Harian Nusantara

Pengertian dan Cara Penulisan Teks Ulasan

surat 35 View

Teks ulasan merupakan sebuah tulisan yang membahas mengenai karya tulis lain. Biasanya teks ulasan dibuat untuk mengapresiasi atau juga untuk mengkritik karya tulis lain tersebut. Dengan adanya teks ulasan, maka orang yang malas membaca sebuah karya tulis yang panjang bisa sedikit paham isi atau inti dari karya tulis yang panjanh tersebut.

Teks ulasan bisa di tulis dengan kalimat pujian maupun kritikan. Terkadang ada pula teks ulasan yang mengulas sebuah karya sastra secara lugas dan terang-terangan dengan kata-kata kasar. Terlepas dari baik atau buruk sebuah teks ulasan, itu tergantung dari penulis teks ulasan tersebut. Pada artikel kali ini kami akan membahas secara tuntas perihal teks ulasan beserta dengan berbagai macam contohnya. Simak penjelasan dari artikel yang ada di bawah ini.

Pengertian Teks Ulasan

Sebelum membahas hal-hal lain mengenai teks ulasan, alangkah baiknya bila kita mengetahui dan berkenalan terlebih dahulu dengan pengertian dari teks ulasan tersebut. Secara sederhana, teks ulasan dapat diartikan sebagai tulisan yang membahas mengenai sebuah karya tulis dari seseorang. Teks ulasan ini berkontribusi secara tidak langsung untuk penulis karya yang di ulas dalam teks tersebut. Bisa diambil sebagai kritikan dari karya tulisnya, bisa diambil sebagai apresiasi dan bisa juga di jadikan sebagai promosi karya secara cuma-cuma.

Loading...

Tujuan dari penulisan teks ulasan adalah upaya untuk menunjukan keberpihakan penulis terhadap suatu karya yang di bahas dalam teks ulasan tersebut. Bisa berupa pujian atau mungkin sebuah kritikan. Di dalam teks ulasan, setidaknya harus ada empat unsur pokok yang antara lain adalah orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman. Ketiga unsur tersebut merupakan struktur dasar yang menjadi ciri-ciri dari teks ulasan. Istilah lain dari teks ulasan adalah resensi. Untuk lebih jelas mengenai struktur penulisan teks resensi atau ulasan akan kami sajikan di bawah ini.

Struktur Teks Ulasan

Seperti yang sudah di jelaskan pada artikel diatas, teks ulasan atau dikenal dengan resensi memiliki struktur yang wajib ada di dalam teks ulasan. Ada empat struktur penyusun sebuah teks ulasan yang antara lain adalah orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman. Berikut ini adalah penjelasan lebih detial mengenai empat struktur penyusun sebuah teks ulasan. Simak ulasan artikel yang ada di bawah ini.

1. Orientasi

Unsur pertama yang menjadi penyusun sebuah tulisan teks ulasan atau teks resensi adalah orientasi. Orientasi merupakan bagian awal yang menjelaskan mengenai gambaran secara umum dari sebuah karya tulis yang dibuat ulasan atau resensi tersebut. Dengan struktur orientasi tersebut, pembaca akan mengetahui mengenai karya tulis yang di ulas dalam teks ulasan atau resensi tersebut.

2. Tafsiran

Unsur berikutnya yang menjadi penyusun sebuah teks ulasan atau teks resensi adalah bagian tafsiran. Pada bagian tafsiran, penulis teks ulasan akan menjelaskan mengenai hal-hal yang ada kaitan dengan karya tulis yang di ulas olehnya. Hal-hal tersebut meliputi kualitas, keunggulan, keunikan dan ciri khas dari karya tulis tersebut.

3. Evaluasi

Bagian selanjutnya yang menjadi penyusun sebuah teks ulasan atau teks resensi adalah evaluasi. Pada bagian evaluasi ini penulis teks resensi membuat semacam penilaian terhadap karya yang sedang di ulas olehnya. Penulis teks ulasan bisa menuliskan mengenai kelebihan dari karya tulis tersebut atau bisa juga menuliskan mengenai kekurangan dari karya tulis yang di ulas olehnya.

