Harian Nusantara

Panduan Penulisan dan Contoh Surat Lamaran CPNS

surat 349 View

Contoh Surat Lamaran CPNS – Kita tahu bersama bahwa penerimaan Pegawai Negeri Sipil atau PNS setiap tahunnya menjadi buruan para pencari kerja untuk mendapatkan kerja dengan gaji yang layak. Tetapi banyak para calon PNG gagal saat melakukan tahap seleksi CPNS karena tingkat persaingan yang ketat untuk mendapatkan posisi yang dinginkan.

Sebelum melakukan lamaran kerja agar bisa lolos seleksi calon PNS harus melakukan beberapa tahapan agar bisa lolos seleksi dengan persiapa yang matang. Dan salah satu yang sering membuat gagal dalam seleksi CPNS adalah di selesi administrasi.

Seleksi administrasi salah satunya adalah surat lamaran kerja, karena itu bagi kalian yang berniat ingin mengikuti seleksi CPNS dan masih bingung untuk membuat surat lamaran PNS, kami disini memiliki beberapa contoh surat lamaran CPNS.

Loading...

Walaupun sebenarnya untuk format surat lamaran CPNS bisa kalian unduh di situs resmi permerintahan di website CPNS. Dengan format tersebut maka calon PNS bisa membuat lamaran kerja dengan lebih jelas dan efektif sesuai dengan persyaratan yang dibutuhkan.

Hal Wajib Diperhatikan Saat Membuat Surat Lamaran CPNS

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuat surat lamaran kerja CPNS untuk yang ingin mendaftarnya, berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membuat surat lamaran kerja CPNS terbaru.

1. Melakukan Pendaftaran Online

Sebelum Anda membuat surat lamaran CPNS sebaiknya mendaftarkan diri terlebih dahulu secara online di situs resmi SSCN BKN.

Untuk mendaftarnya Anda cukup membuka situs resminya dan klik halaman registrasi atau pendaftaran kemudian masukan data valid yang dibutuhkan seperti nomer KK dan NIK sesuai dengan data yang ada di KTP dan KK yang terbaru yang Anda miliki.

Setelah itu Anda isikan data lainnya seperti alamat, password, email aktif yang nantinya digunakan untuk mengakses website SSCN dan beberapa pertanyaan kemanan wajib diisi saat melakukan registrasi. Selain itu Anda juga wajib mengunggah dokumen pas foto dengan ukuran minimal 120 KB dan maksimal 200 KB dengan format fotonya JPG.

Jika sudah Anda akan mendapatkan kartu yang menjadi bukti telah mendaftar sebagai CPNS dan kartu tersebut bisa dicetak sendiri. Jika akun sudah dibuat, maka langsung coba untuk login ke webiste SSCN dengan login akun yang tadi dibuat dan lanjutkan dengan menlakukan langkah-langkah lanjutan pendaftarannya.

2. Analisis Format Resmi Surat Lamaran Kerja

Jika sudah, saat ingin membuat surat lamaran CPNS harus memperhatikan dan menganalisis contoh resmi surat lamaran kerja CPNS yang ada di webiste resmi pemerintah, agar nantinya tidak ada kesalahan saat membuat lamaran. Dikarenakan setiap posisi yang dibutuhkan pemerintahan biasanya akan memiliki format penulisan lamaran kerja yang berbeda-beda.

Tapi jika ingin melamar seleksi CPNS secara umum, Anda dapat membuka situs resmi dari Menkumham dan disitus tersebut ada contoh format surat lamaran CPNS yang terbaru yang dapat dianalisis dan dicontoh saat penulisan lamarannya.

3. Surat Lamaran CPNS Wajib Diketik

Sekarang ini, sudah umum bahwa surat lamaran kerja yang dikirimkan ke suatu perusahaan atau instansi dalam penulisannya dengan di ketik menggunakan komputer atau laptop. Karena itu, jika selama ini sering membuat lamaran kerja dengan tulis tangan, untuk mengikuti seleksi CPNS diwajibkan membuat surat lamaran kerja dengan cara diketik.

