Harian Nusantara

Tata Cara Penulisan, Jenis, dan Contoh Surat Edaran

surat 99 View

Surat merupakan tulisan yang berfungsi sebagai alat komunikasi kepada penerima dan pembacanya, dahulu surat merupakan alat komunikasi yang cukup penting untuk menyampaikan informasi sebelum era digital dan teknologi berkembang sangat pesat. Salah satu imbas dari perkembangan teknologi  terhadap eksistensi surat adalah keberadaannya yang kini tidak lagi banyak  kita jumpai.

Hari ini, keberadaan surat lebih banyak dijumpai pada instansi kepemerintahan, lembaga, perusahaan maupun organisasi saja. Tidak seperti 30 tahun yang lalu, hampir semua orang menggunakan surat sebagai alat komunikasi maupun sumber sebuah informasi bagi pembacanya. Meskipun demikian keberadaan surat sebagai salah satu alat komunikasi yang legal tetap digunakan hingga saat ini.

Berbagai macam surat sudah banyak kita jumpai dengan berbagai tujuan dan jenisnya. Mulai dari surat perjanjian, surat tugas, maupun surat-surat lainnya. Pada kali ini akan dibahas mengenai surat undangan, surat edaran maupun surat himbauan yang banyak di digunakan oleh instansi, lembaga oraganisasi maupun kepanitiaan hingga sebuah perusahaan.

Loading...

Tujuan dibuatnya surat Edaran

1. Agar dapat menyampaikan informasi dan berbagai keterangan kepada pihak lain

Salah satu tujuan dibuatnya surat adalah untuk menyampaikan informasi, hal ini biasanya dilakukan atasan kepada bawahan atau dalam satu lingkup jabatan fungsional dalam suatu instansi. Beberapa contoh yang sering kita temui adalah surat edaran Wali Kota kepada bawahannya, atau surat edaran pejabat perusahaan kepada karyawannya.

2. Dapat memperoleh informasi, memperoleh tanggapan hingga klarisifikasi akan suatu hal

Dari adanya surat edaran yang diperoleh oleh pembaca, beberapa pihak dapat mengetahui informasi maupun klarifikasi yang diberikan pihak tertetentu. Salah satu contohnya adalah ketika beredarnya berita yang sedang trending di masyarakat yang dirasa cukup meresahkan. Beberapa pihak yang memiliki kewenangan biasanya akan memberikan klarisifikasi berkenaan dengan kebenaran maupun ketidak benaran informasi tersebut.

3. Melancarkan keberadaan sumber informasi yang valid dan jelas supaya tidak terjadi kesalahpahaman

Tujuan lain dari diluncurkannya surat edaran adalah untuk melancarkan keberadaan sumber berita dan informasi yang valid bagi pembacanya. Karena terkadang suasana yang sedang tidak kondusif di masyarakat bisa saja dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu dengan berbagai motif dan kepentingan. Jika hal tersebut terjadi dan semakin meresahkan masyarakat, beberapap pihak seperti pemerintah daerah maupun kepolisian akan memberikan surat edaran yang tujuannya adalah klarifikasi informasi agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Surat edaran sebagai duta organisasi

Fungsi lain dari surat edaran adalah sebagai duta organisasi yang dapat menyampaikan dan meneruskan isi serta maksud surat, baik untuk kalangan internal maupun masyarakat umum. Surat-surat internal biasanya hanya beredar dan ditujukan bagi kalangan tertentu, baik dilakukan oleh internal perusahaan,  organisasi atau kelompok masyarakat, hingga pemerintahan. Sifatnya juga akan berkutat pada himbauan, ajakan, hingga undangan. Hal ini banyak dilakukan oleh petinggi suatu perusahaan atau pejabat instansi kepada bawahannya, atau satuan kerjanya.

Perbedaan surat edaran dan tugas

Karena karakteristik, fungsi dan tujuannya memiliki perbedaan, baik surat edaran maupun surat-surat lain memiliki perbedaan dalam redaksional penulisannya. Surat edaran cenderung memiliki sifat yang tidak wajib untuk dilakukan, atau dengan kata lain bersifat anjuran dan ajakan yang sebaiknya dilakukan oleh penerimanya. Sedangkan surat tugas cenderung mimiliki sifat yang wajib dilakukan oleh penerima kewenangan akan tugas dan pekerjaan yang dibebankan kepadanya.

