Harian Nusantara

Perlunya Surat Niaga Dalam Urusan Bisnis

surat 48 View

Salah satu surat yang biasanya digunakan sebagai media komunikasi formal di sebuah perusahaan ataupun lembaga resmi lainnnya adalah surat niaga. Berbeda dengan surat pada umumnya dimana surat niaga sendiri biasanya digunakan untuk kepentingan perdagangan ataupun kepentingan jual beli barang.

Ada beberapa fungsi surat niaga pada sebuah perusahaan ataupun lembaga. Salah satunya fungsi surat niaga adalah sebagai bahan untuk mengambil keputusan. Selain itu surat niaga juga memiliki fungsi sebagai pedoman kerja dalam melakukan tugas.

Untuk bisa membuat surat niaga tentu tidak mudah, pasalnya surat niaga memiliki ciri ataupun kaidah yang berbeda dari surat pada umumnya. Dimana isi surat niaga sendiri dimulai dengan pembukaan yang menarik dan tepat.

Loading...

Selain itu isi surat niaga juga harus bisa menjelaskan masalah ataupun maksud dan tujuan dibuatnya surat dengan jelas serta menggunakan bahasa yang sopan dan ramah.

Surat niaga sendiri terdiri dari beberapa jenis tergantung penggunaannya, dari mulai surat penawaran, surat pemesanan hingga surat pengiriman dan lainnya. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai jenis-jenis surat niaga beserta contoh suratnya, ada baiknya untuk menyimak beberapa informasi dibawah ini.

Contoh Surat Niaga Tentang Penawaran Barang

Untuk menawarkan barang dagangannya surat niaga penawaran dikirimkan oleh pihak penjual kepada calon pembeli. Dengan kata lain surat niaga penawaran barang digunakan untuk memberitahu atau menginformasikan mengenai barang apa saja yang akan dijual kepada calon pembeli.

Dengan adanya surat niaga penawaran diharapkan calon pembeli akan lebih tertarik dengan barang yang ditawarkan oleh penjual. Mengingat pentingnya surat niaga penawaran barang, maka gaya bahasa yang digunakan juga harus menarik, jelas, serta sopan dan ramah.

Dengan penggunaan gaya bahasa yang menarik, jelas, serta sopan dan ramah tentu akan membuat calon pembeli semakin tertarik dan berminat untuk membeli barang yang ditawarkan oleh penjual. Adapun contoh surat niaga tentang penawaran barang dapat dilihat dibawah ini.

Surat Niaga Tentang Penawaran Barang

Bandar Lawu, 23 September 2019

Nomor                 : 32/MKH/AB/IX/2019

Lampiran             : 1 lembar

Perihal                  : Penawaran Barang

 

Kepada Yth.

Direktur Toko Aman Sejahtera

Jl. Muda Belia No. 54, Bandungan

Banjarsari

 

Dengan hormat,

Dengan adanya surat ini izinkanlah kami memperkenalkan diri sekaligus memberikan penawaran barang kepada Toko Aman Sejahtera. Perkenalkan kami dari PT. Agung Besar yang merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pertanian sebagai pemasok alat-alat pertanian.

Kami merupakan perusahaan yang terpercaya, dimana kami sudah bekerjasama dengan lebih dari 50 perusahaan. Barang yang kami jual sudah terjamin dan teruji kualitasnya selain itu kami juga akan memberikan pelayanan yang baik.

Selain barang yang kami jual berkualitas harga yang kami tawarkan juga lebih terjangkau jika dibandingkan dengan perusahaan lain. Adapun untuk pembelian barang dengan jumlah banyak kami akan memberikan harga yang lebih menarik.