4. Penulisan Menggunakan Bahasa Yang Baik dan Benar

Dalam menulis lamaran pekerjaan tentunya penggunaan bahasa yang baik dan benar merupakan sebuah hal yang wajib diperhatikan. Karena jika menulis lamaran dengan bahasa yang tidak baku dapat dipastikan nantinya tidak akan bisa lolos seleksi administrasi.

Dengan mengirimkan surat lamaran sama saja kalian sedang meminta izin kepada pemilik perusahaan atau instansi yang ingin di lamar, sehingga etika penulisan dalam surat lamaran harus benar, rapi dan menggunakan bahasa yang baik.

Sekarang ini tidak usah bingung karena di media online sudah banyak contoh surat lamaran CPNS dengan bahasa yang baik dan benar yang dapat dicontoh.

5. Jangan ada Typo atau salah ketik

Sebenarnya tidak hanya dalam menulis surat lamaran CPNS saja, agar bisa lolos dalam seleksi administrasi setiap lamaran pekerjaan kita harus lebih teliti dalam penulisan jangan sampai tidak ada yang typo dan salah ketik. Apalagi ketika ingin menulis surat lamaran kerja CPNS maka penulisan yang tidak salah ketik wajib diteliti sebelum mengirimkannya.

Karena pada tahapan seleksi CPNS akan ada banyak persaingan dengan calon lainnya yang mungkin sangat teliti dan lebih baik dalam penulisan surat lamaran kerja. Yang terbaik adalah dengan selalu membaca dengan perlahan berulang kali tulisan lamaran kerja yang telah dibuat apakah sudah tidak ada tulisan yang salah ketik atau typo. Karena jika kurang teliti mungkin hal ini bisa menyebakan gagal seleksi CPNS

Jadi teliti saat membuat surat lamaran kerja sangat dibutuhkan, Anda harus dalam kondisi fit saat menulis. Sehingga kesalahan dalam penulisan tidak ada kata kata ytang salah ketik atau typo.

6. Melampirkan Dokumen Sesuai Persayaratan CPNS

Setelah selesai menuliskan surat lamaran kerja CPNS ada hal lain yang harus diperhatikan saat mengirim surat lamaran yaitu dokumen atau berkas kelengkapan sesuai dengan persyaratan CPNS yang ingin dilamar. Dalam penulisan surat lamaran dokumen yang akan dilampirkan wajib dicantumkan pada isi surat sebagai bukti kelengkapan dokumen.

Umumnya dokumen yang wajib dilampirkan dalam lamaran kerja seperti Fotokopi Ijazah dan transkip nilai, fotokopi KTP, pas foto terbaru ukuran 3×4 cm sebanyak 6 lembar atau sesuai persyaratan, fotokopi KTP orang tua, fotokopi akta kelahiran, dan surat keterangan hubungan keluarga jika dibutuhkan.

Dokumen yang dibutuhkan dalam persyaratan wajib untuk dilengkapi dan jangan sampai tidak terlampirkan saat mengirim lamaran kerja. Selain itu dalam melampirkan dikumen juga harus jelas dalam pencetakan hasil fotocopy berkas tersebut dan bisa dibaca.

Itulah 6 hgal yang wajib diperhatikan saat membuat surat lamaran CPNS, sehingga bisa lolos seleksi administrasi saat seleksi CPNS dengan peluang lebih besar. Jadi dalam penulisan ketelitian sangatlah dibutuhkan dan bisa dibilang wajib diperhatikan. Jadi yang terbaik adalah setelah selesai membuat surat lamaran CPNS di cetak dan minta teman atau orang lain untuk mengkoreksinya lagi apakah masih ada kesalahan atau kekurangan atau tidak.

Setelah hal-hal yang wajib dipenuhi saat penulisan lamaran CPNS diketahui, maka tahapan selanjutnya yang dibutuhkan adalah referensi dan contoh surat lamaran CPNS terbaru. Sebelum masuk ke contohnya, silahkan simak format cara membuat lamaran CPNS terbaru di bawah ini.

