Harian Nusantara

Kegunaan Surat Pesanan Beserta Contohnya

surat 331 View

Surat pesanan merupakan salah satu surat yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan bisnis atau usaha. Mungkin kalian banyak yang belum tahu, apa yang dimaksud dengan surat pesanan. Secara sederhana surat pesanan dapat diartikan sebagai surat yang berisi pesanan barang. Atau dengan kata lain surat pesanan merupakan surat yang dikirimkan oleh pembeli kepada penjual yang berisi pesanan pembelian barang.

Setiap surat yang dibuat, tentu memiliki kegunaanya masing-masing tanpa terkecuali ketika membuat surat pesanan. Adapun surat pesanan sendiri biasanya digunakan sebagai balasan dari surat tawaran yang dikirimkan oleh penjual kepada calon pembeli, jika calon pembeli merasa tertarik dengan barang yang ditawarkan oleh penjual.

Namun bagi kalian yang ingin membuat surat pesanan, kalian juga tidak perlu menunggu surat tawaran yang dikirimkan oleh penjual terlebih dahulu. Pasalnya untuk membuat surat pesanan kalian juga bisa membuatnya kapan saja selama kalian merasa tertarik untuk memesan produk yang kalian lihat.

Loading...

Misalnya ketika kalian melihat iklan suatu produk atau barang baik di media cetak ataupun di media elektronik, kemudian kalian tertarik untuk memesan produk atau barang tersebut. Maka kalian dapat mengirimkan surat pesanan kepada pihak yang mengiklankan produk atau barang tersebut (penjual) tanpa perlu menunggu surat tawaran yang dikirimkan oleh pihak penjual kepada kalian.

Untuk membuat surat pesanan kepada penjual, kalian juga tidak boleh membuatnya dengan sembarangan. Pasalnya didalam surat pesanan ada beberapa kaidah ataupun poin penting yang harus diperhatikan.

Adapun kaidah atau poin penting yang harus diperhatikan didalam surat pesanan antara lain terdapat informasi mengenai barang apa saja yang diminati dan ingin dipesan oleh pembeli.

Selain itu surat pesanan juga harus dibuat dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar, serta jelas, rinci dan tidak bertele-tele. Sehingga pihak yang menerima surat tersebut dapat mudah memahami isi surat pesanan tersebut.

Surat pesanan sendiri biasanya digunakan untuk keperluan pemesanan barang dalam jumlah banyak. Supaya pemahaman kalian bisa lebih jelas lagi mengenai surat pesanan, lebih baik kalian menyimak beberapa informasi mengenai surat pesanan beserta contohnya dibawah ini.

Contoh Surat Pesanan Toko

Surat pesanan tidak hanya diperlukan oleh perusahaan-perusahaan besar saja. Pasalnya selain dibutuhkan oleh sebuah perusahaan besar, surat pesanan juga diperlukan oleh sebuah toko.

Hal itu tentu tidak lepas dari banyaknya barang ataupun produk yang dijual pada sebuah toko. Selain barang dan produknya yang beragam, jumlah stok produk ataupun barangnya juga banyak. Dimana seperti yang sudah diketahui bersama bahwa surat pesanan biasanya digunakan untuk memesan barang atau produk dalam jumlah yang banyak.

Maka dari itu tidak sedikit pula toko yang mengirimkan surat pesanan kepada perusahaan yang memamasok barang atau produk yang nantinya akan dijual di toko. Dengan memesan barang atau produk langsung kepada pemasok tentu harganya akan lebih terjangkau.

Untuk lebih jelasnya lagi tentang surat pesanan toko, langsung saja meliihat contoh surat pesanan toko dibawah ini.

Surat Pesanan Toko

Jakarta, 25 April 2019

Nomor  : 14/JKT/MD/IV/2019

Perihal   : Pemesanan Perabotan Rumah Tangga

 

Kepada Yth,

Direktur PT. Karya Sejahtera

Jln. Madukara No. 34, Dahlia

Jakarta

 

Dengan hormat,

Berdasarkan surat penawaran yang Bapak/Ibu kirimkan pada tanggal 24 Maret 2019 perihal perabotan rumah tangga. Kami tertarik dengan perabotan rumah tangga yang Bapak/Ibu tawarkan dan berniat untuk memesan :

  1. 100 Unit Wajan Anti Gosong
  2. 250 Unit Panci Presto
  3. 200 Unit Piring Plastik
  4. 120 Unit Kompor Listrik

Kami harap pesanan dapat segera diproses dan dikirimkan selambat-lambatnya tanggal 29 April 2019. Untuk pembayarannya akan dilakukan secara cash begitu barang sudah diterima dan selesai diperiksa.