Oleh karena itu bersama surat ini kami lampirkan dokumen pendukung penawaran barang yang mungkin dapat menjadi bahan pertimbangan untuk melakukan kerjasama dengan perusahaan kami. Adapun rincian dokumen pendukung yang kami lampirkan adalah sebagai berikut :

  1. Profil perusahaan
  2. Katalog produk
  3. Dokumen lain yang menyangkut kerjasama

Ada beberapa pilihan metode pembayaran bisa dengan pembayaran menggunakan kartu kredit Bank BCA atau Bank Mandiri. Selain itu kami juga menyediakan pembayaran dengan sistem pembayaran cicilan dengan DP sebesar 50% dari harga total barang yang dipesan.

Demikian surat penawaran barang kepada Toko Aman Sejahtera kami sampaikan dan kami ucapkan banyak terima kasih atas perhatiannya.

 

Hormat kami,

 

 

Indar Pratama

Direktur PT. Agung Besar

 

Surat Niaga Tentang Penawaran Barang

Semarang, 12 Januari 2019

Nomor                 : 41/MKH/KS/I/2019

Lampiran             : 1 lembar

Perihal                  : Penawaran Barang

 

Kepada Yth.

Direktur Toko Bahagia Selalu

Jl. Patroman Raya No. 09, Marunda

Semarang

 

Dengan hormat,

Dengan adanya surat penawaran barang ini izinkan kami memperkenalkan diri sekaligus memberikan penawaran barang kepada Toko Bahagia Selalu. Kami dari PT. Kembali Sukses yang merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang tekstil sebagai pemasok kain sutra.

Kami merupakan perusahaan yang sudah terpercaya, hal tersebut dibuktikan dengan kerjasama yang sudah kami lakukan dengan lebih dari 200 perusahaan. Barang yang kami jual kualitasnya sudah terjamin dengan pelayanan yang baik.

Adapun kelebihan yang kami miliki adalah selain barang yang kami jual berkualitas harga yang kami tawarkan juga terjangkau. Adapun untuk pembelian barang dengan partai besar kami akan memberikan harga yang lebih menarik dengan potongan harga hingga 10%..

Untuk itu dengan surat ini kami kami juga melampirkan dokumen pendukung lainnya yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan kerjasama. Adapun rincian dokumen pendukung yang kami lampirkan adalah sebagai berikut :

  1. Profil perusahaan
  2. Detail produk
  3. Dokumen kerjasama

Mengenai teknis pembayaran, kami sudah mnyediakan beberapa pilihan pembayaran baik secara cash ataupun pembayaran dengan sistem cicilan/angsuran. Dimana untuk pembayaran menggunakan sistem angsuran bisa dilakukan melalui bank BCA dan BNI dengan DP sebesar 30% dari total harga yang harus dibayarkan.

Demikian surat penawaran barang kepada Toko Bahagia Selalu kami sampaikan dan kami ucapkan banyak terima kasih atas perhatiannya.

 

Hormat kami,

 

 

Arif Haryanto

Direktur PT. Kembali Sukses

Contoh Surat Niaga Tentang Pemesanan Barang

Seperti yang sudah diketahui diatas bahwa surat niaga penawaran barang merupakan surat yang berguna untuk menawarkan barang dagangannya kepada calon pembeli. Adapun yang dinamakan surat niaga pemesanan barang adalah surat yang dikirimkan oleh pembeli kepada penjual jika tertarik untuk membeli barang yang ditawarkan oleh penjual.

Dengan kata lain surat niaga pemesanan barang dapat diartikan sebagai surat balasan yang dikirimkan oleh pembeli yang tertarik dengan barang yang sudah ditawarkan oleh penjual.

Selain itu dengan adanya surat niaga pemesanan barang, juga dapat digunakan sebagai bukti yang sah jika di kemudian hari terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti barang yang dipesan tidak sesuai ataupun hilang. Dengan begitu pembeli dapat meminta pertanggung jawaban kepada penjual.

Adapun untuk menghindari hal-hal yang tidak dinginkan seperti misalnya barang yang tidak sesuai, usahakan ketika membuat surat niaga pemesanan barang harus menggunakan bahasa yang baik dan benar sehingga mudah dipahami oleh pihak yang menerima surat tersebut dimana dalam hal ini adalah penjual barang.