4. Rangkuman

Bagian berikutnya yang menjadi struktur penyusunan sebuah teks ulasan adalah rangkuman. Pada bagian rangkuman ini penulis teks ulasan atau teks resensi menuliskan kesimpulan akhir dari karya tulis yang sudah di bahas dari awal sampai bagian rangkuman tersebut. Biasanya pada bagian rangukan ini penulis akan memberikan komentar apakah karya tulis yang ia bahas dan dibuat ulasan tersebut layak dan berkualitas di baca oleh banyak orang.

Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan

Kaidah dalam menulis teks ulasan harus kamu perhatikan ketika kamu ingin membuat sebuah teks ulasan. Kaidah bahasa teks ulasan yang harus kamu perhatikan adalah perihal penonjolan pada bagian-bagian yang menjelaskan mengenai karya tulis yang kamu ulas. Menulis teks ulasan atau resensi juga harus menggunakan kata-kata opini atau persuasif. Selain itu, penggunaan konjungsi internal maupun eksternal tak luput di sertakan dalam menulis teks ulasan atau teks resensi.

Dalam membuat sebuah teks ulasan di perlukan adanya ungkapan perbandingan. Ungkapan perbandingan yang ada di dalam teks ulasan atau resensi bisa berupa persamaan atau bisa juga berupa perbedaan. Hal lain yang perlu kamu perhatikan ketika menulis sebuah teks ulasan atau teks resensi adalah harus menyertakan kata kerja rasional dan juga kata kerja material. Itulah beberapa kaidah bahasa dan penulis dari sebuah teks ulasan atau teks resensi.

Contoh Teks Ulasan

Setelah kamu mengetahui banyak hal mendasar mulai dari pengertian, struktur dan kaidah bahasa serta penulisan dari sebuah teks ulasan, berikutnya akan kami sajikan berbagai macam contoh teks ulasan yang bisa kamu amati dan perhatikan dengan baik dan benar agar semakin memahami sebuah teks ulasan. Contoh-contoh teks ulasan di bawah ini akan kami bagi sesuai dengan empat struktur penulisan yaitu orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman. Untuk lebih jelasnya, simak satu per satu contoh teks ulasan atau resensi yang kami sajikan pada artikel di bawah ini.

1. Contoh Teks Ulasan Novel Surat Kecil Untuk Ayah

Novel surat kecil untuk ayah adalah sebuah karya tulis yang di karang oleh seorang penulis best seller yaitu Boy Candra. Dalam novel yang satu ini, Boy Candra menggunakan sudut pandang orang pertama dengan menggambarkan tokoh ayah dengan kata aku. Cerita utama dari novel surat kecil untuk ayah adalah mengenai perjuangan para ayah dalam bekerja dan menyisihkan waktu agar bisa tetap bersama dengan orang yang di cintainya. Banyak hal yang menarik dalam novel yang laris manis di pasaran ini. Meskipun ayah merupakan seorang yang pekerja keras, tetapi tak dapat di sangkal bahwa ayah juga manusia yang memiliki rasa lelah.

a. Tafsiran

Boy Candara mengawali novel surat kecil untuk ayah ini dengan kisah seorang lelaki yang dekat dengan keluarga kecilnya. Sang lelaki tersebut selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk orang-orang yang di cintainya. Sedari pagi hari sang lelaki sudah melukiskan senyum manis kepada keluarga tercinta. Lelaki tersebut adalah dia, sang ayah.

Dalam novel ini, Boy Candra menggambarkan sosok ayah yang selalu berusaha untuk membuat anaknya senang dan nyaman. Hal ini menjadi kontras karena ayah tersebut tidak tahu siapa sebenarnya ayahnya sampai dengan dia sudah punya anak. Mungkin si ayah tersebut ingin mengakhiri penderitaan tersebut cukup pada diri sendiri dan ia tidak ingin anaknya merasakan apa yang dia rasakan.

