Harian Nusantara

Fungsi Colony Counter dan cara menggunaannya

review produk 146 View

Fungsi Colony Counter dan cara menggunaannya

Di zaman yang maju dan canggih ini, banyak tersedia peralatan yang canggih. Banyak perusahaan – perusahaan yang mulai berlomba – lomba dalam menciptakan alat yang canggih dan laris di pasaran. Kemajuan teknologi memudahkan semua orang dalam melakukan banyak hal. Banyaknya inovasi alat – alat baru  yang dibuat, menghasilkan banyak peralatan dengan berbagai jenis dan spesifikasi, dan tentunya dengan harga yang bersaing. Sebagai tuntutan jaman dan kebutuhan, orang akan membeli peralatan tersebut walaupun tergolong mahal. Dengan spesifikasi barang yang sesuai dengan kebutuhan akan memudahkan setiap orang dalam menyelesaikan permasalahan.

Dengan kecanggihan teknologi maka banyak dibuat terobosan baru dalam peralatan di berbagai bidang. Peralatan yang dibuat tidak hanya dapat menyelesaikan satu permasalahan, namun dapat menyelesaikan banyak masalah. Salah satu peralatan yang banyak dibutuhkan adalah peralatan laboratorium. Laboratorium sangat membutuhkan peralatan canggih yang dapat melakukan banyak hal dalam membantu penelitian. Penelitian di laboratorium banyak membutuhkan ketelitian, seperti pada laboratorium biologi. Peralatan laboratorium yang dibutuhkan menghitung banyaknya kuman atau bakteri sangat dibutuhkan, yaitu colony counter.

Loading...

Apa itu Colony Counter ?

Colony counter adalah salah satu bagian dari peralatan laboratorium yang dapat digunakan untuk membantu menghitung jumlah coloni pada cawan petri. Colony counter memiliki dua jenis yaitu colony counter otomatis dan semi otomatis. Pada colony counter otomatis perhitungan dilakukan secara otomatis, sedangkan pada colony counter semi otomatis harus menghitung secara manual.

Fungsi dan Manfaat Colony Counter

Colony counter memiliki fungsi membantu menghitung jumlah koloni yang terdapat cawan petri yang sudah berisi koloni bakteri atau kuman. Colony counter memudahkan dalam menghitung koloni karena koloni menjadi terlihat lebih jelas ketika menggunakan colony counter. Colony Counter terdapat dua jenis yaitu :

  1. Colony counter otomatis : dapat menghitung secara otomatis
  2. Colony counter semi – otomatis : harus menghitung manual dengan menggunakan pulpen ( dibagi perjuring )

Cara memakai colony counter

Cara kerja colony counter yaitu menghitung koloni dengan menggunakan pulpen otomatis.

Cara memakai colony counter :

  1. Sambungkan kabel pada colony counter ke saklar
  2. Nyalakan colony counter
  3. Setelah hidup apabila ingin menyesuaikan kecerahan tekan “M” kemudian pada display tekan huruf “ L “ untuk kecerahan, C untuk untuk warna dasar.
  4. Kemudian letakkan cawan petri pada kamar hitung ( bagian yang terbuat dari kaca yang melekat pada colony counter )
  5. Pilih jenis koloni yang akan dihitung ( misal kapang, jamur, bakteri ) dengan cara menekan jenis koloni yang akan dihitung dengan menggunakan pulpen digital, maka jumlah koloni akan muncul pada display.
  6. Jika dirasa membingungkan dapat membuat juring pada cawan petri.

 

Harga dan spesifikasi Colony Counter

1. Rocket Galaxy 330 Colony Counter

Spesifikasi :

  • USB port, LED Display 4 panel, memori 100, sensitif dengan tekanan
  • Diameter : 60 mm
  • Berat : 8 kilogram

Harga : Rp 12.590.000

2. Funke Gerber Colony Counter Star 8500

Spesifikasi :

  • Dilengkapi dengan automatic electric pen, isi ulang fiber, clear glass plate with dark field, magnifikasi 2 x
  • Berat : 4 kilogram
  • Volume : 250 x 230 x 95 mm

Harga : Rp 11.100.000

3. Colony Counter XK97 – A Bacteria Test Semi Automatic Tester Colony

Spesifikasi :

  • Kapasitas koloni 0 – 999, digunakan untuk pemeriksaan biologi, limbah industry, air minum, makanan.
  • Volume : 255 x 210 x 160 mm
  • Berat : 3,39 kilogram

Harga : Rp 2.268.000

Kemajuan teknologi banyak membantu permasalahan manusia. Permasalahan yang timbul dapat diatasi dengan cepat. Penggunaan colony counter sangat membantu dalam menyelesaikan permasalahan menghitung koloni ( jamur, bakteri, kapang, dan lain – lain ). Dengan menggunakan colony counter memudahkan untuk melihat koloni jenis apa yang akan dihitung, karena cara kerjanya hamper sama dengan mikroskop yaitu terdapat kaca pembesar untuk melihat koloni yang ada. Colony counter terdiri dari colony counter otomatis dan semi otomatis, yang penggunaannya disesuaikan dengan kebutuhan.

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019