Supaya dapat membuat surat niaga tentang pemesanan barang dengan baik, dibawah ini ada contoh contoh surat niaga tentang pemesanan barang yang dpaat dijadikan referensi.

Surat Niaga Tentang Pemesanan Barang

Surabaya, 12 Maret 2019

Nomor                 : 21/HRD/DS/III/2019

Lampiran             : 1 lembar

Perihal                  : Pemesanan Barang

 

Kepada Yth,

Direktur PT. Berkah Harapan

Jl. Lempuyangan No. 90 Tanjung Barat

Surabaya

 

Dengan hormat,

Surat yang Bapak/Ibu kirimkan dengan nomor surat 43/HMS/LK/II/2019 tepatnya pada tanggal 13 Februari 2019 sudah kami terima dalam keadaan baik.

Untuk itu kami ingin mengucapkan terima kasih atas penawaran yang Bapak/Ibu berikan kepada kami. Maka dari itu kami bermaksud untuk memesan barang yang Bapak/Ibu tawarkan karena kualitas barang dan harga yang ditawarkan sangat menarik. Adapun rincian produk yang kami pesan adalah :

  1. 10 Unit Kulkas GL type X12
  2. 7 Unit Smart TV 32” merk HIU
  3. 20 Unit Kipas Angin merk MISAMI
  4. 12 Unit Setrika Uap merk TAKASIH
  5. 9 Unit Microwave merk APAAN
  6. 12 Unit TV LED 21” merk LAMAYA
  7. 5 Unit AC merk JANJIMU

Kami harapkan supaya barang yang kami pesan dapat segera diproses dan bisa kami terima secepatnya sebelum tanggal 17 Maret 2019.

Untuk pembayarannya akan kami lakukan melalui transfer bank selambat-lambatnya 1 hari setelah barang kami terima dan kami periksa.

Adapun bukti pelunasan pembayaran akan dikirimkan bentuk fotocopynya kepada perusahaan PT. Berkah Harapan.

Demikian surat pemesanan barang kepada PT. Berkah Harapan  kami sampaikan untuk segera diproses. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

 

Hormat Kami

 

Rudi Sarudi

Direktur PT. Damai Sejahtera

 

Surat Niaga Tentang Pemesanan Barang

Malaya, 16 April 2019

Nomor                 : 21/HDR/MS/IV/2019

Lampiran             : 1 lembar

Perihal                  : Pemesanan Barang

 

Kepada Yth,

Direktur PT. Sanjaya Putra

Jl. Berlian No. 90 Tanjung Barat

Malaya

 

Dengan hormat,

Surat yang Bapak/Ibu kirimkan dengan nomor surat 26/HSD/MP/III/2019 tepatnya pada tanggal 21 Maret 2019 sudah kami terima dalam keadaan baik.

Oleh sebab  itu kami ingin mengucapkan terima kasih atas penawaran yang Bapak/Ibu berikan kepada kami. Dengan hal itu kami bermaksud untuk memesan barang yang Bapak/Ibu tawarkan karena kualitas barang dan harga yang ditawarkan sangat menarik. Untuk rincian barang yang kami pesan seperti dibawah ini :

  1. 10 Unit Kulkas GL type X12
  2. 7 Unit Smart TV 32” merk HIU
  3. 20 Unit Kipas Angin merk MISAMI
  4. 12 Unit Setrika Uap merk TAKASIH
  5. 9 Unit Microwave merk APAAN
  6. 12 Unit TV LED 21” merk LAMAYA
  7. 5 Unit AC merk JANJIMU

Kami berharap agar barang yang kami pesan dapat segera diproses dan dapat kami terima secepatnya sebelum tanggal 25 April 2019.

Untuk pembayarannya akan kami lakukan secara cash setelah barang kami terima barang kami terima dan selesai kami periksa.

