Harian Nusantara

Fungsi Alat Musik Tehyan

review produk 266 View

Fungsi Alat Musik Tehyan

Alat musik merupakan sebuah instrumen yang digunakan dan dibuat dengan tujuan untuk menghasilkan musik. Secara sederhana alat musik adalah segala sesuatu yang dapat menghasilkan suara dengan cara tertentu baik dipukul, ditiup, digesek ataupun dipetik.

Berdasarkan sumber bunyinya alat musik dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu idiofon, aerofon, kordofon, membranfon dan juga elektrofon. Idiofon adalah alat musik dengan sumber bunyi yang dihasilkan dari bahan dasar, sedangkan aerofon memiliki sumber bunyi yang berasal dari udara yang terdapat di bagian rongga.

Untuk karodofon memiliki sumber bunyi yang dihasilkan dari dawai. Adapun membranfon sumber bunyinya berasal dari selaput atau memberan. Dan yang terakhir adalah elektrofon, simana sumber bunyinya berasal dari tenaga listrik atau elektronik.

Loading...

Salah satu alat musik yang memiliki jenis suara kordofon adalah tehyan. Dan alat musik Tehyan ini merupakan alat musik tradisional Jakarta loh.

Apa Itu Alat Musik Tehyan

Bagi sebagian orang apalagi kaum milenial mungkin asing dengan alat musik yang bernama tehyan. Pasalnya alat musik yang satu ini termasuk alat musik yang keberadaanya mulai langka. Apalagi di era seperti sekarang ini tentu akan sulit untuk bisa menemukan alat musik yang satu ini.

Adapun hal yang menyebabkan alat musik yang satu ini sulit ditemukan keberadaanya diantaranya karena alat musik tekyan termasuk alat musik yang cukup sulit untuk dimainkan. Alat musik yang satu ini terbuat dari kayu jati yang dilengkapi dengan tabung resonansi yang terbuat dari batok kelapa dan memiliki 2 buah senar.

Alat musik yang satu ini memiliki bentuk yang unik. Dengan ukuran yang cukup panjang, alat musik ini pada bagian bawah berbentuk agak melebar. Banyak yang beranggapan bahwa bentuk tehyan mirip dengan postur tubuh manusia ketika sedang meliuk.

Fungsi Dan Manfaat Alat Musik Tehyan

Alat musik tehyan merupakan salah satu alat musik tradisional yang hanya dimainkan pada acara tertentu saja. Tehyan sendiri biasanya sering digunakan untuk mengiringi acara kebudayaan betawi. Adapun beberapa acara kebudayaan betawi yang diiringi tehyan antara lain gambang kromong, lenong betawi dan ondel-ondel.

Selain untuk mengiringi acara kebudayaan betawi, tehyan juga digunakan untuk menyambut tamu istimewa serta acara perkawinan. Secara umum alat musik tehyan memiliki fungsi untuk mengiringi acara kebudayaan, media komunikasi dan juga sebagai sarana hiburan ataupun pertunjukan bagi masyarakat.

Cara Menggunakan Alat Musik Tehyan

Meskipun kelihatan mudah untuk dimainkan tapi sebanrnya alat musik tehyan merupakan salah satu alat musik yang cukup sulit untuk dimainkan. Alat musik yang satu ini dimainkan dengan cara digesek, dimana bagian yang harus digesek adalah bagian senar atau dawai yang terpasang di tehyan. Mungkin jika dlihat secara sekilas, cara memainkan tehyan hampis sama seperti memainkan biola. Bedanya adalah tehyan hanya memiliki 2 senar atau dawai saja yang harus digesek.

Untuk bisa memainkan tehyan, pemain harus mengandalkan perasaan dan juga feeling yang diikuti dengan teknik yang tinggi agar suara yang dihasilkan tehyan terdengar merdu dan indah. Alat musik tehyan biasanya digunakan untuk mengiringi lagu-lagu betawi yang memiliki irama yang cepat ataupun untuk mengiringi lagu betawi yang menggambarkan suasana ceria.

 

Harga Alat Musik Tehyan

Tehyan termasuk alat musik yang memiliki harga yang cukup mahal. Pasalnya harga sebuah tehyan berkisar ratusan ribu rupiah bahkan sampai jutaan tergantung kualitas tehyan tersebut. Kualitas yang dimaksud yaitu kualitas bahan yang digunakan dan juga seberapa lama proses pembuatan tehyan tersebut.

Tehyan Betawi

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari betawionline.com harga sebuah tehyan berkisar Rp 400.000. Adapun panjang tehyan tersebut mencapai 50 cm dengan lebar sekitar 15 cm dan berat kurang lebih 1 kg.

Tehyan Betawi

Harga sebuah tehyan yang ada di bukalapak.com berada dikisaran Rp 350.000. Harga tersebut sudah termasuk tas ataupun tempat untuk menyimpan tehyan.

Tehyan Betawi

Menurut informasi yang diperoleh dari shopee.co.id harga untuk satu buah tehyan mencapai Rp 400.000. Dengan harga segitu sudah bisa mendapatkan satu buah tehyan yang berkualitas dengan bentuk yang ok.

 

 

 

 

 

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019