Bagian-bagian surat edaran

Kepala surat

Pada dasarnya hampir semua surat yang bersifat formal memiliki kop atau kepala surat. Kepala surat terdiri atas nama lembaga atau instansi, logo atau lambing instansi, lembaga atau perusahaan, alamat serta nomor  telepon beserta fax instansinya, kode pos dan alamat email atau website jika ada. Kop surat terletak pada bagian atas sebuah surat, biasaya berada pada bagian tengah kertas atau pojok kiri atas sebuah surat

Nomor, sifat, perihal dan lampiran surat

Bagian kedua dari sebuah surat adalah nomor, sifat dan perihal surat, terletak pada bagian atas pojok kiri dibawah kop surat. Nomor surat berisikan catatan nomor urut surat secara administrasi yang di keluarkan oleh sebuah instansi atau perusahaan, sifat surat biasanya bergantung pada jenis isi yang disampaikan, bisa berupa penting, segera maupun biasa. Perihal surat mewakili sebuah tujuan surat diberikan, bisa berupa undangan, atau himbauan. Sedangkan lampiran berisikan lembar kedua, ketiga dan seerusnya yang merupakan penjelasan pada bagian pertama surat.

Tujuan surat

Tujuan surat merupakan peruntukan sebuah surat, kepada siapa ditujukannya surat dan alamat yang dituju. Tujuan surat juga bisa ditujukan per personal maupun secara kolektif, tergantung dari jumlah penerima surat tersebut. Pada surat-surat instansial surat edaran merupakan pesan informasi bersambung dari instansi satu kepada beberapa instansi samping atau bawahannya, isinya kebanyakan himbauan atau ajakan terhadap suatu kebijakan yang dikeluarakan oleh pejabat setempat.

Isi surat

Isi surat merupakan hal penting yang tidak dapat dilepaskan dari sebuah surat, berbagai macam informasi, tanggapan, klarisifikasi dan ajakan akan tertuang dalam sebuah surat. Pada surat undangan akan menjelaskan informasi mengenai sebuah undangan, waktu dan tanggal pelaksanaan hingga tempatnya. Sedangkan pada surat edaran akan berisikan ajakan persuasive berupa himbauan kepada pembaca atau pihak-pihak lain yang dihimbau.

Penutup surat

Penutup surat memang tidak menjadi hal yang vital dari sebuah surat edaran, namun keberadaan penutup surat tetap tidak dapat dipisahkan dari bagian isi surat. Dalam penutup surat selalu diisi kata-kata yang sifatnya mempertegas maksud dan tujuan penyampaian surat. Penutup surat selalu dikemas dengan bahasa yang jelas, dan sopan dan kalimat singkat. Pada bagian ini juga diikuti dengan adanya pengesahan surat yang di tandai dengan tanda tangan dan stample dari instansi terkait.

A. CONTOH SURAT EDARAN OSIS

Salah satu surat yang dulu sering dijumpai pada saat sekolah adalah surat edaran yang dikeluarkan oleh OSIS. Surat edaran ini biasanya merupakan ajakan kepada seluruh siswa sekolah untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh OSIS, dibawah ini contohnya.

 

ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH

SMA NEGERI 19 BATU

Jl. Gajahmada  No. 19 Tlp (0341)- 466000, Bumiaji Kota Batu

 

 

Batu, 18 Juli 2019

Nomor                 : 5/OSIS/VII/2019
Lampiran             : –
Perihal                  : Pemberitahuan

Kepada Yth. Saudara / Saudari

Ketua Kelas

Di tempat

Assalamualaikum Wr. Wb.