Demikian surat pesanan Perabotan Rumah Tangga ini kami sampaikan dan semoga bisa bekerja sama dengan baik dan jangka panjang, terima kasih.

 

Hormat kami

 

Udin Bahar

Contoh Surat Pesanan Produk Elektronik

Di era teknologi sekarang ini, kebutuhan akan penggunaan barang-barang elektronik tentu semakin meningkat. Apalagi sekarang banyak barang-barang elektronik yang memiliki fitur-fitur yang canggih yang bisa memanjakan penggunanya.

Adapun barang-barang elektronik yang banyak diminati orang saat ini antara lain meliputi televisi, smartphone hingga laptop dan masih banyak lagi. Dengan banyaknya peminat terhadap barang elektronik tersebut, tentu sebuah toko elektronik harus memiliki stok barang elektronik tersebut dengan jumlah yang banyak.

Untuk bisa mendapatkan stok barang elektronik tersebut dalam jumlah yang banyak, tentu pihak toko elektronik bisa mengirimkan surat pesanan barang-barang elektronik kepada produsen barang elektronik tersebut.

Dengan memesan ataupun membeli barang-barang elektronik secara langsung kepada produsen barang elektronik tersebut maka harganya akan lebih terjangkau dan kualitas barangnya lebih terjamin. Sehingga jika barang elektronik tersebut dijual lagi di toko, akan mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

Supaya lebih jelas lagi mengenai surat pesanan barang-barang elektronik, lebih baik menyimak contoh surat pesanan barang-barang elektronik dibawah ini.

Surat Pesanan Barang-Barang Elektronik

Majalaya, 20 Januari 2019

Nomor  : 25/MJL/KD/I/2019

Perihal   : Pemesanan barang-barang elektronik

 

Kepada Yth,

Direktur PT. Jaya Elektronik

Jl. Bahar No. 123, Cilangkap

Majalaya

 

Dengan hormat,

Berdasarkan surat penawaran barang elektronik yang Bapak/Ibu tawarkan kepada kami dengan nomor : 12/PKL/MK/I/2019 pada tanggal 10 Januari 2019. Kami tertarik dan berniat untuk mmesan barang elektronik yang Bapak/Ibu tawarkan dengan rincian sebagai berikut :

  1. 15 Unit Smart TV 21”
  2. 20 Unit TV LED 29”
  3. 30 Unit Kipas Angin
  4. 10 Unit Mesin Cuci
  5. 25 Unit Kulkas

Untuk pembayarannya menggunakan sistem pembayaran DP 50% yang akan dibayarkan pada saat barang sudah diterima dan sudah selesai diperiksa. Adapun sisa pembayarannya akan kami cicil dua kali dalam waktu satu bulan.

Demikian surat pesanan produk elektronik untuk PT. Jaya Elektronik kami sampaikan dan semoga bisa bekerja sama dengan baik dan jangka panjang, terima kasih.

Tarman Sutarman

Contoh Surat Pesanan Barang Yang Dilengkapi Dengan Harga

Biasanya ketika penjual mengirimkan surat penawaran barang atau produknya kepada calon pembeli. Selain berisi informasi nama barang tersebut, penjual juga akan memberikan informasi mengenai harga barang yang ditawarkan.

Jika harga barang tersebut dicantumkan tentu hal tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan bagi calon pembeli sebelum memutuskan untuk membeli atau memesan barang tersebut.

Apabila barang yang ditawarkan memiliki kualitas yang baik serta harga yang ditawarkan juga terjangkau, tentu tidak menutup kemungkinan akan ada banyak pembeli yang tertarik untuk memesan barang tersebut.

Ketika pembeli merasa tertarik dengan barang yang ditawarkan oleh penjual dan membutuhkan barang tersebut dalam jumlah banyak. Pembeli dapat mengirimkan surat pesanan kepada penjual yang berisi tentang informasi barang tersebut beserta harganya yang sudah tercantum dalam surat tawaran yang dikirimkan penjual kepada calon pembeli.

Dengan menuliskan infromasi nama barang dan harga barang pada surat pesanan, tentu pesanan diharapkan akan lebih mudah dipahami dan diproses oleh penjual. Selain itu dengan mencantumkan harga pada surat pesanan juga dapat memudahkan pembeli untuk menghitung nominal uang yang harus dibayarkan kepada penjual.

