyukuran dan resepsi pernikahan putra dan putri kami tercinta:

Aulia Sisila, S.E.

Binti H. Badrudin Hakim, S.Pd.

 

Dengan

 

Khatibul Umam Al-Isyrafy, S.T., M.M.

Bin H. Irfan Hakim

 

Yang Insya Allah acara resepsi ini akan dilaksanakan pada ;

Hari/Tanggal          : Kamis, 25 Maret 2020

Pukul                        : 08.00 WIB  s/d Selesai

Tempat                   : Jl. Bima Sakti No. 212 Desa Nagaswara, Kecamatan Cilacap Utara

Kami berharap Bapak/ Ibu/ Saudara/ Saudari berkenan untuk datang dan memberi doa restu kepada putra dan putri kami.

Yang berbahagia,

 

Abdullah Wasim dan keluarga

4.    Contoh Surat Undangan Khitanan ( Undangan Tidak Resmi )

Cilacap, 16 Maret 2020

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamualaikum Wr. Wb.

Dengan memohon rahmat serta ridho dari Allah SWT

Kami bermaksud menyelenggarakan tasyakuran atas khitanan putra kami tercinta;

Abbad Nailun Nabhan

 

Bin Achmad Nurwahid

Yang Insya Allah akan diselenggarakan pada ;

Hari Minggu, 22 Maret 2020

Pukul 09.00 WIB s/d Selesai

Bertempat di Griya Antasena Blok A No. 7 Cilacap Barat, Cilacap

Kami sekeluarga berharap kepada Bapak/ Ibu/ Saudara/ Saudari untuk turut berkunjung serta  memberi doa restu kepada putra kami atas prosesi sakral dari pendewasaan yang telah ia lalui.

Kami ucapkan terima kasih atas perhatian dan doa restunya.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

5.    Surat Undangan Tasyakuran Aqiqah ( Undangan Tidak Resmi )

Cilacap, 07 Januari 2020

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah telah Allah limpahkan kesekian nikmat-Nya kepada kami dalam rupa puteri cantik yang telah lahir ke dunia sebagai penambah rezeki dan kebahagiaan di keluarga kami.

Sebagai ungkapan rasa syukur kami yang tiada habisnya, maka kami berniat melaksanakan kewajiban dari Allah SWT. Oleh sebab itu, kami hendak mengundang Bapak/ Saudara untuk hadir pada Acara Aqiqah putri kami;

Fiona Anggelina Agustin

 

Bin Julian Firmansyah

Yang Insya Allah akan kami selenggarakan pada;

Hari Sabtu, 11 Januari 2020

Pukul 19.30 WIB s/d Selesai

Bertempat di Jl. MT. Haryono Blok G No. 19 Cilacap

Kami sangat mengharapkan atas kehadiran Bapak/ Saudara dalam acara yang hendak kami gelar ini.

Serta mohon doanya untuk putri kecil kami, semoga kelak ia menjadi wanita solehah, berbudi pekerti yang luhur, serta bermanfaat dalam kehidupannya. Aamiin.

Yang berbahagia,

 

 

Pasangan Julian Firmansyah dengan Ibu Fera Meliawati

6.    Contoh Surat Undangan Kelahiran Bayi (Undangan Tidak Resmi)

Cilacap, 11 Maret 2020

Anak merupakan buah hati yang ditipkan Tuhan kepada kita sebagai orang tua yang melengkapi kebahagiaan sebuah pernikahan.

Dengan kehadiran anak kehidupan akan menjadi lebih indah dan bermakna untuk setiap keluarga.

Alhamdulillah telah lahir ke dunia putri kecil kami yang ke-II yang telah kami beri nama;

Naura Fauziyah

 

Bin Khalid Qashid

 

Untuk itu kami sekeluarga mengundang teman-teman tercinta untuk dapat berkunjung dan melihat putri ke-II kami pada;

Hari, Tanggal  : Kamis, 30 Januari 2020

Jam                   : 14.00 WIB s/d 16.00

Tempat             : Rumah Kami

Dresscode        : Bebas

Kami sangat ingin berbagi kebahagiaan beserta suka cita bersama kalian, kawan dan saudaraku tercinta.

Yang berbahagia

 

 

Pasangan Khalid Qashid dan Fatma Ayuni

 

Nah, itulah beberapa contoh surat undangan tidak resmi. Semakin paham perbedaannya bukan?

Demikian artikel mengenai contoh surat undangan. Semoga dengan adanya artikel ini, kita semua tahu kapan harus menggunakan bahasa baku dalam undangan, kapan harus menggunakan bahasa non-formal alias bahasa pergaulan. Surat undangan ini akan berguna dalam kehidupan bermasyarakat khususnya, atau bisa juga dalam pekerjaan. Sehingga menjadi hal penting tentunya untuk kita pelajari. Sebab, mempelajari suatu hal tidak mengenal batasan waktu.

Copyright 2016 - 2019