Sehubungan akan dilaksanakannya class meeting pada akhir semester genap, maka dengan ini diberitahukan kepada seluruh ketua kelas SMA Negeri 19 Batu untuk mengikuti kegiatan tersebut. Adapun class meeting akan diselenggarakan pada :

Hari, Tanggal                     : Senin 21 Juli s/d 25 Juli 2019

Waktu                                 : 09.00 WIB s/d selesai

Tempat                               : Lapangan Futsal SMA Negeri 19 Batu

Untuk menunjang lancarnya acara, peserta dari masing-masing kelas yang akan bertanding diharapkan sudah hadir dilokasi 15 menit sebelum jadwal pertandingan.

Demikian pemberitahuan, atas kerjasama dan partisipasinya disampaikan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr.Wb.

 

OSIS SMA NEGERI 19
KETUA

                                                                                                                                                

                                                                                                                                        PUJI SUPRAYITNO

B. CONTOH SURAT EDARAN SEKOLAH

Pada surat yang dicontohkan dibawah ini bertujuan untuk mengundang bapak, ibu atau wali siswa untuk dapat berkomunikasi dengan guru kelas, serta mengetahui lebih lanjut capaian belajar hingga prestasi seorang siswa selama belajar di salah satu sekolah.

DINAS PENDIDIKAN KOTA BATU

SMA NEGERI 19 BATU

Jl. Gajahmada  No. 19 Tlp (0341)- 466000, Bumiaji Kota Batu

 

 

Batu, 18 Juli 2019

Nomor                 : 422.2/33/SMAN19-BATU/VII/2019
Lampiran             : –
Perihal                  : Undangan

Kepada Yth. Bapak/Ibu Wali Siswa
Kelas XII-IPA III
Di tempat

Dengan hormat,

 

Sehubungan dengan telah berakhirnya kegiatan belajar semester genap tahun akademik 2018 – 2019, maka dengan ini kami mengundang Bapak/Ibu Wali Murid untuk hadir pada :

Hari, Tanggal                     : Sabtu 19 Juli 2019

Waktu                                 : 08.00 WIB s/d selesai

Tempat                               : Kelas XII – IPA III

Acara                                   : – Pembagian raport tahun akademik 2018 – 2019

– Kegiatan belajar mengajar tahun akademik 2019 – 2020

Demikian undangan ini disampaikan, atas kehadirannya disampaikan terima kasih.

 

                                                                                                                                         Mengetahui,

                                                                                                                                        KEPALA SMA NEGERI 19 BATU

                                                                                                                                                        

                                                                                                                                         BUDIYANTO NUGROHO, M.Pd.

 

C. CONTOH SURAT EDARAN DINAS PENDIDIKAN

Surat edaran lainnya berasal dari instansi pendidikan, fungsinya kali ini merupakan sebuah undangan untuk menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang di peringati dengan upacara bendera di salah satu daerah. Dengan peringatan ini bagi semua peserta upacara dapat menerapkan nilai-nilai luhur perjuangan bangsa dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

PEMERINTAH KOTA BATU

DINAS PENDIDIKAN

( EDUCATION OFFICE )

Jl. Panglima Diponegoro  No. 19 Telp/Fax (0341)- 511000 Kota Batu 65313

 

 

Batu, 15 Agustus 2019

Nomor                 : 420/012/422.101/2019                                                    Kepada. Sdr/i
Sifat                      : Penting                                                                                                1. Kepala SD se-Kota Batu
Lampiran             : 1 (satu) Lembar                                                                                 2. Kepala SMP se-Kota Batu
Hal                        : Undangan                                                                                           3. Kepala SMA se-Kota Batu
di
Tempat

 

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 tahun 2019, dengan ini kami mengharap Sdr/i untuk menghadiri dan mengikuti serangkaian Upacara Pengibaran Bendera pada :

Hari/ Tanggal                    : Sabtu, 17 Agustus 2019
Pukul                                   : 09.00 WIB
Tempat                               : Stadion Brantas Batu
Pakaian                               : Korpri
Acara                                   : Upacara Bendera Peringatan HUT RI ke-74

Demi lancarnya pelaksanaan upacara, mohon untuk hadir 15 menit sebelum acara dimulai. Demikian undangan ini, atas perhatian dan kehadiran Sdr/i sekalian disampaikan banyak terimakasih.