Demikian surat pemesanan barang untuk PT. Sanjaya Putra kami sampaikan untuk segera diproses dan kami ucapkan terima kasih atas perhatian dari Bapak/Ibu pimpinan.

 

Hormat Kami

 

Udin Bahrudin

Direktur PT. Mutiara Sejahtera

Contoh Surat Niaga Tentang Penolakan Penawaran

Dalam dunia bisnis mungkin sering mendengar istilah pembeli adalah raja. Sepertinya istilah tersebut bukan hanya sekedar isapan jempol belaka dan memang benar adanya. Dengan adanya hal tersebut tentu penjual harus memberikan pelayanan yang terbaik kepada setiap pembelinya.

Tidak jarang banyak penjual yang berlomba-lomba untuk menawarkan barang dagangannya kepada calon pembeli dengan pelayanan yang sangat baik. Tentu sebagai pembeli yang cerdas, mereka tidak mungkin akan membeli semua barang yang ditawarkan oleh penjual. Mereka hanya akan membeli barang yang dibutuhkan saja.

Oleh karena itu tidak jarang seorang pembeli harus bisa mengambil keputusan dengan menolak tawaran yang dikirimkan penjual. Adapun salah satu cara untuk menolak tawaran yang dikirimkan penjual adalah dengan membuat surat niaga penolakan tawaran.

Dimana didalam surat niaga penolakan penawaran berisi informasi penolakan terhadap barang yang ditawarkan oleh pembeli. Namun dengan adanya surat niaga penolakan penawaran bukan berarti menutup kemungkinan pembeli untuk menerima pewaran ataupun membeli barang tersebut.

Untuk lebih jelasnya lagi mengenai surat niaga tentang penolakan penawaran, langsung saja simak contohnya dibawah ini.

Surat Niaga Tentang Penolakan Penawaran

Solo Raya, 24 Agustus 2019

Nomor                 : 21/MKH/LK/VIII/2019

Lampiran             : 1 lembar

Perihal                 : Penolakan Penawaran

 

Kepada Yth,

Direktur PT. Angkasa Raya

Jl. Suprapto No. 56 Rempoah

Solo Raya

 

Dengan hormat,

Berdasarkan surat yang Bapak/Ibu kirimkan kepada kami pada tanggal 26 Juli 2019 dengan nomor surat 21/KLH.HM/VII/2019.

Oleh karena itu kami ingin mengucapkan terima kasih atas penawaran yang sudah Bapak/Ibu berikan kepada kami. Namun tanpa mengurangi rasa hormat dan tanpa bermaksud menolak kerjasama, kami hanya ingin menyampaikan bahwa barang yang Bapak/Ibu tawarkan saat ini sedang tidak ada peminatnya.

OIehkarena itu kami belum berminat untuk memesan barang dari PT. Angkasa Raya yang Bapak/Ibu pimpin. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan suatu hari nanti kami memesan produk dari perusahaan bapak/ibu tawarkan, karena produk tersebut memiliki kualitas baik dan harga yang menarik.

Demikian surat balasan penawaran produk kepada PT. Angkasa Raya kami sampaikan dan kami ucapkan banyak terima kasih atas perhatiannya.

Hormat kami,

 

Azmi Saputra

Direktur PT. Lestari Kejayaan

Contoh Surat Niaga Tentang Pengiriman Barang

Selanjutnya adalah surat niaga pengiriman barang. Dimana surat niaga pengiriman barang akan dibuat setelah adanya surat niaga pemesanan barang yang dikirimkan oleh pembeli. Surat niaga pengiriman barang sendiri dibuat oleh pihak penjual yang dikirimkan kepada pihak pembeli.

Jadi dengan adanya surat niaga pengiriman barang dapat diartikan bahwa pihak penjual sudah menyetujui pemesanan barang yang diajukan oleh pihak pembeli. Selain itu dengan adanya surat niaga pengiriman barang juga berfungsi untuk memberitahu kepada pembeli bahwa barang yang dipesan sudah diproses dan sedang dalam perjalanan.