Dibawah ini ada contoh surat pesanan barang yang dilengkapi dengan harga yang bisa dijadikan referensi untuk kalian

Surat Pesanan Barang Yang Dilengkapi Dengan Harga

Mojolali, 09 Februari 2019

Nomor  : 14/MJL/KS/II/2019

Perihal   : Pemesanan Barang

 

Kepada Yth,

Direktur PT. Gita Sentosa

Jln. Suraminggu No. 12, Mangir

Mojolali

 

Dengan hormat,

Berdasarkan surat penawaran yang Bapak/Ibu kirimkan kepada kami, pada tanggal 15 Januari 2019 lalu. Kami tertarik dan memutuskan untuk memesan beberapa barang seperti yang ada dibawah ini :

  1. 50 Unit Laptop 14” @ Rp 3.500.000
  2. 100 Unit Smartphone @ Rp 2.000.000
  3. 70 Unit Kulkas @ Rp 1.500.000
  4. 30 Unit AC @ Rp 2.300.000
  5. 25 Unit Mesin Cuci @ Rp 1.750.000

Kami berharap barang pesanan kami dapat segera diproses dan dikirim sebelum tanggal 13 Februari 2019. Untuk pembayarannya akan kami lakukan secara cash setelah barang sudah diterima dan sudah selesai diperiksa.

Demikian surat pesanan untuk PT. Gita Sentosa kami sampaikan dan semoga bisa bekerja sama dengan baik dan jangka panjang, terima kasih.

 

Hormat kami,

 

Berto Roberto

Contoh Surat Pesanan Barang Berdasarkan Iklan

Seperti yang sudah dijelaskan diawal bahwa dalam mengirimkan surat pesanan. Kalian sebagai pembeli dapat membuatnya tanpa perlu menunggu surat tawaran yang dikirimkan oleh penjual.

Seperti misalnya ketika kalian tiba-tiba melihat iklan sebuah produk atau barang yang ada dimedia cetak ataupun media elektronik. Lalu kalian merasa tertarik dengan produk atau barang yang ada diiklan tersebut serta ingin membeli barang tersebut dalam jumlah banyak.

Kalian sebagai pembeli dapat mengirimkan surat pesanan kepada penjual ataupun pihak yang mengiklankan produk atau barang tersebut.

Apalagi di era teknologi sekarang ini, tentu banyak produsen yang berlomba-lomba untuk megiklankan produk ataupun barang yang dimiliki dengan harapan akan ada banyak pembeli yang memesan barang atau produk tersebut.

Bagi kalian yang ingin tahu lebih jelas mengenai surat pesanan barang berdasarkan iklan, kalian bisa melihat contohnya yang ada dibawah ini.

Surat Pesanan Barang Berdasarkan Iklan

Surabaya, 12 Mei 2019

Nomor  : 14/SBR/KS/V/2019

Perihal   : Pemesanan Barang Peralatan Sekolah

 

Kepada Yth,

Toko Sekolah Serba Ada

Jln. Maju Terus No. 21, Sempoa

Surabaya

 

Berdasarkan iklan barang atau produk yang Bapak/Ibu pasang di majalah Anak Pintar edisi 10 tanggal 20 April 2019. Kami tertarik dengan barang peralatan sekolah yang Bapak/ibu tawarkan dan berniat untuk memesannnya dengan rincian sebagai berikut :

  1. 100 Rim kertas A4 60gr
  2. 500 Bolpoin
  3. 1000 Pensil 2B
  4. 1000 Penggaris Ukuran 30 cm
  5. 500 Penghapus
  6. 50 Papan Tulis Whiteboard
  7. 100 Lem Kertas Ukuran Kecil

Untuk pembayarannya akan kami lakukan dengan sistem angsuran sebanyak tiga kali dalam sebulan. Adapun angsuran pertama akan kami setorkan pada saat barang kami terima dan sudah selesai diperiksa.

Demikian surat pesanan untuk Toko Sekolah Serba Ada kami sampaikan dan semoga bisa bekerja sama dengan baik dan jangka panjang, terima kasih.

 

Hormat kami,

 

Joyo Sujoyo

Contoh Surat Pesanan Barang Berlangganan

Mungkin kalian sudah sering mendengar istilah berlangganan. Dimana secara sederhana berlangganan dapat diartikan sebagai kegiatan pembelian yang dilakukan lebih dari satu kali atau sering.