KEPALA DINAS PENDIDIKAN KOTA BATU

  

Dra. BUDIYANTO, M.Pd.
Pembina Utama Muda
19456578 165987 3 000

Tembusan :
       1.   Wali Kota Batu (Sebagai laporan)
2.   Arsip

 

D. CONTOH SURAT EDARAN RW

Salah satu surat yang di keluarkan oleh Ketua Rukun Warga ini memiliki dua tujuan sekaligus, yang pertama bersifat memberikan himbauan kepada warga masyarakatnya untuk melakukan pemasangan bendera di lingkungan masing-masing, yang kedua berupa himbauan dan ajakan untuk melakukan kegiatan kerja bakti dalam rangka peringatan kegiatan adat di sebuah desa.

 

RUKUN WARGA 01

DUSUN JUNWATU
DESA JUNREJO

Jl. Raya Junrejo No. 19 RT 003/001 Junrejo Kota Batu 65321

 

 

Batu, 31 Juli 2019

Nomor                 : 78/RW-01/422.320.5/2019                                             Kepada. Sdr/i
Sifat                      : Penting                                                                                                1. Ketua RT se-RW 01
Lampiran             : –                                                                                                            2. Warga RW 01
Hal                        : Himbauan                                                                            di
Tempat

 

Assalamualaikum Wr.Wb

Untuk memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 tahun 2019 dengan ini kami menghimbau kepada Bapak/Ibu/Sdr/i untuk memasang Bendera Merah Putih di depan rumah masing-masing. Mulai tanggal 1 Agustus s/d 31 Agustus 2019, serta dimohon untuk melaksanakan kerja bakti lingkungan pada :

Hari/ Tanggal                    : Minggu, 2 Agustus 2019
Pukul                                   : 06.00 WIB s/d selesai
Tempat                               : Lingkungan masing-masing
Acara                                   : Kerja bakti lingkungan

Demikian himbauan ini kami sampaikan, atas kerjasama dan partisipasi Bapak/Ibu/Sdr/i diucapkan terimakasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

 

                                                                                                                                        KETUA RW 01

                                                                                                                                       

               SUBARJO EFENDI

 

E. CONTOH SURAT EDARAN PEMERINTAH DESA

Bagi pemerintahan surat edaran merupakan hal umum yang tidak dipisahkan dari sebuah proses terhadap pelayanan publik. Pada kali ini mencontohkan tentang sebuah desa yang akan melakukan perencanaan pembangunan berbasis pada kebutuhan lingkungan serta berasal dari aspirasi warga masyarakat desa.

PEMERINTAH KOTA BATU

KECAMATAN JUNREJO

DESA JUNREJO

Jl. Diponegoro  No. 1 Telp/Fax (0341)- 460000 Junrejo 65321

email:pemdesjunrejo@yahoo.co.id  website:junrejo-desa.id

 

 

Nomor                 : 410/08/422.320.5/2019                                                   Kepada. Bapak/Saudara
Sifat                      : Penting                                                                                                1. Kepala Dusun se-Desa
Lampiran             : 1 (satu) bendel                                                                                  2. Ketua RW se-Desa
Hal                        : Himbauan                                                                                           3. Ketua RT se-Desa
di
Tempat

 

Sehubungan dengan akan diselenggarakannya Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (MUSRENBANGDES) Tahun 2020, dengan ini kami menghimbau kepada Bapak/Saudara untuk segera menggelar rapat di lingkungan masing-masing guna menampung aspirasi warga masyarakat desa.

Aspirasi warga dapat dimasukkan dalam formulir usulan program pembangunan desa tahun 2020 pada halaman yang terlampir. Terhitung sejak diterimakan surat ini, batas waktu terakhir untuk menjaring aspirasi warga sampai dengan 12 Desember 2019.

Setelah tenggat waktu tersebut formulir aspirasi hasil dari musyawarah di masing-masing lingkungan akan diminta oleh Pemerintah Desa Junrejo untuk segera dilakukan proses seleksi skala prioritas pembangunan Desa Tahun 2020.