Format Penulisan Lamaran CPNS Terbaru

Saat membuat lamaran kerja tentunya ada beberapa format yang wajib diperhatikan karena setiap lamaran kerja memiliki format penulisan yang berbeda-beda. Jadi untuk membuat surat lamaran CPNS lebih sempurna harus memperhatikan format penulisan di bawah ini :

Ukuran Kertas dan Margin Surat

Yang pertama diperhatikan saat menulis lamaran kerja untuk seleksi CPNS adalah ukuran kertas. Dalam ukuran kertas ini umunya menggunakan ukuran kertas A4. Untuk margin surat bisa dicontoh dari penulisan surat lamaran pada umumnya.

Saat mengetikan surat lamaran di MS Word maka harus mengatur ukuran kertas dan margin di bagian menu Page Layout dan mengatur ukuran sesuai ketentuan yang dibutuhkan di menu ini.

Mengatur Format Penulisan

Untuk format yang dimaksudkan ini adalah pengaturan format dalam ukuran font, paragraf, jenis font dan spasi dalam penulisan.

Saat ini untuk mengatur format penulisan yang umum digunakan adalah font jenis serif yang bisa dipilih seperti Tahoma, Times New Roman atau sesuai dengan ketentuan dalam penulisan lamaran kerja yang didapatkan. Sedangkan untuk ukuran font umunya menggunakan 12 pt.

Untuk penulisan perataan tulisan adalah rata kanan kiri atau bahasa di ms wordnya adalah justfy dan terakhir untuk ukuran spasi yang digunakan 1,5 pt. Jika menggunakan ms word pengaturan ini dapat dilakukan di menu Home.

Beri Keterangan Waktu Pembuatan surat di Sudut Kanan Atas

Selanjutnya dalam format penulisannya menuliskan tempat dan tenggal pembuatan surat juga wajib diperhatikan. Tanggal disini sebenarnya buka tanggal dimana surat lamaran dibuat tetapi adalah tanggal dimana Anda akan mengirimkan pendaftaran.

Umumnya untuk seleksi CPNS yang digunakan adalah tanggal saat mendaftar secara online, jadi tanggal ini wajib diperhatikan dengan baik-baik karena dalam proses pendaftaran CPNS ini semuanya saling berhubungan.

Contoh penulisannya sangat mudah dan umum seperti “Purwokerto, 22 Maret 2020”. Ya sesimple itu, walaupun simple tetapi penulisan tempat dan tanggal ini benar-benar tidak boleh terlewatkan.

Tujuan Surat

Di bawah format penulisan tempat dan tanggal adalah menuliskan kemana surat lamaran tersebut dituju seperti kepada dan alamat penerima. Dalam kolom ini kalian isikan nama dan tempat dengan benar sesuai dengan ketentuan.

Saat mencoba melamar CPNS di posisi umum seperti Guru maka surat lamaran tersebut ditunjukan kepada Menkumham.

Untuk melamar pada posisi pemerintahaan daerah maka ditunjukan ke pemprov atau langsung ke Gubernur Provinsi tempat Anda ingin melamarnya.

Tulisakan Identitas Lengap dan Valid

Selanjutnya menuliskan biodata diri yang lengkap sesuai dengan KPT yang terbaru dan data tersebut harus valid dan benar-benar terdaftar di pemerintahan.

Dibagian ini dicantumkan data diri seperti Nama, Tempat dan Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, Pendidikan Terakhir, dan Posisi yang ingin dilamat, dan terakhir adalah alamat tinggal sekarang atau domisili.

Membuat Paragraf Dengan Bahasa Yang Sopan

Untuk menuliskan paragraf pembuka tidak perlu panjang-panjang, yang terpenting adalah menuliskannya dengan bahasa yang baik dan sopan. Umumnya kata pembuka dalam surat lamaran kerja seperti ” Dengan ini saya menyampaikan surat lamaran kerja untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di posisi Guru “.

Dalam contoh diatas, posisi Guru bisa diganti sesuai dengan posisi yang sedang ingin dilamar. Isikan dengan jelas posisi yang benar-benar ingin dilamar dan jangan sampai salah.

Berkas Dokumen kelengkapan

Selanjutnya adalah menuliskan berkas dokumen apa saja yang dilampirkan dalam surat lamaran kerja seperti berkas KTP, Pas Foto, Transkip Nilai dan dokumen kelengkapan lainnya.