Bagi konsumen atau pembeli yang merasa cocok dengan barang yang ditawarkan oleh penjual baik dari segi kualitas barang dan juga harga barang tersebut tentu akan melakukan pembelian barang lebih dari satu kali kepada penjual barang tersebut.

Apalagi penjual barang tersebut memberikan pelayanan yang baik kepada setiap pembelinya tentu pembeli jga akan merasa nyaman dan tidak sulit memutuskan untuk berlangganan.

Tentu bagi pembeli yang sudah berlangganan melakukan pesanan dengan penjual barang tersebut. Pembeli dapat memesannya dengan mudah melalui surat pesanan yang dikirimkan kepada penjual. Adapun untuk lebih jelasnya lagi mengenai isi surat pesanan barang berlangganan yang dikirimkan oleh pembeli kepada penjual, Langsung saja lihat contoh suratnya dibawah ini.

Surat Pesanan Barang Berlangganan

Solo Raya, 19 Desember 2019

Nomor  : 24/SLR/KS/XII/2019

Perihal   : Pemesanan Barang

 

Kepada Yth,

Direktur PT. Agung Besar

Jln. Bebas Lepas No. 141, Majenang

Solo Raya

 

Dengan hormat,

Melalui surat ini kami ingin melakukan pemesan kembali untuk barang yang Bapak/Ibu produksi. Adapun rincian barang yang ingin kami pesan dapat dilihat seperti dibawah ini.

  1. 50 Unit Mesin Cuci 14” @ Rp 1.500.000
  2. 100 Unit TV LED 32” @ Rp 2.500.000
  3. 70 Unit AC @ Rp 2.000.000
  4. 300 Unit Lampu LED 10 Watt @ Rp 50.000
  5. 50 Unit Kompor Listrik @ Rp 3.750.000
  6. 150 Unit Kipas Angin Ukuran Sedang @ Rp. 120.000
  7. 100 Unit Hairdrayer @ Rp 750.000

 

Mengingat pentingnya barang tersebut bagi kami, dikarenakan stok barang tersebut yang hampir habis di store kami. Kami berharap barang yang kami pesan dapat segera sampai paling lambat tanggal 25 Juni 2019. Adapun pembayarannya akan kami lakukan secara cash ketika barang sudah sampai dan sudah selesai diperiksa.

Demikian surat pesanan untuk PT. Agung Besar Ada kami sampaikan dan semoga bisa bekerja sama dengan baik dan jangka panjang, terima kasih.

 

Hormat kami,

 

Narko Sunarko

Surat Pesanan Barang Berlangganan

Semarang, 21 Juni 2019

Nomor  : 13/SMG/LS/VI/2019

Perihal   : Pemesanan Barang

 

Kepada Yth,

Direktur PT. Serba Ada

Jln. Layang Kertas No. 31, Menjangan

Semarang

 

Dengan hormat,

Melalui surat ini kami ingin melakukan pemesan kembali untuk barang yang Bapak/Ibu produksi (Ember Anti Pecah) yang bermerk The Nggo Bae sebanyak 100 unit. Mengingat pentingnya barang tersebut bagi kami, dikarenakan stok barang tersebut yang hampir habis di store kami.

Kami berharap barang yang kami pesan dapat segera sampai paling lambat tanggal 25 Juni 2019. Adapun pembayarannya akan kami lakukan secara cash ketika barang sudah sampai dan sudah selesai diperiksa.

Demikian surat pesanan ini kami sampaikan. Atas kerjasama dan perhatiannya kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya.

Hormat kami,

 

Jaya Handoko

Contoh Surat Pesanan Produk Makanan Dan Minuman

Surat pesanan selain bisa digunakan untuk memesan barang berupa barang elektronik dan lain sebagainya, ternyata bisa juga digunakan untuk melakukan pemesanan produk makanan dan minuman.

Namun yang perlu digaris bawahi ketika memutuskan untuk mengirimkan surat pesanan produk makanan dan minuman kepada produsen makanan dan minuman tersebut adalah jumlah produk makanan dan minuman yang dipesan harus berjumlah besar.

Pasalnya dengan memesan secara langsung kepada produsen makanan dan minuman dengan jumlah besar, harga setiap makanan dan minumannya yang dipesan pasti akan menjadi lebih murah jika dibandingkan dengan melakukan pemesanan makanan dan minuman dalam jumlah kecil.