Di akhir cerita, si ayah tersebut di jemput oleh salah seorang saudara tiri untuk menuju ke sebuah pemakanan yang berada di kota Jakarta. Pada bagian ini pembaca dibuat haru dengan derai tangis ikut merasakan nuansa melankolis yang di sajikan pada bab akhir cerita novel surat kecil untuk ayah.

b. Evaluasi

Adapun kelebihan dari novel best seller yang di tulis oleh Boy Candra ini adalah penulis mampu mengombang-ambingkan perasaan pembaca dengan bahasa yang sendu dan mengharukan. Banyak juga di sajikan kisah perjuangan entah itu dari sisi anak maupun ibu dalam novel tersebut. Yang menjadi kekurangan dari novel ini adalah terdapat beberapa salah tulis dan beberapa bagian tulisan tidak bisa di pahami dengan jelas.

c. Rangkuman

Secara keseluruhan, novel surat kecil untuk ayah ini sangat di rekomendasikan untuk di baca oleh anak muda zaman sekarang. Ada banyak pelajaran penting yang bisa di serap dalam bacaan ini. Penulis ingin menjelaskan pada novel ini bahwa anak dan ayah harus saling bersinergi. Karena terkadang anak meremehkan dan kerap kali tidak menghargai perjuangan ayah yang lelah bekerja untuk dapat menghidupi sang anak. Itulah intisari yang bisa di petik dari novel Surat Kecil Untuk Ayah yang di tulis oleh Boy Candra.

2. Contoh Teks Ulasan Novel Habibie Dan Ainun

Novel dengan ketebalan mencapai 321 halaman ini menceritakan kisah cinta yang mengharukan dan penuh kemesraan antara B.J Habibie dengan sang istri Ainun. Novel Habibie Dan Ainun pertama kali di rilis pada tanggal 30 Novermber 2011. Novel ini sukses menarik perhatian pembaca dengan kisah cinta sejati yang hanya terpisah lantara takdir ilahi. Novel Habibie Dan Ainun sudah di adaptasi dalam bentuk film dan juga berhasil menarik perhatian banyak penonton. Dalam novel roman tersebut terdapat bait-bait puisi dan untaian dosa sepasang suami istri yang setia dan tak ingkar janji.

a. Tafsiran

Cerita dalam novel Habibie dan Ainun bermula ketika Pak Habibie sedang kuliah di Jerman. Ketika itu pak habibie mendapat masa cuti libur hari raya selama kurang lebih tiga bulanan. Dalam masa cuti tersebut, Habibie kembali bertemu dengan Ainun di rumah perempuan tersebut. Setelah perjumpaan tersebut mereka berdua menikah dan kembali berangkat ke Jerman.

Ainun dengan setia menemani Habibie melakukan semua pekerjaan serta tugas yang menjadi tanggung jawab di negeri Jerman tersebut. Dalam novel tersebut di ceritakan bahwa pak Habibie memiliki riwayat penyakit TBC. Ibu Ainun tidak pernah sedikitpun mengeluhkan tentang pekerjaan yang di jalani oleh Pak Habibie dan tidak pernah juga ia mengganggu konsentrasi pak Habibie.

Selama sakit tersebut, Ibu Ainun selalu setia mendampingi pak Habibie untuk melakukan check up kesehatan di rumah sakit. Dan begitu pula dengan pak Habibie, ketika beliau di hadapkan dengan pilihan-pilihan, pak Habibie selalu melibatkan Ibu Ainun untuk ikut berperan dalam mengambil keputusan yang akan di pilih. Perjalanan perjuangan cinta di alam dunia antara pak Habibie dan Ainun di akhiri dengan wafatnya Ibu Ainun lantaran penyakit kanker yang ia derita selama bertahun-tahun.

b. Evaluasi

Bahasa yang di sajikan dalam novel tersebut cukup renyah dan mudah di pahami oleh kebanyakan orang. Tak jarang novel Habibie dan Ainun ini mampu menarik banyak pembaca sehingga novel tersebut diadaptasi ke layar lebar dengan judul film yang sama seperti novelnya. Pak Habibie menuturkan bahwa novel tersebut hadir sebagai buah atas rasa sepi yang ia rasakan setelah kepergian Ibu Ainun untuk selama-lamanya di dunia yang fana.

