Harian Nusantara

Fungsi Ganda alat musik tradisional Sulteng

review produk 136 View

Fungsi Ganda alat musik tradisional Sulteng

Indonesia terkenal akan kebudayaannya yang beragam. Dengan memiliki keragaman budaya, adat istiadat, nyanyian daerah, rumah adat dan lain sebagainya. Ini akan mempermudah kamu untuk bisa menemukan berbagai adat istiadat yang berbeda, nyanyian adat yang berbeda,tarian serta alat musik yang berbeda pula antara daerah yang satu dengan yang lain.

Begitu juga dengan keragaman yang ada di propinsi Sulawesi. Di Sulawesi juga terdapat bermacam-macam jenis alat musik tradisional. Diantaranya adalah jimbe, gong, kakula serta lelove. Semua alat musik tersebut biasa digunakan hanya sebatas untuk hiburan saja, bukan sebagai pengiring ritual keagamaan. Hal ini berbeda dengan yang berada di kawasan etnis kaili, yang menggunakan musik tradisional sebagai pengiring upacara kematian. Tetapi kesenian ini telah dikembangkan sebagai pengiring untuk mencari pasangan bagi para pemuda ditempat keramaian. Sekarangpun banyak juga yang  acara festival yang menampilkan alat musik tradisional yang biasa digunakan untuk acara keagamaan.

Gorontalo yang termasuk dalam propinsi sulawesi tengah, terkenal mempunyai 5 suku. 5 etnis tersebut diantaranya  adalah keluarga (pohala’) ,etnis hulontalo serta etnis suawawa. Walopun mereka berasal dari etnis yang berbeda, tetapi masalah kerukunan dan keharmonisan antar penduduknya masih sangat terjaga.

Loading...

Gorontalo terkenal memiliki obyek wisata yang indah.  Daerahnya yang berupa pegunungan menambah suasana yang indah dan nyaman. Itu sebabnya Gorontalo menjadi tempat destinasi wisata tujuan bagi oara wisatawan.

Di Gorontalo juga terdapat berbagai jenis alat musik khas daerahnya. Diantaya adalah alat musik palopalo,alat musik ganda, gambusi khas gorontalo, alat musik marwas serta rebana khas gorontalo. Untuk informasi kamu saja kalo rebana khas yang berasal dari daerah gorontalo ini sudah diekspor ke Prancis lohh. Jadi permintaanya sekarang banyak banget dari Prancis.

Biasanya alat musik tradisional ini, ditampilkan berbarengan dengan alat musik lain. Kombinasi suara yang dihasilkan akan terkesan etnik dan unik.

Untuk jenis alat musik, ada beberapa jenis alat musik tradisional yang terkenal yang berasal dari daerah yang berbeda. Masing-masing alat Musik ini mempunyai ciri khas daerahnya masing-masing, termasuk alat musik Ganda ini.

Bentuk alat musik ini lebih menyerupai gendang yang berasal dari Jawa. Cuma lebih kecil ukurannya dibandingkan gendang. Tapi memiliki bunyi yang hampir sama.

Ganda terbuat dari kulit.Kulit ini menutupi bagian kedua ujungnya. Cara memainkam ganda sangatlah mudah. Kita tinggal menepuk kedua sisinya menggunakan tangan, ini akan menghasilkan bunyi yang ritmis. Alat musik ini juga bisa dimainkan berbarengan dengan alat musik lain.

Apakah alat musik Ganda?

Alat musik ganda adalah salah satu jenis alat musik yang berasal dari sulawesi tengah. Alat musik ganda terbuat dari kayu dengan lubang ditengahnya. Lalu kedua sisinya ditutup menggunakan kulit kering. Kulit ini berasal dari kulit sapi.

Alat musik ini biasa disebut juga dengan gendang Gorontalo.  Disebut gendang karena cara memainkannya dengan cara dipukul yang menyerupai gendang. Hanya saja ukuran ganda lebih kecil dari gendang. Bentuk dari ganda sendiri hampir sama dengan Tifa yang berasal dari Papua. Karena cara memainkannya dengan cara dipukul, maka ganda memiliki tempat tabuh yang ada di kedua sisinya yang terbuat dari kulit sapi.

Fungsi dan manfaat alat musik

Fungsi alat musik ganda adalah untuk mengiringi upacara adat atau dipadukan dengan alat musik tradisional lain untuk mengiringi suatu lagu daerah. Apabila alat musik ini dimainkan bersamaan dengan alat musik tradisional lain, alunan nada yang dihasilkan tentu sangat indah. Ini bisa menjadi hiburan tersendiri bagi para penikmat musik tradisional.

Cara memainkan alat musik ganda

Alat musik ganda dimainkan dengan cara dipukul pada kedua sisinya. Tidak memerlukan keahlian khusus untuk memainkannya. Jadi kita bisa saja memainkan alat jenis ini.

Harga Alat Musik Ganda

Ganda di tokopedia

  • Harga Rp 75.000
  • Tinggi 10 cm

Jual sepaket Ganda di kaskus Fjb

  • Harga Rp 7.990.000
  • Terdiri dari satu set lengkap ganda, gendang, suling, gong.

Alat musik ganda di bukalapak

  • Rp 90.000
  • Diameter 40cm

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019