Selain itu dengan memesan makanana dan minuman secara langsung kepada produsen dalan jumlah besar. Tentu diharapkan pesanan tersebut akan lebih cepat diproses oleh produsen ataupun penjual produk makanan dan minuman tersebut.

Agar lebig jelasa lagi mengenai penulisan surat pesanan produk makanan dan minuman, ada baiknya untuk melihat contohnya dibawah ini.

Surat Pesanan Produk Makanan Dan Minuman

Medan, 19 Juli 2019

Nomor  : 14/MDN/SA/VII/2019

Perihal   : Pemesanan Pproduk Makanan

 

Kepada Yth,

Direktur PT. Food Enak

Jln. Hantam No. 11, Merauke

Medan

 

Dengan hormat,

Kami dari PT. Jaya Food ingin menindaklanjuti surat penawaran produk makanan yang Bapak/Ibu kirimkan. Berdasarkan hasil keputusan rapat yang sudah kami lakukan beberapa waktu lalu tentang produk makanan yang Bapak/Ibu tawarkan. Kami memutuskan untuk memesan produk makanan yang Bapak/Ibu tawarkan dengan rincian sebagai berikut.

  1. 30 box Mie Sehat
  2. 50 box Bumbu Rendang Instant
  3. 50 box Bumbu Sate Instant
  4. 20 box Pangsit Berbagai Rasa
  5. 40 box Kaldu Sapi Instant

Adapun pembayarannya akan kami lakukan dengan sistem transfer bank setelah barang sampai dan sudah selesai kami periksa. Untuk bukti pembayarannya akan kami kirimkan kepada Bapak/Ibu sebagai bukti pembayaran.

Demikian surat pesanan untuk PT. Food Enak Ada kami sampaikan dan semoga bisa bekerja sama dengan baik dan jangka panjang, terima kasih.

 

Hormat kami,

 

Agung Perkasa

Direktur PT. Jaya Food

Contoh Surat Pesanan Pakaian Batik

Pakaian merupakan salah satu kebutuhan pokok setiap orang. Selain digunakan untuk menutup aurat, pakaian juga dapat digunakan untuk berbagai kepentingan lainnya seprti menghadiri acara peresmian, pernikahan dan lain sebagainya.

Adapun salah satu pakaian yang banyak diminati orang adalah pakaian batik. Tentu dengan banyaknya jumlah peminat pakaian batik, maka tidak heran jika banyak toko pakaian batik yang kekurangan stok pakaian batiknya.

Untuk mengatasi kekurangan stok pakaian batik yang ada di toko, pemilik toko bisa langsung memesan pakaian batik tersebut kepada produsennya secara langsung dengan mengirimkan surat pesanan pakaian batik.

Supaya bisa memesan secara langsung kepada produsen pakaian batik, tentu jumlah stok pakaian batik yang dipesan harus berjumlah banyak. Dengan memesan pakaian batik secara langsung kepada produsen tentu harganya akan menjadi lebih murah ataupun lebih terjangkau.

Untuk lebih jelasnya lagi mengenai surat pesanan pakaian batik, ada baiknya untuk melihat contoh surat pesanan pakaian batik yang ada dibawah ini.

Surat Pesanan Pakaian Batik

Balikpapan, 10 Agustus 2019

Nomor  : 14/JKT/MD/VIII/2019

Perihal   : Pemesanan Pakaian Batik

 

Kepada Yth,

Direktur PT. Batik Cerah

Jln. Berlian Hitam No. 20, Muniraya

Balikpapan

 

Dengan hormat,

Berdasarkan iklan Bapak/Ibu yang dimuat pada majalah Gaya Busana edisi 12 tanggal 20 Juli 2019 tentang pakaian batik. Kami merasa tertarik dengan pakain batik yang Bapak.Ibu tawarkan dan berniat untuk memesan pakain tersebut dengan rincian sebagai berikut.

  1. 30 Kodi Daster Batik @ Rp 50.000
  2. 20 kodi Kaos Batik Pria @ Rp 45.000
  3. 40 kodi Kemeja Batik Lengan Pendek Unisex @ Rp 70.000

Untuk pembayarannya akan kami lakukan dengan sistem cicilan selama 5 kali melalui transfer bank. Adapun untuk DP 10% akan kami bayarkan secara cash pada saat barang sudah sampai dan sudah selesai kami periksa.

Demikian surat pesanan untuk PT. Batik Cerah kami sampaikan dan semoga bisa bekerja sama dengan baik dan jangka panjang, terima kasih.