Pastikan berkas dokumen kelengkapan ini sudah sesuai dengan persyaratan yang dibutuhkan dari posisi yang ingin dilamar. Jadi usahakan dalam melampirkannya jangan ada satupun dokumen yang terlewatkan, karena jika hal ini terjadi besar kemungkinan tidak akan lolos seleksi administrasi CPNS.

Menulis Parafgraf Penutup

Untuk di bagian bawah ada paragraf penutup untuk mengakhiri surat yang juga harus dituliskan secara sopan seperti pada kata pembuka. Contoh penutup surat lamaran yang umum dibuat seperti ini.

Demikian surat lamaran seleksi CPNS ini dibuat. Seluruh berkas data dan dokumen dalam surat lamaran kerja ini sesuai dengan data yang sebenarnya. Jika suatu hari data yang dikirimkan palsu, maka saya bersedia untuk didiskualifikasi dan siap menerima konsekuensinya. Terimakasih atas perhatiannya telah menyempatkan membaca surat lamaran kerja ini.

Tulisakan di Pojok Kanan Bawah Surat Lamaran Tanda Tangan dan Nama Jelas

Pada bagian akhir surat lamaran CPNS adalah menuliskan nama jelas dan tanda tangan yang disertai dengan materai 6000.

Jika semua format penulisan surat lamaran kerja dibuat, langkah terakhir adalah membacanya ulang berkali-kali dengan perhalahan. Pastikan tidak ada kesalan dalam penulisannya. Jika kurang puas bisa meminta bantuan orang lain untuk mengkoreksinya ulang 1 atau 2 orang teman, keluarga atau sahabat.

Jika semua proses penulisan surat lemaran sudah dirasa baik dan benar tanpa ada kesalahan, lanjut dengan proses mencetaknya. Dan saat mencetaknya juga usahakan cetak dengan tinta yang terbaik agar tulisan dapat dengan jelas dibaca.

Jika sudah dicetak, buat juga salinan hasil cetakan tersebut dengan cara discan untuk dapat diunggah ke situs resmi SSCN BKN. Selain surat lamaran yang perlu discan, semua dokumen yang berhubungan atau yang terlampir juga wajib untuk discan untuk diunggah bersamaan dengan surat lamaran yang telah dibuat.

Contoh Penulisan Surat Lamaran CPNS Terbaru

Untuk dijadikan referensi dalam penulisan surat lamaran CPNS yang terbaru, kami memiliki contohnya di bawah ini untuk contoh surat lamarannya.

Purwokerto, 5 Februari 2020

( Tanggal diisi berdasarkan tanggal pendaftaran di situs SSCN )

Yth. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia

( atau bisa diganti sesuai dengan alamat posisi yang diinginkan )

Di Jakarta ( sesuaikan dengan kota kementrian yang dituju )

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                                 : Irfan Adit Mardani

Tempat/Tanggal Lahir    : Banyumas,28 Juni 2020

Jenis kelamin                     : Pria

Pendidikan                         : SMA Negeri 1 Purwokerto (jurusan IPA atau IPS)

Jabatan yang dilamar      : Guru (umum/ spesifik)

Alamat                               :  Jalan Sukses Dan Terbaik, Desa Internet Marketing, Kecamatan Google, Kabupaten Dunia Maya, Jawa Tengah.

Dengan ini saya menyampaikan surat lamaran kerja untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di posisi Guru di Kementerian Hukum dan HAM Tahun Anggaran 2020. Sebagai bahan pertimbangan dalam lamaran ini, kami lampirkan dokumen sebagai berikut:

  1. KTP
  2. Pas Foto
  3. Transkip Nilai
  4. …dst (sesuai persyaratan pada pengumuman saat selesi CPNS terbaru)

Demikian surat lamaran seleksi CPNS ini dibuat. Seluruh berkas data dan dokumen dalam surat lamaran kerja ini sesuai dengan data yang sebenarnya. Jika suatu hari data yang dikirimkan palsu, maka saya bersedia untuk didiskualifikasi dan siap menerima konsekuensinya. Terimakasih atas perhatiannya telah menyempatkan membaca surat lamaran kerja ini.

 

 

Hormat Saya,

 

Ditandatangani+materai 600

Irfan Adit Mardani

(nama_lengkap)

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019