Harian Nusantara

Funsgi Alat Musik Bonang

review produk 94 View

Funsgi Alat Musik Bonang

Bonang sering dipake di acara yang bersifat resmi maupun untuk memeriahkan suatu acara. Bentuk bonang sangatlah unik dengan beberapa gong kecil yang berderet di bingkai kayu. Gong-gong kecil berbaris rapi di suatu bingkai kayu. Terkadang gong kecil ini terdiri dari dua baris.

Bingkai kayu yang menyertainya juga beragam. Ada yang polos serta adapula yang berukiran sangat indah. Konon harga bingkai kayu yang mempunyai ukiran rumit ini mempunyai harga sampe puluhan juta rupiah. Ini akan lebih mahal lagi kalo diisi bonang yang terbuat dari perunggu. Karena bonang yang terbuat dari perunggu mempunyai harga lebih mahal dibandingkan dengan bonang yang terbuat dari besi.

Begitulah bonang, semakin artistik,unik dan menarik maka harganya pun mengikutinya. Tetapi jangan khawatir bonang yang terbuaat dari besi harganya akan jauh lebih murah. Jadi kalo dana terbatas, kamu bisa memilih bonang dengan bahan besi.

Loading...

Apa itu alat musik Bonang?

Alat musik Bonang adalah jenis alat musik yang terdapat dalam gamelan jawa. Bonang ini sering disebut juga dengan gong versi mini. lat musik bonang memiliki beberapa gong kecil yang disebut ceret atau pot. Gong-gong kecil itu diletakkan berbaris secara horisontal pada suatu bingkai kayu. Semua urutan ceret ini mempunyai bos pusat, tetapi gong yang berada disekelilingnya bernada rendah yang memiliki bentuk kepala datar. Sedangkan yang berbentuk melengkung satu akan menghasilkan nada yang lebih tinggi.

Bonang terbuat dari bahan perunggu yang kemudian dilas kemudian dipalu besi. Atau bisa juga terbuat dari kombinasi logam. Selain gong dengan bentuk ceret, bonang yang memiliki harga murah umumnya pembuatannya menggunakan bahan plat kuningan atau besi.

Adapun bagian-bagian dari bonang adalah :

  • Soko yaitu kayu yang mempunyaiperan sebagai penyangga waditra
  • Benang tali. Benang tali ini digunakan untuk penyangga penclon
  • Papalayumerupakan bagian depan dan belakang dari waditra
  • Pokpok yaitu sebagai ujung pangkal ancak
  • Palipid adalah bilahan kayu yang beradadiatas pongpok,digunakan sebagai penahan penclon-penclon

Fungsi dan kegunaan alat musik Bonang

Fungsi bonang pada jaman dahulu dipakai untuk mengiringi perang, Namun keberadaan bonang dimasa sekarang berbeda.  Bonang dipakai juga untuk mengiringi acara kenegaraan.

Seiring berjalannya waktu, fungsi bonang juga berubah. Pada saat ini bonang juga sering dipake untuk mengiringi pertunjukkan wayang orang, wayang kulit ataupun wayang golek. Selain wayang, bonang juga bisa dipake untuk mengiringi upacara pernikahan ataupun khitanan.

Dalam gamelan jawa ada tigam macam jenis bonang :

Panerus bonang

Ini merupakan jenis bonang yang memiliki nada yang tinggi, jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Serta menggunakan ketel yang kecil. Bonang ini mempunyai kecepatan dua kali lipat dibandingkan dengan bonang Barung. Oleh karena itu bonang jenis ini tidak cocok

Barung bonang

Bonang jenis ini mempunyai ukuran yang sedang.  Jika dibandingkan dengan bonang parung yang mempunyai oktaf tinggi, bonang barung ini mempunyai oktaf sedang ke tinggi.

Bonang barung ini sering dipakai untuk instrumen pembuka dan penutup dalam gendhing. Jenis gending bonang barung umumnya dimainkan saat pembukaan gendhing dan menuntun satu alur bersamaan dengan gending.

Bonang panembung

Jika dibandingkan dengan bonang lain, bonang panembung memiliki ukuran yang paling besar.

Cara memainkan alat musik bonang

Bonang biasanya dimainkan menggunakan tongkat kecil yang berlapis kaaret.

Cara memainkan bonang terdapat tiga teknis dalam aturan karawitan jawa.

  1. Dengan cara dua nada yang terdapat pada bonang dipukul secara bersamaan.
  2. Dengan cara, nada pada bonang dipukul satu persatu.
  3. Dengan cara imbal-imbalan.

 

Istilah khusus yang dipakai oada saat memainkan bonang :

  • Rancal, Yaitu bingkai kayu yang terdapatpada bonang.
  • Brunjung,urutan bonang baris kesatu
  • Dhempok,urutan bonang pada baris kedua

 

Harga Alat Musik Bonang

Bonang di Tokopedia

  • Harga  8.000.000
  • Sedia satu set gamelan bonang barung
  • Bahan pencu –kuningan

Satu set bonang barung perunggu laras pencon 12 di bukalapak

  • Harga Rp 30.000.000
  • Perunggu utuh Rp 1.000.000 pee pencon

Satu set bonang di Olx

  • Harga Rp 400.000
  • Terbuat dari besi

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019