 

Hormat kami,

 

Adang Sudadang

Contoh Surat Pesanan Kain Tekstil

Bagi perusahaan tekstil untuk bisa melakukan proses produksi tentu membutuhkan kain dalam jumlah yang tidak sedikit. Pasalnya setiap melakukan produksi bisa menghasilkan banyak pakaian.

Dimana pakaian yang dihasilkan tersebut nantinya akan didistribusikan lagi ke toko-toko pakaian yang sudah melakukan pemesanan pakaian sebelumnya. Dengan semakin banyak toko pakaian yang memesan pakaian kepada produsen tekstil tentu jumlah kaain yang dibutuhkan oleh produsen tekstil juga akan semakin banyak.

Bahkan tidak jarang pula produsen tekstil yang kehabisan stok kain untuk proses produksi. Untuk mengatasi masalah kekurangan stok kain tersebut, produsen tekstil mengirimkan surat pesanan kain tekstil secara langsung kepada perusahaan pemasok akin tekstil.

Dengan memesan kain tekstil secara langsung dalam jumlah banyak kepada perusahaan pemasok kain tekstil tentu selain kain tekstilnya berkualitas bagus, harganya juga akan menjadi lebih murah.

Supaya lebih jelas lagi mengenai surat pesanan kain tekstil, langsung saja menyimak contohnya dibawah ini.

Surat Pesanan Kain Teksktil

Riau Jaya, 23 Oktober 2019

Nomor  : 14/JRJY/LH/X/2019

Perihal   : Pemesanan Kain Tekstil

 

Kepada Yth,

Direktur PT. Kain Abadi

Jln. Meranggi No. 134, Batarkawung

Riau Jaya

 

Dengan hormat,

Menindaklanjuti surat penawaran yang sudah Bapak/Ibu kirimkan kepada kami lengkap beserta contoh kainnnya pada tanggal 10 Oktober 2019. Kami tertarik dengan kain yang Bapak/Ibu tawarkan kepada kami. Oleh sebab itu kami berniat untuk memesan kain yang Bapak/Ibu awarkan dengan rincian sebagai berikut.

  1. 1 Ball Kain Cotton Berwarna Merah
  2. 1 Ball Kain Cotton Berwarna Hijau
  3. 1 Ball Kain Polyester Berwarna Biru

Berdasarkan penawaran yang sudah Bapak/Ibu buat, semua biaya pengiriman sudah ditanggung oleh Bapak/Ibu. Selain itu untuk pembayarannya sendiri akan kami lakukan secara cash setelah semu barang sampai dan selesai diperiksa.

Kami berharap pesanan kami dapat segera diproses dan dikirimkan sebelum tanggal 28 Oktober 2019. Demikian surat pesanan untuk PT. Kain Abadi kami sampaikan dan semoga bisa bekerja sama dengan baik dan jangka panjang, terima kasih.

Hormat kami,

 

 

Bambang Subagjo

 

Semoga beberapa informasi diatas mengenai surat pesanan barang beserta contohnya dapat menambah wawasan kalian serta dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin membuat surat pesanan. Adapun hal yang perlu diperhatikan ketika membuat surat pesanan barang adalah bahasa yang digunakan harus sopan, jelas dan tidak bertele-tele.

Hal itu bertujuan supaya penerima surat pesanan dapat dengan mudah memahami maksud dan tujuan surat pesanan tersebut dikirimkan. Adapun penggunaan surat pesanan sebaiknya dilakukan ketika ingin memesan barang dalam jumlah banyak.

Namun dengan semakin berkembangnya dunai digital saat ini untuk memesan barang yang kalian inginkan tentu bukan hal yang sulit lagi. Karena proses pemesanan bisa dilakukan dengan cara menghubungi pihak produsen atau penjual barang secara langsung melalui sambungan telepon jika kalian memiliki nomer telepon pihak produsen atau penjual barang tersebut.

Tap menelpon secara langsung kepada produsen atau penjual barang untuk memesan barang dalam jumlah banyak tidak dianjurkan. Karena dengan memesan barang dalam jumlah banyak melalui sambungan telepon, tentu kalian tidak punya bukti yang kuat jika suatu saat terjadi hal yang tidak dinginkan terhadap pesanan barang yang kalian lakukan misalnya seperti barang tidak sesuai pesanan dan masalah lainnya yang mungkin saja bisa terjadi.

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019