Dengan adanya surat niaga pengiriman barang juga dapat dijadikan bukti bagi pembeli apakah barang yang dikirimkan sesuai dengan yang tertera pada surat niaga pengiriman barang atau tidak. Jika barang tersebut tidak sesuai maka pembeli dapat melakukan komplen kepada penjual dan meminta penjual untuk mengganti barang tersebut sesuai dengan pesanan.

Surat niaga pengiriman barang biasanya akan dikirimkan kepada pembeli yang memesan barang dalam jumlah besar serta dengan nominal harga yang tidak sedikit. Supaya lebih jelas memahami surat niaga tentang pengiriman barang, langsung saja lihat contohnya dibawah ini.

Surat Niaga Tentang Pengiriman Barang

Balikpapan, 12 Oktober 2019

Nomor                 : 42/KLH/MK/X/2019

Lampiran             : 1 lembar

Perihal                  : Pengiriman Barang

 

Kepada Yth.

Direktur Toko Abadi Keluarga

Jl. Komisaris Utama No. 12, Serengseng

Balikpapan

 

Dengan hormat,

Sesuai dengan surat yang Bapak/Ibu kirimkan kepada kami pada tanggal 25 September 2019 dengan nomor surat 12/HKM/TU/IX/2019.

Karena itu kamu ingin mengucapkan terimakasih dari tanggapan dan pemesanan produk dari perusahaan bapak/ibu pimpin karena sudah tertarik dengan kualitas produk yang kami tawarkan.

Adapun rincian barang yang kami kirimkan dapat dilihat dibawah ini :

  1. 10 Unit Smart TV 32” merk TAKASIH
  2. 30 Unit TV LED 29” merk SAMBUNG
  3. 15 Unit TV LED 21” merk MASAMA
  4. 9 Unit Kulkas merk GL
  5. 11 Unit Kipas Angin merk MIYAMIN
  6. 30 Mesin Cuci merk COSOC
  7. 12 Unit Smart TV 21” merk KAKIKU

Kami harap supaya produk yang kami kirim dapat diperiksa dan diproses secepatnya. Kami juga akan memberikan waktu kepada Bapak/Ibu untuk melakukan pengembalian barang atau return jika memang barang yang kami kirimkan tidak sesuai atau barang tersebut mengalami kerusakan.

Semoga pelayanan yang kami berikan dapat memberikan kepuasan kepada Bapak/Ibu sehingga dapat menjalin kerjasama dilain waktu.

Demikian surat pengiriman barang untuk Toko Abadi Keluarga kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat kami

 

Tomo Hutomo

Direktur PT. Mandiri Keluarga

 

Surat Niaga Tentang Pengiriman Barang

Widuri, 15 Desember 2019

Nomor                 : 42/KHP/MB/XII/2019

Lampiran             : 1 lembar

Perihal                  : Pengiriman Barang

 

Kepada Yth.

Direktur Toko Serba Murah

Jl. Sayur No. 12, Batu

Widuri

 

Dengan hormat,

Berdasarkan surat yang sudah Bapak/Ibu kirimkan kepada kami pada tanggal 11 Desember 2019 dengan nomor surat 72/HKK/ML/XII/2019.

Karena itu kamu ingin mengucapkan terimakasih dari tanggapan dan pemesanan produk dari perusahaan bapak/ibu pimpin karena sudah tertarik dengan kualitas produk yang kami tawarkan.

Adapun rincian barang yang kami kirimkan dapat dilihat dibawah ini :

  1. 13 Unit Smart TV 32” merk MANALAGI
  2. 15 Unit TV LED 21” merk SAMBUNG
  3. 12 Unit Kulkas merk GL
  4. 10 Mesin Cuci merk RUBARU
  5. 12 Unit Smart TV 21” merk KAKIKU

Kami harap supaya produk yang kami kirim dapat diperiksa dan diproses secepatnya. Kami juga akan memberikan waktu kepada Bapak/Ibu untuk melakukan return barang apabila barang yang kami kirimkan tidak sesuai atau barang tersebut mengalami kerusakan.