Demikian himbauan ini, atas perhatian dan kerjasama Bapak/Saudara disampaikan terima kasih.

Junrejo, 31 November 2019
Mengetahui,

                                                                                                                                        KEPALA DESA JUNRREJO

 

       AMIN RAFAEL GONZALES

 

F. CONTOH SURAT EDARAN KELURAHAN

Surat ini memiliki peranan yang cukup penting jika dilihat dari isi dan tujuan surat, dalam surat dituliskan himbauan yang intinya adalah tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa pada saat terjadi pesta demokrasi hingga berakhirnya proses tersebut. Hal tersebut merupakan implementasi dari miniatur sebuah negara yang tetap menjaga nilai-nilai kesatuan meskipun masing-masing warga memiliki pilihannya masing-masing.

 

PEMERINTAH KOTA BATU

KECAMATAN JUNREJO

KELURAHAN DADAPREJO

Jl. Pronoyudo  No. 1 Telp/Fax (0341)- 6660000 Junrejo 65321

 

 

Nomor                 : 270/12/422.320.3/2019                                                   Kepada. Bapak/Saudara
Sifat                      : Penting                                                                                                1. Ketua RW se-Kelurahan
Lampiran             : –                                                                                                            2. Ketua RT se-Kelurahan
Hal                        : Himbauan                                                                            di
Tempat

 

Menindak lanjuti surat edaran Wali Kota Batu tertanggal 25 Mei 2019 tentang penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019, maka dengan ini kami menghimbau kepada Bapak/Saudara untuk berperan aktif dalam menjaga kondusifitas di masing-masing lingkungan.

Kami sangat meyakini bahwa perbedaan pilihan bukanlah halangan untuk tetap berperan dalam menjaga keutuhan negara dari perpecahan antar suku, ras, agama, maupun golongan apapun.

Demikian himbauan yang dapat kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasama Bapak/Saudara disampaikan terima kasih.

Junrejo, 31 Mei 2019
Mengetahui,

                                                                                                                                KEPALA KELURAHAN DADAPREJO

 

        RONI BAGUS JANUARTO
12345678 165987 3 000

 

G. CONTOH SURAT EDARAN PEMERINTAH KECAMATAN

Pada bagian ini dicontohkan surat edaran yang beberapa isinya adalah undangan untuk melakukan evaluasi kerja, program atau kegiatan. Hingga menyusun rencana tindak lanjut dan program kegiatan lain untuk beberapa waktu kedepan. Surat ini juga ditujukan kepada jajaran samping pemerintahan yang disebut musyawarah pimpinan kecamatan atau biasa disebut MUSPIKA.

 

PEMERINTAH KOTA BATU

KECAMATAN JUNREJO

Jalan Raya Kopongan Nomor 1 Kota Batu Kode Pos 65321
Telepon (0341) 464464, Fax (0341) 464464

 

 

Nomor                 : 441/18/422.320/2019                                                Kepada. Yth.
Sifat                      : Penting                                                                                        1. DANRAMIL Junrejo
Lampiran             : –                                                                                                    2. KAPOLSEK Junrejo
Hal                        : Undangan                                                                                   3. Kepala Desa se-Kecamatan
di
Tempat

 

Dalam rangka mewujudkan pelayanan publik yang transparan dan aksesable untuk masyarakat se-Wilayah Kerja Kecamatan Junrejo, serta telah selesainya kegiatan Gebyar Pelayanan Publik 2019 pada triwulan kedua tahun 2019, dengan ini kami mengundang saudara untuk hadir pada :

Hari/ Tanggal        : Senin, 27 Mei 2019
Pukul                      : 09.00 WIB s/d selesai
Tempat                  : Pendopo Kecamatan
Acara                      : Pertemuan Rutin Lintas Sektoral Se-Wilayah Kerja Kecamatan Junrejo
– Evaluasi Hasil Kerjasama Lintas Sektoral Triwulan Kedua
– Perencanaan Kegiatan Kerjasama Triwulan Ketika

Demikian undangan ini dibuat, atas kehadiran dan kerjasama Bapak/Ibu  disampaikan terima kasih.