c. Rangkuman

Membaca novel Habibie dan Ainun kita seakan di bawa untuk merasakan lika-liku kehidupan dan perjuangan cinta keduanya. Novel ini sangat di rekomendasi untuk pasangan suami istri agar mengetahui bagaimana cara merawat keharmonisan romansa dalam maghligai rumah tangga. Ada banyak sekali hikmah dan pelajaran yang bisa di petik ketika membaca novel dengan ketebalan 321 halaman ini. Kamu yang akan membina bahtera rumah tangga, novel ini wajib menjadi bacaan yang akan memberi banyak manfaat.

3. Contoh Teks Ulasan Cerpen Kipli Dan Persepsi

Cerpen Kipli dan Persepsi merupakan cerita pendek yang di tulis oleh seorang penulis yang bernama Jskmrock. Cerpen tersebut bercerita mengenai seorang pemuda yang jengah dengan kehidupan dewasa yang penuh akan problema. Kipli, adalah nama pemuda tersebut. Dalam cerpen Kipli dan Persepi diceritakan bahwa tokoh utama yaitu Kipli mengalami reinkarnasi kembali ke masa kecilnya.

a. Tafsiran

Paragraf pertama dalam cerpen Kipli dan Persepsi ini menceritakan tentang kepenatan dan keresahan seorang pemuda yang bernama Kipli. Dalam paragraf tersebut Kipli memulai dengan mendeskripsikan asal usul penamaan dirinya. Kemudian ia bercerita tentang problem yang sedang ia rasakan. Seakan masalah tak henti menggerogoti hidupnya.

Ketika malam menjelang, Kipli tak sengaja membuka-buka lagi foto lama dirinya ketika baru selesai di sunat. Ia tertawa mendapati dirinya yang berdarah-darah pada bagian vitalnya. Ia mulai menyentuh dan tiba-tiba ia mengalami hal yang selama ini hanya dalam bayangan dan imajinasi saja. Yaitu mengalami reinkarnasi.

Kipli kembali menjadi seorang bocah kecil yang lucu dan menggemaskan. Ia terheran-heran kenapa ia menjadi anak kecil lagi. Keheraan dirinya semakin membuat bingung ketika ia mampu melihat dirinya sendiri sekaligus melakukan aktivitas kehidupan di masa kecil. Kipli menjalani hidup dengan dua peran. Peran pertama adalah sebagai Kipli yang masih anak-anak dan peran kedua adalah Kipli yang menginjak usia dewasa. Kedua peran tersebut ia jalankan secara bersamaan dengan waktu yang sama.

b. Evaluasi

Cerpen yang berjudul Kipli dan Persepsi ini di tulis dengan bahasa yang penuh dengan satir dan sarkas. Pembaca akan di paksa untuk memikirkan apa maksud dan makna dari cerita pendek tersebut. Alur yang tersaji dalam cerpen tersebut cukup unik dan menarik. Hanya saja, terdapat banyak bahasa daerah yang mungkin saja akan sulit di cerna oleh pembaca yang tak paham arti kata tersebut. Namun justru disitulah keunikan dari cerpen ini yang mengkombinasikan dengan ragam bahasa daerah.

c. Rangkuman

Meski dalam penulisan cerpen tersebut masih terdapat banyak kekurangan, namun secara keseluruhan cerita pendek tersebut memiliki makna yang dalam dan penuh dengan kritikan sosial yang di balut oleh penulis dengan menggunakan bahasa satir dan sarkas. Pikiran mu akan di paksa untuk merenungkan dan menyelami samudra makna dari cerita pendek dengan judul Kipli dan Persepsi.

