Harian Nusantara

Fungsi alat music tradisional tifa khas Maluku dan papua

review produk 78 View

Fungsi alat music tradisional tifa khas Maluku dan papua

Maluku dan papua merupakan wilayah timur Indonesia yang memiliki kebudayaan dan keanekaragaman yang unik dibandingkan dengan provinsi lain di Indonesia. suku di papua merupakan suku ras polinesia yang merupakan ras berkulit hitam layaknya ras orang afrika yang tentunya sangat berbeda jauh dengan ras kebanyakan yang berada di sebagian besar provinsi Indonesia yang merupakan ras melayu dan asia. Meskipun berbeda justru hal inilah yang membuat keanekaragaman di Indonesia semakin unik dan menarik. Di papua dan Maluku sendiri mempunyai kebudayaan yang sangat lekat dengan music yang mana music di gunakan sebagai sesembahan untuk para leluhur mereka. Salah satu alat music khas Maluku dan papua yang paling umum di gunakan adalah tifa.

Mengenal alat music tifa khas papua dan Maluku

Alat music tifa merupakan alat music berjenis kendang atau alat music tabuh yang berasal dari papua dan Maluku. Alat music ini hanya di temukan di papua dan Maluku di dunia, sehingga alat music ini bukan hanya menjadi alat music khas papua dan Maluku namun juga sebagai alat music kebanggaan papua dan Maluku sekaligus sebagai identitas utama dari daerah papua dan Maluku. Alat music tifa ini biasa di gunakan untuk acara-acara adat dan keagamaan yakni sebagai puji-pujian bagi para leluhur maupun sebagai pengiring acara-cara adat lainnya seperti pernikahan, pemakaman dan lainnya.

Loading...

Alat music Tifa di papua

Meskipun namanya sama, namun ternyata alat music tifa dari Maluku dan papua memiliki perbedaan yang cukup mencolok. untuk alat music tifa dari papua sendiri  terbuat dari kayu lenggua yakni kayu yang tumbuh di hutan-hutan di daerah papua yang terkenal kuat dan besar. Kayu lenggua merupakan kayu nomor satu karena sangat tebal dan kuat serta bagus untuk di jadikan sebagai alat music. Biasanya kayu leggua akan di lubangi pada bagian dalam tabungnya sehingga dapat menghasilkan suara yang nyaring dan merdu ketika ditabuh. Kemudian pada salah satu sisi ujungnya di tutup dengan menggunakan kulit binatang. Karena suku-suku di papua masih menggunakan sistem perburuan maka banyak hasil kulit buruan yang bisa di jadikan sebagai penutup tifa ini. misalnya saja kulit rusa dan kulit biawak. Kulit rusa dan kulit biawak ini di keringkan hingga benar-benar kering dan kencang. Semakin kering dan kencang kulit binatang yang di jemur maka akan menghasilkan suara yang nyaring. Kemudian di tempel biji damar agar suara dari tifa ini lebih nyaring dan merdu. Suara dari tifa ini tidak sekeras suara rebana namun tetap nyaring dan merdu ketika di tabuh. Biasanya tifa di tabuh oleh para laki-laki dewasa ketika acara ritual penyembahan leluhur maupun acara acara adat lainnya seperti pemakaman, pernikahan dan acara adat lainnya.

Alat music tifa di Maluku

Selanjutnya selain papua, Maluku juga memiliki alat music yang bernama tifa namu berbeda yang ada di papua. Alat music tifa di Maluku ini memiliki bentuk yang lebih pendek dan lebar layaknya gendang. Selain itu tifa di Maluku memiliki ukiran-ukiran di bagian sisinya sehingga tifa dari Maluku ini lebih bercorak dan lebih memiliki banyak ukiran. Kemudian tifa di Maluku juga dapat di mainkan oleh siapapun tidak hanya oleh pria dewasa.

Persamaan antara tifa di papua dan Maluku

Adapun persamaan antara tifa di papua dengan tifa yang ada di Maluku adalah, keduanya sama-sama merupakan alat music tabung yang dimainkan dengan cara di tabuh dengan tangan. Selanjutnya penggunaanya pun hampir sama, jika di papua tifa di gunakan untuk acara-acara adat dan penyembahan kepada leluhur sementara tifa di Maluku hanya di gunakan untuk mengiringi upacara-upacara adat karena sebagian besar warga Maluku telah memiliki agama dan memeluk berbagai agama.

Harga Alat Musik Tifa Khas Maluku dan Papua

Untuk mendapatkan alat musik tida khas Maluku dan papua, kalian harus mengeluarkan budget sekitar Rp 200 ribu sampai Rp 300 ribuan.

Demikianlah beberapa ulasan mengenai alat music tradisional tifa khas Maluku dan papua, sebagai warga Negara Indonesia yang baik maka kita wajib mengenal berbagai kebudayaan dan kesenian yang ada di seluruh Indonesia agar menambah wawasan kita terhadap nusantara ini.

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019