Harian Nusantara

Fungsi alat musik tradisional ceng – ceng

review produk 263 View

Fungsi ceng – ceng sebagai alat musik tradisional Bali dan cara memainkannya

Bali merupakan salah satu pulau yang ada di Indonesia. Bali memiliki pesona alam dan kebudayaan yang dapat memikat hati para wisatawan yang berasal dari berbagai macam Negara di dunia. Bali dan pesonanya yang begitu indah, menyimpan begitu banyak keindahan yang belum banyak diketahui oleh orang lain. Di bali seringkali ditemui beberapa pementasan kebudayaan. Pementasan tersebut banyak menarik perhatian para turis selain keindahan alam yang tersaji di Bali tentunya. Pementasan tersebut biasanya berupa tari – tarian, drama, upacara adat, upacara keagamaan.

Pada pementasan diperlukan sebuah instrumen untuk menghidupkan suasana ketika pementasan. Instrument tersebut dapat berupa alat musik baik modern ataupun tradisional. Alat musik tradisional banyak tumbuh dan berkembang di masyarakat dan digunakan untuk mempertahankan budaya yang dimiliki. Instrumen musik tradisional masih banyak di gemari oleh masyarakat Indonesia bahkan dunia. Banyak wisatawan asing yang ingin belajar tentang kebudayaan di Indonesia dan salah satunya adalah alat musik tradisional di Bali. Tidak hanya masyarakat Jawa saja yang memiliki gamelan, namun masyarakat Bali juga memiliki gamelan. Salah satu instrumen penting dalam gamelan Bali yaitu ceng – ceng.

Apakah itu alat musik ceng – ceng?

Ceng – ceng adalah alat musik tradisional yang berasal dari Bali. Alat musik ceng – ceng terbuat dari logam tembaga dan kayu nangka. Ceng – ceng berbentuk seperti kura – kura. Bentuk ini terinspirasi dari legenda kura – kura mistis. Ceng – ceng terdiri dari enam buah ceng – ceng pada bagian bawah dan dua buah pada bagian atas diletakkan bertumpuk. Pada bagian samping ceng – ceng terdapat lubang yang dikaitkan dengan tali (benang) dan kayu yang digunakan untuk memegang ceng – ceng. Tali ceng – ceng biasanya berwarna merah dan dibuat panjang agar terlihat menarik. Tali ceng – ceng diberi nama bungan ceng – ceng. Kayu tersebut terbuat dari kayu nangka.

Loading...

Cara menggunakan alat musik ceng – ceng

Alat musik ceng – ceng dimainkan dengan cara dua logam bagian atas ditautkan ke kedua tangan kemudian pukulan ceng – ceng ke ceng – ceng yang berada dibagian bawah. Tumbukan logam yang beradu akan menimbulkan bunyi ” ceng – ceng” dan  suara yang nyaring. Yang menjadi pembeda pada gamelan Bali dan Jawa yaitu ritme musik. Pada gamelan Bali ritme musik cepat dan nyaring, hal ini dipengaruhi oleh adanya alat musik ceng – ceng yang dimainkan secara cepat dan nyaring.  Sedangkan pada gamelan Jawa ritmenya pelan.

Fungsi alat musik ceng – ceng

Alat musik ceng – ceng berasal dari Bali dan merupakan alat musik tradisional. Ceng – ceng dimainkan dengan seperangkat gamelan Bali. Alat musik ceng – ceng biasanya digunakan dalam acara keagamaan. Seperangkat gamelan Bali tersebut terdiri dari pelegongan, barungan gamelan gong kebyar, gong gede, barongan, semar pegulingan. Di Bali ada pertunjukan terkenal yang dinamakan tari Barong Batu Bulan Bali, disana seperangkat gamelan Bali dimainkan.

 

Harga dan spesifikasi alat musik ceng – ceng

1. Ceng – ceng ukuran 14 cm

Spesifikasi :

ukuran : diameter 14 cm

Bahan : Terbuat dari logam tembaga

Berat : 0,3 kilogram (kg)

Harga : Rp 38.000

2.  Ceng – ceng ukuran 21 cm

Spesifikasi :

Ukuran : diameter 21 cm

Bahan : Terbuat dari logam tembaga

Berat : 0,5 kilogram (kg)

Harga : Rp 75.000

3. Ceng – ceng ukuran 25 cm

Spesifikasi :

Ukuran : diameter 25 cm

Bahan : terbuat dari logam tembaga

Berat : 0,7 kilogram ( kg)

Harga : Rp 90.000

Ceng – ceng merupakan salah satu instrument musik tradisional yang masih banyak diminati oleh masyarakat. Dibuktikan dengan, masih banyaknya masyarakat yang mencari dan menjual alat musik tradisional yang berasal dari Bali ini. Dengan banyaknya peminat alat musik tradisional diharapkan dapat mempertahankan nilai – nilai budaya yang ada di Indonesia.

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019