4. Contoh Teks Ulasan Cerpen Aroma Tanah Basah Air Hujan

Cerpen ini di tulis oleh jskmrock untuk mengenang cerita dirinya di masa silam dengan seorang perempuan yang pernah menjadi ratu di hati terdalam. Cerpen roman ini memadukan antara keromantisan cerita dengan unsur komedi yang tipis namun sangat mengena. Juga dalam cerpen yang berjuduk Aroma Tanah Basah Air Hujan ini penulis ingin menyajikan suatu makna yang begitu dalam dan penuh perenungan.

a. Tafsiran

Cerpen Aroma Tanah Basah Air Hujan di awali dengan dua remaja sekolah smp yang sedang menunggu bus untuk mengantarkan mereka pulang ke rumah masing-masing. Dua remaja tersebut adalah Aku dan juga Alfi. Dalam penantian lama menunggu bus datang, hujan menghalangi mereka berdua dan memberi niatan untuk sejenak menunggu hujan mereda.

Mereka berdua ngobrol ngalor ngidul tentang banyak hal. Hingga pada waktu Alfi menceritakan tentang dirinya yang menyukai tanaman bunga mawar. Alfi bercerita mengenai tanaman tersebut dan tokoh bernama aku mendengarkan cerita perempuan yang ia cinta.

Cerita pendek tersebut di akhiri dengan tokoh Aku yang kembali tersadar bahwa dirinya sekarang tak lagi bersama dengan perempuan yang bernama alfi. Ia masih merenung tentang ucapan alfi yang sangat ia ingat yaitu aroma tanah basah oleh air hujan. Tokoh aku baru menemukan makna kalimat tersebut setelah ia tak lagi bersama dengan perempuan bernama Alfi.

b. Evaluasi

Secara alur cerita pembaca akan di bawa naik turun karena di awal paragraf penulis merangkum masa silam dengan sangat menarik. Kemudian di akhir cerita pembaca akan di beri pernyataan tegas bahwa cerita pada paragraf awal adalah sekedar kenangan yang telah usang. Dalam akhir cerita tersebut penulis menyajikan makna yang dalam dan bisa membuat banyak orang yang membaca cerita tersebut merenung dan memikirkan tentang makna dari kalimat sederhana yaitu Aroma tanah basah air hujan.

c. Rangkuman

Terlepas dari kekurangan dalam cerita pendek tersebut, cerpen ini layak di baca oleh banyak orang lantaran tidak hanya sekedar menyajikan cerita-cerita roman remaja yang kemanisan. Penulis menambahkan esensi dari cerita tersebut sehingga memiliki kesan yang penuh dengan inspirasi dan tidak sekedar melankolis semata.

5. Contoh Teks Ulasan Film Surat Kecil Untuk Tuhan

Film ini merupakan film yang di adaptasi dari sebuah novel dengan judul yang sama yaitu surat kecil untuk tuhan. Film ini berasal dari cerita nyata tentang seorang yang terlahir dari orang kaya. Tokoh utama dalam film tersebut adalah Keke. Dalam cerita film tersebut, Keke di kelilingi dengan sahabat-sahabat setia dan semakin lengkap pula dengan kehadiran kekasih hati yang bernama Andy.

a. Tafsiran

Keke adalah perempuan yang terlahir dari keluarga kaya dan hidup dengan bahagia. Namun, semenjak tahun 2003 kehidupan Keke tak lagi sebahagi dahulu. Ketika dirinya mulai di serang dengan penyakit kanker yang mematikan. Wajah ayu dan cantik dari Keke berubah menjadi mengerikan setelah dirinya menderita penyakit kanker. Sang Ayah tak lelah berusaha untuk mencarikan berbagai macam penyembuhan agar Keke bisa kembali pulih seperti sedia kala. Tak luput pula sahabat Keke selalu memberikan semangat kepada Keke.

Setelah berikhtiar dalam penyembuhan, Keke sembuh dan kembali hidup dengan bahagia karena ia berhasil melawan penyakit kanker. Keke kembali hidup dengan normal dan melakukan aktivitas seperti biasanya. Namun, kesembuhan tersebut tak berselang lama lantaran penyakit kanker kembali bersarang lagi di tubuh keke.

