Harian Nusantara

Fungsi Spektrofotometer

review produk 96 View

Fungsi Spektrofotometer

Dengan semakin berkembangnya teknologi seperti sekarang ini tentu banyak sekali alat-alat canggih yang berhasil diciptakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Dari mulai untuk memudahkan para pekerja pabrik sampai petugas laboratorium.

Bagi petugas laboratorium alat yang canggih tentu akan semakin memudahkan dalam proses mengidentifikasi senyawa yang terkandung dalam zat tertentu hingga mampu mengetahui jenis bakteri tertentu. Adapaun salah satu alat yang canggih dan banyak digunakan oleh petugas laboratorium adalah spektrofotometer.

Apa Itu Spektrofotometer

Spektrofotometer merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mengukur dan membaca ataupun menganalisa sebuah senyawa tertentu yang terkandung pada zat tertetnu baik dari segi kuantitatif maupun segi kualitatif.

Loading...

Spektrofotometer sendiri sering digunakan pada berbagai bidang seperti bidang medis, industri kimia bahkan sampai bidang farmasi juga menggunakan alat yang satu ini. Spektrofotometer sudah dilengkapi dengan sinar UV. Dimana sinar UV tersebut berguna untuk mengukur bahan yang terbaca dengan panjang gelombang dibawah 400 nano meter.

Secara sederhana spetrofotometer merupakan gabungan dari spektrometer dan juga fotometer. Dimana spektrometer memberi hasil sinar spektrum dengan panjang gelombang tertentu saat digunakan. Sedangkan fotometer merupakan alat yang digunakan untuk mengukur intensitas cahaya yang berhasil ditransmisikan atau diabsorsikan.

Fungsi Dan Manfaat Spektrofotometer

Secara garis besar spetrofotometer berfungsi sebagai alat yang digunakan untuk melakukan analisa ataupun menghitung seberapa besar konsentrasi senyawa yang ada pada sebuah sample. Misalkan untuk mengetahui seberapa besar konsentrasi nikel yang terkandung pada sample air limbah yang ada di laut tertentu.

Bagi dunia medis, spektrofotometer berfungsi untuk mengukur konsentrasi beberapa molekul penting seperti DNA, protein hingga mengukur konsentrasi kultur sel bakteri. Dengan menggunakan spektrofotometer hasil yang diperoleh cukup akurat.

Hal itu karena hasil yang diperoleh berupa angka akan langsung terbaca dan dicatat oleh detector yang divisualisasikan dalam bentuk grafik ataupun angka digital.

Cara Menggunakan Spektrofotometer

Untuk dapat menggunakan spktrofotometer tentu harus mengikuti panduan yang sudah ditentukan. Dimana dalam menggunakan spektrofotometer tidak boleh asal-asalan atau sembarangan. Pasalnya jika spektrofotometer digunakan sembarangan maka hasil yang diperoleh bisa saja tidak akurat bahkan bisa merusak spektrofotometer itu sendiri.

Adapun tahapan pertama yang harus dilakukan pada saat menggunakan spektrofotometer adalah dengan menyiapkan atau menentukan sample senyawa yang akan dianalisa terlebih dahulu. Apabila sample yang akan dianalisa sudah disiapkan selanjutnya tentukan senyawa apa yang akan dinilai dari sample tersebut, misalnya kandungan protein yang ada pada sample senyawa tersebut.

Jika semuanya sudah disiapkan langsung saja nyalakan spektrofotometer yang ada dan lakukan sesuai dengan prosedur jenis spektrofotometer yang digunakan.

Spektrofotometer sendiri terdiri dari berbagai jenis dari mulai Single Beam Spektrofotometer, Double Beam Spektrofotometer, Dual Beam Spektrofotometer hingga Ration Beam Spektrofotometer jika dilihat dari jumlah detektor yang digunakan.

Adapun jenis spektrofotometer jika dilihat dari sumber cahaya yang digunakan dibedakan menjadi 4 jenis antara lain Visible Spektrofotometer, Ultra Violet Spektrofotometer, Spektrofotometer UV-Vis dan Infra Red Spektrofotometer.

Jika sudah selesai menggunakan spektrofotometer sebaiknya bersihkan spektrofotometer serta keluarkan sample senyawa yang ada pada spektrofotometer dari kompartemen.

 

Harga Spektrofotometer

Berdasarkan kecanggihan yang dimiliki oleh spektrofotmeter maka tidak heran jika harganya bisa dibilang tidak murah. Harga  untuk sebuah spektrofotometer berada di kisaran puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Spektrofotometer UV-Vis 752N

Spektrofotometer UV-Vis 752N di shopee.co.id dibanderol dengan harga Rp 28.750.000. Adapun spesifikasinya meliputi WL Range 200 – 1000 nm, WL Accuracy 2 nm dengan WL Repeatability 1 nm.

Spektrofotometer Genesys 10s UV-Vis

Harga sebuah Spektrofotometer genesys 10s UN-Vis di bukalapak.com berada dikisaran Rp 110.000.000. Spesifikasinya mencangkup optical design menggunakan dual beam – internal reference detector dengan spectrum bandwidtch 1,8 nm. Display menggunakan graphical with LCD backlight 9,7 x 7,1 cm. Ukuran dimensinya 30 W x 40 D x 25 H cm.

 Spektrofotometer X Series UV-Vis 100 DA

Spektrofotometer X Series UV-Vis 100 DA di tokopedia.com berada di harga Rp 60.000.000. Spesifikasinya antara lain WL Range 200 – 1000 nm dengan WL Accuracy 2 nm dan juga WL Repeatability 1 nm.

 

 

 

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019