Harian Nusantara

Fungsi Alat Musik Seruling dan Cara Memainkannya

review produk 125 View

Fungsi Suling / Seruling

Alat Musik merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengeluarkan nada nada tertentu yang khas. Jenis jenis alat musik ada bermacam-macam. Mulai dari alat musik melodi hingga alat musik ritmis. Semua ini memiliki tujuan satu yaitu sebagai alat bantu dalam mengiringi suatu nada. Sehingga nada nada yang diiringi jadi lebih indah. Tiap tiap alat musik memiliki cara Memainkan yang berbeda-beda. Ada yang dipukul, diges k, dipetik dan di tiup. Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang salah satu alat musik yang namanya sudah kita kenal dan sangat populer. Alat musik ini merupakan jenis alat musik tiup. Alat ini dinamakan seruling.

Apa itu seruling

Bagi sebagian besar orang pasti sudah sangat mengenal alat musik yang satu ini. Alat musik ini dapat dimainkan dengan cara ditiup. Secara bentuk fisik, seruling merupakan alat musik yang berbentuk memanjang. Bentuknya silinder dan didalamnya terdapat rongga udara.

Alat musik ini memiliki bahan dasar dari plastik, melamin, besi dab yang paling umum adalah dari bambu. Seruling pada bagian sisi silindernya terdapat lubang dengab jumlah 6 sampai 7. Sementara itu pada ujung lubangnya terdapat song manis. Alat musik ini memiliki suara khas yang jadi keunikan dari seruling. Merupakan salah satu jenis alat musik melodi yang memiliki nada khsus doremi untuk memainkannya.

Loading...

Fungsi Alat Musik Seruling

Alat Musik ini memiliki fungsi utama sebagai instrumen musik pelengkap. Sehingga keberadaannya tetap visa digantikan oleh alat musik lainnya. Meskipun begitu pada beberapa seni musik, unsur suling merupakan komponen yang sangat penting yang akan membuat suara musik menjadi lebih merdu.

Hal ini lah yang membuat fungsi seruling menjadi lebih tinggi. Tadinya seruling hanya digunakan sebagai instrumen pendukung atau instrumen sekunder, namun kali ini seruling banyak diadopsi menjadi instrumen utama. Suara khas seruling yang panjang dan lembut ini membuatnya sangat pas jika dipadukan dengan alat musik ritmis.

Cara Memainkan Alat Musik Tradisional Suling

Cara Memainkan seruling ini sebenarnya mudah. Namun sebelum anda memainkan seruling anda harus hapal notasi dab nada nada yang ditentukan dari kombinasi penutupan lubang. Misalnya saja untuk nada c anda harus tahu lubang mana yang harus ditutup dan lubang mana yang harus dibiarkan.

Semakin anda rapat menutup lubang di seruling maka suara yang dihasilkan menjadi lebih baik. Khususnya untuk seruling dengan model lubang enam, kita memerlukan enam buah jari untuk memainkannya. Untuk tiga jari tangan kiri bisa di tempatkan pada bagian seruling atas. Sementara itu untuk jari tangan berjumlah tiga buah di tempatkan di bagian bawah suara lubang.

Untuk ketiga jari ini yaitu telunjuk, jari tengah, jari manis. Ketiga jari ini digunakan baik kanan ataupun kiri. Ketiga jari ini anda gunakan untuk menutup dan membuka seruling. Untuk metode Tiupan yang biasanya lakukan ada tiga jenis. Pertama yaitu Tiupan lembut. Pada Tiupan lembut anda hanya perlu mengeluarkan angin dengab intensitas yang kecil.

Tiupan lembut ini nantinya akan menghasilkan nada yang rendah. Selanjutnya ada Tiupan sedang, pada Tiupan sedang pastikan anda meniupnya lebih keras lagi. Dengan begitu hasilnya adalah nada nada yang sedang. Sementara itu untuk Tiupan yang keras.

Anda harus meniupnya dengan tenaga yang fall dan panjang. Nada yang dihasilkan nantinya termasuk nada nada yang tinggi dan nyariin. Kombinasi ketiga metode peniupan ini akan menghasilkan suara yang memiliki tinggi rendah. Dengan begini suara yang dihasilkan akan lebih indah dan merdu.

Keunikan Alat Musik suling bambu

Dari beberapa jenis seruling, terdapat jenis seruling yang terbuat dari bahan alami yaitu seruling bambu.seruling bambu ini sudah digunakan sejak dahulu sebagai alat musik pengering. Namun seiring berjalannya waktu alat musik yang terbuat dari bambu inI mengalami kemunduran.

Karena banyak seruling yang sudah dibuat dari bahan lain seperti campuran plastik ataupun melamin. Sebenarnya alat musik bambu memiliki keunikan lho. Pertama untuk suara dan bunyi yang dihasilkan oleh alat musik seruling bambu sangat khas dan lembut. Anda pasti bisa membedakan mana yang seruling ari bambu ataupun seruling dari plastik.

Selanjutnya alat musik seruling bambu ini bisa di Orkestrasi dengab jumlah yang banyak. Jumlahnya yaitu mulai dari puluhan, ratusan hingga ribuan pemain. Hal ini tentu saja sangat unik karena suara yang dihasilkan akan memberikan kesan yang khas.

Seruling bambu juga memiliki keunikan yang menjadi ciri khas nya. Yaitu suara yang dihasilkan. Bisa meliuk-meliuk dengab sangat merdu. Selain itu bisa menghasilkan cengkok dan warna bunyi yang sangat alami.

Harga Suling / Seruling

Harga seruling berkisar antara 30 ribu sampai 200 ribu rupiah.

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019