 

Junrejo, 24 Mei 2019
CAMAT JUNREJO

 

        BAGUS JANUARTO S.STP
Pembina
12345678 165987 3 001

 

H. CONTOH SURAT EDARAN PEMERINTAH KOTA

Karena sifatnya yang lebih banyak kepada himbauan dan ajakan, contoh surat edaran kali ini merupakan ajakan untuk tidak menambah angka kemacetan lalu lintas. Caranya adalah dengan menghimbau satuan kerja kepala daerah masing-masing untuk menggunakan kendaraan roda dua atau transportasi umum serta tidak menggunakan kendaraan roda empat untuk datang ketempat kerja.

                                PEMERINTAH KOTA BATU

SEKRETARIAT DAERAH

Jalan Raya Kopongan Nomor 101 Kota Batu Kode Pos 65313
Telepon (0341) 464000, Fax (0341) 464000

 

 

Batu, 20 Desember 2019

Nomor                 : 003/07/422.024/2019                                                               Kepada
Sifat                      : Segera                                                                                Yth. Kepala Satuan Kerja Perangkat
Lampiran             : –                                                                                                    Daerah (SKPD)
Hal                        : Himbauan
di
BATU

 

Dalam rangka mengurangi kemacetan arus lalu lintas selama libur lebaran Hari Raya Idul Fitri Tahun 2019, mengingat Kota Batu merupakan salah satu tujuan wisata. Dengan ini dihimbau kepada seluruh Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kota Batu untuk tidak menggunakan Kendaraan Roda 4 (empat) ke kantor mulai hari rabu s/d jumat tanggal 26 juni s/d 29 juni 2019 2019.

Demikian himbauan ini, atas perhatiannya disampaikan terima kasih.

 

SEKRETARIS DAERAH
KOTA BATU

                                                                                                                                       

DADANG TRIMURTI, S.STP
Pembina Utama Madya                    12345678 165987 3 001

 

 

I. CONTOH SURAT EDARAN PERUSAHAAN

Surat edaran tidak hanya dapat dikeluarkan oleh istansi pemerintah, organisasi maupun perusahaan juga dapat mengeluarkan surat edaran kepada anggota atau karyawannya. Salah satu contohnya adalah surat undangan di bawah ini, salah satu perusahaan hendak bermaksud untuk mengundang karyawannya untuk menghadiri sebuah acara yang sifatnya ramah tamah dan menjali tali silaturahmi antara perusahaan dan karyawan pada umumnya.

 

Logo Perusahaan/ Instansi
  1. KAKI BETON JAYA MAKMUR

                    “Beyond Building Material”

Jl. Bunga Kertas No. 41 Tlp (0341)- 464989

Sumberwuni, Lawang, Kab. Malang – Jawa Timur 65211

Nomor : 301/03-GT/KBJM/V/2020
Perihal   : Undangan Gathering

Kepada
Bapak/Ibu/Sdr/i.
Karyawan PT. KAKI BETON JAYA MAKMUR
Di tempat

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan akan dilaksanakananya Proyek Pengembangan Rusunawa Di Kabupaten Malang bersama dengan ini perusahaan bermaksud mengundang Bapak/Ibu/Sdr/i seluruh karyawan dari PT. KAKI BETON JAYA MAKMUR untuk dapat hadir pada :

Hari/ Tanggal     : Sabtu, 25 Mei 2018
Pukul                    : 16.00 WIB s/d selesai
Tempat                : Hotel Santika Malang
Acara                    : Gathering dan Buka Bersama Karyawan PT. KAKI BETON JAYA MAKMUR

Demikian ini yang dapat kami sampaikan, kami ucapkan terima kasih atas kehadiran Bapak/Ibu/Sdr/i pada acara tersebut.

 

   Malang, 23 Mei 2018

General Superintendent

Rudi Joyo Kusumo, ST

 

J. CONTOH SURAT EDARAN PANITIA

Contoh lain dari surat edaran adalah yang dikeluarkan oleh panitia peringatan hari besar dan kegiatan adat di suatu daerah, isinya berisikan undangan maupun himbauan untuk mengikuti serangkaian kegiatan yang telah direncanakan kepanitiaan pada umumnya. Salah satu serangkaian kegiatan tersebut adalah karnaval desa yang menyedot animo banyak orang di dalamnya.

