Harian Nusantara

Fungsi gelas beaker  dalam laboratorium

review produk 103 View

Fungsi gelas beaker  dalam laboratorium

Gelas beaker sering dijumpai di  laboratorim. Gelas ini sekilas bentuknya seperti gelas biasa. Tetapi ternyata gelas ini mampu untuk menahan air panas sampai 200”C.Jadi sangat pas dipake kalo kamu mau membuat suatu larutan dengan menggunakan gelas ini. Yang perlu selalu diperhatikan adalah pada saat kita menggunakan gelas beaker yaitu ukuran yang dibutuhkan laboratorium. Kita tidak bisa menambahkan atau mengurangi volume seenaknya, karena akan berpengaruh kepada hasil eksperimen yang akan kita buat.

Apa Yang Dimaksud dengan Gelas Beaker?

Gelas breaker merupakan sebuah wadah yang umumnya digunakan di laboratorium untuk menampung, mencampur, mengaduk, serta juga memanaskan cairan. Gelas ini berbentuk silinder dengan memiliki bawahan yang rata. Ukuran gelas breaker terkecil adalah dengan ukuran 1mL. Sebagian besar gelas juga mempunyai corot kecil yang membantu kita pada saat menuangkan cairan. Gelas ini terbuat dari kaca boroksiliat, bisa juga terbuat dari logam dan plastik tertentu.

Fungsi dan manfaat gelas beaker

Gelas ini berfungsi untuk :

Loading...
  • Mengukur volume bahan atau larutan. Syaratnya Bahan atau larutan yang diukur ini haruslah tidak membutuhkan ketelitian yang tinggi.
  • Sebagai wadah yangdapat digunakan untuk menyimpan dan membuat larutan
  • Sebagai wadah untuk memanaskan diatas hot plate. Ini hanya khusus untukyang terbuat dari borisoliat.
  • Tempat mencampur, memanaskan cairan ,mereaksikan bahan dan membawa sampel cair atau padat.
  • Menampung cairan fitratdan titrasi yang merupakan hasil dari suatu saringan

Cara Menggunakan Gelas Beaker Yang Benar

Untuk dapat menggunakan gelas breaker yang benar, jika kalian pernah menggunakan gelas ukur maka penggunaanya sama. Cairan yang dimasukan ke dalam gelas breaker harus disesuaikan dengan takaran atau ukuran yang dibutuhkan. Selalu diingat bahwa kita tidak boleh mengurangi atau menambahkan ukutan cairan tersebut sehingga tidak sesuai dengan yang dibutuhkan. Karena hal ini dapat mempengaruhi hasil dari eksperimen yang dilakukan. Cairan yang dimasukkan ke dalam gelas ini juga bukan cairan yang sembarangan. Oleh sebab itu kitapun tidak boleh asal dalam menggunakannya. Misal apabila kita ingin memasukkan cairan yang encer. Maka yang pertama kita lakukan adalah memasukkan aquades terlebih dahulu kedalam gelas ukur, baru kita masukan larutan asam lainnya.

Adapun cara menggunakan gelas breaker yang lainnya sebagai berikut :

Mengukur volume zat cair

Untuk mengukur zat cair pada gelas beraker caranya adalah dengan langsung menuangkan cairan kedalam gelas breaker. Agar cairan yang akan kita tuang tidak tercecer maka gunakanlah bantuan alat corong.

Gunakan corong seperti kita menggunakan pada saat menuang air. Setelah air diisi ke gelas beaker, lalu kita lihat garis skala yang terdapat dibagian luar gelas beaker. Usahakan cairan yang dibutuhkam harus pas dengan yang dibutuhkan laboratorium

Mengukur volume zat padat

Selain digunakan untuk mengukur zat cair, gelas beaker ini juga bisa kita pake untuk mengukur volume zat padat.

Caranya ialah dengan memasukkan zat cair terlebih dahulu kedalam gelas beaker sesuai ukuran,setelah itu baru kita masukkan zat padat kedalamnya.

Jika sudah, selanjutnya volume akhir dari zat ini akan dikurangi dengan zat cair. Hasil dari pengurangan inilah yang menjadi hasil dari pengukuran volume zat padat.

Lain halnya ketika kita membuat larutan. Maka gelas ini juga bisa dipake untuk membuat suatu larutan. Masukkan zat yang dibutuhkan sesuai takaran. Karena gelas ini tahan terhadap panas bahkan sampai 200’c maka kita aman menggunakannya. Tetapi kalo kamu menemukan ada gelas yang sedikit retak di laboratorium maka sebaiknya jangan digunakan.

Pasalnya dikhawatirkan jika gelas yang sudah retak ini kita pakai maka gelasnya akan pecah. Ini akan membuat tidak nyaman saat kita sedang melakukan uji coba di laboratorium.

Harga gelas beaker

Gelas beaker kimia 500 mL pyrex 7xwc di Bukalapak

  • Gelas beaker kimia ukuran 500 mL, berat 0.5 kg.
  • Harga Rp 100.000

Gelas beaker 500mL di Tokopedia

  • Harga Rp 130.000
  • Ukuran 500mL
  • Berat 500 gr

Gelas beaker Pyrex 500mL di shoppe

  • Ukuran 500 mL
  • Bahan pyrex tahan panas
  • Berat 500gr
  • Harga Rp 50.000

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019