Harian Nusantara

Fungsi Alat Musik Slenthem

review produk 232 View

Slenthem merupakan alat musik tradisional yang menjadi salah satu komponen di dalam sebuah gamelan. Alat musik tradisional yang berasal dari Jawa ini dimainkan dengan cara di pukul menggunakan alat khusus. Umumnya, Slenthem dibuat dengan menggunakan bahan dasar kuningan atau seng khusus yang berwarna keemasan.

Pada artikel kali ini kami akan membahas secara detail semua hal yang berkaitan dengan Slenthem mulai dari pengertian, fungsi dan manfaat, cara memainkan dan juga harga jual di pasaran dari alat musik tradisional Slenthem. Berikut ini adalah ulasan lengkap tentang alat musik tradisional Slenthem yang harus kamu ketahui. Simak ulasan artikel yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Pengertian Slenthem

Sebelum membahas tentang fungsi dari alat musik Slenthem, terlebih dahulu akan kami jelaskan pengertian dari Slenthem tersebut. Slenthem bisa di artikan sebagai sebuah alat musik tradisional yang masuk dalam instrumen pelengkap gamelan dan terdiri atas lembaran lebar berbahan logam tipis. Logam-logam tipis tersebut di susun secara vertical pada untaian tali yang di rentangkan diatas tabung-tabung.

Loading...

Nada yang di hasilkan dari alat musik Slenthem ini berupa dengungan rendah atau gema nada yang di hasilkan dari alat musik Slenthem ini mengikuti alunan saron, ricik dan balungan ketika alat musik tersebut di tabuhkan. Seperti halnya instrumen gamelan yang lain, Slenthem juga terdiri atas Slenthem slendro dan Slenthem pelog. Slenthem Slendro mencakup wilayah nada C, D, E, G, A, C. Sedangkan Slenthem Pelog sendiri terdiri atas dua nada utama yaitu C dan B.

Alat musik Slenthem bisa di letakan di atas permukaan yang halus. Karena memiliki bobot yang lumayan, maka alat musik yang satu ini terlalu berat untuk dimainkan dengan cara berdiri. Kebanyakan pemain alat musik Slenthem memainkan alat musik tersebut dengan cara duduk.

Susunan dari lembaran logam tipis yang vertical tersebut di urutkan mulai dari nada rendah sampai tinggi. Dengan paling minimal lembaran logam tipis tersebut berjumlah sampai dengan 7 lembaran logam tipis. Pada sisi kanan dan sisi kiri di beri pentasan agar tampilan secara visual lebih enak di pandang.

Alat musik Slenthem berada di satu wadah memanjang yang mungkin terbuat dari bahan dasar kayu untuk menompang beberapa lembaran lebar logam tipis vertical tersebut. Di sisi kanan dan kiri pada bagian bawah dari alat musik Slenthem tersebut terdapat penyangga. Kemudian pada beberapa sisi depan dari alat musik Slenthem di beri ukiran-ukiran khas dari Jawa yang indah dan mengagumkan.

Terkadang juga ada alat musik Slenthem yang di hampir semua area di beri hiasan berupa ornamen ukiran-ukiran. Dengan adanya ukiran-ukiran tersebut maka tampilan visual dari alat musik Slenthem akan memiliki estetika tersendiri yang memberi kesan keindahan dan elegan dari alat musik tersebut.

Fungsi Alat Musik Slenthem

Dari segi musik, Slenthem berperan untuk mengisi salah satu ruang instrumental dari gamelan. Suara yang di hasilkan dari Slenthem adalah berupa dengungan yang memberi corak tersendiri dari gamelan tersebut. Karena dalam permainan gamelan ada beberapa alat musik yang berpadu menjadi satu kesatuan.

Dan salah satu alat musik tersebut adalah Slenthem. Nada-nada yang dimainkan dari Slenthem akan melengkapi instrumen lain dari musik gamelan secara keseluruhan. Tak hanya itu, Slenthem mewakilkan peranan tersendiri bagi instrumen gamelan. Tanpa adanya Slenthem, permainan gamelan akan kurang terasa sempurna sebagaimana yang seharusnya.

Cara Memainkan Slenthem

Pertama ketika kamu ingin memainkan Slenthem adalah dengan menabuh pada bagian ricik, saron atau balungan. Kamu perlu memadukan tangan kanan dan kiri. Tangan kanan kamu gunakan untuk memukul bagian-bagian logam tersebut dan tangan kiri digunakan untuk menahan dengungan dari alat musik Slenthem tersebut.

Insting atau naluri sangat berperan penting bagi pemain alat musik Slenthem. Ketika pemain musik memasukan unsur rasa, maka dengungan yang di hasilkan lebih baik dan enak terasa di telinga.

Harga Alat Musik Slenthem

Slenthem dengan bahan dasar perunggu dan lengkap dengan ukiran-ukiran yang menawan di bandrol dengan harga mulai dari 9 juta rupiah.

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019