 

PANITIA PERINGATAN HUT RI 74 DAN

SELAMATAN DESA JUNREJO 2019

Jalan Raya Rayun Nomor 101 Kota Batu Kode Pos 65321
Telepon (0341) 464000, Fax (0341) 464000

 

 

Batu, 18 Agustus 2019

Nomor                 : 32/PAN-HUTRI/VIII/2019                                                         Kepada. Yth.
Sifat                      : Penting                                                                                        1. BABINSA Junrejo
Lampiran             : –                                                                                                    2. BABINKAMTIBMAS Junrejo
Hal                        : Undangan                                                                                   3. Ketua RW se-Desa
di
Tempat

 

Assalamualaikum Wr.Wb

Sehubungan dengan akan dilaksanakannya karnaval desa dalam rangka Peringatan HUT RI Ke-74 dan Selamatan Desa Junrejo Tahun 2019, dengan ini kami mengundang Bapak/Saudara untuk hadir pada :

Hari/ Tanggal     : Sabtu, 20 Agustus 2019
Pukul                    : 19.00 WIB s/d selesai
Tempat                : Balai Desa Junrejo
Acara                    : – Penjelasan Teknis Karnaval Tahun 2019
– Pengundian Nomor Urut Karnaval
Catatan                : Peserta Harap Melaporkan Jumlah Kontingen

Demikian undangan ini disampaikan, atas kehadiran dan kerjasama Bapak/Saudara kami sampaikan terima kasih.

 

Junrejo, 18 Agustus 2019                                                                PANITIA HUT RI 74 dan
Mengetahui,                                                                                         SELAMATAN DESA
KEPALA DESA JUNREJO                                                                                  KETUA

                                                                                                                   

DODIT MULYANTO                                                                                     AZIZ DOA IBU

 

K. CONTOH SURAT EDARAN ORGANISASI

Selain perusahaan, maupun instansi pemerintahan, surat edaran juga biasanya dikeluarkan oleh organisasi sosial kemasyarakatan, salah satu contohnya adalah surat edaran berikut ini.

 

KARANG TARUNA

MANUNGGAL KARYA JAYA

DESA GADINGKULON

Jl. Diponegoro  No. 58 Telp/Fax (0341)- 505000 Kabupaten Malang 65313

 

 

Nomor                 : 12/MKJ/VIII/2019                                               Kepada. Bapak/Saudara
Sifat                      : Penting                                                                                                1. Kepala Dusun se-Desa
Lampiran             :                                                                                                               2. Ketua RW se-Desa
Hal                        : Himbauan                                                                                           3. Ketua RT se-Desa
di
Tempat

Assalamualaikum Wr.Wb.

Sehubungan dengan akan diselenggarakannya gerak jalan sehat beserta pasar rakyat pada bulan agustus tahun 2019 di Desa Gadingkulon Kabupaten Malang. Maka dengan ini kami mengharap Bapak/Ibu/Saudara untuk dapat menyampaikan informasi ini kepada warga masyarakat dimasing-masing wilayah kerja.

Adapun kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada :

Hari, tanggal      : Senin s/d Minggu, tanggal 5 Agustus hingga 12 Agustus 2019
Tempat                : Kampung tengah Dusun Gading Desa Gadingkulon
Pukul                    : 17.00 WIB s/d Selesai.

Demikian pemberitahuan ini kami sampaikan, atas kerjasama dan partisiasi Bapak/Saudara untuk mensukseskan acara tersebut kami sampaikan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Junrejo, 1 Agustus 2019
MANUNGGAL KARYA JAYA

                                                                                                                                        KETUA

 

                                                                                                                                                      FREDI BUDIMAN

Demikian beberapa contoh surat edaran yang bisa kamu jadikan referensi dalam membuat surat serta menyusun kalimat dan isinya.

Copyright 2016 - 2019