Harian Nusantara

Fungsi Fu Tahuri alat musik dari Maluku Utara

review produk 137 View

Fungsi Fu Tahuri alat musik dari Maluku Utara

Saat ini jaman semakin berubah, perkembangan teknologipun semakin cepat. Kebudayaan dari luar dangat mudah sekali kita akses lewat internet. Pengaruh kebudayaan dari luar inilah yang menjadikan kebudayaam sendiri mulai banyak ditinggalkan.

Termasuk kebudayaam asli Indonesia yang berasal dari Maluku utara ini. Alat musik yang sangat unik ini terbuat dari dari kulit kerang. Cara memainkannya adalah dengan ditiup di bagian yang berlubang. Alat musik ini selain digunakan untuk memanggil penduduk, juga digunakan sebagai pengiring tarian tradisional. Fu ini biasa untuk mengiringi tarian dari suku asmat, Merauke. Bunyi fu ini sangat khas dan memberikan harmonisasi tersendiri.

Alat musik fu ini pada masa sekarang jarang sekali dimainkan. Sehingga kegunaannya pun hampir tidak bisa dirasakan lagi. Fu hanya menjadi hiasan di sebuah museum.

Loading...

Tetapi ada dua desa yang sampai saat ini masih menggunakan fu. Yaitu desa sirisori amalatu dan desa hutumuri. Kedua desa tersebut masih melestarikan keberadaan alat musik fu ini. Siswa di sekolah ini juga diajarkan cara meniup fu.

Pelestarian musik fu ini sebenarnya bisa terlaksana di Ambon apabila guru-guru menerapkannya di sekolah. Dengan harapan agar ada generasi penerus untuk selalu melestarikan fu. Karena alat musik fu ini harus selalu dijaga dan dilestarikan sebagai kekayaan alam Indonesia. Sehingga bisa kita perlihatkan kepada generasi penerus tentang alat musik peninggalan nenek moyang sebagai kekayaan arkeologi.

Apa itu alat musik Fu  Tahuri

Alat musik Fu adalah jenis alat musik tiup yang berasal dari Maluku utara,biasanya teebuat dari kerang. Cara memainkanya yaitu dengan ditiup di bagian kerang yang berlubang. Asal mula alat musik ini,konon pada jaman dahulu ada pemuda yang tersesat. Lalu ia meniup kerang untuk minta pertolongan warga.

Tadinya kulit bia/kerang ini hanya sebatas untuk pembuatan cenderamata saja. Tetapi seiring berjalannya waktu masyarakat Maluku mulai mengembangkan kulit bia menjadi sebuah alat musik yang memiliki harmonisasi yang indah.

Keistimewaan dari alat musik fu tahuri ini adalah bahannya yang sebagian dari alam, yaitu dari kulit bia. Kulit kerang yang dipakai untuk dijadikan alat musik fu kebanyakan berasal dari daerah Saumlaku, dobo, kepulauan aru serta serta.

Untuk membuat alat musik fu ini juga cukup mudah. Cucilah kerang hingga bersih lalu buatlah lubang di kerang dengan menggunakan bor.

Fungsi dan manfaat Fu Tahuri

Dulu fu berfungsi untuk komunikasi antara raja dan rakyatnya. Komunikasi antara masyarakatpun terjalin baik karena adanya fu ini. Contohnya ketika seorang pesuruh raja akan memberitahukan pengumuman-pengumuman maka terlebih dahulu ia meniup fu.

Fu berperan penting dalam suatu pemberitahuan yang akan disampaikan oleh raja. Pada jaman dulu, sebagian besar upacara adat menggunakan fu sebagai tanda dimulainya suatu acara. Tidak hanya itu alat musik fu ini juga bisa menandakan untuk menutup suatu acara.

Untuk sekarang alat musik fu ini digunakan sebagai salah satu benda arkeologi,salah satu alat musik yang berasal dari daerah Maluku, digunakan sebagai cenderamata atau oleh-oleh apabila berkunjung ke Maluku.

Harapannya di masa depan, alat musik fu ini bisa dijadikan peninggalan budaya asli Maluku yang diakui oleh dunia dan di patenkan. Tetapi harapan ini harus direalisasikan dengan melibatkan banyak pihak. Agar pengakuan oleh dunia dapat dicapai.

Fubjuga berfungsi sebagai sumber pengetahuan.Ino bisa dijadikan objek sumbel ilmu pengetahuan terutama tentang kebudayaan asli daerah yang harus dilestarikan. Kita juga belajar bahwasanya dari desa Hatumuri semua ini berawal. Desa kecil yang terletak di Maluku yang mempunyai jenis kekayaan alat musik ini.

Cara memainkan fu tahuri

Cara memainkan alat musik ini ialah dengan ditiup pada lubang kerang. Ukuran kerang juga berpengaruh terhadap hasil dari suaranya. Kerang yang kecil akan menghasilkan suara yang keras dan nyaring, sebaliknya untuk kerang yang berukuran besar maka suara yang dihasilkan rendah.Biasanya alat musik fu tahuri ini dimainkan secara orkestra oleh anak muda.alat musik ini juga sangat berguna sekali untuk mengiringi acara -acara.

 

Harga Alat Musik Fu Tahuri

Fu jumbo ukuran 50cm di Bukalapak

  • Harga Rp  850.000
  • Warna putih gading langka
  • Kerang super jumbo berserat motif garis

Fu di shoppe

  • Harga Rp 350.000
  • Ukuran 23cm

Fu di Tokopedia

  • Harga Rp 1.500.000
  • Ukuran 18*11 cm

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019