Harian Nusantara

Fungsi Tabung  Erlenmeyer

review produk 82 View

Fungsi Tabung  Erlenmeyer

Laboratorium merupakan tempat yang biasa digunakan untuk melakukan percobaan, pengujian ataupun penelitian. Untuk bisa melakukan penelitian atau riset di dalam laboratorium tentu diperlukan berbagai alat yang dapat mendukung penelitian tersebut.

Maka tidak heran jika didalam laboratorium sering ditemukan banyak alat ataupun cairan kimia yang tidak boleh digunakan sembarangan. Adapun beberapa alat yang biasanya digunakan didalam laboratorium antara lain adalah berupa tabung ataupun labu yang biasanya digunakan sebagai tempat untuk mencampurkan beberapa cairan menjadi satu.

Salah satu tabung yang sering digunakan didalam laboratorium untuk melakukan penelitian ataupun riset adalah tabung erlenmeyer.

Loading...

Apa Itu Tabung  Erlenmeyer

Tabung erlenmeyer atau dikenal juga dengan nama labu erlemener merupakan salah satu tabung yang sering digunakan untuk melakukan percobaan ataupun penelitian didalam laboratorium.

Tabung erlenmeyer memiliki bentuk keruncut dengan leher berbentuk silinder yang memiliki dasar yang datar. Nama erlenmeyer sendiri berasal dari nama seorang kimiawan asal jerman yang bernama Emil Erlenmeyer yang berhasil menciptakan tabung ini pada tahun 1860.

Tabung erlenmeyer terbuat dari bahan kaca borosilikat yang tahan panas. Ukuran tabung erlemeyer juga bermacam-macam ada yang berukuran 50 ml, 125 ml, 500 bahkana ukuran 1000 ml juga ada.

Fungsi Dan Manfaat Tabung  Erlenmeyer

Tabung erlenmeyer merupakan salah satu alat penting yang diperlukan ketika melakukan eksperimen di sebuah laboratorium kimia. Secara umum tabung erlemeyer memiliki fungsi untuk mengukur, menyimpan serta mencampur cairan tertentu.

Selain itu tabung erlenmeyer digunakan juga sebagai wadah atau tempat untuk menampung cairan atau larutan tertentu. Dimana cairan tersebut nantinya akan dicampurkan dengan cairan lainnnya untuk menghasilkan reaksi tertentu.

Sedangkan dalam mikrobiologi, tabung erlenmeyer biasanya juga digunakan untuk melakukan pembiakan mikroba.

Tabung erlenmeyer setelah ditutup menggunakan tutup asah dapat digunak untuk proses titrasi dengan proses pengocokan yang lebih kuat, dan umumnya proses ini dihubungkan dengan alat destilasi, alat ekstrasi dan alat lainnya. Sedangkan untuk tabung erlenmeyer tanpa tutup asah hanya digunakan untuk proses titrasi dengan proses pengocokan yang sedang atau lemah.

Cara Menggunakan Tabung  Erlenmeyer

Dalam menggunakan tabung erlemeyer tidak boleh sembarangan, karena ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan tabung erlenmeyer. Salah hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan tabung erlemeyer adalah cara memegang tabung erlemeyer.

Meskipun kelihatannya mudah tapi masih banyak juga orang yang belum tahu bagaimana cara memegang tabung erlemeyer yang baik. Untuk memegang tabung erlemeyer sebaiknay bagian yang dipegang adalah bagian leher tabung erlemeyer bukan bagian perut tabung erlemeyer.

Dengan memegang bagian leher tabung erlemeyer maka kalian akan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya jika tabung erlemeyer berisi cairan yang bersuhu panas maka kalian tidak akan merakan panas tersebut jika kalian memgangnya pada bagian leher tabung erlemeyer. Tapi jika kalian memegang bagian perut tabung erlemeyer tentu kalian akan merasakan panas dari cairan tersebut.

Selain itu untuk memegang tabung erlemeyer juga tidak perlu menggunakan 2 tangan, pasalnya cukup menggunakan satu tangan saja untuk memegang tabung erlemeyer. Sementara tangan yang satunya rileks dengan mata tetap tertuju pada larutan yang sedang dicampur untuk mengamati reaksi yang terjadi.

 

Harga Tabung Erlenmeyer

Harga tabung erlemeyer tentu berbeda dengan harga tabung lainnnya. Dimana harga tabung erlemeyer biasa tergantung ukuran tabung erlemeyer tersebut. Semakin besar ukuran tabung erlemeyer biasanya semakin mahal pula harganya.

Tabung Erlenmeyer 250 ml PYREX

Tabung Erlemeyer yang terbuat dari kaca borosilikat dengan ukuran 250 ml dengan merk PYREX di tokopedia.com dijual dengan harga Rp 40.000.

Tabung Erlenmeyer 1000 ml

Di bukapalak.com harga tabung erlenmeyer dijual dengan harga Rp 146.600 dengan ukuran 1000 ml yang terbuat dari kaca boroksilikat. Dengan diameter leher tabung erlemeyer ukuran 1000 ml sebesar 50 mm dan juga diameter perut tabung sebesar 131 mm. Adapun tinggi tabung erlenmeyer mencapai 220 mm.

Tabung Erlenmeyer 500 ml HERMA

Tabung erlenmeyer ukuran 500 ml dengan merk HERMA yang di shopee.co.id dijual dengan harga Rp 138.000. Tabung tersebut terbuat dari bahan kaca boroksilikat yang tahan panas.

 

 

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019