Semoga pelayanan yang kami berikan dapat memberikan kepuasan kepada Bapak/Ibu sehingga dapat menjalin kerjasama dilain waktu.

Demikian surat pengiriman barang untuk Toko Serba Murah kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat kami

 

Makmur Sanjaya

Direktur PT. Mandiri Bisa

Contoh Surat Niaga Tentang Pemberitahuan Tunggakan Pembayaran

Dalam dunia bisnis, supaya bisnis dapat terus bertahan dan berkembang tentu setiap perusahaan harus menjalin kerjasama dengan perusahaan lain. Dalam menjalin kerjasama antar perusahaan tentu tidak semuanya dapat berjalan dengan mulus.

Pasalnya dalam berbisnis tidak jarang pula sering menemui kendala berupa barang yang tidak sesuai hingga masalah tunggakan pembayaran. Namun dari sekian masalah yang ada dalam berbisni, masalah tunggakan pembayaran merupakan salah satu masalah yang cukup besar dan tidak diinginkan oleh banyak pelaku bisnis.

Karena dengan adanya masalah tunggakan pembayaran tentu sedikit banyak akan mempengaruhi proses bisnis yang ada khususnya berpengaruh terhadap kegiatan operasional perusahaan tersebut.

Untuk mengatasi masalah tunggakan pembayaran, ada beberapa cara yang bisa dilakukan salah satunya adalah dengan mengirimkan surat niaga pemberitahuan tunggakan pembayaran. Dengan mengirimkan surat niaga pemberitahuan tunggakan pembayaran diharapkan penerima surat tersebut dapat segera membayar tunggakan pembayaran tersebut.

Membuat surat niaga pemberitahuan tunggakan pembayaran tentu tidak semudah yang dibayangkan. Pasalnya pengirim harus memperhatikan gaya bahasa yang digunakan supaya tidak menyinggung penerima surat niaga pemberitahuan tunggakan pembayaran.

Adapun contoh surat niaga tentang pemberitahuan tunggakan pembayaran dapat dilihat dibawah ini

Surat Niaga Tentang Pemberitahuan Tunggakan Pembayaran

Malaka, 12 Desember 2019

 

Nomor                 : 31/KLH/MP/XII/2019

Lampiran             : 1 lembar

Perihal                  : Pemberitahuan Tunggakan Pembayaran

 

Kepada Yth,

Direktur PT. Mandiri Bersama

Jl. Marta Bumi No. 12, Sukadamai

Malaka

 

Dengan hormat,

Berdasarkan faktur no. 79/KHM/X/2019, kami memberitahukan bahwa perusahaan Bapak/Ibu masing mempunyai hutang pembayaran barang sebesar Rp. 12.750.000,- (dua belas juta tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) yang harusnya sudah dibayarkan pada tanggal 10 Desember 2019.

Tetapi kami belum menerima pembayaran dari tanggal yang Bapak atau Ibu pimpinan PT. Mandiri Bersama yang sudah tetapkan sebelumnya. Oleh sebab itu, kami memohon kerjasama Bapak/Ibu untuk memberikan penjelasan terkait keterlambatan pembayaran tersebut sekaligus melakukan pembayaran.

Semoga dengan adanya hal ini tidak akan menganggu kerjasama yang sudah terjalin antara Bapak/Ibu dengan kami selama ini.

Kami berharap semoga hal seperti ini tidak terjadi lagi dan pembayaran dapat dilakukan sesuai dengan perjanjian yang sudah disepakati bersama di awal kerjasama.