Kali ini penyakit kanker tersebut semakin parah dan dokter memvonis keke bahwa ia hanya akan mampu bertahan hidup selama tiga bulan saja. Vonis dokter tersebut tak sepenuhnya benar karena keke mampu bertahan hidup selama satu tahun. Setelah lelah berjuang melawan kanker, keke menghembuskan nafas terakhirnya pada tanggal 26 Desember 2006.

b. Evaluasi

Film yang satu ini memiliki kelebihan sebagai film yang mampu membuat perasaan haru membiru dari para penonton yang menyaksikan film tersebut. Kelebihan yang lain dari film tersebut adalah kisah yang di adaptasi dalam novel dan film tersebut merupakan kisah nyata yang tentu saja akan membuat penonton lebih merasakan kesedihan nyata pula. Pelajaran yang dapat di ambil setelah menonton film ini adalah agar kita dapat ikhlas dan tabah untuk menerima semua cobaan yang di berikan oleh tuhan kepada umatnya.

c. Kesimpulan

Tentu dalam setiap karya entah apapun bentuknya, film ini juga memiliki kekurangan sendiri. Namun, terlepas dari semua kekurangan yang ada dalam film tersebut ada hal yang lebih penting untuk di ambil yaitu perihal pelajaran yang ada di film tersebut. Dari film ini penonton bisa mengambil pelajaran bahwa segala cobaan yang di hadapi harus di terima dengan tabah dan ikhlas meskipun rasanya pahit dan pedih. Melihat semangat hidup dari keke di film ini tentu akan membuat orang yang sehat akan merasa bersyukur dari masih di beri karunia kesehatan oleh tuhan. Film ini sangat direkomendasikan untuk di tonton oleh semua kalangan dari lintas usia.

6. Contoh Teks Ulasan Singkat Novel Sang Pemimpi

Andrea Hirara merupakan penulis novel yang cukup produktif dan memiliki banyak karya. Salah satu karya yang telah beliau ciptakan adalah novel dengan judul sang pemimpi. Novel ini merupakan serial kedua dari trilogi Laskar Pelangi yang sukses menjadi novel best seller dan telah di adaptasi ke layar lebar. Pada serial kedua ini, Andrea Hirata menceritakan tentang seorang penulis yang bernama Ikal. Ikal hidup dan akrab dengan kemiskinan di pulau Belitung. Bersama dengan dua orang kawanya, Ikal dan Arai serta Jimbron memiliki mimpi untuk menjelajah dunia dan bersekolah di Perancis.

a. Tafsir

Awal kisah dalam novel ini menceritakan tentang tiga pelajar SMA yang memiliki tingkah nakal di lingkungan sekolah. Karena kenalakan tersebut, Ikal, Arai dan Jimbron kerap kali harus berhadapan dengan Pak Mustar yang merupakan wali kelas mereka ketika di sekolah Sma. Meski kerap di hukum, namun Pak Mustar selalu memberi mereka motivasi dan cerita tentang mimpi-mimpi yang membuat mereka bertiga terinspirasi.

Dalam alur cerita yang panjang dari novel sang pemimpi ini, pembaca di suguhkan dengan rangkaian cerita yang berdiri sendiri namun masih memiliki keterikatan satu dengan yang lain. Cerita-cerita tersebut berkisah mengenai perjuangan yang harus di lalui oleh tiga orang sahabat yang ingin mengejar mimpi untuk bersekolah ke luar negeri dan menjelajah ke seluruh dunia.

b. Evaluasi

Novel ini di sajikan dengan tata bahasa yang indah dan mempesona. Pembaca akan dibuat kagum dengan pemilihan setiap diksi dari novel tersebut. Alur dalam cerita juga terkesan memiliki nyawa. Hal seperti inilah yang membuat novel ini memiliki daya magis tersendir.

c. Rangkuman

Terlepas dari semua kekurangan yang ada dalam novel sang pemimpi, novel ini layak untuk di baca oleh remaja yang sedang berusaha mewujudkan mimpi-mimpinya.

Copyright 2016 - 2019