Demikian surat pengiriman barang untuk PT. Mandiri Bersama kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat kami,

 

Toni Sartoni

Direktur PT. Muda Perkasa

Contoh Surat Niaga Tentang Peringatan Permohonan Tunggakan Pembayaran

Surat ini biasanya digunakan para pelaku bisnis untuk meminta tenggang waktu pelunasan pembayaran. Dimana pihak yang mengirimkan surat ini sebelumnya sudah menerima surat niaga pemberitahuan tunggakan pembayaran.

Atau dengan kata lain surat niaga peringatan permohonan tunggakan pembayaran merupakan balasan dari surat niaga pemberitahuan tunggakan pembayaran. Dimana didalam surat niaga peringatan permohonan tunggakan pembayaran berisi informasi yang menjelaskan bahwa pengirim surat meminta tambahan waktu untuk bisa melunasi tunggakan pembayaran tersebut.

Untuk membuat surat niaga peringatan permohonan tunggakan pembayaran juga tidak boleh sembarangan. Pasalnya dalam membuat surat ini gaya bahasa yang digunakan harus diperhatikan dengan baik. Hal tersebut bertujuan supaya penerima surat niaga peringatan permohonan tunggakan pembayaran tidak merasa tersinggung dan dapat memahami isi surat tersebut dengan baik.

Usahakan dalam membuat surat niaga peringatan permohonan tunggakan pembayaran jangan menggunakan gaya bahasa yang berkesan memaksa dan bertele-tele. Supaya lebih jelas lagi untuk memahami surat niaga tentang peringatan permohonan tunggakan pembayaran langsung saja simak contohnya dibawah ini.

Surat Niaga Tentang Peringatan Permohonan Tunggakan Pembayaran

Jakarta, 16 November 2019

Nomor                 : 109/KTA/LA/XI/2019

Lampiran             : 1 lembar

Perihal                  : Permohonan Tunggakan Pembayaran

 

Kepada Yth,

Direktur PT. Sejahtera Abadi

Jl. Air Keruh No. 102, Margasari

Jakarta

 

Dengan hormat,

Berdasarkan surat yang Bapak/Ibu berikan dengan nomor surat 121/HKL/MD/XI/2019 dan nomor faktur 32/MSA/HK/XI/2019. Kami mengetahui bahwa perusahaan PT. Lestari Alam kami masih mempunyai hutang sebesar Rp 13.000.000 (tiga belas juta rupiah) yang harus dilunasi tanggal 17 November 2019.

Dalam surat ini kami tahu bahwa Bapak/Ibu meminta kami untuk mempercepat pelunasan hutang. Hal itu dikarenakan perusahaan Bapak/Ibu sedang mengalami musibah kemalingan dan memerlukan dana tambahan untuk mengatasi musibah tersebut.

Namun untuk bisa melunasi semua hutang kami kepada Bapak/Ibu, kami masih memerlukan tambahan waktu sekitar 5 hari dari tanggal yang sudah Bapak/Ibu tetapkan. Oleh karena itu kami mohon kerjasama Bapak/Ibu untuk memberikan kami tambahan waktu untuk bisa melunasi semua hutang kami.

Semoga kebaikan dan juga kesempatan yang Bapak/Ibu berikan kepada kami dapat mempererat kerjasama yang sudah terjalin selama ini.

Kami berusaha agar hal yang terjadi ini tidak terulang kembali dan untuk pembayaran bisa dilakukan seusuai kesepatakan yang sudah ditentukan bersama.

Demikian surat pengiriman barang untuk PT. Sejahtera Abadi kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan banyak terima kasih.

 

Jakarta, 13 November 2019

Hormat kami,

 

Roliando

Direktur PT. Lestari Alam

 

Semoga dengan beberapa informasi tentang surat niaga diatas beserta contohnya, dapat dijadikan referensi yang baik ketika kalian ingin membuat surat niaga. Dimana hal yang perlu diperhatikan ketika membuat sebuah surat niaga adalah menggunakan gaya bahasa yang baik dan sopan serta mudah dipahami. Sehingga tidak menimbulkan kesalah pahaman ataupun menyinggung salah satu pihak.

Copyright 2016 - 2019